Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

syarah arbain nawawiyah bagian 1



Segala
  Puji  bagi  Allah  Subhanahu  wa  Ta'ala  ,  Tuhan  seru  sekalian  alam,
Penguasa  langit  dan  bumi,  yang  mengatur  urusan  seluruh  makhluk,  yang
mengutus para Rasul kepada sekalian mukalaf untuk memberikan petunjuk dan
menerangkan kepada mereka urusan-urusan agama dengan dalil-dalil yang jelas
dan bukti-bukti yang nyata. Aku bersyukur kepada-Nya atas segala nikmat-Nya
dan aku memohon tambahan karunia dan kemurahan-Nya.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah Subhanahu wa Ta'ala
semata yang Maha Esa lagi Maha Kuasa, Maha Mulia lagi Maha Pengampun.
Dan  saya  bersaksi  bahwa  junjungan  kita  Muhammad  Shallallahu  'alaihi  wa
Sallam  adalah  hamba,  utusan,  kekasih  dan  kesayangan-Nya.  Beliau  adalah
setinggi-tinggi makhluk yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan
Al-Qur’an   yang   agung   sebagai   mukjizat   yang   berlaku   sepanjang   masa.
Keselamatan     dan      kesejahteraan     semoga      senantiasa     dilimpahkan     Allah
Subhanahu wa Ta'ala kepada Beliau dan kepada segenap para Rasul, para Nabi
dan keluarga mereka serta segenap orang-orang shalih.

Sesungguhnya   dalam   hadits   yang   shahih   Rasululloh   telah   bersabda   :
Hendaklah  orang  yang  hadir  (mendengarkan  pengajian)  menyampaikan
kepada orang yang tidak hadir juga sabda beliau, Semoga Allah Subhanahu
wa  Ta'ala  melimpahkan  nikmat  kepada  orang  yang  mendengar  kata-kata
dariku, lalu ia menghafalnya, kemudian ia menyampaikannya kepada orang
lain sebagaimana yang ia dengar

Seyogyanya  setiap  orang  yang  menginginkan  kehidupan  akhirat  memahami
hadits-hadits ini, karena didalamnya terkandung banyak hal-hal penting serta
peringatan  dalam  berbagai  macam  ibadah.  Hal  ini  akan  semakin  jelas  jika
dibahas lebih lanjut. Hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala saya berharap
dan hanya kepada-Nya pula saya berlindung dan berserah diri. Segala Puji dan
Nikmat adalah kepunyaan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan kepada-Nya kami
memohon taufiq dan perlindungan.












Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               2 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

1. IKHLAS

Amirul mukminin, Umar bin khathab radhiyallahu anhu, ia berkata : “Aku   mendengar
Rasulullah       Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam   bersabda:   “Segala   amal   itu   tergantung
niatnya,  dan  setiap  orang  hanya  mendapatkan  sesuai  niatnya.  Maka  barang  siapa
yang  hijrahnya  kepada  Allah  dan  Rasul-Nya,  maka  hijrahnya  itu  kepada  Allah  dan
Rasul-Nya.  Barang  siapa  yang  hijrahnya  itu  Karena  kesenangan  dunia  atau  karena
seorang   wanita   yang   akan   dikawininya,   maka   hijrahnya   itu   kepada   apa   yang
ditujunya”.

Diriwayatkan  oleh  dua  orang  ahli  hadits  yaitu  Abu  Abdullah  Muhammad  bin  Ismail
bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari (orang Bukhara) dan Abul Husain
Muslim  bin  Al  Hajjaj  bin  Muslim  Al  Qusyairi  An  Naisaburi  di  dalam  kedua  kitabnya
yang paling shahih di antara semua kitab hadits.

Penjelasan :

Hadits   ini   adalah   Hadits   shahih   yang   telah   disepakati   keshahihannya,   ketinggian
derajatnya    dan    didalamnya     banyak    mengandung     manfaat.    Imam    Bukhari    telah
meriwayatkannya  pada  beberapa  bab  pada  kitab  shahihnya,  juga  Imam  Muslim  telah
meriwayatkan hadits ini pada akhir bab Jihad.

Hadits  ini  salah  satu  pokok  penting  ajaran  islam.  Imam  Ahmad  dan  Imam  Syafi’I
berkata  :  “Hadits  tentang  niat  ini  mencakup  sepertiga  ilmu.”  Begitu  pula  kata  imam
Baihaqi  dll.  Hal  itu  karena  perbuatan  manusia  terdiri  dari  niat  didalam  hati,  ucapan
dan tindakan. Sedangkan niat merupakan salah satu dari tiga bagian itu. Diriwayatkan
dari  Imam  Syafi’i,  “Hadits  ini  mencakup  tujuh  puluh  bab  fiqih”,  sejumlah  Ulama’
mengatakan hadits ini mencakup sepertiga ajaran islam.

Para   ulama  gemar  memulai  karangan-karangannya  dengan  mengutip  hadits  ini.  Di
antara  mereka  yang  memulai  dengan  hadits  ini  pada  kitabnya  adalah  Imam  Bukhari.
Abdurrahman   bin   Mahdi   berkata   :   “bagi   setiap   penulis   buku   hendaknya   memulai
tulisannya  dengan  hadits  ini,  untuk  mengingatkan  para  pembacanya  agar  meluruskan
niatnya”.

Hadits  ini  dibanding  hadits-hadits  yang  lain  adalah  hadits  yang  sangat  terkenal,  tetapi
dilihat dari sumber sanadnya, hadits ini adalah hadits ahad, karena hanya diriwayatkan
oleh  Umar  bin  Khaththab  dari  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam.  Dari  Umar  hanya
diriwayatkan   oleh   ‘Alqamah   bin   Abi   Waqash,   kemudian   hanya   diriwayatkan   oleh
Muhammad bin Ibrahim At Taimi, dan selanjutnya hanya diriwayatkan oleh Yahya bin
Sa’id  Al  Anshari,  kemudian  barulah  menjadi  terkenal  pada  perawi  selanjutnya.  Lebih
dari  200  orang  rawi  yang  meriwayatkan  dari  Yahya  bin  Sa’id  dan  kebanyakan  mereka
adalah para Imam.

Pertama       :   Kata   Innamaa”   bermakna   “hanya/pengecualian”   ,   yaitu   menetapkan
sesuatu  yang  disebut  dan  mengingkari  selain  yang  disebut  itu.  Kata  hanya”  tersebut
terkadang   dimaksudkan        sebagai     pengecualian       secara      mutlak      dan     terkadang
dimaksudkan   sebagai   pengecualian   yang   terbatas.   Untuk   membedakan   antara   dua
pengertian ini dapat diketahui dari susunan kalimatnya.
Misalnya,   kalimat   pada   firman   Allah   :   “Innamaa   anta   mundzirun”                            “Engkau
(Muhammad) hanyalah seorang penyampai ancaman”. (QS. Ar-Ra’d : 7)


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               3 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Kalimat ini secara sepintas menyatakan bahwa tugas Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam
hanyalah   menyampaikan   ancaman   dari   Allah,   tidak   mempunyai   tugas-tugas   lain.
Padahal   sebenarnya   beliau   mempunyai   banyak   sekali   tugas,   seperti   menyampaikan
kabar  gembira  dan  lain  sebagainya.  Begitu  juga  kalimat  pada  firman  Allah  :  “Innamal
hayatud  dunyaa  la’ibun  walahwun”                        “Kehidupan  dunia  itu  hanyalah  kesenangan
dan permainan”. (QS. Muhammad : 36)
Kalimat  ini  (wallahu  a’lam)  menunjukkan  pembatasan  berkenaan  dengan  akibat  atau
dampaknya,   apabila   dikaitkan   dengan   hakikat   kehidupan   dunia,   maka   kehidupan
dapat  menjadi  wahana  berbuat  kebaikan.  Dengan  demikian  apabila  disebutkan  kata
hanya       dalam     suatu     kalimat,     hendaklah     diperhatikan     betul     pengertian     yang
dimaksudkan.

Pada Hadits ini, kalimat “Segala amal hanya menurut niatnya” yang dimaksud dengan
amal  disini  adalah  semua  amal  yang  dibenarkan  syari’at,  sehingga  setiap  amal  yang
dibenarkan   syari’at   tanpa   niat   maka   tidak   berarti   apa-apa   menurut   agama   islam.
Tentang   sabda   Rasulullah,   semua   amal   itu   tergantung   niatnya   ada   perbedaan
pendapat   para   ulama   tentang   maksud   kalimat   tersebut.   Sebagian   memahami   niat
sebagai  syarat  sehingga  amal  tidak  sah  tanpa  niat,  sebagian  yang  lain  memahami  niat
sebagai penyempurna sehingga amal itu akan sempurna apabila ada niat.

Kedua : Kalimat Dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya oleh Khathabi
dijelaskan  bahwa  kalimat  ini  menunjukkan  pengertian  yang  berbeda  dari  sebelumnya.
Yaitu  menegaskan  sah  tidaknya  amal  bergantung  pada  niatnya.  Juga  Syaikh  Muhyidin
An-Nawawi     menerangkan     bahwa    niat      menjadi        syarat       sahnya       amal.      Sehingga
seseorang yang meng-qadha sholat tanpa niat maka tidak sah Sholatnya, walahu a’lam

Ketiga  :  Kalimat  Dan  Barang  siapa  berhijrah  kepada  Allah  dan  Rosul-Nya,  maka
hijrahnya kepada Allah dan Rosul-Nya menurut penetapan ahli bahasa Arab, bahwa
kalimat  syarat  dan jawabnya, begitu pula mubtada’ (subyek) dan khabar (predikatnya)
haruslah  berbeda,  sedangkan  di  kalimat  ini  sama.  Karena  itu  kalimat  syarat  bermakna
niat  atau  maksud  baik  secara  bahasa  atau  syari’at,  maksudnya  barangsiapa  berhijrah
dengan  niat  karena  Allah  dan  Rosul-Nya  maka  akan  mendapat  pahala  dari  hijrahnya
kepada Allah dan Rosul-Nya.

Hadits ini memang muncul karena adanya seorang lelaki yang ikut hijrah dari Makkah
ke  Madinah  untuk  mengawini  perempuan  bernama  Ummu  Qais.  Dia  berhijrah  tidak
untuk   mendapatkan   pahala   hijrah   karena   itu   ia   dijuluki   Muhajir   Ummu   Qais.                 
wallahu a’lam 


2. IMAN, ISLAM DAN IHSAN

Umar ra. berkata: ketika kami tengah berada di majelis bersama Rasulullah pada suatu
hari,  tiba-tiba  tampak  dihadapan  kami  seorang  laki-laki  yang  berpakaian  sangat  putih,
berambut  sangat  hitam,  tidak  terlihat  padanya  tanda-tanda  bekas  perjalanan  jauh  dan
tidak   seorangpun   diantara   kami   yang   mengenalnya.   Lalu   ia   duduk   di   hadapan
Rasulullah     dan    menyandarkan     lututnya     pada    lutut    Rasulullah     dan    meletakkan
tangannya     diatas     paha     Rasulullah,      selanjutnya      ia     berkata,"     Hai       Muhammad,
beritahukan kepadaku tentang Islam " Rasulullah menjawab,"Islam itu engkau bersaksi
bahwa   sesungguhnya   tiada   Tuhan   selain   Alloh   dan   sesungguhnya   Muhammad   itu
utusan  Alloh,  engkau  mendirikan  sholat,  mengeluarkan  zakat,  berpuasa  pada  bulan

Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               4 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Romadhon      dan     mengerjakan      ibadah     haji     ke     Baitullah      jika     engkau     mampu
melakukannya."  Orang  itu  berkata,"Engkau  benar,"  kami  pun  heran,  ia  bertanya  lalu
membenarkannya     Orang    itu    berkata    lagi,"    Beritahukan           kepadaku         tentang        Iman"
Rasulullah   menjawab,"Engkau   beriman   kepada   Alloh,   kepada   para   Malaikat-Nya,
Kitab-kitab-Nya,  kepada  utusan-utusan  Nya,  kepada  hari  Kiamat  dan  kepada  takdir
yang  baik  maupun  yang  buruk"  Orang  tadi  berkata,"  Engkau  benar"  Orang  itu  berkata
lagi,"  Beritahukan  kepadaku  tentang  Ihsan"  Rasulullah  menjawab,"Engkau  beribadah
kepada    Alloh    seakan-akan     engkau     melihat-Nya,     jika    engkau     tidak    melihatnya,
sesungguhnya   Dia   pasti   melihatmu."   Orang   itu   berkata   lagi,"Beritahukan   kepadaku
tentang  kiamat"  Rasulullah  menjawab,"  Orang  yang  ditanya  itu  tidak  lebih  tahu  dari
yang   bertanya."   selanjutnya   orang   itu   berkata   lagi,"beritahukan   kepadaku   tentang
tanda-tandanya" Rasulullah menjawab," Jika hamba perempuan telah melahirkan tuan
puterinya,   jika   engkau   melihat   orang-orang   yang   tidak   beralas   kaki,   tidak   berbaju,
miskin dan penggembala kambing, berlomba-lomba mendirikan bangunan." Kemudian
pergilah  ia,  aku  tetap  tinggal  beberapa  lama  kemudian  Rasulullah  berkata  kepadaku,
"Wahai  Umar,  tahukah  engkau  siapa  yang  bertanya  itu?"  Saya  menjawab,"  Alloh  dan
Rosul-Nya  lebih  mengetahui"  Rasulullah  berkata,"  Ia  adalah  Jibril,  dia  datang  untuk
mengajarkan kepadamu tentang agama kepadamu" (Imam Muslim)

Penjelasan :

Hadits  ini  sangat  berharga  karena  mencakup  semua  fungsi  perbuatan  lahiriah  dan
bathiniah,   serta   menjadi   tempat   merujuk   bagi   semua   ilmu   syari’at   dan   menjadi
sumbernya. Oleh sebab itu hadits ini menjadi induk ilmu sunnah.

Hadits  ini  menunjukkan  adanya  contoh  berpakaian  yang  bagus,  berperilaku  yang  baik
dan  bersih  ketika  datang  kepada  ulama,  orang  terhormat  atau  penguasa,  karena  jibril
datang untuk mengajarkan agama kepada manusia dalam keadaan seperti itu.
Kalimat    Ia  meletakkan  kedua  telapak  tangannya  diatas  kedua  paha  beliau,  lalu  ia
berkata  :  Wahai  Muhammad…..  adalah  riwayat  yang  masyhur.  Nasa’i  meriwayatkan
dengan     kalimat,     Dan       ia      meletakkan          kedua        tangannya          pada       kedua        lutut
Rasulullah….          Dengan    demikian    yang    dimaksud    kedua    pahanya    adalah    kedua
lututnya.

Dari  hadits  ini  dipahami  bahwa  islam  dan  iman  adalah  dua  hal  yang  berbeda,  baik
secara bahasa maupun syari’at. Namun terkadang, dalam pengertian syari’at, kata islam
dipakai dengan makna iman dan sebaliknya.
Kalimat, Kami heran, dia bertanya tetapi dia sendiri yang membenarkannya mereka
para   shahabat   Rasulullah   menjadi   heran   atas   kejadian   tersebut,   karena   orang   yang
datang   kepada   Rasulullah   hanya   dikenal   oleh   beliau   dan   orang   itu   belum   pernah
mereka    ketahui     bertemu     dengan     Rasulullah      dan    mendengarkan     sabda     beliau.
Kemudian  ia  mengajukan  pertanyaan  yang  ia  sendiri  sudah  tahu  jawabannya  bahkan
membenarkannya, sehingga orang-orang heran dengan kejadian itu.

Kalimat,   Engkau   beriman   kepada   Allah,   kepada   para   malaikat-Nya,   dan   kepada
kitab-kitab-Nya….   Iman   kepada   Allah   yaitu   mengakui   bahwa   Allah   itu   ada   dan
mempunyai   sifat-sifat   Agung   serta   sempurna,   bersih   dari   sifat   kekurangan,.   Dia
tunggal,   benar,   memenuhi   segala   kebutuhan   makhluk-Nya,   tidak   ada   yang   setara
dengan  Dia,  pencipta  segala  makhluk,  bertindak  sesuai  kehendak-Nya  dan  melakukan
segala kekuasaan-Nya sesuai keinginan-Nya.


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               5 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Iman kepada Malaikat, maksudnya mengakui bahwa para malaikat adalah hamba Allah
yang  mulia,  tidak  mendahului  sebelum  ada  perintah,  dan  selalu  melaksanakan  apa
yang diperintahkan-Nya.
Iman   kepada   Para   Rasul   Allah,   maksudnya   mengakui   bahwa   mereka   jujur   dalam
menyampaikan segala keterangan yang diterima dari Allah dan mereka diberi mukjizat
yang   mengukuhkan   kebenarannya,   menyampaikan   semua   ajaran   yang   diterimanya,
menjelaskan   kepada   orang-orang   mukalaf   apa-apa   yang   Allah   perintahkan   kepada
mereka. Para Rasul Allah wajib dimuliakan dan tidak boleh dibeda-bedakan.
Iman kepada hari Akhir, maksudnya mengakui adanya kiamat, termasuk hidup setelah
mati,    berkumpul     dipadang    Mahsyar,    adanya    perhitungan     dan    timbangan     amal,
menempuh jembatan antara surga dan neraka, serta adanya Surga dan Neraka, dan juga
mengakui hal-hal lain yang tersebut dalam Qur’an dan Hadits Rosululloh.
Iman  kepada  taqdir  yaitu  mengakui  semua  yang  tersebut  diatas,  ringkasnya  tersebut
dalam   firman   Allah   QS.   Ash-Shaffaat   :   96,   Allah   menciptakan   kamu   dan   semua
perbuatan  kamu  dan  dalam  QS. Al-Qamar : 49, Sungguh segala sesuatu telah kami
ciptakan  dengan  ukuran  tertentu  dan  di  ayat-ayat  yang  lain.  Demikian  juga  dalam
Hadits  Rasulullah,  Dari  Ibnu  Abbas,  Ketahuilah,  sekiranya  semua  umat  berkumpul
untuk  memberikan  suatu  keuntungan  kepadamu,  maka  hal  itu  tidak  akan  kamu
peroleh selain dari apa yang Allah telah tetapkan pada dirimu. Sekiranya merekapun
berkumpul untuk melakukan suatu yang membahayakan dirimu, niscaya tidak akan
membahayakan dirimu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Segenap
pena diangkat   dan lembaran-lembaran telah kering

Para Ulama mengatakan, Barangsiapa membenarkan segala urusan dengan sungguh-sungguh
lagi penuh keyakinan tidak sedikitpun terbersit keraguan, maka dia adalah mukmin sejati.
Kalimat,    Engkau       menyembah         Allah      seolah-olah         engkau       melihat-Nya….           Pada
pokoknya merujuk pada kekhusyu’an dalam beribadah, memperhatikan hak Allah dan
menyadari adanya pengawasan Allah kepadanya serta keagungan dan kebesaran Allah
selama menjalankan ibadah.

Kalimat,  Beritahukan  kepadaku  tanda-tandanya  ?  sabda  beliau  :  Budak  perempuan
melahirkan  anak  tuannya  maksudnya  kaum  muslimin  kelak  akan  menguasai  negeri
kafir,  sehingga  banyak  tawanan,  maka  budak-budak  banyak  melahirkan  anak  tuannya
dan  anak  ini  akan  menempati  posisi  majikan  karena  kedudukan  bapaknya.  Hal  ini
menjadi     sebagian     tanda-tanda     kiamat.     Ada    juga     yang    mengatakan     bahwa    itu
menunjukkan kerusakan umat manusia sehingga orang-orang terhormat menjual budak
yang menjadi ibu dari anak-anaknya, sehingga berpindah-pindah tangan yang mungkin
sekali akan jatuh ke tangan anak kandungnya tanpa disadarinya.

Hadits  ini  juga  menyatakan  adanya  larangan  berlomba-lomba  membangun  bangunan
yang sama sekali tidak dibutuhkan. Sebagaimana sabda Rasulullah,” Anak adam diberi
pahala untuk setiap belanja yang dikeluarkannya kecuali belanja untuk mendirikan
bangunan

Kalimat,   Penggembala   Domba   secara   khusus   disebutkan   karena   merekalah   yang
merupakan   golongan   badui   yang   paling   lemah   sehingga   umumnya   tidak   mampu
mendirikan   bangunan,   berbeda   dengan   para   pemilik   onta   yang   umumnya   orang
terhormat.
Kalimat,   Saya   tetap   tinggal   beberapa   lama   maksudnya   Umar   ra   tetap   tinggal
ditempat itu beberapa lama setelah orang yang bertanya pergi, dalam riwayat yang lain
yang dimaksud tetap tinggal adalah Rosululloh.


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               6 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied



Kalimat,     Ia      datang        kepada        kamu       sekalian        untuk       mengajarkan           agamamu
maksudnya  mengajarkan  pokok-pokok  agamamu,  demikian  kata  Syaikh  Muhyidin  An
Nawawi  dalam  syarah  shahih  muslim.  Isi  hadits  ini  yang  terpenting  adalah  penjelasan
islam, iman dan ihsan, serta kewajiban beriman kepada Taqdir Allah SWT.

Sesungguhnya  keimanan  seseorang  dapat  bertambah  dan  berkurang,  QS.  Al-Fath  :  4,
Untuk  menambah  keimanan  mereka  pada  keimanan  yang  sudah  ada  sebelumnya”.
Imam Bukhari menyebutkan dalam kitab shahihnya bahwa ibnu Abu Mulaikah berkata,
Aku  temukan  ada  30  orang  shahabat  Rasulullah  yang  khawatir  ada  sifat  kemunafikan  dalam
dirinya. Tidak ada seorangpun dari mereka yang berani mengatakan bahwa ia memiliki keimanan
seperti halnya keimanan Jibril dan Mikail ‘alaihimus salaam

Kata  iman  mencakup  pengertian  kata  islam  dan  semua  bentuk  ketaatan  yang  tersebut
dalam  hadits  ini,  karena  semua  hal  tersebut  merupakan  perwujudan  dari  keyakinan
yang ada dalam bathin yang menjadi tempat keimanan. Oleh karena itu kata   Mukmin
secara  mutlak  tidak  dapat  diterapkan  pada  orang-orang  yang  melakukan  dosa-dosa
besar  atau  meninggalkan  kewajiban  agama,  sebab  suatu  istilah  harus  menunjukkan
pengertian  yang  lengkap  dan  tidak  boleh  dikurangi,  kecuali  dengan  maksud  tertentu.
Juga  dibolehkan  menggunakan  kata        Tidak  beriman  sebagaimana  pengertian  hadits
Rasulullah, Seseorang tidak berzina ketika dia beriman dan tidak mencuri ketika dia
beriman maksudnya seseorang dikatakan tidak beriman ketika berzina atau ketika dia
mencuri.

Kata  islam  mencakup  makna  iman  dan  makna  ketaatan,  syaikh  Abu  ‘Umar  berkata,
kata  iman  dan  islam  terkadang  pengertiannya  sama  terkadang  berbeda.  Setiap  mukmin  adalah
muslim  dan  tidak  setiap  muslim  adalah  mukmin  ia  berkata,  pernyataan  seperti  ini  sesuai
dengan  kebenaran  Keterangan-keterangan  Al-Qur’an  dan  Assunnah  berkenaan  dengan
iman  dan  islam   sering  dipahami  keliru  oleh  orang-orang  awam.  Apa  yang  telah  kami
jelaskan  diatas  telah  sesuai  dengan  pendirian  jumhur  ulama  ahli  hadits  dan  lain-lain.
Wallahu a’lam


3. RUKUN ISLAM

Abu   Abdurrahman,   Abdullah   bin   Umar   bin   Khathab   ra   berkata   :   saya   mendengar
Rasulullah   bersabda: "Islam didirikan diatas lima perkara yaitu bersaksi bahwa tiada
Tuhan       selain      Allah      dan     Muhammad         adalah      utusan       Allah,      mendirikan         shalat,
mengeluarkan   zakat,   mengerjakan   haji   ke   baitullah   dan   berpuasa   pada   bulan
ramadhan". (HR. Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Abul  ‘Abbas  Al-Qurtubi  berkata  :  “Lima  hal  tersebut  menjadi  asas  agama  Islam  dan
landasan    tegaknya    Islam.    Lima    hal    tersebut   diatas   disebut   secara   khusus   tanpa
menyebutkan    Jihad            Padahal    Jihad    adalah    membela    agama    dan    mengalahkan
penentang-penentang  yang  kafir           Karena  kelima  hal  tersebut  merupakan  kewajiban
yang abadi, sedangkan jihad merupakan salah satu fardhu kifayah, sehingga pada saat
tertentu bisa menjadi tidak wajib.



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               7 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Pada  beberapa  riwayat  disebutkan,  Haji  lebih  dahulu  dari  Puasa  Romadhon.  Hal  ini
adalah    keraguan    perawi.    Wallahu     A’lam    (Imam    Muhyidin     An    Nawawi    dalam
mensyarah  hadits  ini  berkata,  Demikian  dalam  riwayat  ini,  Haji  disebutkan  lebih  dahulu
dari puasa. Hal ini sekedar tertib dalam menyebutkan, bukan dalam hal hukumnya, karena puasa
ramadhon  diwajibkan  sebelum  kewajiban  haji.  Dalam  riwayat  lain  disebutkan  puasa  disebutkan
lebih  dahulu  daripada  haji”)  Oleh  karena  itu,  Ibnu  Umar  ketika  mendengar  seseorang
mendahulukan  menyebut  haji  daripada  puasa,  ia  melarangnya  lalu  ia  mendahulukan
menyebut puasa daripada haji. Ia berkata : “Begitulah yang aku dengar dari Rosululloh

Pada   salah   satu   riwayat   Ibnu   ‘Umar   disebutkan   Islam   didirikan   atas   pengakuan
bahwa   engkau   menyembah   Allah   dan   mengingkari   sesembahan   selain-Nya   dan
melaksanakan   Sholat….   Pada   riwayat   lain   disebutkan   :   seorang   laki-laki   berkata
kepada   Ibnu   ‘Umar,   Bolehkah   kami   berperang   ?   Ia   menjawab   :   Aku   mendengar
Rosululloh     bersabda,  Islam  didirikan  atas  lima  hal  ….  Hadits  ini  merupakan  dasar
yang sangat utama guna mengetahui agama dan apa yang menjadi landasannya. Hadits
ini telah mencakup apa yang menjadi rukun-rukun agama.


4.   NASIB MANUSIA TELAH DITETAPKAN

Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas'ud ra. berkata : bahwa Rasulullah telah bersabda,
"Sesungguhnya  tiap-tiap  kalian  dikumpulkan  penciptaannya  dalam  rahim  ibunya
selama  40  hari  berupa  nutfah,  kemudian  menjadi  'Alaqoh  (segumpal  darah)  selama
itu   juga   lalu   menjadi   Mudhghoh   (segumpal   daging)   selama   itu   juga,   kemudian
diutuslah   Malaikat   untuk   meniupkan   ruh   kepadanya   lalu   diperintahkan   untuk
menuliskan 4 kata : Rizki, Ajal, Amal dan Celaka/bahagianya. maka demi Alloh yang
tiada Tuhan selainnya, ada seseorang diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli
surga   sehingga   tidak   ada   jarak   antara   dirinya   dan   surga   kecuali   sehasta   saja.
kemudian   ia   didahului   oleh   ketetapan   Alloh   lalu   ia   melakukan   perbuatan   ahli
neraka  dan  ia  masuk  neraka.  Ada  diantara  kalian  yang  mengerjakan  amalan  ahli
neraka  sehingga  tidak  ada  lagi  jarak  antara  dirinya  dan  neraka  kecuali  sehasta  saja.
kemudian ia didahului oleh ketetapan Alloh lalu ia melakukan perbuatan ahli surga
dan ia masuk surga. (Muttafaqun Alaihi)

Penjelasan :

Kalimat, Sesungguhnya tiap-tiap kalian dikumpulkan penciptaannya dalam rahim
ibunya      maksudnya   yaitu   Air   mani   yang   memancar   kedalam   rahim,   lalu   Allah
pertemukan   dalam   rahim   tersebut   selama   40   hari.   Diriwayatkan   dari   Ibnu   Mas’ud
bahwa   dia   menafsirkan   kalimat   diatas   dengan   menyatakan,   Nutfah   yang   memancar
kedalam  rahim  bila  Allah  menghendaki  untuk dijadikan  seorang  manusia,  maka  nutfah  tersebut
mengalir  pada  seluruh  pembuluh  darah  perempuan  sampai  kepada  kuku  dan  rambut  kepalanya,
kemudian tinggal selama 40 hari, lalu berubah menjadi darah yang tinggal didalam rahim. Itulah
yang dimaksud dengan Allah mengumpulkannya Setelah 40 hari Nutfah menjadi ‘Alaqah
(segumpal darah)

Kalimat,   kemudian   diutuslah   Malaikat   untuk   meniupkan   ruh   kepadanya   yaitu
Malaikat yang mengurus rahim



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               8 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Kalimat    "Sesungguhnya           ada     seseorang         diantara       kamu      melakukan         amalan       ahli
surga.......         " secara tersurat menunjukkan bahwa orang tersebut melakukan amalan yang
benar dan amal itu mendekatkan pelakunya ke surga sehingga dia hampir dapat masuk
ke  surga  kurang  satu  hasta.  Ia  ternyata  terhalang  untuk  memasukinya  karena  taqdir
yang    telah    ditetapkan    bagi    dirinya    di    akhir    masa    hayatnya    dengan    melakukan
perbuatan  ahli  neraka.  Dengan  demikian,  perhitungan semua amal baik itu tergantung
pada  apa  yang  telah  dilakukannya.  Akan  tetapi,  bila  ternyata  pada  akhirnya  tertutup
dengan  amal  buruk,  maka  seperti  yang  dikatakan  pada  sebuah  hadits:  "Segala  amal
perbuatan        itu     perhitungannya           tergantung         pada      amal      terakhirnya."         Maksudnya,
menurut        kami      hanya      menyangkut          orang-orang          tertentu       dan     keadaan       tertentu.
Adapun   hadits   yang   disebut   oleh   Imam   Muslim   dalam   Kitabul   Iman   dari   kitab
shahihnya bahwa Rasulullah berkata: " Seseorang melakukan amalan ahli surga dalam
pandangan  manusia,  tetapi  sebenarnya  dia  adalah  ahli  neraka." Menunjukkan  bahwa
perbuatan   yang   dilakukannya   semata-mata   untuk   mendapatkan   pujian/popularitas.
Yang  perlu  diperhatikan  adalah  niat  pelakunya  bukan  perbuatan  lahiriyahnya,  orang
yang selamat dari riya' semata-mata karena karunia dan rahmat Allah SWT.

Kalimat " maka demi Allah yang tiada Tuhan selain Dia, sesungguhnya ada seseorang
diantara kamu melakukan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya
dan  surga  kecuali  sehasta  saja.  kemudian  ia  didahului  oleh  ketetapan  Alloh  lalu  ia
melakukan  perbuatan  ahli  neraka  dan  ia  masuk  neraka.  "  Maksudnya  bahwa,  hal
semacam  ini  bisa  saja  terjadi  namun  sangat  jarang  dan  bukan  merupakan  hal  yang
umum.  Karena  kemurahan,  keluasan  dan  rahmat  Allah  kepada  manusia.  Yang  banyak
terjadi  manusia  yang  tidak  baik  berubah  menjadi  baik  dan  jarang  orang  baik  menjadi
tidak baik.

Firman     Allah,     Rahmat-Ku          mendahului          kemurkaan-Ku            menunjukkan      adanya
kepastian      taqdir   sebagaimana       pendirian      ahlussunnah       bahwa     segala     kejadian
berlangsung   dengan   ketetapan   Allah   dan   taqdir-Nya,   dalam   hal   keburukan   dan
kebaikan juga dalam hal bermanfaat dan berbahaya. Firman Allah, QS. Al-Anbiya’ : 23,
Dan  Dia  tidak  dimintai  tanggung  jawab  atas  segala  tindakan-Nya  tetapi  mereka
akan dimintai tanggung jawab menyatakan bahwa kekuasaan Allah tidak tertandingi
dan Dia melakukan apa saja yang dikehendaki dengan kekuasaa-Nya itu.

Imam Sam’ani berkata : Cara untuk dapat memahami pengertian semacam ini adalah dengan
menggabungkan  apa  yang  tersebut  dalam  Al  Qur’an  dan  Sunnah,  bukan  semata-mata  dengan
qiyas  dan  akal.  Barang  siapa  yang  menyimpang  dari  cara  ini  dalam  memahami  pengertian  di
atas,  maka  dia  akan  sesat  dan  berada  dalam  kebingungan,  dia  tidak  akan  memperoleh  kepuasan
hati  dan  ketentraman.  Hal  ini  karena  taqdir  merupakan  salah  satu  rahasia  Allah  yang  tertutup
untuk  diketahui  oleh  manusia  dengan  akal  ataupun  pengetahuannya.  Kita  wajib  mengikuti  saja
apa   yang   telah   dijelaskan   kepada   kita   tanpa   boleh   mempersoalkannya.   Allah   telah  menutup
makhluk  dari  kemampuan  mengetahui  taqdir,  karena  itu  para  malaikat  dan  para  nabi  sekalipun
tidak ada yang mengetahuinya”.

Ada  pendapat  yang  mengatakan  :  “Rahasia  taqdir  akan  diketahui  oleh  makhluk  ketika
mereka menjadi penghuni surga, tetapi sebelumnya tidak dapat diketahui”.

Beberapa    Hadits    telah    menetapkan     larangan    kepada    seseorang    yang    tdak    mau
melakukan   sesuatu   amal   dengan   alasan   telah   ditetapkan   taqdirnya.   Bahkan,   semua
amal  dan  perintah  yang  tersebut  dalam  syari’at  harus  dikerjakan.  Setiap  orang  akan
diberi  jalan  yang  mudah  menuju  kepada  taqdir  yang  telah  ditetapkan  untuk  dirinya.


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                               9 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Orang   yang   ditaqdirkan   masuk   golongan   yang   beruntung   maka   ia   akan   mudah
melakukan   perbuatan-perbuatan   golongan   yang   beruntung   sebaliknya   orang-orang
yang   ditaqdirkan   masuk   golongan   yang   celaka   maka   ia   akan   mudah   melakukan
perbuatan-perbuatan golongan celaka sebagaimana tersebut dalam Firman Allah :
“Maka Kami akan mudahkan dia untuk memperoleh keberuntungan”.
(QS. Al Lail :7)

“Kemudian Kami akan mudahkan dia untuk memperoleh kesusahan”.
(QS.Al Lail :10)

Para ulama berkata : Al Qur’an, lembaran, dan penanya, semuanya wajib diimani begitu saja,
tanpa   mempersoalkan   corak   dan   sifat   dari   benda-benda   tersebut,   karena   hanya   Allah   yang
mengetahui”.

Allah  berfirman  :  “Manusia  tidak  sedikit  pun  mengetahui  ilmu  Allah,  kecuali  yang
Allah kehendaki”.(QS. Al Baqarah : 255)


5. PERBUATAN BID’AH TERTOLAK

Ummul  mukminin,  ummu  Abdillah,  ‘Aisyah  ra.  berkata  bahwa  Rasulullah          bersabda:
“Barangsiapa   yang   mengada-adakan   sesuatu   dalam   urusan   agama   kami   ini   yang
bukan dari kami, maka dia tertolak".
(Bukhari  dan  Muslim         Dalam  riwayat  Muslim  :  “Barangsiapa  melakukan  suatu  amal
yang tidak sesuai urusan kami, maka dia tertolak”)

Penjelasan:

Kata   Raddun   menurut   ahli   bahasa   maksudnya   tertolak   atau   tidak   sah.   Kalimat
bukan dari urusan kami maksudnya bukan dari hukum kami.
Hadits    ini    merupakan     salah    satu    pedoman     penting    dalam    agama     Islam    yang
merupakan  kalimat  pendek  yang  penuh  arti  yang  dikaruniakan  kepada  Rasulullah.
Hadits   ini   dengan   tegas   menolak   setiap   perkara   bid’ah   dan   setiap   perkara   (dalam
urusan agama) yang direkayasa. Sebagian ahli ushul fiqih menjadikan hadits ini sebagai
dasar kaidah bahwa setiap yang terlarang dinyatakan sebagai hal yang merusak.
Pada  riwayat  imam  muslim  diatas  disebutkan,  Barangsiapa  melakukan  suatu  amal
yang      tidak      sesuai      urusan       kami,      maka      dia     tertolak       dengan    jelas    menyatakan
keharusan  meninggalkan  setiap  perkara  bid’ah,  baik  ia  ciptakan  sendiri  atau  hanya
mengikuti  orang  sebelumnya.  Sebagian  orang  yang  ingkar  (ahli  bid’ah)  menjadikan
hadits  ini  sebagai  alas  an  bila  ia  melakukan  suatu  perbuatan  bid’ah,  dia  mengatakan  :
Bukan saya yang menciptakannya maka pendapat tersebut terbantah oleh hadits diatas.
Hadits ini patut dihafal, disebarluaskan, dan digunakan sebagai bantahan terhadap kaum
yang ingkar karena isinya mencakup semua hal. Adapun hal-hal yang tidak merupakan
pokok agama sehingga tidak diatur dalam sunnah, maka tidak tercakup dalam larangan
ini, seperti menulis Al-Qur’an dalam Mushaf dan pembukuan pendapat para ahli fiqih
yang   bertaraf   mujtahid   yang   menerangkan   permasalahan-permasalahan   furu’   dari
pokoknya, yaitu sabda Rosululloh . Demikian juga mengarang kitab-kitab nahwu, ilmu
hitung, faraid dan sebagainya yang semuanya bersandar kepada sabda Rasulullah dan
perintahnya.  Kesemua  usaha  ini  tidak  termasuk  dalam  ancamanhadits  diatas.Wallahu
a’lam


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            10 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

6. DALIL HALAL DAN HARAM TELAH JELAS

Dari  Abu  Abdullah  An-Nu'man  bin  Basyir  ra  berkata,"Aku  mendengar  Rasulullah
bersabda:   “Sesungguhnya yang Halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan diantara
keduanya ada perkara yang samar-samar, kebanyakan manusia tidak mengetahuinya,
maka   barangsiapa   menjaga   dirinya   dari   yang   samar-samar   itu,   berarti   ia   telah
menyelamatkan   agama   dan   kehormatannya,   dan   barangsiapa   terjerumus   dalam
wilayah samar-samar maka ia telah terjerumus kedalam wilayah yang haram, seperti
penggembala  yang  menggembala  di  sekitar  daerah  terlarang  maka  hampir-hampir
dia   terjerumus   kedalamnya.   Ingatlah   setiap   raja   memiliki   larangan   dan   ingatlah
bahwa  larangan  Alloh  apa-apa  yang  diharamkan-Nya.  Ingatlah  bahwa  dalam  jasad
ada sekerat daging jika ia baik maka baiklah seluruh jasadnya dan jika ia rusak maka
rusaklah seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati”. (HR.
Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Hadits ini merupakan salah satu pokok syari’at Islam. Abu Dawud As Sijistani berkata,
Islam bersumber pada empat (4) hadits. Dia sebutkan diantaranya adalah hadits ini. Para
ulama telah sepakat atas keagungan dan banyaknya manfaat hadits ini.

Kalimat,  Sesungguhnya  yang  Halal  itu  jelas  dan  yang  haram  itu  jelas,  dan  diantara
keduanya  ada  perkara  yang  samar-samar  maksudnya  segala  sesuatu  terbagi  kepada
tiga  macam  hokum.  Sesuatu  yang  ditegaskan  halalnya  oleh  Allah,  maka  dia  adalah
halal,  seperti  firman  Allah  (QS.  Al-Maa’idah  5  :  5),”Aku  Halalkan  bagi  kamu  hal-hal
yang  baik  dan  makanan  (sembelihan)  ahli  kitab  halal  bagi  kamu”  dan  firman-Nya
dalam (QS. An-Nisaa 4:24), “Dan dihalalkan bagi kamu selain dari yang tersebut itu”
dan   lain-lainnya.   Adapun   yang   Allah   nyatakan   dengan   tegas   haramnya,   maka   dia
menjadi  haram,  seperti  firman  Allah  dalam  (QS.  An-Nisaa’  4:23),  “Diharamkan  bagi
kamu  (menikahi)  ibu-ibu  kamu,  anak-anak  perempuan  kamu  …..”  dan  firman  Allah
(QS.  Al-Maa’idah  5:96),  “Diharamkan  bagi  kamu  memburu  hewan  didarat  selama
kamu  ihram”.  Juga  diharamkan  perbuatan  keji  yang  terang-terangan  maupun  yang
tersembunyi.     Setiap     perbuatan      yang     Allah     mengancamnya      dengan     hukuman
tertentuatau siksaan atau ancaman keras, maka perbuatan itu haram.

Adapun yang syubhat (samar) yaitu setiap hal yang dalilnya masih dalam pembicaraan
atau pertentangan, maka menjauhi perbuatan semacam itu termasuk wara’. Para Ulama
berbeda  pendapat  mengenai  pengertian  syubhat  yang  diisyaratkan  oleh  Rasulullah  .
Pada   hadits   tersebut,   sebagian   Ulama   berpendapat   bahwa   hal   semacam   itu   haram
hukumnya  berdasarkan  sabda  Rasulullah,  barangsiapa  menjaga  dirinya  dari  yang
samar-samar          itu,     berarti       ia    telah      menyelamatkan           agama       dan     kehormatannya”.
Barangsiapa     tidak    menyelamatkan     agama    dan    kehormatannya,     berarti    dia    telah
terjerumus kedalam perbuatan haram. Sebagian yang lain berpendapat bahwa hal yang
syubhat  itu  hukumnya  halal  dengan  alas  an  sabda  Rasulullah,  seperti  penggembala
yang   menggembala   di   sekitar   daerah   terlarang   kalimat   ini   menunjukkan   bahwa
syubhat  itu  halal,  tetapi  meninggalkan  yang  syubhat  adalah  sifat  yang  wara’.  Sebagian
lain  lagi  berkata  bahwa  syubhat  yang  tersebut  pada  hadits  ini  tidak  dapat  dikatakan
halal  atau  haram,  karena  Rasulullah  menempatkannya  diantara  halal  dan  haram,  oleh
karena itu kita memilih diam saja, dan hal itu termasuk sifat wara’ juga.



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            11 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Dalam  shahih  Bukhari  dan  Muslim  disebutkan  sebuah  hadits  dari  ‘Aisyah,  ia  berkata  :
“Sa’ad  bin  Abu  Waqash  dan  ‘Abd  bin  Zam’ah  mengadu  kepada  Rasulullah           tentang
seorang   anak   laki-laki.   Sa’ad   berkata   :  Wahai   Rasulullah   anak   laki-laki   ini   adalah   anak
saudara   laki-lakiku.’Utbah   bin   Abu   Waqash.   Ia   (‘Utbah)   mengaku   bahwa   anak   laki-laki   itu
adalah   anaknya.   Lihatlah   kemiripannya”   sedangkan   ‘Abd   bin   Zam’ah   berkata;     Wahai
Rasulullah,   Ia   adalah   saudara   laki-lakiku,   Ia   dilahirkan   ditempat   tidur   ayahku   oleh   budak
perempuan  milik  ayahku”,  lalu  Rasulullah  memperhatikan  wajah  anak  itu  (dan  melihat
kemiripannya  dengan  ‘Utbah)  maka  beliau  Rasulullah  bersabda  :  Anak  laki-laki  ini
untukmu   wahai   ‘Abd   bin   Zam’ah,   anak   itu   milik   laki-laki   yang   menjadi   suami
perempuan  yang  melahirkannya  dan  bagi  orang  yang  berzina  hukumannya  rajam.
Dan  wahai  Saudah,  berhijablah  kamu  dari  anak  laki-laki  ini  sejak  saat  itu  Saudah
tidak pernah melihat anak laki-laki itu untuk seterusnya.

Rasulullah   telah menetapkan bahwa anak itu menjadi hak suami dari perempuan yang
melahirkannya, secara formal anak laki-laki itu menjadi anak Zam’ah. ‘Abd bin Zam’ah
adalah   saudara   laki-laki   Saudah,   istri   Rasulullah   ,   karena   Saudah   putrid   Zam’ah.
Ketetapan  semacam  ini  berdasarkan  suatu  dugaan  yang  kuat  bukan  suatu  kepastian.
Kemudian  Rasulullah  menyuruh  Saudah  untuk  berhijab  dari  anak  laki-laki  itu  karena
adanya  syubhat  dalam  masalah  itu.  Jadi  tindakan  ini  bersifat  kehati-hatian.  Hal  itu
termasuk    perbuatan    takut    kepada    Allah    SWT,    sebab    jika    memang    pasti    dalam
pandangan Rasulullah anak laki-laki itu adalah anak Zam’ah, tentulah Rasulullah tidak
menyuruh  Saudah  berhijab  dari  saudara  laki-lakinya  yang  lain,  yaitu  ‘Abd  bin  Zam’ah
dan saudaranya yang lain.

Pada  Hadits  ‘Adi  bin  Hatim,  ia  berkata  :  Wahai  Rasulullah,  saya  melepas  anjing  saya
dengan   ucapan   Bismillah   untuk   berburu,   kemudian   saya   dapati   ada   anjing   lain   yang
melakukan  perburuan  Rasulullah             bersabda,  Janganlah  kamu  makan  (hewan  buruan
yang  kamu  dapat)  karena  yang  kamu  sebutkan  Bismillah  hanyalah  anjingmu  saja,
sedang anjing yang lain tidak”. Rasulullah memberi fatwa semacam ini dalam masalah
syubhat  karena  beliau  khawatir  bila  anjing  yang  menerkam  hewan  buruan  tersebut
adalah   anjing   yang   dilepas   tanpa   menyebut   Bismillah.   Jadi   seolah-olah   hewan   itu
disembelih  dengan  cara  diluar  aturan  Allah.  Allah  berfirman,  “Sesungguhnya  hal  itu
adalah perbuatan fasiq” (QS. Al-An’am 6:121)
Dalam  fatwa  ini  Rasulullah        menunjukkan  sifat  kehati-hatian  terhadap  hal-hal  yang
masih samar tentang halal atau haramnya, karena sebab-sebab yang masih belum jelas.
Inilah   yang   dimaksud   dengan   sabda   Rasulullah   ,   Tinggalkanlah   sesuatu   yang
meragukan kamu untuk berpegang pada sesuatu yang tidak meragukan kamu
Sebagian Ulama berpendapat, syubhat itu ada tiga macam :
1.             Sesuatu  yang  sudah  diketahui  haramnya  oleh  manusia  tetapi  orang  itu  ragu
apakah  masih  haram  hukumnya  atau  tidak.              misalnya  makan  daging  hewan  yang
tidak   pasti   cara   penyembelihannya,   maka   daging   semacam   ini   haram   hukumnya
kecuali  terbukti  dengan  yakin  telah  disembelih  (sesuai  aturan  Allah).  Dasar  dari  sikap
ini adalah hadits ‘Adi bin Hatim seperti tersebut diatas.
2.             Sesuatu yang halal tetapi masih diragukan kehalalannya,              seperti seorang laki-
laki yang punya istri namun ia ragu-ragu, apakah dia telah menjatuhkan thalaq kepada
istrinya     atau     belum,     ataukah     istrinya     seorang     perempuan      budak     atau     sudah
dimerdekakan. Hal seperti ini hukumnya mubah hingga diketahui kepastian haramnya,
dasarnya  adalah  hadits  ‘Abdullah  bin  Zaid  yang  ragu-ragu  tentang  hadats,  padahal
sebelumnya ia yakin telah bersuci.
3.             Seseorang  ragu-ragu  tentang  sesuatu  dan  tidak  tahu  apakah  hal  itu  haram  atau
halal,   dan   kedua   kemungkinan   ini   bisa   terjadi  sedangkan  tidak  ada  petunjuk  yang


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            12 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

menguatkan     salah    satunya.    Hal    semacam     ini    sebaiknya    dihindari,    sebagaimana
Rasulullah      pernah  melakukannya  pada  kasus  sebuah  kurma  yang  jatuh  yang  beliau
temukan  dirumahnya,  lalu  Rasulullah  bersabda  :  Kalau  saya  tidak  takut  kurma  ini
dari barang zakat, tentulah saya telah memakannya
Adapun     orang    yang    mengambil     sikap    hati-hati     yang    berlebihan,    seperti    tidak
menggunakan air bekas yang masih suci karena khawatir terkena najis, atau tidak mau
sholat  disuatu  tempat  yang  bersih  karena  khawatir  ada  bekas  air  kencing  yang  sudah
kering,    mencuci     pakaian     karena    khawatir    pakaiannya     terkena    najis    yang    tidak
diketahuinya dan sebagainya, sikap semacam ini tidak perlu diikuti, sebab kehati-hatian
yang   berlebihan   tanda   adanya   halusinasi   dan   bisikan   setan,   karena   dalam   masalah
tersebut tidak ada masalah syubhat sedikitpun. Wallahu a’lam.

Kalimat,  kebanyakan  manusia  tidak  mengetahuinya  maksudnya  tidak  mengetahui
tentang halal dan haramnya, atau orang yang mengetahui hal syubhat tersebut didalam
dirinya  masih  tetap  menghadapi  keraguan  antara  dua  hal  tersebut,  jika  ia  mengetahui
sebenarnya  atau  kepastiannya, maka keraguannya menjadi hilang sehingga hukumnya
pasti   halal   atau   haram.   Hal   ini   menunjukkan   bahwa   masalah   syubhat   mempunyai
hokum  tersendiri  yang  diterangkan  oleh  syari’at  sehingga  sebagian  orang  ada  yang
berhasil mengetahui hukumnya dengan benar.

Kailmat,  maka  barangsiapa  menjaga  dirinya  dari  yang  samar-samar  itu,  berarti  ia
telah  menyelamatkan  agama  dan  kehormatannya  maksudnya  menjaga  dari  perkara
yang syubhat.
Kalimat,     barangsiapa          terjerumus          dalam       wilayah        samar-samar          maka       ia     telah
terjerumus kedalam wilayah yang haram hal ini dapat terjadi dalam dua hal :
1.             Orang  yang  tidak     bertaqwa  kepada  Allah  dan  tidak  memperdulikan  perkara
syubhat  maka  hal  semacam  itu  akan menjerumuskannya kedalam perkara haram, atau
karena sikap sembrononya membuat dia berani melakukan hal yang haram, seperti kata
sebagian   orang   :   Dosa-dosa   kecil   dapat   mendorong  perbuatan  dosa  besar  dan  dosa  besar
mendorong pada kekafiran
2.             Orang    yang    sering    melakukan     perkara    syubhat    berarti   telah    menzhalimi
hatinya, karena hilangnya cahaya ilmu dan sifat wara’ kedalam hatinya, sehingga tanpa
disadari   dia   telah   terjerumus   kedalam   perkara   haram.   Terkadang   hal   seperti   itu
menjadikan perbuatan dosa jika menyebabkan pelanggaran syari’at.

Rasulullah      bersabda  :  seperti  penggembala  yang  menggembala  di  sekitar  daerah
terlarang        maka      hampir-hampir           dia     terjerumus         kedalamnya         ini    adalah    kalimat
perumpamaan   bagi   orang-orang   yang   melanggar   larangan-larangan   Allah.   Dahulu
orang  arab  biasa  membuat  pagar  agar  hewan  peliharaannya  tidak  masuk  ke  daerah
terlarang  dan  membuat  ancaman  kepada  siapapun  yang  mendekati  daerah  terlarang
tersebut.  Orang  yang  takut  mendapatkan  hukuman  dari  penguasa  akan  menjauhkan
gembalaannya   dari   daerah   tersebut,   karena   kalau   mendekati   wilayah   itu   biasanya
terjerumus.   Dan   terkadang   penggembala   hanya   seorang   diri   hingga   tidak   mampu
mengawasi  seluruh  binatang  gembalaannya.   Untuk  kehati-hatian  maka  ia  membuat
pagar  agar  gembalaannya  tidak  mendekati  wilayah  terlarang  sehingga  terhindar  dari
hukuman. Begitu juga dengan larangan Allah seperti membunuh, mencuri, riba, minum
khamr,  qadzaf,  menggunjing,  mengadu  domba  dan  sebagainya  adalah  hal-hal  yang
tidak patut didekati karena khawatir terjerumus dalam perbuatan itu.

Kalimat,  Ingatlah  bahwa  dalam  jasad  ada  sekerat  daging  jika  ia  baik  maka  baiklah
seluruh jasadnya yang dimaksud adalah hati, betapa pentingnya daging ini walaupun

Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            13 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

bentuknya kecil, daging ini disebut Al-Qalb (hati) yang merupakan anggota tubuh yang
paling  terhormat,  karena  ditempat  inilah  terjadi  perubahan  gagasan,  sebagian  penyair
bersenandung,  Tidak  dinamakan  hati  kecuali  karena  menjadi  tempat  terjadinya  perubahan
gagasan, karena itu waspadalah terhadap hati dari perubahannya
Allah  menyebutkan  bahwa  manusia  dan  hewan  memiliki  hati  yang  menjadi  pengatur
kebaikan-kebaikan     yang    diinginkan.    Hewan    dan    manusia     dalam    segala    jenisnya
mampu   melihat   yang   baik   dan   buruk,   kemudian   Allah   mengistimewakan   manusia
dengan  karunia  akal  disamping  dikaruniai  hati  sehingga  berbeda  dari  hewan.  Allah
berfirman,     Tidakkah         mereka        mau       berkelana         dimuka        bumi       karena       mereka
mempunyai hati untuk berpikir, atau telinga untuk mendengar… (QS. Al-Hajj 22:46).
Allah   telah   melengkapi   dengan   anggota   tubuh   lainnya   yang   dijadikan   tunduk   dan
patuh   kepada   akal.   Apa   yang   sudah   dipertimbangkan   akal,   anggota   tubuh   tinggal
melaksanakan   keputusan   akal   itu,   jika   akalnya   baik   maka   perbuatannya   baik,   jika
akalnya jelek, perbuatannya juga jelek.
Bila  kita  telah  memahami  hal  diatas,  maka  kita  bisa  menangkap  dengan  jelas  sabda
Rasulullah   ,   Ingatlah   bahwa   dalam   jasad   ada   sekerat   daging   jika   ia   baik   maka
baiklah       seluruh       jasadnya       dan     jika     ia    rusak      maka      rusaklah        seluruh       jasadnya.
Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati”.
Kita memohon kepada Allah semoga Dia menjadikan hati kita yang jelek menjadi baik,
wahai Tuhan pemutar balik hati, teguhkanlah hati kami pada agama-Mu, wahai Tuhan
pengendali hati, arahkanlah hati kami untuk taat kepada-Mu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar