Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

mahkota sufi bagian 7



Para
   Sufi   tampil    pada   masa-masa    terutama    dalam    Islam   awal.    Mereka    telah
menghasilkan  para  teolog,  penyair  dan  ilmuwan.  Mereka  menerima  teori  atom  dan
merumuskan     teori    evolusi    lebih    enam    ratus   tahun    sebelum     Darwin.    Mereka
dihormati   sebagai   orang   suci,   dihukum   mati          dan   dituduh   ahli   bid'ah.   Mereka
mengajarkan bahwa hanya ada satu kebenaran mendasar  dari setiap agama.

Sebagian  Sufi  menyatakan,  "Aku  tidak  mempercayai  apa  pun."  Sementara  Sufi  lain
mengatakan,  "Aku  mempercayai  segala  sesuatu."  Yang  lain  lagi  mengatakan,  "Tidak
ada  sikap  sembarangan  di  antara  para  Sufi,"  dan  ada  pula  yang  berkata,  "Tidak  ada
Sufi   tanpa   humor."   Skolastisisme   dan   mistisisme   bertentangan   satu   sama   lain.
Namun   di   antara   para   Sufi,   ada   yang   mendirikan   madzhab.   Apakah   ini   adalah
madzhab-madzhab       Muslim?    Tidak,    mereka    adalah    orang-orang     Kristen    yang
dihubungkan  dengan  para  pengikut  St.  Agustinus  dan  St.  John  of  the  Cross,  seperti
Profesor   Palacios   dan  tokoh  ternama  lainnya.  Sementara   dari   mistik  Timur,  Sufi
kini   muncul   sebagai   pengimbang   mistikus   dan   filosuf   Katholik.   Ijinkanlah   di   sini
kami   menambahkan   beberapa   contoh.   Kopi   yang   kita   minum   secara   tradisional
pertama  kali  diminum  para  Sufi  untuk  memperkuat  kesadaran.  Kita  mengenakan
pakaian  ala  mereka  (kemeja,  ikat  pinggang,  celana  panjang).  Kita  mendengarkan
musik  mereka  (musik  irama  Andalusia,  musik  birama,  lagu-lagu  cinta).  Kita  menari
tarian   mereka   (Waltz,   tarian  Morris).   Kita   membaca   kisah-kisah   mereka   (Dante,
Robinson  Crusoe,   Chaucer,   William   Tell).   Kita  menggunakan   ungkapan-ungkapan
esoteris   mereka   ("momen   kebenaran",   "ruh",   "manusia   sempurna"   [insan   kamil]);
dan   kita   memainkan   permainan   mereka   (kartu).9   Bahkan   kita   menjadi   anggota
kelompok  turunan mereka,  seperti  freemasonry  dan ordo-ordo  Ksatria. Unsur-unsur
Sufi tersebut akan kami  kaji  dalam bab-bab selanjutnya.


www.tris.co.nr



59




Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Biarawan  di  tempat  persemediannya,  Fakir  di  puncak  gunung,  saudagar  di  tokonya,
raja   dengan    singgasananya   --   semuanya       mungkin   menjadi     Sufi,   namun   bukan
penganut  Sufisme.   Tradisi   Sufi   memang   ada,   namun  Sufisme  itu   laksana  adonan
asam  ("Sufisme  laksana  ragi")  dalam  setiap  masyarakat.  Jika  tradisi  Sufi  itu  selalu
menjadi     bidang    kajian    akademis     yang    rumit,    karena    sebagai     suatu    subyek
penelitian  ia  sama  sekali  berbeda  dengan  skolastisisme.  Tingkat  kemajemukannya
itu   sulit   untuk   disistematisasikan   dalam   bentuk   semi-permanen   sehingga   mudah
diteliti.      Menurut    Sufi    sendiri,     "Sufisme     adalah     suatu    petualangan      hidup,
petualangan penting."

Jika    Sufisme     itu    merupakan     suatu    petualangan,       suatu    cita-cita     menuju
kesempurnaan  manusia  yang  dicapai  melalui  pencerahan  dan  pengembangan  fungsi
organis,  keutuhan  dan  nasib  kemanusiaan,  lalu  mengapa  ia  begitu  sulit  dipahami,
dilacak   asal-usulnya,   ditunjukkan   bukti-buktinya?   Ya,   memang   demikian,   karena
Sufisme  ada   dalam   setiap  masyarakat  dan   setiap  zaman  sehingga  ia  mempunyai
keberagaman  sedemikian  rupa  --  dan  inilah  salah  satu  rahasianya.  Sang  Sufi  tidak
membutuhkan     masjid,    bahasa    Arab,   serangkaian     doa-doa,    buku-buku    filsafat,
bahkan    stabilitas     sosial,     karena    hubungannya     dengan    kemanusiaan      bercorak
evolusioner       dan    adaptif.      Sufi    tidak     bergantung      pada     reputasi      karena
kemampuannya  memeragakan  kekuatan  magis  dan  keajaiban  --  hal  ini  tidak  lebih
dari   kegiatan   insidentil,   meskipun   ia   mungkin   mendapatkan   reputasi   untuk   itu.
Sementara  ahli  sihir  dari  sistem  mistik  lainnya  bertolak  dari  tujuan  yang  berbeda.
Reputasinya  diandalkan  dan  mungkin  didukung  keajaibannya.  Sufi  pun  mempunyai
reputasi,      namun     tetap     bersifat      sekunder      dalam     keseluruhan       amalnya.
Keberadaannya merupakan suatu peran dari  organisme  Sufi.

Otoritas  moral  atau  kepribadian  yang  menarik  dari  para  Sufi  bukan  tujuan  utama
mereka, namun hasil pencapaian batiniah dan refleksi perkembangan mereka.

Seorang Sufi  berkata,  "Seandainya laron  bisa  berpikir,  ia mungkin  akan  benar-benar
percaya    bahwa    nyala    api   lilin    itu   sangat    penting,     karena    ia   menunjukkan
kesempurnaan.  Nyala  api  itu  sebenarnya  hasil  dari  lilin,  sumbu  dan  percikan  api.
Apakah  manusia  itu  masih  mencari  nyala  api  atau  percikan  api?  Amatilah  laron  itu.
Karena   dikelabui   nyala   api,   nasibnya   pasti   engkau   ketahui,   namun   tak   disadari
olehnya." (Tongue of  the Dumb,  dikutip Paiseem).

Tentu  saja  Sufi  dinilai  di  dunia  luar  dari  apa  yang  dilakukan  dan  dikatakannya.  Ada
suatu  anggapan  bahwa  ia  adalah  seorang  jutawan.   Para  pengamat  yang  berpikir
bahwa  ia  menjadi  seorang  jutawan  karena  cara  hidupnya,  yaitu  Sufisme,  mungkin
menganggap     fenomena     itu   sebagai     proses    menjadi    seorang    jutawan.     Namun
menurut   Sufi,   hal   itu   adalah   realisasi   batiniah   dan   evolusi   melalui   pencapaian
batiniahnya.  Uang  mungkin  merupakan  suatu  refleksi  lahiriah,  namun  sangat  tidak
berarti    dibandingkan      pengalaman-pengalaman         Sufi.    Hal    ini    bukan    berarti,
sebagaimana   diasumsikan   banyak   orang   bahwa   ia   adalah   seorang   jutawan   yang
telah     dipengaruhi      mistisisme,      dan    bahwa     uang     tidak     berarti     baginya.
Perkembangan     sedemikian     rupa   tidak   mungkin    bagi   Sufi,   karena    materi    dan
metafisika   berkaitan   dalam   suatu   kondisi   terbaik   yang   dipandang   sebagai   suatu
rangkaian.   Ia   mungkin   menjadi   jutawan   yang   tidak   saja   kaya   materi,   namun
jiwanya  tetap  utuh.  Banyak  orang  merasa  kesulitan  untuk  memahami  fakta  sangat
penting yang hanya digunakan untuk berbagai  kepentingan oleh mereka.


www.tris.co.nr



60

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS