Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

mahkota sufi bagian 6



Persia,
  Yunani,  Arab,  Mesir,  Spanyol  dan  Inggris.
Ada  tingkatan  guru  teolog  Sufi,  seorang  pemimpin  gerakan  banditti,  para  budak,
tentara,   pedagang,   menteri,   raja   dan   seniman.   Namun   hanya   dua   tokoh   yang
terkenal  di  kalangan  pembaca  Barat.  Mereka  adalah  penyair  dan  ahli  matematika
Omar  Khayyam  dari  Persia dan  Pangeran Abu  ben-Adham  dari  Afghanistan --  subyek
dari  sebuah syair Leigh Hunt: 'Abu ben Adham, mungkin sukunya meningkat ..."

Di  antara   tokoh-tokoh   yang      dipengaruhi     secara   langsung     oleh   Sufisme    adalah
Raymond   Lully,   Goethe,   Presiden   de   Gaulle   (Presiden   Perancis   setelah   Perang
Dunia Kedua, pent. ) dan Dag Hammerskjold  dari  Perserikatan Bangsa  Bangsa.

Lantaran   seringkali   menulis   di   bawah   ancaman   penganiayaan,   para   Sufi   telah
mempersiapkan   buku   yang   menyesuaikan   praktek   mereka   dengan   ortodoksi   dan
mempertahankan      penggunaan     citra    yang   menyenangkan.      Untuk   mengaburkan
makna   dari   berbagai   faktor   ritualistik   atau   untuk   memenuhi   kebutuhan   penting
para  penghimpun  karya  ikhtisar  Sufi,  mereka  mewarisi  berbagai  manuskrip  tentang
hakikat   ajaran   Sufi   yang   hanya   bisa   disaring   oleh   mereka   yang   membutuhkan
perlengkapan.  Dengan  menyesuaikan  karya  mereka  dengan  berbagai  tempat,  masa
dan  kecenderungan,  selanjutnya  mereka  menekankan  peran  asketisme,  kesalehan,
musik  dan  tari,  bertapa  dan  hidup  bermasyarakat.  Namun  hanya  karya  tulis  Sufi
yang sopan dan religius beredar di luar lingkungan Sufi.

Seseorang  yang  mungkin  sama  sekali  tidak  mengetahui  koherensi  di  batik  ajaran
Sufi   dan   belum   mengapresiasi   karya   para   penyair   besar   Sufi,   selalu  ditunjukkan
oleh  para  penterjemah.  Gertrude  Bell,  seorang  mahasiswi  tekun  dan  penterjemah
karya-karya  Hafizh  ke  dalam  bahasa  Inggris,  disanjung  oleh  Orientalis  Sir  Denison
Ross  karena  kesarjanaan  dan  penilaiannya.  Namun  ia  adalah  orang  pertama  yang
mengakui  bahwa,  "Sebenarnya  kita  akan  menemukan  kesulitan  untuk  menentukan
dasar  apresiasi  karya  Hafizh  di  Timur,  dan  para  sahabat  sebangsanya  menjadikan
ajarannya tidak mungkin dipahami."5

Berikut   ini   membuat   semua   orang   lebih   tertarik   pada   sorotan   Gertrude   Bell   di
kegelapan,   ketika   ia   mencoba   mengemukakan   beberapa   opini   tentang   apa   yang
sebenarnya     sedang    dijelaskan     Hafizh,     "Dari   sudut    pandang     kami,    matahari
filsafatnya  tampak  bahwa ada sedikit kepastian  yang  dapat  kita  ketahui,  bahwa  hal
kecil   harus   selalu   menjadi   obyek   dari   setiap   hasrat   manusia.   Sementara   setiap
orang  akan  melakukan  pencarian  itu  di  jalan  yang  berbeda.  Tak  seorang  pun  akan
mudah  menemukan  jalannya,  jika  ia  bijak  mungkin  mendapatkan  manfaat  karena


www.tris.co.nr



54




Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

kerja   kerasnya   menyusuri   tepi   jalan."6   Bell   tidak   melihat   aktifitas   Sufi   sebuah
proses   --   sebagaimana   para   Sufi   memandangnya   --   namun   berhasil   memandang
sekilas   ciri   khas   dan   utuh   dari   pemikiran   Sufistik   Hafizh   dalam   membahas   dan
melihat  sebuah  panorama  pemikiran  manusia  yang  hadir  di  hadapan  kita  dan  tentu
saja mempunyai  jangkauan masa depan baginya:

Itu   seolah-olah   mata   batinnya,   yang   dianugerahi   dengan   ketajaman   pandangan
mengagumkan.  Ia  telah  merasuk  ke  dalam   wilayah-wilayah  pemikiran  yang  pada
masa berikutnya menjadi asing bagi  kita.7

Pandangan     visioner     Hafizh    sangat     kuat    untuk    diabaikan,      namun    ia   juga
mengejutkan. Gertrude Bell  ternyata tidak mencapai  kesimpulan apa  pun.

Kembali   pada   kisah   gajah   di   atas.   Para   sarjana   ternyata   lebih   suka   bersikap
eklesiastik   (sikap   pendeta   gereja)   dibandingkan   bersikap   doktriner.   Bagi   Sufi,
kedua  sikap  ini  sama  saja  dengan  para  pengunjung  kandang  gajah  itu.  Mungkinkah
mereka  semua  sebenarnya  memandang   salah  satu  bagian   keseluruhan?   Para  Sufi
berkata,  "Ia  bukan  sebuah  agama,  ia  adalah  agama,"  dan  "Sufisme  adalah  esensi
dari   semua   agama."   Lalu   apakah   di   antara   para   Sufi   atau   lainnya,   ada   sebuah
tradisi,    ada   sebuah    ajaran    rahasia    yang   diturunkan    melalui     penobatan     dan
dilestarikan      melalui     rantai    transmisi;     sebuah     ajaran    rahasia     yang    mungkin
menjelaskan   sesuatu   kepada   para   pengamat   sesuai   dengan   prasangkanya   yang
hampir melihat setiap  bentuk agama dalam berbagai  karya tulis Sufi?

Untuk  menjawab  hal   ini,  kita  seharusnya   mengacu   pada  berbagai   pendapat  Sufi
yang   biasanya     disalahpahami      oleh    murid-murid    non-Sufi.    Demikian    pula   kita
seharusnya   mengikuti   tradisi   dari   madzhab-madzhab   lainnya   maupun   transmisi
kepercayaan  di  abad-abad  pertengahan  dan  masa  lain  menyangkut  ajaran  batiniah
dibalik   agama   formal.   Pencarian   ini   sama   sekali   bukan   suatu   pencarian   yang
membosankan.

Menurut  Syekh  Abu  al-Hasan  Fusyanji,  "Dulu  Sufi  adalah  realitas  tanpa  nama.  Kini
ia  nama  tanpa  realitas."  Secara  lahiriah,  pernyataan  ini  biasanya  dianggap  berarti
bahwa   orang-orang   menyebut   diri   mereka   sebagai   Sufi   sebenarnya,   sementara
pencarian   sejati   dari   para   Sufi   tidak   dipahami.   Meskipun   hal   ini   mungkin   juga
merupakan  suatu  interpretasi  atas  sebuah  pernyataan,  namun  di  sini  dimaksudkan
untuk mengklarifikasi  suatu sudut pandang yang berbeda.

Urgensi    menelusuri     jejak    sejarah    untuk   menentukan     permulaan     sesuatu    yang
begitu   ditekankan   pada   tahap   pengetahuan   sekarang,   tentu   saja   didorong   oleh
kebutuhan   pikiran   biasa   untuk   mengetahui   sebuah   permulaan   dan   jika   mungkin
akhir  dari  setiap  hal.  Hampir  setiap  hal  yang  diketahui  manusia  sesuai  dengan  akal
sehatnya   mempunyai   awal   dan   akhir.   Keinginan   mengetahui   esensi   sesuatu   itu
merupakan  wujud  kebutuhan  akan  stabilitas,  rasa  aman.  Istilah  ini  tercantum  di
dalam  buku,  kini  bisa  diletakkan  di  atas  papan  --  mengetahui  A  sampai  Z  sesuatu
atau  lainnya.  Ada  berbagai  metode  yang  relatif  diterima  dalam  menentukan  awal
dan  akhir  itu,  atau  menghasilkan  berbagai  penyulihan  untuknya.  Semua  metode  itu
mungkin  dihasilkan  dari  berbagai  mitos   dan  legenda  yang  seringkali  menyangkut
bagaimana  segala  sesuatu  bermula  dan  berakhir.  Cara  lainnya  adalah  penegasan
raja  Cina  bahwa  sejarah  berawal  dari  dirinya  dan  buku-buku  sejarah  sebelumnya


www.tris.co.nr



55

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar