Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

syarah arbain nawawiyah bagian 4



23. SUCI ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN

Dari   Abu   Malik,   Al   Harits   bin   Al   Asy'ari   radhiyallahu   anhu,   ia   berkata   :   “Telah
bersabda       Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  Suci            itu  sebagian  dari  iman,
(bacaan)   alhamdulillaah                memenuhi          timbangan,          (bacaan)        subhaanallaah            dan
alhamdulillaah   keduanya   memenuhi   ruang   yang   ada   di   antara   langit   dan   bumi.
Shalat itu adalah nur, shadaqah adalah pembela, sabar adalah cahaya, dan Al-Qur'an
menjadi pembela kamu atau musuh kamu. Setiap manusia bekerja, lalu dia menjual
dirinya,  kemudian  pekerjaan  itu  dapat  menyelamatkannya  atau  mencelakakannya”.
(HR. Muslim)

Penjelasan :

Hadits ini memuat salah satu pokok Islam dan memuat salah satu dari kaidah penting
Islam dan agama. Adapun yang dimaksud dengan kata suci ialah perbuatan bersuci.

Terdapat  perbedaan  pendapat  tentang  maksud  kalimat  suci  itu  sebagian  dari  iman
yaitu:    pahala    suci    merupakan     sebagian    dari    pahala    iman,    sedangkan    yang    lain
mengatakan  bahwa  yang  dimaksud  dengan  iman  di  sini  adalah  shalat,  sebagaimana
firman Allah :

Allah tidak menyia-nyiakan iman (shalat) kamu”.(QS. 2: 143)

Thaharah  atau  bersuci  merupakan  salah  satu  dari  syarat  sahnya  shalat.  Jadi,  bersuci
merupakan  sebagian  pekerjaan  shalat.  Kata  satrun  tidaklah  mesti  berarti  betul-betul
setengah, sekalipun ada yang berpendapat betul-betul setengah.

Sabda    Nabi    Shallallahu     ‘alaihi     wa    Sallam     “(bacaan)     alhamdulillaah           memenuhi
timbangan”,      maksudnya      besar   pahalanya   memenuhi          timbangan      orang     yang
mengucapkannya. Dalam Al Qur’an dan Sunnah diterangkan tentang timbangan amal,
berat  dan  ringannya.  Begitu  juga  sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  “(bacaan)
subhaanallaah   dan  alhamdulillaah  keduanya  memenuhi  ruang  yang  ada  di  antara
langit   dan   bumi”.   Hal   ini   karena   besarnya   keutamaan   ucapan   tersebut   yang   berisi
menyucikan Allah dari segala sifat kekurangan dan cacat.

Sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  Shalat  itu  adalah  nur    maksudnya  ialah
shalat   itu   mencegah   perbuatan   maksiat,   merintangi   perbuatan-perbuatan   keji   dan
mungkar,  serta  menunjukkan  ke  jalan  yang  benar,  sebagaimana  cahaya  yang dijadikan
orang    sebagai     penunjuk     jalan.     Sebagaian     yang     lain    berpendapat     bahwa     yang
dimaksudkan,   shalat   itu   kelak   akan   menjadi   petunjuk   jalan   bagi   pelakunya   di   hari
kiamat.  Sedangkan  sebagian  yang  lain  lagi  berpendapat  bahwa  shalat  seseorang  kelak
akan  menjadi  cahaya  yang  memancar  di  wajahnya  di  hari  kiamat,  dan  ketika  di  dunia
menjadikan wajah pelakunya cemerlang, yang mana hal ini tidak diperoleh orang-orang
yang tidak shalat. Wallaahu a’lam.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            33 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Tentang   sabda   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam      shadaqah   adalah   pembela   ,
pengarang   kitab   At   Tajrid   mengatakan,   maksudnya   ialah   dia   akan   membutuhkan
pembelaan dari shadaqah (zakat)nya, sebagaimana ia membutuhkan pembelaan dengan
berbagai    bukti-bukti    yang    dapat    menyelamatkannya      dari    hukuman.     Seolah-olah
seseorang  jika  kelak  di  hari  kiamat  dimintai  tanggung  jawab  dalam  membelanjakan
hartanya,   maka   shadaqah   (zakat)nya   dapat   menjadi   pembela   bagi   dirinya   dalam
memberikan  jawaban,  misalnya  ia  berkata  :    Aku  gunakan  hartaku  untuk  membayar
zakat ”.

Pendapat yang lain mengatakan bahwa maksudnya ialah shadaqah (zakat)nya menjadi
bukti  keimanan  pelakunya.  Hal  ini  karena  orang  munafik  tidak  mau  mengeluarkan
zakat   karena   tidak   meyakininya.   Barang   siapa   yang   mengeluarkan   zakat,   hal   itu
menunjukkan kekuatan imannya. Wallaahu a’lam.

Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam  sabar adalah cahaya  maksudnya sabar itu
sifat  yang  terpuji  dalam  agama,  yaitu  sabar  dalam  melaksanakan  ketaatan  dan  dalam
menjauhi  kemaksiatan.  Demikian  juga  sabar  menghadapi  hal  yang  tidak  disenangi  di
dunia    ini.    Maksudnya,     sabar    itu    sifat    terpuji    yang    selalu    membuat     pelakunya
memperoleh petunjuk untuk mendapatkan kebenaran.

Ibrahim  Al  Khawash  berkata  :    Sabar  yaitu  teguh  berpegang  kepada  Al  Qur’an  dan
Sunnah  ”.  Ada  yang  berkata  :    Sabar  yaitu  teguh  menghadapi  segala  macam  cobaan
dengan sikap dan perilaku yang baik ”.

Abu  ‘Ali  Ad  Daqqaq  berkata  :    Sabar  yaitu  sikap  tidak  mencela  taqdir.  Akan  tetapi,
sekedar menyatakan keluhan ketika menghadapi cobaan tidaklah dikatakan menyalahi
sifat sabar ”. Allah berfirman tentang kasus Nabi Ayyub :  Sungguh Kami mendapati
dia  seorang  yang  sabar,  hamba  yang  sangat  baik,  dan  orang  yang  suka  bertobat  ”.
(QS.  Shaad  :  44)  Padahal  Nabi  Ayyub  pernah  mengeluh  dengan  berkata  :    Sungguh
bencana telah menimpaku dan Engkau (Ya Allah) adalah Tuhan yang paling berbelas
kasih ”. (QS. Al Anbiya’ : 83)

Wallaahu a’lam.

Sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  Al  Qur’an  menjadi  pembela  kamu  atau
musuh  kamu  maksudnya  jelas,  yaitu  bermanfaat  jika  kamu  baca  dan  kamu  amalkan,
tetapi jika tidak, akan menjadi musuh kamu.

Sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  Setiap  manusia  bekerja,  lalu  dia  menjual
dirinya,  kemudian  pekerjaan  itu  dapat  menyelamatkannya  atau  mencelakakannya
maksudnya   setiap   orang   bekerja   untuk   dirinya.   Ada   orang   yang   menjual   dirinya
kepada   Allah   dengan   berbuat   ketaatan   kepada-Nya   sehingga   dirinya   selamat   dari
adzab,  seperti  Allah  firmankan  :  “Sungguh  Allah  membeli  dari  orang-orang  mukmin
jiwa dan harta mereka, sehingga mereka mendapatkan surga”. (QS. 9 : 111)

Ada  orang  yang  menjual  dirinya  kepada  setan  dan  hawa  nafsunya  dengan  mengikuti
bisikan-bisikannya sehingga dirinya menjadi celaka. Ya Allah, berilah kami taufiq untuk
melakukan  amal  ketaatan  kepada-Mu  dan  jauhkanlah  kami  sehingga  diri  kami  dapat
terjauh dari perbuatan-perbuatan melawan perintah-Mu.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            34 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

24. LARANGAN BERBUAT ZHALIM

Dari  Abu  Dzar  Al  Ghifari  radhiyallahu  anhu,  dari  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam,
beliau    meriwayatkan  dari  Allah  'azza  wa  Jalla,  sesungguhnya  Allah  telah  berfirman:
"Wahai  hamba-Ku,  sesungguhnya  Aku  mengharamkan  (berlaku)  zhalim  atas  diri-Ku
dan Aku menjadikannya di antaramu haram, maka janganlah kamu saling menzhalimi.
Wahai  hamba-Ku,  kamu  semua  sesat  kecuali  orang  yang  telah  Kami  beri  petunjuk,
maka   hendaklah      kamu   minta   petunjuk   kepada-Ku,   pasti   Aku   memberinya.   Kamu
semua  adalah  orang  yang  lapar,  kecuali  orang  yang  Aku  beri  makan,  maka  hendaklah
kamu minta makan kepada-Ku, pasti Aku memberinya. Wahai hamba-Ku, kamu semua
asalnya  telanjang,  kecuali  yang  telah  Aku  beri  pakaian,  maka  hendaklah  kamu  minta
pakaian  kepada-Ku,  pasti  Aku       memberinya.  Wahai  hamba-Ku,  sesungguhnya  kamu
melakukan  perbuatan  dosa  di  waktu  siang  dan  malam,  dan  Aku  mengampuni  dosa-
dosa  itu  semuanya,  maka  mintalah  ampun  kepada-Ku  ,  pasti  Aku mengampuni kamu.
Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu tidak akan dapat membinasakan Aku dan kamu
tak akan dapat memberikan manfaat kepada Aku. Wahai hamba-Ku, kalau orang-orang
terdahulu dan yang terakhir diantaramu, sekalian manusia dan jin, mereka itu bertaqwa
seperti  orang  yang  paling  bertaqwa  di  antaramu,  tidak  akan  menambah  kekuasaan-Ku
sedikit  pun,  jika  orang-orang  yang  terdahulu  dan  yang  terakhir  di  antaramu,  sekalian
manusia  dan  jin,  mereka  itu  berhati  jahat  seperti  orang  yang  paling  jahat  di  antara
kamu,  tidak  akan  mengurangi  kekuasaan-Ku  sedikit  pun  juga.  Wahai  hamba-Ku,  jika
orang-orang  terdahulu  dan  yang  terakhir  di  antaramu,  sekalian  manusia  dan  jin  yang
tinggal   di   bumi   ini   meminta   kepada-Ku,   lalu   Aku   memenuhi   seluruh   permintaan
mereka,   tidaklah   hal   itu   mengurangi   apa   yang   ada   pada-Ku,   kecuali   sebagaimana
sebatang  jarum  yang  dimasukkan  ke  laut.  Wahai  hamba-Ku,  sesungguhnya  itu  semua
adalah     amal     perbuatanmu.      Aku     catat     semuanya      untukmu,      kemudian      Kami
membalasnya.  Maka  barang  siapa  yang  mendapatkan  kebaikan,  hendaklah  bersyukur
kepada Allah dan barang siapa mendapatkan selain dari itu, maka janganlah sekali-kali
ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri”. (HR. Muslim)

Penjelasan :

Kalimat “sesungguhnya Aku mengharamkan (berlaku) zhalim atas diri-Ku dan Aku
menjadikannya  di  antaramu  haram”,  sebagian  ulama  mengatakan  maksudnya  ialah
Allah tidak patut dan tidak akan berbuat zhalim seperti tersebut pada firman-Nya :

 Tidak patut   bagi Tuhan yang Maha Pemurah mengambil anak ”. (QS. 19 : 92)

Jadi,   zhalim   bagi   Allah   adalah   sesuatu   yang   mustahil.   Sebagian   lain   berpendapat   ,
maksudnya   ialah   seseorang   tidak   boleh   meminta   kepada   Allah   untuk   menghukum
musuhnya  atas  namanya  kecuali  dalam  hal  yang  benar,  seperti  tersebut  dalam  firman-
Nya   dalam   Hadits   di   atas   :   “Sungguh   Aku   mengharamkan   diri-Ku   untuk   berbuat
zhalim”.  Jadi,  Allah  tidak  akan  berbuat  zhalim  kepada  hamba-Nya.  Oleh  karena  itu,
bagaimana   orang   bisa   mempunyai   anggapan   bahwa   Allah   berbuat   zhalim   kepada
hamba-hamba-Nya untuk kepentingan tertentu?

Begitu    pula     kalimat     “janganlah         kamu      saling       menzhalimi”          maksudnya     bahwa
janganlah orang yang dizhalimi membalas orang yang menzhaliminya.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            35 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Dan  kalimat  “Wahai  hamba-Ku,  kamu  semua  sesat  kecuali  orang  yang  telah  Kami
beri   petunjuk,   maka   hendaklah                     kamu   minta   petunjuk   kepada-Ku,   pasti   Aku
memberinya”, mengingat betapa kita ini lemah dan fakir untuk memenuhi kepentingan
kita  dan  untuk  melenyapkan  gangguan-gangguan  terhadap  diri  kita  kecuali  dengan
pertolongan Allah semata. Makna ini berpangkal pada pengertian kalimat : “Tiada daya
dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”. (QS. 18 : 39)

Hendaklah  orang  menyadari  bila  ia  melihat  adanya  nikmat  pada  dirinya,  maka  semua
itu dari Allah dan Allah lah yang memberikan kepadanya. Hendaklah ia juga bersyukur
kepada   Allah,   dan   setiap   kali   nikmat   itu   bertambah,   hendaklah   ia   bertambah   juga
dalam memuji dan bersyukur kepada Allah.

Kalimat     “maka        hendaklah              kamu       minta        petunjuk         kepada-Ku,          pasti       Aku
memberinya”   yaitu   mintalah   petunjuk   kepada-Ku,   niscaya   Aku   memberi   petunjuk
kepadamu. Kalimat ini hendaknya membuat hamba menyadari bahwa seharusnyalah ia
meminta hidayah kepada Tuhannya, sehingga Dia memberinya hidayah. Sekiranya dia
diberi hidayah sebelum meminta, barangkali dia akan berkata : “Semua yang aku dapat
ini adalah karena pengetahuan yang aku miliki”.

Begitu  pula  kalimat  “kamu  semua  adalah  orang  yang  lapar,  kecuali  orang  yang  Aku
beri       makan,        maka       hendaklah          kamu       minta       makan        kepada-Ku,          pasti       Aku
memberinya”, maksudnya ialah Allah menciptakan semua makhluk-Nya berkebutuhan
kepada  makanan,  setiap  orang  yang  makan  niscaya  akan  lapar  kembali  sampai  Allah
memberinya   makan   dengan   mendatangkan   rezeki   kepadanya,   menyiapkan   alat-alat
yang   diperlukannya  untuk  dapat  makan.  Oleh  karena  itu,  orang  yang  kaya  jangan
beranggapan  bahwa  rezeki  yang  ada  di  tangannya  dan  makanan  yang  disuapkan  ke
mulutnya  diberikan  kepadanya  oleh  selain  Allah.  Hadits  ini  juga  mengandung  adab
kesopanan  berperilaku  kepada  orang  fakir.  Seolah-olah  Allah  berfirman  :  “Janganlah
kamu meminta makanan kepada selain Aku, karena orang-orang yang kamu mintai itu
mendapatkan   makanan   dari   Aku.   Oleh   karena   itu,   hendaklah   kamu   minta   makan
kepada-Ku,   niscaya   Aku   akan   memberikannya   kepada   kamu”.   Begitu   juga   dengan
kalimat selanjutnya.

Kalimat   “sesungguhnya   kamu   melakukan   perbuatan   dosa   di   waktu   siang   dan
malam”. Kalimat semacam ini merupakan nada celaan yang seharusnya setiap mukmin
malu   terhadap   celaan   ini.   Demikian   pula   bahwa   sesungguhnya   Allah   menciptakan
malam   sebagai   waktu   untuk   berbuat   ketaatan   dan   menyiapkan   diri   berbuat   ikhlas,
karena  pada  malam  hari  itulah  pada  umumnya  orang  beramal  jauh  dari  sifat  riya’  dan
nifaq. Oleh karena itu, tidaklah seorang mukmin merasa malu bila tidak menggunakan
waktu malam hari untuk beramal karena pada waktu tersebut umumnya orang beramal
jauh  dari  sifat  riya’  dan  nifaq.  Tidaklah  pula  seorang  mukmin  merasa  malu  bila  tidak
menggunakan  malam  dan  siang  untuk  beramal  karena  kedua  waktu  itu  diciptakan
menjadi saksi bagi manusia sehingga setiap orang yang berakal sepatutnya taat kepada
Allah dan tidak tolong-menolong dalam perbuatan menyalahi perintah Allah.

Bagaimana   seorang   mukmin   patut   berbuat   dosa   terang-terangan   atau   tersembunyi
padahal   Allah   telah   menyatakan   “Aku   mengampuni   semua   dosa”.   Disebutkannya
dengan  kata  “semua  dosa”  adalah  karena  hal  itu  dinyatakan  sebelum  adanya  perintah
kepada  kita  untuk  memohon  ampun,  agar  tidak  seorang  pun  merasa  putus  asa  dan
pengampunan Allah karena dosa yang dilakukannya sudah banyak.


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            36 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Kalimat    “kalau       orang-orang          terdahulu        dan     yang      terakhir       diantaramu,         sekalian
manusia   dan   jin,   mereka   itu   bertaqwa   seperti   orang   yang   paling   bertaqwa   di
antaramu,  tidak  akan  menambah  kekuasaan-Ku  sedikit  pun”  menunjukkan  bahwa
ketaqwaan   seseorang   kepada   Allah   itu   adalah   rahmat   bagi   mereka.   Hal   itu   tidak
menambah kekuasaan Allah sedikit pun.

Kalimat    “jika     orang-orang          terdahulu        dan     yang      terakhir       di    antaramu,        sekalian
manusia  dan  jin  yang  tinggal  di  bumi  ini  meminta  kepada-Ku,  lalu  Aku  memenuhi
seluruh   permintaan   mereka,   tidaklah   hal   itu  mengurangi  apa  yang  ada  pada-Ku,
kecuali sebagaimana sebatang jarum yang dimasukkan ke laut”, berisikan peringatan
kepada segenap makhluk agar mereka banyak-banyak meminta dan tidak seorang pun
membatasi  dirinya  dalam  meminta  dan  tidak  seorang  pun  membatasi  dirinya  dalam
meminta  karena  milik  Allah  tidak  akan  berkurang  sedikit  pun,  perbendaharaan-Nya
tidak  akan  habis,  sehingga  tidak  ada  seorang  pun  patut  beranggapan  bahwa  apa  yang
ada di sisi Allah menjadi berkurang karena diberikan kepada hamba-Nya, sebagaimana
disabdakan  Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  pada  Hadits  lain  :  “Tangan  Allah
itu  penuh,  tidak  menjadi  berkurang  perbendaraan  yang  dikeluarkan  sepanjang  malam
dan   siang.   Tidakkah   engkau   pikirkan   apa   yang   telah   Allah   belanjakan   sejak   mula
mencipta langit dan bumi. Sesungguhnya Allah tidak pernah kehabisan apa yang ada di
tangan kanannya”.

Rahasia   dari   perkataan   ini   ialah   bahwa   kekuasaan-Nya   mampu   mencipta   selama-
lamanya, sama sekali Dia tidak patut disentuh oleh kelemahan dan kekurangan. Segala
kemungkinan  senantiasa  tidak  terbatas  atau  terhenti.  Kalimat  “kecuali  sebagaimana
sebatang  jarum  yang  dimasukkan  ke  laut”  ini  adalah  kalimat  perumpamaan  untuk
memudahkan   memahami   persoalan   tersebut   dengan   cara   mengemukakan   hal   yang
dapat kita saksikan dengan nyata. Maksudnya ialah kekayaan yang ada di tangan Allah
itu sedikit pun tidak akan berkurang.

Kalimat  “sesungguhnya  itu  semua  adalah  amal  perbuatanmu.  Aku  catat  semuanya
untukmu,   kemudian   Kami   membalasnya.   Maka   barang   siapa   yang   mendapatkan
kebaikan,         hendaklah         bersyukur          kepada        Allah”       maksudnya      janganlah      orang
beranggapan  bahwa  ketaatan  dan  ibadahnya  merupakan  hasil  usahanya  sendiri,  tetapi
hendaklah  ia  menyadari  bahwa  hal  ini  merupakan  pertolongan  dari  Allah  dan  karena
itu hendaklah ia bersyukur kepada Allah.

Kalimat  “dan  barang  siapa  mendapatkan  selain  dari  itu”.  Di  sini  tidak  digunakan
kalimat      “mendapati      kejahatan      (keburukan)”,      maksudnya      barang      siapa   yang
menemukan sesuatu yang tidak baik, maka hendaklah ia mencela dirinya sendiri.

Penggunaan  kata  penegasan  dengan  “janganlah  sekali-kali”  merupakan  peringatan
agar  jangan  sampai  terlintas  di  dalam  hati  orang  yang  mendapati  sesuatu  yang  tidak
baik  ada  keinginan  menyalahkan  orang  lain,  tetapi  hendaklah  ia  menyalahkan  dirinya
sendiri.

Wallaahu   a’lam.

25. BERSHADAQAH DARI KELEBIHAN HARTA





Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            37 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Dari  Abu  Dzar  radhiyallahu  anhu,  dari  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam,  ia  berkata:
Sesungguhnya   sebagian   dari   para   sahabat   Rasulullah   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam
berkata  kepada  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  “Wahai  Rasulullah,  orang-orang
kaya  lebih  banyak  mendapat  pahala,  mereka  mengerjakan  shalat  sebagaimana  kami
shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershadaqah dengan
kelebihan   harta   mereka”.    Nabi   bersabda   :   “Bukankah   Allah   telah   menjadikan   bagi
kamu  sesuatu  untuk  bershadaqah  ?  Sesungguhnya  tiap-tiap  tasbih  adalah  shadaqah,
tiap-tiap       tahmid       adalah      shadaqah,        tiap-tiap       tahlil      adalah      shadaqah,        menyuruh
kepada  kebaikan  adalah  shadaqah,  mencegah  kemungkaran  adalah  shadaqah  dan
persetubuhan  salah  seorang  di  antara  kamu  (dengan  istrinya)  adalah  shadaqah  .
Mereka   bertanya   :      Wahai   Rasulullah,   apakah   (jika)   salah   seorang   di   antara   kami
memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?”   Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam
menjawab : “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram,
dia   berdosa,   demikian   pula   jika   ia   memenuhi   syahwatnya   itu   pada   yang   halal,   ia
mendapat pahala”. (HR. Muslim)

Penjelasan :

Hadits ini menerangkan keutamaan tasbih dan semua macam dzikir, amar ma’ruf nahi
mungkar,  berniat  karena  Allah  dalam  hal-hal  mubah,  karena  semua  perbuatan  dinilai
sebagai     ibadah     bila     dengan     niat     yang     ikhlas.     Hadits     ini     juga     menunjukkan
dibenarkannya  seseorang  bertanya  tentang  sesuatu  yang  tidak  diketahuinya  kepada
orang  yang  berilmu,  bila  ia  mengetahui  bahwa  orang  yang  ditanya  itu  menunjukkan
sikap senang terhadap permasalahan yang ditanyakan dan tidak dilakukan dengan cara
yang  buruk,  dan  orang  yang  berilmu  akan  menerangkan  kepadanya  apa  yang  tidak
diketahuinya itu.

Sabda    Nabi    Shallallahu     ‘alaihi    wa    Sallam    “menyuruh         kepada       kebaikan        adalah
shadaqah, mencegah kemungkaran adalah shadaqah” menyatakan pengakuan bahwa
setiap  orang  yan  melakukan  amar  ma’ruf  dan  nahi  mungkar  dipandang  melakukan
shadaqah,   yang   hal   ini   akan   memperjelas   makna   tasbih   dan   hal-hal   yang   disebut
sebelumnya,  karena  amar  ma’ruf  dan  nahi  mungkar  adalah  fardhu  kifayah,  sekalipun
bisa    juga    menjadi    fardhu    ‘ain.    Berbeda    halnya    dengan    dzikir    yang    merupakan
perbuatan   sunnah,   pahala   atas   perbuatan   wajib   lebih   banyak   daripada   perbuatan
sunnah,  seperti  yang  disebutkan  dalam  sebuah  Hadits  Qudsi  yang  diriwayatkan  oleh
Bukhari, Allah berfirman : Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan
perbuatan yang Aku cintai yang Aku wajibkan kepadanya”.

Sebagian  ulama  berkata  :  “Pahala  atas  perbuatan  wajib  tujuh  puluh  derajat  di  atas
perbuatan sunnah, berdasarkan suatu Hadits”.

Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam “persetubuhan salah seorang di antara kamu
(dengan   istrinya)   adalah   shadaqah   .   Telah   disebutkan   di   atas   bahwa   perbuatan-
perbuatan  mubah  yang  dilakukan  dengan  niat  menaati  aturan  Allah  adalah  shadaqah.
Jadi,   persetubuhan   dinilai   sebagai   ibadah   apabila   diniatkan   oleh   seseorang   untuk
memenuhi  hak  dan kewajiban suami istri secara ma’ruf atau untuk mendapatkan anak
yang shalih atau menjauhkan diri dari zina atau untuk tujuan-tujuan baik lainnya.

Pertanyaan shahabat : “Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami
memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            38 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

menjawab   :   “Tahukah   engkau   jika   seseorang   memenuhi   syahwatnya   pada   yang
haram, dia berdosa, demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal,
ia   mendapat   pahala”   mengandung   isyarat   dibenarkannya   melakukan   qiyas   dalam
hukum. Demikianlah pendapat para ulama pada umumnya kecuali aliran Zhahiri.

Tentang   riwayat   yang   diperoleh   dari   para   tabi’in   dan   lain-lain   mengenai   celaan
terhadap   qiyas   dalam   hukum,   maka   yang   dimaksud   bukanlah   qiyas   yang   populer
dikenal oleh para ahli fiqih mujtahid. Qiyas yang dimaksud adalah qiyasul ‘aksi (qiyas
sebaliknya,   atau   mafhum   mukhalafah).   Para   ahli   ushul   berbeda   pendapat   dalam
mempraktekkan qiyas ini, tetapi Hadits di atas mendukung pendapat yang menjadikan
qiyas ini sebagai satu cara menetapkan hukum.

26. SEGALA MACAM PERBUATAN BAIK ADALAH SHADAQAH

Dari   Abu    Hurairah    radhiyallahu     anhu,    ia    berkata   :   “Telah    bersabda   Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam : Setiap anggota badan manusia diwajibkan bershadaqah
setiap  hari  selama  matahari  masih  terbit.  Kamu  mendamaikan  antara  dua  orang  (yang
berselisih) adalah shadaqah, kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau
mengangkat  barang-barangnya  ke  atas  kendaraannya  adalah  shadaqah,  berkata  yang
baik  itu  adalah  shadaqah,  setiap  langkah  berjalan  untuk  shalat  adalah  shadaqah,  dan
menyingkirkan   suatu   rintangan   dari   jalan   adalah   shadaqah   ”.   (HR.   Bukhari   dan
Muslim)

Penjelasan :

Dalam   shahih   Muslim   disebut   jumlah   anggota   badan   ada   tiga   ratus   enam   puluh.
Qadhi ‘Iyadh berkata : “Pada asalnya kata “sulaama” bermakna tulang, telapak tangan,
jari-jari  dan  kaki,  kemudian  kata  tersebut  biasa  dipakai  dengan  arti  seluruh  anggota
badan”.

Sebagian   ulama   berkata   :   “Yang   dimaksud   di   sini   adalah   shadaqah   anjuran   atau
peringatan,  bukan  berarti  shadaqah  yang  wajib.  Sabda  beliau  “kamu  mendamaikan
antara  dua  orang  (yang  berselisih)  adalah  shadaqah”  yaitu  mendamaikan  keduanya
secara adil.

Pada Hadits lain riwayat Muslim disebutkan :

“Setiap  anggota  badan  dari  seseorang  di  antara  kamu  dapat  berbuat  shadaqah.  Setiap
tasbih  adalah  shadaqah,  setiap  tahmid  adalah  shadaqah,  setiap  tahlil  adalah  shadaqah,
setiap  takbir  adalah  shadaqah,  amar  ma’ruf  adalah  shadaqah,  tetapi  semuanya  itu  bisa
dicukupkan dengan (melakukan) dua raka’at shalat Dhuha”.

Maksudnya,   semua   shadaqah   yang   dilakukan   oleh   anggota   badan   tersebut   dapat
diganti  dengan  dua  raka’at  shalat  Dhuha,  karena  shalat  merupakan  kerja  dari  semua
anggota  badan.  Jika  seseorang  shalat,  maka  seluruh  anggota  badannya  menjalankan
fungsinya masing-masing.

Wallahu a’lam.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            39 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

27. JAUHILAH PERBUATAN YANG MERESAHKAN

Dari An Nawas bin Sam'an radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,
beliau  bersabda:  “Kebajikan  itu  keluhuran  akhlaq  sedangkan  dosa  adalah  apa-apa
yang dirimu merasa ragu-ragu dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya”.
(HR. Muslim)

Dan   dari   Wabishah   bin   Ma’bad   radhiyallahu  anhu,   ia   berkata   :  “Aku  telah  datang
kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, lalu beliau bersabda : ‘Apakah engkau
datang untuk bertanya tentang kebajikan ?’ Aku menjawab : ‘Benar’. Beliau bersabda :
‘Mintalah fatwa dari hatimu. Kebajikan itu adalah apa-apa yang menentramkan jiwa
dan   menenangkan   hati   dan   dosa   itu   adalah   apa-apa   yang   meragukan   jiwa   dan
meresahkan  hati,  walaupun  orang-orang  memberikan  fatwa  kepadamu  dan  mereka
membenarkannya”. (HR. Ahmad dan Darimi, Hadits hasan)

Penjelasan :

Sabda  beliau  “Kebajikan  itu  keluhuran  akhlaq”,  maksudnya  ialah  bahwa  keluhuran
akhlaq  adalah  sebaik-baik  kebajikan,  sebagaimana  sabda  beliau  “Haji  adalah  Arafah”.
Adapun  kebajikan  adalah  perbuatan  yang  menjadikan  pelakunya  menjadi  baik,  selalu
berupaya mengikuti orang-orang yang berbuat baik, dan taat kepada Allah yang Maha
Mulia lagi Maha Tinggi.

Yang  dimaksud  dengan  berakhlaq  baik  yaitu  jujur  dalam  bermuamalah,  santun  dalam
berusaha,   adil   dalam   hukum,   bersungguh-sungguh   dalam   berbuat   kebajikan,   dan
beberapa sifat orang-orang mukmin yang Allah sebutkan di dalam surah Al Anfal :

“Orang-orang mukmin yaitu orang-orang yang ketika nama Allah disebut, hati mereka
gemetar, dan ketika ayat-ayat-Nya dibacakan kepada mereka, iman mereka bertambah,
dan  hanya  kepada  Tuhanlah  mereka  bertawakkal.  (Yaitu)  mereka  yang  melaksanakan
shalat dan mengeluarkan infaq dari sebagian harta yang Kami berikan kepada mereka.
Mereka itulah orang-orang yang benar-benar mukmin”. (QS. 8 : 2-4)

Dan firman-Nya :

“Orang-orang            yang       bertobat,         yang       beribadah,          yang       memuji         (Allah),        yang
mengembara (di jalan Allah), yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf
dan  mencegah  berbuat  mungkar,  serta  yang  memelihara  hukum-hukum  Allah.  Dan
gembirakanlah orang-orang mukmin itu”. (QS. 9 : 112)

Dan firman-Nya :

“Sungguh beruntung orang-orang mukmin. (Yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam
shalatnya  dan  orang-orang  yang  menunaikan  zakat  dan  orang-orang  yang  menjaga
kemaluannya,  kecuali  terhadap  istri-istri  mereka  atau  terhadap  budak  yang  mereka
miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa mencari
selain  dari  itu,  maka  mereka  itulah  orang-orang  yang  melampaui  batas.  Dan  orang-
orang  yang  memeliharaa  amanat-amanat  (yang  diberikan  kepadanya)  dan  janjinya
dan  orang-orang  yang  akan  mewarisi  (Yaitu)  mewarisi  (surga)  firdaus,  mereka  kekal
di dalamnya”. (QS. 23 : 1-10)


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            40 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Dan firman-Nya :

“Hamba-hamba  Tuhan  yang  Maha  Pengasih  adalah  mereka  yang  berjalan  di  atas
bumi   dengan   rasa   rendah   hati   dan   apabila   orang-orang   jahil   menyapa   mereka,
mereka menanggapinya dengan kata-kata yang baik”. (QS. 25 : 63)

Barang   siapa   yang   merasa   belum   jelas   mengenai   sifat   dirinya,   maka   hendaklah
bercermin   pada   ayat-ayat   tersebut.   Dengan   adanya   semua   sifat   itu   pada   dirinya
pertanda  bahwa  dia  berakhlaq  baik.  Sebaliknya,  jika  semuanya  tidak  ada  pada  dirinya
pertanda    dia    berakhlaq    buruk.    Bila    terdapat    sebagian    saja,    maka    hendaklah     ia
bersungguh-sungguh  memelihara  yang  ada  itu  dan  mengupayakan  yang  belum  ada
pada   dirinya.   Janganlah   seseorang   menganggap   bahwa   akhlaq   baik   itu   hanyalah
bersifat  lemah  lembut  kepada  orang  lain  dan  meninggalkan  perbuatan-perbuatan  keji
dan dosa saja, sebaliknya orang yang tidak seperti itu dianggap rusak akhlaqnya. Akan
tetapi, yang disebut akhlaq baik yaitu seperti yang telah kami sebutkan mengenai sifat-
sifat    orang    mukmin     dan    perilaku     mereka.    Termasuk     akhlaq     baik    ialah    sabar
menghadapi gangguan dalam menjalankan agama.

Dalam  Hadits  riwayat  Bukhari  dan  Muslim  disebutkan  bahwa  seorang  Arab  gunung
menarik  selendang  sutera  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  sehingga  memekas  pada
bahu  beliau,  dan  orang  itu  berkata  :  “Wahai  Muhammad,  serahkanlah  kepadaku  harta
Allah  yang  ada  di  tanganmu”.  Kemudian  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  menoleh
kepada   orang   itu,   beliau   kemudian   tertawa   dan   menyuruh   untuk   memberi   kepada
orang itu.

Sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  dosa  adalah  apa-apa  yang  dirimu  merasa
ragu-ragu  dan  kamu  tidak  suka  jika  orang  lain  mengetahuinya  maksudnya  adalah
perbuatan    yang    ditolak   oleh    hati    nurani.    Ini    merupakan     suatu    pedoman    untuk
membedakan  antara  dosa  dan  kebaikan.  Dosa  menimbulkan  keraguan  dalam  hati  dan
tidak  senang  jika  orang  lain  mengetahuinya.  Yang  dimaksud  dengan  “orang  lain”  di
sini    adalah    orang-orang    baik,    bukan    orang-orang    yang    telah    rusak    akhlaqnya.
Demikianlah yan disebut dosa, karena itu tinggalkanlah perbuatan tersebut.

Wallaahu a’lam.

28. BERPEGANG KEPADA SUNNAH RASULULLAH DAN KHULAFAUR
RASYIDIN

Abu  Najih,  Al  ‘Irbad  bin  Sariyah  ra.  ia  berkata  :  Rasulullah  telah  memberi  nasehat
kepada   kami   dengan   satu   nasehat   yang   menggetarkan   hati   dan   membuat   airmata
bercucuran”.  kami  bertanya  ,"Wahai  Rasulullah,  nasihat  itu  seakan-akan  nasihat  dari
orang   yang   akan   berpisah   selamanya   (meninggal),   maka   berilah   kami   wasiat"
Rasulullah  bersabda,  "Saya  memberi  wasiat  kepadamu  agar  tetap  bertaqwa  kepada
Alloh yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia, tetap mendengar dan ta'at walaupun yang
memerintahmu  seorang  hamba  sahaya  (budak).  Sesungguhnya  barangsiapa  diantara
kalian   masih   hidup   niscaya   bakal   menyaksikan   banyak   perselisihan.   karena   itu
berpegang  teguhlah  kepada  sunnahku  dan  sunnah  Khulafaur  Rasyidin  yang  lurus
(mendapat   petunjuk)   dan   berpeganglah   kamu  dengan  kepada  sunnah-sunnah  itu
dengan  kuat.  Dan  jauhilah  olehmu  hal-hal  baru  karena  sesungguhnya  semua  bid'ah
itu sesat." (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi, Hadits Hasan Shahih)



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            41 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Penjelasan :

Pada sebagian sanad diriwayatkan dengan kalimat

“Sesungguhnya      ini     adalah     nasihat     dari    orang    yang    akan     berpisah     selamanya
(meninggal).  Lalu  apa  yang  akan  engkau  pesankan  kepada  kami  ?”  Beliau  bersabda,
Aku  tinggalkan  kamu  dalam  keadaan  terang  benderang,  malamnya  seperti  siang.
Tidak ada yang menyimpang melainkan ia pasti binasa

Perkataan,  nasihat  yang  mengena  maksudnya  adalah  mengena  kepada  diri  kita  dan
membekas     dihati    kita.    Perkataan,     yang       menggetarkan           hati      kita      maksudnya
menjadikan  orang  takut.  Perkataan,”yang  mencucurkan  air  mata  maksudnya  seolah-
olah nasihat itu bertindak sebagai sesuatu yang menakutkan dan mengancam.
Sabda  Rasulullah,  Aku  memberi  wasiat  kepadamu  supaya  tetap  bertaqwa  kepada
Allah      yang      Maha       Tinggi       lagi     Maha       Mulia,       tetap      mendengar          dan     mentaati
maksudnya     kepada    para    pemegang     kekuasaan.     Sabda    Beliau,    Walaupun         yang
memerintah kamu seorang budak”, pada sebagian riwayat disebutkan budak habsyi.
Sebagian   Ulama   berkata,   Seorang   budak   tidak   dapat   menjadi   penguasa   kalimat
tersebut   sekedar   perumpamaan,   sekalipun   hal   itu   tidak   menjadi   kenyataan,   seperti
halnya sabda Rasulullah, Barangsiapa membangun masjid sekalipun seperti sangkar
burung karena Allah, niscaya Allah akan membangukan untuknya sebuah rumah di
surga”.   Sudah   tentu   sangkar   burung   tidak   dapat   menjadi   masjid,   tetapi   kalimat
perumpaan seperti itu biasa dipakai.
Mungkin sekali Rasulullah memberitahukan bahwa akan terjadinya kerusakan sehingga
sesuatu urusan dipegang orang yang bukan ahlinya, yang akibatnya seorang budak bisa
menjadi penguasa. Jika hal itu terjadi, maka dengarlah dan taatilah untuk menghindari
mudharat  yang  lebih  besar  serta  bersabar  menerima  kekuasaan  dari  orang  yang  tidak
dibenarkan memegang kekuasaan, supaya tidak menimbulkan fitnah yang lebih besar.
Sabda Rasulullah, Sungguh, orang yang masih hidup diantaramu nanti akan melihat
banyak   perselisihan   ini   termasuk   salah   satu   mukjizat   beliau   yang   mengabarkan
kepada  para  shohabatnya  akan  terjadinya  perselisihan  dan  meluasnya  kemungkaran
sepeninggal  beliau.  Beliau  telah  mengetahui  hal  itu  secara  rinci  ,  tetapi  beliau  tidak
menceritakan hal itu secara rinci kepada setiap orang, namun hanya menjelaskan secara
global.  Dalam  beberapa  hadits  ahad  disebtukan  beliau  menerangkan  hal  semacam  itu
kepada   Hudzaifah   dan   Abu   Hurairah   yang   menunjukkan   bahwa   kedua   orang   itu
memiliki posisi dan tempat yang penting disisi Rosululloh .
Sabda Beliau, Maka wajib atas kamu memegang teguh sunnahku sunnah ialah jalan
lurus yang berjalan pada aturan-aturan tertentu, yaitu jalan yang jelas.
Sabda    Beliau,    dan     sunnah       Khulafaur         Rasyidin        yang      mendapatkan          petunjuk
maksudnya     mereka    yang    senantiasa    diberi    petunjuk.     Mereka    itu    ada    4    orang,
sebagaimana ijma’ para ulama, yaitu Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman dan Ali ra. Rasululloh
menyuruh   kita   teguh   mengikuti   sunnah   Khulafaur   Rasyidin   karena   dua   perkara   :
Pertama, bagi yang tidak mampu berpikir cukup dengan mengikuti mereka.
Kedua,  menjadikan  pendapat  mereka  menjadi  pilihan  utama  bila  terjadi  perselisihan
pendapat diantara para shahabat.
Sabdanya    Jauhilah  olehmu  perkara-perkara  yang  baru  “.  Ketahuilah  bahwa  perkara
yang baru itu ada dua macam.
Pertama,  perkara  baru  yang  tidak  punya  dasar  syari’at,  hal  semacam  ini  bathil  lagi
tercela.
Kedua,   perkara   baru   yang   dilakukan   dengan   membandingkan   dua   pendapat   yang
setara, perkara baru semacam ini tidak tercela. Kata-kata “perkara baru atau bid’ah” arti

Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            42 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

asalnya    bukanlah     perbuatan    yang    tercela.    Akan    tetapi,    bila    pengertiannya    ialah
menyalahi  Sunnah  dan  menuju  kepada  kesesatan,  maka  dengan  pengertian  semacam
itu  menjadi  tercela,  sekalipun  secara  harfiah  makna  kata  tersebut  sama  sekali  tidak
tercela,  karena  Allah  pun  di  dalam  firman-Nya  menyatakan  :  Tidak  datang  kepada
mereka suatu ayat Al Qur’an pun yang baru dari Tuhan mereka (QS. Al Anbiyaa’ :2)
Juga  perkatan  ‘Umar  ra.:  “Bid’ah  yang  sebaik-baiknya  adalah  ini”, yaitu shalat tarawih
berjama’ah.

Wallaahu a’lam.

29. SHALAT LAIL MENGHAPUSKAN DOSA

Dari   Mu’adz   bin   Jabal,   ia   berkata   :   Aku   berkata   :   “Ya   Rasulullah,   beritahukanlah
kepadaku  suatu  amal  yang  dapat  memasukkan  aku  ke  dalam  surga  dan  menjauhkan
aku   dari   neraka”.   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   menjawab,   “Engkau   telah
bertanya tentang perkara yang besar, dan sesungguhnya itu adalah ringan bagi orang
yang      digampangkan           oleh      Allah      ta’ala.      Engkau    menyembah     Allah    dan    jangan
menyekutukan      sesuatu     dengan-Nya,     mengerjakan      shalat,     mengeluarkan      zakat,
berpuasa pada bulan Ramadhan, dan mengerjakan haji ke Baitullah”. Kemudian beliau
bersabda   :   “Inginkah   kuberi   petunjuk   kepadamu   pintu-pintu   kebaikan?   Puasa   itu
adalah perisai, shadaqah itu menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan
api,   dan   shalat   seseorang   di   tengah   malam”.   Kemudian   beliau   membaca   ayat   :
Tatajaafa   junuubuhum   ‘an   madhaaji’   hingga   ya’maluun“.   Kemudian   beliau
bersabda:  “Maukah  bila  aku  beritahukan  kepadamu  pokok  amal  tiang-tiangnya  dan
puncak-puncaknya?”  Aku  menjawab  :  “Ya,  wahai  Rasulullah”.  Rasulullah  bersabda  :
“Pokok   amal   adalah   Islam,   tiang-tiangnya   adalah   shalat,   dan   puncaknya   adalah
jihad”.  Kemudian  beliau  bersabda  :  “Maukah  kuberitahukan  kepadamu  tentang  kunci
semua   perkara   itu?”   Jawabku   :   “Ya,   wahai   Rasulullah”.   Maka   beliau   memegang
lidahnya dan bersabda : “Jagalah ini”. Aku bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah kami
dituntut  (disiksa)  karena  apa  yang  kami  katakan?”  Maka  beliau  bersabda  :  “Semoga
engkau  selamat.  Adakah  yang  menjadikan  orang  menyungkurkan  mukanya  (atau  ada
yang meriwayatkan batang hidungnya) di dalam neraka, selain ucapan lidah mereka?”

(HR. Tirmidzi, ia berkata : “Hadits ini hasan shahih)

Penjelasan :

Sabda beliau “engkau telah bertanya tentang perkara yang besar, dan sesungguhnya
itu adalah ringan bagi orang yang digampangkan oleh Allah ta’ala”, maksudnya bagi
orang yang diberi taufiq oleh Allah kemudian diberi petunjuk untuk beribadah kepada-
Nya  dengan  menjalankan  agama  secara  benar,  yaitu  menyembah  kepada  Allah  tanpa
sedikit pun menyekutukan-Nya dengan yang lain.

Kemudian  sabda  beliau  “mengerjakan  shalat”,  yaitu  melaksanakannya  dengan  cara
dan  keadaan  paling  sempurna.  Kemudian  beliau  menyebutkan  syari’at-syari’at  Islam
yang lain, seperti zakat, puasa dan haji.

Kemudian sabda beliau “inginkah kuberi petunjuk kepadamu pintu-pintu kebaikan?
Puasa  itu  adalah  perisai”,  maksudnya  adalah  selain  puasa  Ramadhan,  karena  puasa
yang   wajib   telah   diterangkan   sebelumnya.   Jadi,   maksudnya   ialah   banyak   berpuasa


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            43 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

sunnat.  Perisai  maksudnya  ialah  puasa  itu  menjadi  tirai  dan  penjaga  dirimu  dari  siksa
neraka.

Kemudian  sabda  beliau  “shadaqah  itu  menghapuskan  kesalahan”.  Maksud  shadaqah
di sini adalah zakat.

Sabda beliau “shalat seseorang di tengah malam”.

Kemudian beliau membaca ayat :
“Lambung        mereka       jauh      dari     tempat      tidurnya,        sedang       mereka       berdo’a       kepada
Tuhannya  dengan  rasa  takut  dan  harap,  dan  mereka  menafkahkan  sebagian  dari
rezki  yang  kami  berikan  kepada  mereka.  Maka  suatu  jiwa  tidak  dapat  mengetahui
apa yang dirahasiakan untuk mereka, yaitu balasan yang menyejukkan mata, sebagai
ganjaran dari amal yang telah mereka lakukan”.
(QS. As Sajadah 32 : 16-17)

maksudnya  orang  yang  shalat  tengah  malam,  dia  mengorbankan  kenikmatan  tidurnya
dan    lebih    mengutamakan     shalat    karena    semata-mata    mengharapkan     pahala    dari
Tuhannya,     seperti    tersebut    pada     firman-Nya     :    “Maka     suatu     jiwa    tidak    dapat
mengetahui  apa  yang  dirahasiakan  untuk  mereka,  yaitu  balasan  yang  menyejukkan
mata, sebagai ganjaran dari amal yang telah mereka lakukan”. Dalam beberapa riwayat
disebutkan  bahwa  Allah  sangat  membanggakan  orang-orang  yang  melakukan  shalat
malam   di   saat   gelap   dengan   firman-Nya   dalam   sebuah   Hadits   Qudsi   :   Lihatlah
hamba-hamba-Ku ini. Mereka berdiri shalat di gelap malam saat tidak ada siapa pun
melihatnya   selain   Aku.   Aku   persaksikan   kepada   kamu   sekalian   (para   malaikat)
sungguh Aku sediakan untuk mereka negeri kehormatan-Ku”.

Sabda beliau : “Maukah kuberitahukan kepadamu tentang kunci semua perkara itu?”
Jawabku  :  “Ya,  wahai  Rasulullah”.  Maka  beliau  memegang  lidahnya  dan  bersabda  :
“Jagalah  ini”.  Aku  bertanya  :  “Wahai  Rasulullah,  apakah  kami  dituntut  (disiksa)
karena  apa  yang  kami  katakan?”  Maka  beliau  bersabda  :  “Semoga  engkau  selamat.
Adakah        yang       menjadikan          orang        menyungkurkan             mukanya         (atau       ada      yang
meriwayatkan  batang  hidungnya)  di  dalam  neraka,  selain  ucapan  lidah  mereka?”
Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  mengumpamakan  perkara  ini  dengan  unta
jantan dan Islam dengan kepala unta, sedangkan hewan tidak akan hidup tanpa kepala.

Kemudian  sabda  beliau  “tiang-tiangnya  adalah  shalat”.  Tiang  suatu  bangunan  adalah
alat   penyangga   yang   menegakkan   bangunan   tersebut,   karena   bangunan   tidak   akan
dapat berdiri tegak tanpa tiang.

Sabdanya “puncaknya adalah jihad”, artinya jihad itu tidak tertandingi oleh amal-amal
lainnya, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Ia berkata bahwa ada seseorang
lelaki datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam lalu berkata :
“Tunjukkan  kepadaku  amal  yang  sepadan  dengan  jihad”.  Sabda  beliau  :  “Tidak  aku
temukan”. Kemudian sabda beliau : “Adakah engkau sanggup masuk ke dalam masjid,
lalu  kamu  melakukan  shalat  Lail  tanpa  henti  dan  puasa  tanpa  berbuka  selama  seorang
mujahid   pergi   (berperang)?”   Orang   itu   menjawab   :   “Siapa   yang   sanggup   berbuat
begitu!”

Sabdanya  :  “maukah  kuberitahukan  kepadamu  tentang  kunci  semua  perkara  itu?”
Jawabku  :  “Ya,  wahai  Rasullah”.  Maka  beliau  memegang  lidahnya  dan  bersabda  :


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            44 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

“Jagalah   ini”,   maksudnya   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   menggalakkan   dia
pertama  kali  untuk  berjihad  melawan  orang  kafir,  kemudian  dialihkan  kepada  jihad
yang    lebih    besar,    yaitu    jihad    melawan     hawa    nafsu,    menahan     perkataan     yang
menyakitkan   atau   menimbulkan   kerusakan   karena   sebagian   besar   manusia   masuk
neraka karena lidahnya.

Sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  “Semoga  engkau  selamat.  Adakah  yang
menjadikan   orang   menyungkurkan   mukanya   (atau   ada   yang   meriwayatkan   batang
hidungnya)  di  dalam  neraka,  selain  ucapan  lidah  mereka?”  Penjelasannya  telah  ada
pada Hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi :
“Barang  siapa  beriman  kepada  Allah  dan  hari  akhirat  hendaklah  ia  berkata  baik  atau
diam”.

Demikian juga pada Hadits lain disebutkan :
“Barang siapa memberi jaminan kepadaku untuk menjaga apa yang ada di antara kedua
bibirnya dan apa yang ada di antara kedua pahanya, maka aku jamin dia masuk surga”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar