Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

mahkota sufi bagian 4



LATAR
 BELAKANG II: GAJAH DI
KEGELAPAN

Seseorang yang belum pernah melihat air, ia dilempar ke dalamnya dengan mata
tertutup, maka ia akan merasakannya. Ketika tutupnya dibuka, ia akan tahu apa itu
air. Selanjutnya ia cukup mengetahuinya melalui dampaknya.

(Rumi, Fihi Ma Fihi)

Dengan  ekspansi  ilmu  pengetahuan  dan  seni  pada  Abad  Pertengahan Islam-Spanyol,
para   Sufi   genius   lahir   sebagai   tabib   dan   ilmuwan.   Mereka   meninggalkan   simbol
dalam    seni   bangunan     dan   dekoratif     (beberapa     diantaranya     kini   disebut    seni
arabesque),  yang  dirancang  untuk  melestarikan  secara  visual  beberapa  kebenaran
abadi  yang  diyakini  oleh  para  Sufi  sebagai  menyimpulkan  pencarian  jiwa  manusia,
kemajuan, keselarasan terakhir dan integrasi  dengan  semua makhluk.1

Meski   seringkali   membingungkan   para   pengamat   karena   ketidaktahuan   mereka
tentang  sistem  makna  yang  sebenarnya,  hasil  sistem  praktis  yang  mendalam  dari
para   Sufi   ditemukan   dalam   pemikiran,   seni   dan   fenomena   magis-okultis   baik   di
Timur  maupun  di  Barat.  Untuk  mendekati  pengalaman  Sufi  secara  lebih  jelas,  kita
harus  melihat  sekilas  metode  pemikiran  dan  gagasan  dasar  para  mistikus  ini.  Kita
bisa mulai  dari  sebuah syair, humor atau sebuah simbol.

Memasuki  pemikiran  Sufistik  secara  tradisional  hampir  seberagam  eksistensi  para
Sufi.  Sebagai  contoh,  agama  tidak  bisa  diterima  atau  ditolak  begitu  saja,  sampai
murid mengetahui  dengan tepat apa makna  agama itu.  Menurut para Sufi, kesatuan
hakiki  dari  semua  agama  tidak  diterima  di  seluruh  dunia  karena  kebanyakan  para
penganut  agama  tidak  mengetahui  apa  esensi  agama  itu.  Agama  bukanlah  seperti
apa yang pada umumnya diasumsikan.

Bagi  Sufi,  agamawan  dan  pencela  agama  (kafir)  diumpamakan  seperti  orang  yang
percaya   bahwa   bentuk   bumi   datar   dan   orang   yang   percaya   bahwa   bentuk   bumi
tabung   tengah   berdebat   sementara   keduanya   tidak   mempunyai   pengalaman   apa
pun tentangnya.

Hal   ini   menunjukkan   perbedaan   mendasar   antara   metode   Sufi   dengan   sistem
metafisik   lainnya.   Terlalu   sering   diterima   begitu   saja   bahwa   seseorang   harus
percaya  atau  tidak,  atau  mungkin  bersikap  agnostik  saja.  Jika  ia  percaya,  maka
seharusnya     menerima     suatu    kepercayaan     atau    sebuah    sistem    yang   mungkin
memenuhi  apa  yang  dibutuhkannya.  Sebagian  kecil  orang  mengatakan  kepadanya
bahwa ia mungkin tidak mengerti apa yang dibutuhkannya.

Dunia  para  Sufi  adalah  dunia  ekstra  dimensi.  Segala  sesuatu  bagi  Sufi  bermakna,
dalam  pengertian  mereka  bukanlah  orang-orang  yang  hanya  mengikuti  latihan  yang
dipaksakan oleh masyarakat umum.






www.tris.co.nr




48





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Beberapa  orang  "terpaku  pada  suatu  hal".  "Seseorang   yang  lapar,   ketika   ditanya
jumlah   dua   ditambah   dua,   ia   akan   menjawab,   'Empat   (bahkan   delapan)   potong
roti'."

Totalitas  kehidupan  ini  tidak  bisa  dipahami,  demikian  pula  ajaran  Sufi  jika  hanya
dikaji  melalui  metode-metode  yang  kita  gunakan  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Hal
ini   sebagian     karena,    meskipun    pertanyaan,     "Apa   makna    semua    itu?"   dapat
dikemukakan     dengan    ungkapan     rasional,     tentu    saja    jawabannya      tidak   harus
dikemukakan  sejalan  dengan  pertanyaan  itu.  Sufisme  datang  melalui  pengalaman
dan  pencerahan.  Sebuah  alat  yang  digunakan  untuk  mengukur  benda-benda  kecil
tentu  saja  tidak  bisa  digunakan  untuk  mengukur  benda-benda  besar.  "Praktekkan
ilmu pengetahuanmu,  karena  pengetahuan  tanpa  praktek  seperti  tubuh  tanpa  jiwa"
-Abu  Hanifah.2  Seorang  ilmuwan  mungkin  mengatakan  kepada  Anda  bahwa  ruang
dan  waktu  adalah  sama,  atau  bahwa  materi  sama  sekali  tidak  solid.  Ia  mungkin
bisa   membuktikannya   melalui   metodenya   sendiri.   Namun   pembuktian   ini   akan
menjadi  agak  sulit  Anda  pahami  dan  sama  sekali  tidak  Anda  alami.  Setiap  materi
dapat    dibagi-bagi     sampai    tak   terhingga    bukan?    Namun   untuk   tujuan    praktis,
biasanya  ada  batas  pembagian,  misalnya  Anda  memotong-motong  sebatang  coklat.
Dengan   demikian,   di   satu   sisi   Anda   melihat   sebatang   coklat,   di   sisi   lain   Anda
melihat    sebuah    obyek    yang   dapat   dibagi    sebanyak    mungkin.    Pikiran   manusia
cenderung  membuat  generalisasi  atas  bukti  parsial.  Para  Sufi  yakin  bahwa  mereka
bisa mengalami  sesuatu yang lebih kompleks.

Sebuah    kisah   tradisional     Sufi   menggambarkan      persoalan     ini   dalam    salah   satu
aspeknya   dan   menunjukkan   berbagai   kendala   yang   dihadapi   kalangan   terpelajar
ketika   mereka   mendekati   para   Sufi   dengan   menerapkan   metode   kajian   mereka
yang terbatas.

Seekor  gajah  mengadakan  perjalanan  dalam  sebuah  rombongan  sirkus.  Ia  berada  di
dalam  kandang  dekat  sebuah kota  di  mana  penduduknya  belum  pernah melihat  apa
itu   gajah.    Mendengar     hal   yang   menakjubkan      itu,   empat    warga    kota   pergi
melihatnya  agar  mereka  bisa  mengetahui  seperti  apa  gajah itu.  Ketika  mereka  tiba
di   kandang   gajah,   tiba-tiba   lampu   padam.   Jadi   penyelidikan   berlangsung   dalam
keadaan gelap.

Orang pertama menyentuh belalainya,  sehingga ia mengira bahwa makhluk ini pasti
seperti   sebatang   pipa.   Orang   kedua   menyentuh   telinganya   dan   menyimpulkan
bahwa  ia  adalah  kipas.  Orang  ketiga  memegang  kakinya  sehingga  ia  berkesimpulan
bahwa  gajah  itu  adalah  binatang  seperti  pilar.  Akhirnya  orang  keempat  menyentuh
punggungnya     sehingga    ia   yakin   bahwa    ia   adalah    semacam     singgasana.      Tidak
seorang   pun   bisa   menggambarkan   gajah   dengan   sempurna.   Lantaran   menyentuh
sebagian   makhluk   itu,   maka   setiap   orang   hanya   mengacu   pada   apa   yang   telah
diketahuinya.  Hasil   penyelidikan  itu  membingungkan.   Setiap   orang  merasa  yakin
bahwa  dirinya  benar  sehingga  tidak  ada  warga  kota  yang  bisa  memahami  apa  yang
terjadi, apa yang sebenarnya dialami oleh para penyelidik itu.

Ketika   orang   biasa   ingin   mengetahui   pemikiran   Sufi,   ia   biasanya   merujuk   buku-
buku  referensi.  Ia  mungkin  mencari  kata  "Sufi"  dalam  ensiklopedia  atau  mengacu
pada  buku-buku  yang  dikarang  para  sarjana  dan  peneliti  yang  ahli  dalam  bidang
agama dan mistisisme.


www.tris.co.nr




49





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Bila   ia   melakukan     itu,   ia   akan   menjumpai     sejumlah     besar    contoh    tentang
mentalitas "gajah di kegelapan" itu.

Menurut   seorang   sarjana   dari   Persia,   Sufisme   adalah   sebuah   penyimpangan   dari
ajaran    Kristen.    Seorang    profesor    dari   Universitas     Oxford    berpendapat      bahwa
Sufisme     dipengaruhi      oleh     Hindu-Vedanta.       Seorang     profesor     Arab-Amerika
menyatakan  bahwa  Sufisme semacam  reaksi  terhadap  intelektualisme  dalam  Islam.
Seorang   profesor   di   bidang   kesusastraan   Semit   menandaskan   adanya   jejak-jejak
Sufisme   dalam   Shamanisme   Asia   Tengah.   Seorang   Jerman   menyatakan               bahwa
Sufisme    adalah    Kristianitas     plus   Budhisme.     Sementara     dua   orientalis     Inggris
terkemuka  telah  menyediakan  dana  untuk  meneliti  pengaruh  kuat  Neoplatonisme
atas   Sufisme,   namun   salah  seorang   kemudian   mengakui   bahwa   Sufisme   mungkin
lahir    secara    independen.      Dengan    mempublikasikan       opininya     melalui     sebuah
universitas     di   Amerika,    seorang    Arab   meyakinkan     para   pembacanya      bahwa
Neoplatonisme  sendiri  adalah  pemikiran  Yunani  plus  Persia  (dengan  berdasar  pada
sebuah   sumber   Sufi).   Salah   seorang   ahli   kajian   Arab   terkemuka   berkebangsaan
Spanyol   mengklaim   bahwa   Sufisme   bersumber           pada   monastisisme   Kristen       dan
menyatakan   bahwa   Manichaeisme   adalah   salah   satu   sumber   Sufisme.   Akademisi
lain   yang   tak   kalah   reputasinya     menemukan     Gnostisisme     diantara    para   Sufi.
Sementara   seorang   profesor   Inggris,   penterjemah   sebuah   buku   Sufi,   lebih   suka
menyatakan      bahwa     Sufisme     adalah     "sebuah     sekte    kecil     Persia".     Namun
penterjemah   lainnya       menemukan     tradisi    mistik   para   Sufi   "di   dalam    al-Qur'an
sendiri".  "Meskipun  banyak  definisi  yang  mengacu  pada  buku-buku  Arab  dan  Persia
secara historis menarik kesimpulan pokoknya ternyata menunjukkan bahwa Sufisme
tidak  dapat didefinisikan."3

Seorang    pengamat     Rumi   (1207-1273),   asal   Pakistan    menganggap     bahwa    Rumi
adalah  ahli  waris  yang  sebenarnya  dari  semua  aliran  pemikiran  kuno  sebagaimana
direpresentasikan       di   Timur    Dekat.    Namun    mereka    yang    telah    mengadakan
hubungan  langsung  dengan  para  Sufi  dan  pernah  menghadiri  majelis  mereka,  tidak
memerlukan  penyesuaian  mental  dan  kehendak  untuk  memahami  bahwa  Sufisme
sendiri    mengandung     berbagai     unsur   dari   sistem    non-Sufi    seperti    Gnostisisme,
Neoplatonisme,      Aristotelianisme      dan   lain-lain.     "Tidak    banyak    gelombang     yang
memintal-mintal  dan  sekilas  memantulkan  sinar  mentari  --  semua  berasal  dari  laut
yang  sama,"  kata  guru  Sufi  Halki.  Disamping  itu,  pikiran  yang  telah  dilatih  untuk
percaya   pada   ciri   khas   dan   monopoli   pemikiran   madzhab   tertentu   tidak   akan
mudah memasukkan pemahaman sintetis itu ke dalam kontemplasi Sufisme.

Dr.  Khalifa Abdul  Hakim  menunjukkan bahwa ia bisa mengacu pada setiap madzhab
filsafat  yang  dirujuk  Rumi  tanpa  harus  menganggap  pemikiran  tertentu  diturunkan
dan   pemikiran   lain.   Ia   menyatakan,   "Matsnawi-nya   adalah   sebuah   kristal   dari
berbagai  unsur.  Di  dalamnya  kita  melihat  refleksi  dan  cahaya  monotheisme Semitik
yang  terputus-putus,  intelektualisme  Yunani,  teori  idea  Plato,  teori  sebab-akibat
Aristoteles,  Yang  Esa  dari  Plotinus  dan  pengalaman  ekstase  ketika  menyatu  dengan
Yang  Esa,  berbagai  persoalan  kontroversial  para  mutakallimun,  teori  emanasi  Ibnu
Sina dan al-Farabi, teori  kesadaran nubuwah al-Ghazali dan monisme Ibnu Arabi."

Namun  perlu  dicatat  bahwa  pernyataan  ini  bukan  berarti  Rumi  telah  membangun
sebuah  sistem  mistisisme  dari  berbagai  unsur  itu.  "Buah  pir  tidak  hanya  ditemukan
di Samarkand."


www.tris.co.nr




50





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Kepustakaan  tentang  Sufisme  sangat  banyak  --  sejumlah  besar  naskah-naskah  Sufi
telah  diterjemahkan  oleh  para  sarjana  Barat.  Beberapa  sarjana,  jika  memang  ada,
telah    memperoleh      manfaat     setelah     memahami     Sufisme,     mengetahui     tradisi
lisannya   atau   bahkan   tarekat   Sufi   sebagai   sumber   kajian   formalnya.   Ini   bukan
berarti  bahwa  karya mereka tidak  bermanfaat.  Karya-karya itu sangat  berguna  bagi
Orientalis,   namun   mungkin   cenderung   inkoheren.   Seperti   penulis   dongeng   yang
harus   menyertai   tulisannya   dan   membacakannya   sendiri   karena   tulisannya   tidak
dapat dibaca. Karya-karya itu membutuhkan ulasan sang Sufi  sendiri.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar