Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

syarah arbain nawawiyah bagian 3



16. TIDAK MUDAH MARAH

Dari  Abu  Hurairah  radhiyallahu  anhu,  bahwa  ada  seorang  laki-laki  berkata  kepada
Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam:  “Berilah  wasiat  kepadaku”.  Sabda  Nabi  Shallallahu
‘alaihi  wa  sallam  :  “Janganlah  engkau  mudah  marah”.  Maka  diulanginya  permintaan
itu beberapa kali. Sabda beliau : “Janganlah engkau mudah marah”.
(HR. Bukhari)

Penjelasan :



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            25 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Pengarang   kitab   Al   Ifshah   berkata   :   “Boleh   jadi   Nabi  mengetahui  laki-laki  tersebut
sering   marah,   sehingga   nasihat   ini   ditujukan   khusus   kepadanya.   Nabi   Shallallahu
‘alaihi   wa   Sallam   memuji   orang   yang   dapat   mengendalikan   hawa   nafsunya   ketika
marah”. Sabda beliau : “Bukanlah dikatakan orang yang kuat karena dapat membanting
lawannya,  tetapi  orang  yang  kuat  ialah  orang  yang  mampu  mengendalikan  hawa
nafsunya di waktu marah”.

Allah  juga  memuji  orang  yang  dapat  mengendalikan  nafsunya  ketika  marah  dan  suka
memberi  maaf  kepada  orang  lain.  Diriwayatkan  dari  Nabi  Shalallahu  ‘alaihi  wa  sallam
bahwa beliau bersabda : Barang siapa menahan marahnya padahal ia sanggup untuk
melampiaskannya,   maka   kelak   Allah   akan   memanggilnya   pada   hari   kiamat   di
hadapan segala makhluk, sehingga ia diberi hak memilih bidadari yang disukainya

Tersebut pada Hadits lain : “Marah itu dari setan”.

Oleh  karena  itu,  orang  yang  marah  menyimpang  dari  keadaan  normal,  berkata  yang
bathil,  berbuat  yang  tercela,  menginginkan  kedengkian,  perseteruan  dan  perbuatan-
perbuatan  tercela.  Semua  itu  adalah  akibat  dari  rasa  marah.  Semoga  Allah  melindungi
kita   dari   rasa   marah.   Tersebut   pada   Hadits   Sulaiman   bin   Shard   :   Sesungguhnya
mengucapkan  ‘a’udzuubillaahi  minasy  syaithanirrajiim’  dapat  menghilangkan  rasa
marah”.

Karena     sesungguhnya      setanlah     yang     mendorong     marah.     Setiap      orang     yang
menginginkan  hal-hal  yang  terpuji,  setan  selalu  membelokkannya  dan menjauhkannya
dari  keridhaan  Allah,  maka  mengucapkan  a’udzuubillaahi  minasy  syaithanirrajiim
merupakan senjata yang paling kuat untuk menolak tipu daya setan ini.

17. BERBUAT BAIK DALAM SEGALA URUSAN

Dari  abu  ya’la,  Syaddad  bin  Aus  radhiyallahu  anhu,  dari  Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi
wa  Sallam  beliau  telah  bersabda  :    Sesungguhnya  Allah  mewajibkan  berlaku  baik
pada  segala  hal,  maka  jika  kamu  membunuh  hendaklah  membunuh  dengan  cara
yang baik dan jika kamu menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik dan
hendaklah menajamkan pisau dan menyenangkan hewan yang disembelihnya”.
(HR. Muslim)

Penjelasan :

Kalimat  hendaklah  membunuh  dengan  cara  yang  baik  berlaku  umum  mencakup
menyembelih, membunuh dalam Qishash, ataupun hukuman pidana lainnya. Hadits ini
termasuk  salah  satu  Hadits  yang  mengandung  berbagai  macam  prinsip  atau  kaidah.
Membunuh   dengan   cara   yang   baik   itu   ialah   membunuh   tanpa   sedikit   pun   unsur
penganiayaan      atau     penyiksaan.      Menyembelih      dengan     cara     yang     baik     yaitu
menyembelih   hewan   dengan   lemah   lembut,   tidak   merebahkannya   ketanah   dengan
keras  dan  juga  tidak  menyeretnya,  menghadapkannya  ke  kiblat,  membaca  basmalah
dan  hamdalah,  memotong  urat  nadi  lehernya  dan  membiarkannya  sampai  mati  baru
dikuliti,   mengakui   nikmat   dan   mensyukuri   pemberian   Allah,   karena   Allah   telah
menundukkannya  kepada  kita,  padahal  Dia  berkuasa  untuk  menjadikannya  sebagai
musuh kita dan telah menghalalkan dagingnya untuk kita, padahal Dia berkuasa untuk
mengharamkannya.



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            26 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

18. SETELAH               MELAKUKAN                KESALAHAN                DISUSUL              DENGAN
KEBAIKAN

Dari   Abu   Dzar,   Jundub   bin   Junadah   dan   Abu   ‘Abdurrahman,   Mu’adz   bin   Jabal
radhiyallahu   anhu,   dari   Rasulullah   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam,   beliau   bersabda   :
“Bertaqwalah   kepada   Allah   di   mana   saja   engkau   berada   dan   susullah   sesuatu
perbuatan   dosa   dengan   kebaikan,   pasti   akan   menghapuskannya   dan   bergaullah
sesama manusia dengan akhlaq yang baik”.
(HR. Tirmidzi, ia telah berkata : Hadits ini hasan, pada lafazh lain hasan shahih)

Penjelasan :

Riwayat  hidup  Abu  Dzar  itu  banyak.  Ia  masuk  Islam  ketika  Rasulullah  Shallallahu
‘alaihi wa Sallam masih di Makkah dan beliau menyuruhnya kembali kepada kaumnya.
Namun   ketika   Rasulullah   Shalallahu   ‘alaihi  wasallam  menyaksikan  tekadnya  untuk
tinggal  di  Makkah  bersama  beliau,  maka  Rasulullah  Shalallahu  ‘alaihi  wasallam  tidak
mampu lagi mencegahnya.

Sabda  Rasulullah  Shalallahu  ‘alaihi  wasallam  kepada  Abu  Dzar  Bertaqwalah  kepada
Allah   di   mana   saja   engkau   berada   dan   susullah   sesuatu   perbuatan   dosa   dengan
kebaikan, pasti akan menghapuskannya”.
Hal    ini    sejalan    dengan    firman    Allah    :    “Sesungguhnya            segala      amal      kebajikan
menghapus segala perbuatan dosa”. (QS. Huud : 114)

Sabda   beliau   bergaullah   sesama   manusia   dengan   akhlaq   yang   baik   maksudnya
bergaullah     dengan     manusia     dengan     cara-cara    yang     kamu     merasa    senang     bila
diperlakukan oleh mereka dengan cara seperti itu. Ketahuilah bahwa yang paling berat
timbangannya di akhirat kelak adalah akhlaq yang baik. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa  Sallam  bersabda  :  “Sesungguhnya  orang  yang  paling  aku  cintai  di  antara  kamu
dan   yang   paling   dekat   kepadaku   posisinya   pada   hari   kiamat   adalah   orang   yang
paling baik akhlaqnya diantara kamu”.

Akhlaq  yang  baik  adalah  sifat  para  nabi,  para  rasul  dan  orang-orang  mukmin  pilihan.
Perbuatan  buruk  hendaklah  tidak  di  balas  dengan  keburukan,  tetapi  dimaafkan  dan
diampuni serta dibalas dengan kebaikan.




19. MINTALAH TOLONG KEPADA ALLAH

Dari  Abu  Al  ‘Abbas,  ‘Abdullah  bin  ‘Abbas  radhiyallahu  anhu,  ia  berkata  :  Pada  suatu
hari   saya   pernah   berada   di   belakang   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam,   beliau
bersabda  :  "Wahai  anak  muda,  aku  akan  mengajarkan  kepadamu  beberapa  kalimat  :
Jagalah  Allah,  niscaya  Dia  akan  menjaga  kamu.  Jagalah  Allah,  niscaya  kamu  akan
mendapati  Dia  di  hadapanmu.  Jika  kamu  minta,  mintalah  kepada  Allah.   Jika  kamu
minta  tolong,  mintalah  tolong  juga  kepada  Allah.  Ketahuilah,  sekiranya  semua  umat
berkumpul untuk memberikan kepadamu sesuatu keuntungan, maka hal itu tidak akan
kamu   peroleh   selain   dari   apa   yang   sudah   Allah   tetapkan   untuk   dirimu.   Sekiranya
mereka pun berkumpul untuk   melakukan sesuatu yang membahayakan kamu, niscaya
tidak  akan  membahayakan  kamu  kecuali  apa  yang  telah  Allah  tetapkan  untuk  dirimu.


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            27 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Segenap  pena  telah  diangkat  dan  lembaran-lembaran  telah  kering."  (HR.  Tirmidzi,  ia
telah  berkata  :  Hadits  ini  hasan,  pada  lafazh  lain  hasan  shahih.  Dalam  riwayat  selain
Tirmidzi  :  “Hendaklah  kamu  selalu  mengingat  Allah,  pasti  kamu  mendapati-Nya  di
hadapanmu.   Hendaklah   kamu   mengingat   Allah   di   waktu   lapang   (senang),   niscaya
Allah  akan  mengingat  kamu  di  waktu  sempit  (susah).  Ketahuilah  bahwa  apa  yang
semestinya  tidak  menimpa  kamu,  tidak  akan  menimpamu,  dan  apa  yang  semestinya
menimpamu   tidak   akan   terhindar   darimu.   Ketahuilah   sesungguhnya   kemenangan
menyertai     kesabaran     dan     sesungguhnya      kesenangan     menyertai     kesusahan     dan
kesulitan”) .

Penjelasan :

Riwayat  hidup  ‘Abdullah  bin  ‘Abbas  sudah  banyak  dikenal.  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi
wa Sallam mendo’akannya dengan sabdanya :
Ya   Allah,   jadikanlah   dia   paham   tentang   agamanya   dan   ajarkanlah   kepadanya
penafsiran Al Qur’an”.

Nabi  juga  mendo’akannya  agar  diberi  hikmah  dua  kali.  Ada  riwayat  yang  sah  dari
dirinya  bahwa  dia  pernah  melihat  Jibril  dua  kali.  Ia  adalah  ulama  yang  kaya  ilmu  di
kalangan   umat   Islam.   Rasulullah   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   melihatnya   sebagai
seorang anak yang patut menerima pesan beliau.

Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  bersabda  kepadanya  :  Jagalah  Allah,  niscaya  Dia
akan  menjaga  kamu,  maksudnya  hendaklah  kamu  menjadi  orang  yang  taat  kepada
Tuhanmu, melaksanakan semua perintah-Nya, dan menjauhi semua larangan-Nya.

Sabda  Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  Jagalah  Allah,  niscaya  kamu  akan
mendapati  Dia  di  hadapanmu”,  maksudnya  hendaklah  beramal  karena-Nya  dengan
penuh  ketaatan  sehingga  Allah  tidak  memandangmu  sebagai  orang  yang  menyalahi
perintah-Nya, niscaya kamu akan mendapati Allah menjadi penolongmu di saat situasi
sulit,  seperti  yang  pernah  terjadi  pada  kisah  tiga  orang  yang  tertimpa  hujan  lebat  lalu
mereka  berlindung  di  dalam  gua,  kemudian  pintu  gua  tertutup  batu.  Pada  saat  itu
mereka  berkata  kepada  sesamanya  :  “Ingatlah  kebaikan  yang  pernah  kamu  lakukan,
lalu    mohonlah    kepada    Allah    dengan    kebaikan    itu    supaya    kamu    diselamatkan”.
Kemudian   masing-masing   menyebut   kebaikan   yang   pernah   dilakukan,   maka   batu
penutup gua itu kemudian terbuka lalu mereka dapat keluar. Kisah mereka ini popular
dan terdapat pada Hadits shahih.

Sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  Jika  kamu  minta,  mintalah  kepada  Allah.
Jika  kamu  minta  tolong,  mintalah  tolong  juga  kepada  Allah”,  memberikan  petunjuk
supaya     bertawakkal     kepada     Allah,     tidak     bertuhan     kepada     selain-Nya,     tidak
menggantungkan nasibnya kepada siapa pun baik sedikit ataupun banyak.

Allah berfirman :
“Dan  barang  siapa  bertawakkal  kepada  Allah  maka  Allah  pasti  akan  memberinya
kecukupan”. (QS. Ath Thalaq : 3)

Berapa   besar   ketergantungan   seseorang   kepada   selain   Allah   baik   dalam   hatinya
maupun  dalam  angan-angannya,  maka  sebesar  itu  pula  ia  telah  menjauhkan  diri  dari



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            28 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Allah  untuk  bergantung  kepada  sesuatu  yang  tidak  kuasa  memberinya  manfaat  atau
kerugian. Begitu juga takut kepada selain Allah.
Dalam  hal  ini  Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  menegaskan  dengan  sabdanya  :
Ketahuilah,         sekiranya        semua      umat      berkumpul         untuk      memberikan          kepadamu
sesuatu  keuntungan,  maka  hal  itu  tidak  akan  kamu  peroleh  selain  dari  apa  yang
sudah Allah tetapkan untuk dirimu”.
Begitu  pula  dalam  hal  kerugian,  niscaya  tidak  akan  membahayakan  kamu  kecuali
apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu”. Inilah yang disebut iman kepada taqdir.
Iman  kepada  taqdir  adalah  wajib,  baik  taqdir  yang  baik  maupun  yang  buruk.  Apabila
seorang  mukmin  telah  yakin  dengan  hal  ini,  maka  apa  perlunya  dia  meminta  kepada
selain  Allah  atau  memohon  pertolongan  kepada  yang  lain.  Begitu  pula  jawaban  Nabi
Muhammad   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   kepada   malaikat   Jibril   ketika   ia  bertanya
kepada  beliau  saat  berada  di  langit  (ketika  mi’raj)  :  Apakah  engkau  membutuhkan
pertolongan?” Beliau menjawab : “Kalau kepadamu tidak”.

Sabda   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   :   “Segenap   pena   telah   diangkat   dan
lembaran-lembaran telah kering”, menguatkan keterangan tersebut diatas, maksudnya
tidak berlawanan dengan apa yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kemudian     sabda     beliau     :     “Ketahuilah          sesungguhnya            kemenangan          menyertai
kesabaran   dan   sesungguhnya   kesenangan   menyertai   kesusahan   dan   kesulitan”,
maksudnya  beliau  mengingatkan  kepada  manusia  di  dunia  ini,  terutama  orang-orang
shalih   bahwa   mereka   itu   selalu   dihadapkan   kepada   ujian   dan   cobaan   sebagaimana
firman Allah :
“Sungguh Kami pasti memberi cobaan kepada kamu sekalian dengan sesuatu berupa
rasa       takut,        kelaparan,          berkurangnya             harta,        jiwa        dan       buah-buahan.            Dan
gembirakanlah orang-orang yang bersabar, yaitu mereka yang bila ditimpa musibah,
mereka   berkata   :   ‘Sungguh   kami   semua   adalah   milik   Allah   dan   sungguh   hanya
kepada-Nyalah           kami      kembali’.        Mereka       itulah      orang-orang          yang      mendapatkan
limpahan  karunia  dan  rahmat  dari  Tuhan  mereka  dan  mereka  itulah  orang-orang
yang terpimpin”. (QS. 2 : 155-157)

Allah berfirman :
“Sesungguhnya   orang-orang   yang   bersabar   itu   pastilah   dipenuhi   pahala   mereka
tanpa batas”. (QS. Az Zumar : 10)

20.         MILIKILAH SIFAT MALU

Dari Abu Mas'ud, ‘Uqbah bin ‘Amr Al Anshari Al Badri radhiyallahu anhu, ia berkata :
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda : "Sesungguhnya diantara yang
didapat  manusia  dari  kalimat  kenabian  yang  pertama  ialah  :  Jika  engkau  tidak  malu,
berbuatlah sekehendakmu." (HR. Bukhari)

Penjelasan :

Sabdanya   “kalimat   kenabian   yang   pertama”,   maksudnya   ialah   bahwa   rasa   malu
selalu   terpuji   dan   dipandang   baik,   selalu   diperintahkan   oleh   setiap   nabi   dan   tidak
pernah dihapuskan dari syari’at para nabi sejak dahulu.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            29 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Sabda   beliau   :   “berbuatlah   sekehendakmu”,   mengandung   dua   pengertian,   yaitu   :
pertama,     berarti    ancaman      dan     peringatan     keras,     bukan     merupakan      perintah,
sebagaimana sabda beliau : “Lakukanlah sesuka kamu”
Yang   juga   berarti   ancaman,   sebab   kepada   mereka   telah   diajarkan   apa   yang   harus
ditinggalkan.  Demikian  juga  sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  Barang  siapa
yang menjual khamr maka hendaklah dia memotong-motong daging babi”.

Tidak berarti bahwa beliau membenarkan melakukan hal semacam itu.

Pengertian    kedua    ialah    hendaklah    melakukan     apa    saja    yang    kamu    tidak    malu
melakukannya,  seperti  halnya  sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  Malu  itu
sebagian dari Iman”.

Maksud  malu  di  sini  adalah  malu  yang  dapat  menjauhkan  dirinya  dari  perbuatan  keji
dan   mendorongnya   berbuat   kebajikan.   Demikian   juga   bila   malu   dapat   mendorong
seseorang   meninggalkan   perbuatan   keji   kemudian   melakukan   perbuatan-perbuatan
baik,  maka  malu  semacam  ini  sederajat  dengan  iman  karena  kesamaan  pengaruhnya
pada seseorang. Wallaahu a’lam.

21. BERLAKU ISTIQOMAH

Dari  Abu  ‘Amr  ---atau  Abu  ‘Amrah---,  Sufyan  bin  ‘Abdullah  radhiyallahu  anhu,  ia
berkata : " Aku telah berkata : ‘Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku tentang Islam,
suatu   perkataan   yang   aku   tak   akan   dapat   menanyakannya   kepada   seorang   pun
kecuali       kepadamu’.          Bersabdalah          Rasululloh          Shallallahu         ‘alaihi       wa      Sallam       :
‘Katakanlah  :         Aku  telah  beriman  kepada  Allah,  kemudian  beristiqamalah  kamu’  “.
(HR. Muslim)

Penjelasan :

Kalimat  “katakanlah  kepadaku  tentang  Islam,  suatu  perkataan  yang  aku  tak  akan
dapat  menanyakannya  kepada  seorang  pun  kecuali  kepadamu”,  maksudnya  adalah
ajarkanlah  kepadaku  satu  kalimat  yang  pendek,  padat  berisi  tentang  pengertian  Islam
yang mudah saya mengerti, sehingga saya tidak lagi perlu penjelasan orang lain untuk
menjadi dasar saya beramal. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab :
Katakanlah  :  ‘Aku  telah  beriman  kepada  Allah,  kemudian  beristiqamalah  kamu’  “.
Ini    adalah    kalimat    pendek,    padat    berisi    yang    Allah    berikan    kepada    Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Dalam  dua  kalimat  ini  telah  terpenuhi  pengertian  iman  dan  Islam  secara  utuh.  Beliau
menyuruh orang tersebut untuk selalu memperbarui imannya dengan ucapan lisan dan
mengingat  di  dalam  hati,  serta  menyuruh  dia  secara  teguh  melaksanakan  amal-amal
shalih  dan  menjauhi  semua  dosa.  Hal  ini  karena  seseorang  tidak  dikatakan  istiqamah
jika  ia  menyimpang  walaupun  hanya  sebentar.  Hal  ini  sejalan  dengan  firman  Allah  :
Sesungguhnya  mereka  yang  berkata  :  Allah  adalah  Tuhan  kami  kemudian  mereka
istiqamah……”.(QS. Fushshilat : 30)

yaitu     iman     kepada     Allah     semata-mata     kemudian      hatinya     tetap     teguh     pada
keyakinannya itu dan taat kepada Allah sampai mati.



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            30 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

‘Umar  bin  khaththab  berkata  :  “Mereka  (para  sahabat)  istiqamah  demi  Allah  dalam
menaati     Allah     dan    tidak    sedikit    pun     mereka    itu    berpaling,     sekalipun     seperti
berpalingnya   musang”.   Maksudnya,   mereka   lurus   dan   teguh   dalam   melaksanakan
sebagian   besar   ketaatannya   kepada   Allah,   baik   dalam   keyakinan,   ucapan,   maupun
perbuatan   dan   mereka   terus-menerus   berbuat   begitu   (sampai   mati).   Demikianlah
pendapat sebagian besar para musafir. Inilah makna hadits tersebut, Insya Allah.

Begitu   pula   firman   Allah   :   “Maka   hendaklah   kamu   beristiqamah   seperti   yang
diperintahkan kepadamu”.(QS. Hud : 112)

Menurut   Ibnu   ‘Abbas,   tidak   satu   pun   ayat   Al   Qur’an   yang   turun   kepada   Nabi
Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  yang  dirasakan  lebih  berat  dari  ayat  ini.  Oleh  karena  itu,
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam pernah bersabda :

Aku menjadi beruban karena turunnya Surat Hud dan sejenisnya”.

Abul   Qasim   Al   Qusyairi   berkata   :   “Istiqamah   adalah   satu   tingkatan   yang   menjadi
penyempurna     dan   pelengkap     semua    urusan.    Dengan    istiqamah,    segala    kebaikan
dengan  semua  aturannya  dapat  diwujudkan.  Orang  yang  tidak  istiqamah  di  dalam
melakukan usahanya, pasti sia-sia dan gagal”. Ia berkata pula : “Ada yang berpendapat
bahwa istiqamah itu hanyalah bisa dijalankan oleh orang-orang besar, karena istiqamah
adalah menyimpang dari kebiasaan, menyalahi adat dan kebiasaan sehari-hari, teguh di
hadapan  Allah  dengan  kesungguhan  dan  kejujuran.  Oleh  karena  itu,  Nabi  Shallallahu
‘alaihi  wa  Sallam  bersabda  :  ‘Istiqamahlah  kamu  sekalian,  maka  kamu  akan  selalu
diperhitungkan orang’.

Al Washiti berkata : “Istiqamah adalah sifat yang dapat menyempurnakan kepribadian
seseorang dan tidak adanya sifat ini rusaklah kepribadian seseorang”. Wallaahu a’lam.

22. MELAKSANAKAN SYARI’AT ISLAM DENGAN SEBENARNYA

Dari Abu ‘Abdullah, Jabir bin ‘Abdullah Al Anshari radhiyallahu anhuma, sungguh ada
seorang     laki-laki     bertanya     kepada Rasululloh       Shallallahu      ‘alaihi     wa     Sallam      :
“Bagaimana   pendapatmu   jika   aku   melakukan   shalat             fardhu,   puasa   pada   bulan
Ramadhan,   menghalalkan   yang   halal   (melaksanakannya   dengan   penuh   keyakinan),
mengharamkan   yang   haram   (menjauhinya)   dan   aku   tidak   menambahkan   selain   itu
sedikit   pun,   apakah   aku   akan   masuk   surga?"   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam
menjawab : " Ya" (HR.   Muslim)

Penjelasan :

Sahabat  yang  bertanya  kepada  Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  ini  bernama
Nu’man   bin   Qauqal   Abu   ‘Amr   bin   Shalah   mengatakan   bahwa   secara   zhahir   yang
dimaksud  dengan  perkataan  “aku  mengharamkan  yang  haram”  mencakup  dua  hal,
yaitu  meyakini  bahwa  sesuatu  itu  benar-benar  haram  dan  tidak  melanggarnya.  Hal  ini
berbeda  dengan  perkataan  “menghalalkan  yang  halal”,  yang  mana  cukup  meyakini
bahwa sesuatu benar-benar halal saja.

Pengarang  kitab  Al  Mufhim  mengatakan  secara  umum  bahwa  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi
wa Sallam tidak mengatakan kepada penanya di dalam Hadits ini sesuatu yang bersifat

Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            31 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

tathawwu’  (sunnah).  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  secara  umum  boleh  meninggalkan
yang   sunnah.   Akan   tetapi,   orang   yang   meninggalkan   yang   sunnah   dan   tidak   mau
melakukannya  sedikit  pun,  maka  ia  tidak  memperoleh  keuntungan  yang  besar  dan
pahala  yang  banyak.  Akan  tetapi,  barang  siapa  terus-menerus  meninggalkan  hal-hal
yang   sunnah,   berarti   telah   berkurang   bobot   agamanya   dan   berkurang   pula   nilai
kesungguhannya  dalam  beragama.  Barang  siapa  meninggalkan  yang  sunnah  karena
sikap  meremehkan  atau  membencinya,  maka  hal  itu  merupakan  perbuatan  fasik  yang
patut dicela.

Para  ulama  kita  berpendapat  :  “Bila  penduduk  suatu  negeri  bersepakat  meninggalkan
hal yang sunnah, maka mereka itu boleh diperangi sampai mereka sadar. Hal ini karena
pada   masa   sahabat   dan   sesudahnya,   mereka   sangat   tekun   melakukan   perbuatan-
perbuatan      sunnah       dan      perbuatan-perbuatan       yang      dipandang      utama      untuk
menyempurnakan  perbuatan-perbuatan  wajib.  Mereka  tidak membedakan antara yang
sunnah   dan   yang   fiqih   dalam   memperbanyak   pahala.   Para   imam   ahli   fiqih   perlu
menjelaskan perbedaan antara sunnah dan wajib hanya untuk menjelaskan konsekuensi
hukum   antara   yang   sunnah   dan   yang   wajib   jika   hal   itu   ditinggalkan.   Rasulullah
Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  tidak  menjelaskan  perbedaan  sunnah  dan  wajib  adalah
untuk   memudahkan   dan   melapangkan,   karena   kaum   muslim   masih   baru   dengan
Islamnya   sehingga   dikhawatirkan   membuat   mereka   lari   dari   Islam.   Ketika   telah
diketahui   kemantapannya   di   dalam   Islam   dan   kerelaan   hatinya   berpegang   kepada
agama   ini,   barulah   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   menggalakkan   perbuatan-
perbuatan  sunnah.  Demikian  juga  dengan  urusan  yang  lain.  Atau  dimaksudkan  agar
orang   tidak   beranggapan   bahwa   amalan   tambahan   dan   amalan   utama   keduanya
merupakan     hal    yang    wajib,    sehingga     jika    meninggalkan     konsekuensinya     sama.
Sebagaimana yang diriwayatkan pada Hadits lain bahwa ada seorang sahabat bertanya
kepada  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  tentang  shalat,  kemudian  Nabi  Shallallahu
‘alaihi   wa   Sallam   memberitahukan   bahwa   shalat   itu   lima   waktu.   Lalu   orang   itu
bertanya  :  “Apakah  ada  kewajiban  bagiku  selain  itu?”  Beliau  menjawab  :  “Tidak,
kecuali engkau melakukan (shalat yang lain) dengan kemauan sendiri”.

Orang itu kemudian bertanya tentanng puasa, haji dan beberapa hukum lain, lalu beliau
jawab semuanya. Kemudian, di akhir pembicaraan orang itu berkata : “Demi Allah, aku
tidak  akan  menambah  atau  mengurangi  sedikitpun  dari  semua  itu”.  Nabi  Shallallahu
‘alaihi wa Sallam lalu bersabda :

Dia akan beruntung jika benar”.

Jika   ia   berpegang   dengan   apa   yang   telah   diperintahkan   kepadanya,   niscaya   ia
masuk surga”.

Artinya,  bila  ia  memelihara  hal-hal  yang  diwajibkan,  melaksanakan  dan  mengerjakan
tepat  pada  waktunya,  tanpa  mengubahnya,  maka  dia  mendapatkan  keselamatan  dan
keberuntungan yang besar. Alangkah baiknya bila kita dapat berbuat seperti itu. Barang
siapa dapat mengerjakan yang wajib lalu diiringi dengan yang sunnah, niscaya dia akan
mendapatkan keberuntungan yang lebih besar.

Perbuatan   sunnah   yang   disyari’atkan   untuk   menyempurnakan   yang   wajib.   Sahabat
yang bertanya tersebut dan sahabat lain sebelumnya, dibiarkan Nabi Shallallahu ‘alaihi
wa  Sallam  dalam  keadaan  seperti  itu  untuk  memberikan  kemudahan  kepada  kedua


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            32 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

orang   itu   sampai   hatinya   mantap   dan   terbuka   memahaminya   dengan   baik   serta
memiliki  semangat  kuat  untuk  melaksanakan  hal-hal  yang  sunnah,  sehingga  dirinya
menjadi ringan melaksanakannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar