Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mahkota Sufi bagian 1




ORANG-ORANG PULAU
(SEBUAH DONGENG)


Manusia biasa (awam) menyesali dosa-dosanya;
Manusia pilihan menyesali kelalaiannya.

(Dzun-Nun al-Mishri)



Semua  dongeng,   paling   tidak  mengandung   kebenaran   tertentu   dan  seringkali
dongeng-dongeng  itu  memungkinkan  masyarakat  menyerap  gagasan-gagasan  yang
sulit   dipahami   atau   bahkan   tidak   bisa   dicerna   jika   disampaikan   dalam   bentuk
pemikiran  yang  wajar.  Oleh  karena  itu,  dongeng  digunakan  para  guru  Sufi  untuk
memberikan   suatu   gambaran   kehidupan   yang  lebih   sejalan   dengan   perasaan
mereka dibandingkan melalui wahana kegiatan intelektual.

Berikut ini  ada  sebuah  dongeng Sufi  yang  telah  dirangkum  dan  biasanya  disesuaikan
dengan   masa  dongeng   yang  dikisahkan.   Sementara   dongeng-dongeng   "hiburan"
biasa,  dipandang  oleh  para  penulis  Sufi  sebagai  suatu  bentuk  kesenian  yang  telah
merosot atau lebih rendah nilainya.

Pada  suatu  masa  ada  sebuah  masyarakat  yang  hidup  di  sebuah  pulau  yang  sangat
terpencil.   Para   anggota  masyarakat  ini   tidak  mempunyai   rasa   takut  seperti   kita
saat  ini.  Alih-alih  ketidakpastian  dan  kegamangan,  mereka  mempunyai  tujuan  yang
pasti   dan   cara-cara   yang   lebih   sempurna   dalam   mengekspresikan   diri.   Meskipun
tidak  ada  tekanan  dan  ketegangan  sebagai  unsur  penting  kemajuan  bagi  manusia
sekarang.   Kehidupan   mereka   lebih   kaya,   karena   sebab-sebab   lain,   yakni   unsur-
unsur   kehidupan   yang   lebih   baik   daripada   kehidupan   saat   ini.   Oleh   karena   itu,
kehidupan  mereka  adalah  suatu  bentuk  eksistensi  yang  agak  berbeda.  Kita  hampir
bisa  menyatakan  bahwa  persepsi   kita   saat  ini   adalah   versi   sementara  dan  kasar
dari  persepsi  masyarakat ini.

Mereka  menjalani  kehidupan  sejati,  bukan  kehidupan  semu.  Kita  dapat  menyebut
mereka masyarakat El  Ar.

Masyarakat   ini  mempunyai   seorang   pemimpin   yang  menyadari   bahwa  negeri
mereka  akan  punah,  katakanlah  selama  20.000  (dua  puluh  ribu)  tahun  yang  akan
datang.   Ia   merencanakan   pengungsian   dan   menyadari   bahwa   keturunan   mereka
hanya akan berhasil  pulang kembali setelah melalui  berbagai  ujian.

Ia  menemukan  sebuah  tempat  pengungsian  bagi  mereka,  yaitu  sebuah  pulau  yang
sepintas   lalu   bentuknya   mirip   dengan   tanah  air   asal   mereka.   Karena   perbedaan
udara   dan   situasi,   para   imigran   itu   harus   melakukan   transformasi.   Tujuannya
adalah   untuk   menyesuaikan   fisik   dan   mental   mereka   dengan   lingkungan   baru.

Sebagai  contoh,  persepsi-persepsi  kasar  diganti  dengan  persepsi  yang  lebih  halus,





seperti  tangan seorang pekerja kasar menjadi  keras karena tuntutan pekerjaannya.

Untuk  mengurangi  penderitaan  akibat  perbedaan  antara  keadaan  lama  dan  baru
itu,  mereka  dikondisikan  untuk  melupakan  masa  lalu  secara  hampir  menyeluruh.
Hanya   kenangan   masa   lalu   yang   paling   kuat   tetap   tersisa.   Tetapi   hal   ini   sudah
memadai  untuk  digunakan bila diperlukan.

Sistem   masyarakat   ini   sangat   rumit   namun   tetap   diatur   dengan   baik.   Alat-alat
untuk bertahan hidup di pulau itu dibuat, demikian  pula sarana-sarana hiburan fisik
dan  mental.  Alat-alat  yang  sangat  berguna  dari  tanah  air  lama  disimpan  di  sebuah
tempat  khusus  sebagai  kenangan  lama  dan  persiapan  untuk  digunakan  di  kemudian
hari.

Lambat  laun   dan  dengan   susah   payah  akhirnya   para  imigran  menetap   dan
menyesuaikan  diri  dengan  kondisi  lokal.  Sumber  daya  di  pulau  itu  sedemikian  rupa
sehingga   dengan   upaya   dan   bimbingan   tertentu,   masyarakat   akhirnya   bisa
melanjutkan  perjalanan  ke  pulau  berikutnya  untuk  kembali  ke  tanah  asal  mereka.
Ini  adalah   pulau   pertama   dari  kepulauan   lainnya   yang  masih   membutuhkan
penyesuaian secara bertahap.

Tanggung  jawab  atas  "evolusi"  ini  dibebankan  kepada  pribadi-pribadi  yang  mampu
mengembannya.  Tentu  saja  tanggung  jawab  ini  hanya  untuk  sebagian  kecil  orang,
karena   bagi   kebanyakan   orang,   upaya   menjaga   kedua   bentuk   pengetahuan   itu
dalam   kesadaran   mereka   niscaya   tidak   mungkin.   Di   antara   mereka   cenderung
muncul  pertentangan.  Hanya para ahli  yang  dapat menjaga  "ilmu khusus"  itu.

"Ilmu  rahasia"   ini,  yaitu  metode   mengefektifkan    peralihan,   tidak  lain  adalah
pengetahuan  dan  ketrampilan maritim.  Kebebasan  atau  pengungsian  membutuhkan
seorang   instruktur,   bahan   baku,   masyarakat,   usaha   dan   pemahaman.   Untuk   itu
masyarakat bisa belajar renang sekaligus membangun  kapal.

Orang-orang  yang  sejak   semula   bertanggung   jawab   atas  operasi   pengungsian
menjelaskan   kepada   setiap   orang   bahwa   persiapan   tertentu   diperlukan   sebelum
seseorang  belajar  renang  atau  bahkan  ikut  serta  dalam  membangun  kapal.  Pada
suatu masa, proses tersebut berlangsung secara memuaskan.

Kemudian   seorang   laki-laki   yang  pada   saat   itu  ternyata   kurang   memenuhi
persyaratan,  menentang  aturan  main  dan  berusaha  mengembangkan  suatu  gagasan
umum.  Ia  mengamati  bahwa  pengungsian  itu  adalah  tugas  yang  berat  dan  selalu
disambut  dingin  oleh  masyarakat.  Pada  saat  yang  sama  mereka  juga  diharapkan
untuk   mempercayai   segala   sesuatu   tentang   operasi   pengungsian.   Ia   menyadari
bahwa   dirinya   mampu   meraih   kekuasaan   dan   dapat   membalas   dendam   kepada
mereka  yang  menurutnya  telah  merendahkan  dirinya  dengan  mengeksploitasi  dua
kenyataan itu.

Ia  sebenarnya  hanya  ingin  meninggalkan beban  itu  dan  menegaskan  bahwa
(sebenarnya) tidak ada beban yang perlu dipikul.

Kemudian ia mengeluarkan pernyataan berikut ini:


www.t"Manusia   sama   sekali   tidak   perlu   mengintegrasikan   dan   melatih   pikiran   sesuai





dengan   cara   yang   telah   dijelaskan   kepada   kalian.   Pikiran   manusia   adalah   suatu
unsur  yang  telah  mantap,  sinambung  dan  konsisten.  Kalian  telah  dianjurkan  bahwa
kalian   harus   menjadi   seorang   pengrajin   dalam   membangun   kapal.   Saya   katakan
bahwa  kalian  tidak  saja  perlu menjadi  pengrajin,  tapi  kalian  juga  sama  sekali  tidak
memerlukan   kapal!   Penghuni   pulau   ini   hanya   perlu   menjaga   aturan   sederhana
untuk  bertahan  hidup  dan  menyatu  dengan  masyarakat.  Dengan  mempergunakan
akal  sehat yang  diberikan kepada  setiap  orang,  ia  bisa meraih  apa  saja  di  pulau ini,
sebagai rumah kita, milik umum dan warisan bagi  setiap orang!"

Setelah   masyarakat   sangat   tertarik   pada   pernyataan   ini,   sang   penghasut
"membuktikan" pesannya itu dengan mengatakan:

"Jika  memang  ada  realitas  di  dalam  kapal  dan  renang  itu,  tunjukkan  kepada  kami
kapal-kapal   yang  telah   melakukan   perjalanan   dan  para  perenang   yang  telah
kembali!"

Hal  ini  adalah  tantangan  berat  bagi  para  instruktur.  Perkataannya  didasarkan  pada
asumsi   yang   membingungkan   masyarakat   sehingga   sekarang   mereka   tidak   bisa
melihat  kekeliruan  asumsi   itu.  Anda  tahu,   tidak  pernah  ada  kapal  yang  kembali
dari  pulau  lain.  Jika  memang  para  perenang  kembali,  mereka  telah  menyesuaikan
diri dengan keadaan baru sehingga tidak  bisa dilihat oleh orang kebanyakan.

Namun kerumunan ini  menuntut bukti.

"Pembangunan   kapal,"   kata   para   pengungsi   kepada   para   pemberontak,   "adalah
sebuah   seni   dan   ketrampilan.    Pengajaran   dan  pelatihan   dalam   ajaran   ini
membutuhkan   teknik-teknik   khusus.   Semua   ini   membentuk   suatu   aktivitas   total
yang   tidak   bisa   diuji   secara   parsial   sesuai   dengan   tuntutan   kalian.   Aktivitas   ini
mempunyai  unsur  yang  tak  terlihat,  yakni   apa  yang  disebut  barakah.  Inilah  asal
kata  barque  --  artinya  sebuah  kapal.  Makna  kata  ini  adalah  'Kepelikan'  dan  tidak
dapat ditunjukkan kepada kalian."

"Seni,  ketrampilan,  totalitas,  barakah,  semua  itu  omong  kosong!"  teriak  kalangan
revolusioner.

Kemudian mereka menggantung setiap ahli pembuat kapal  yang mereka temui.

Kitab  suci  baru  itu  disambut  hangat  oleh  semua  kalangan  sebagai  salah  satu  sarana
pembebasan.   Manusia   telah   menyadari   bahwa   dirinya   telah   dewasa!   Setidaknya
pada masa itu ia merasa telah terbebas dari tanggung jawab.

Semua  pola  pemikiran  yang  berbeda  segera  dimusnahkan  oleh  konsep  revolusioner
yang  sederhana  dan  nyaman  itu.  Konsep  ini  segera  dipandang  sebagai  fakta  dasar
yang  tidak  pernah  ditentang   oleh   manusia   rasional.   Manusia   rasional   di  sini
maksudnya   seseorang   yang   menyesuaikan   dengan   teori   umum   itu.   Berdasarkan
teori umum inilah masyarakat dibangun.

Setiap  gagasan  yang  menentang  gagasan  baru  ini  selalu  disebut  irasional.  Sesuatu
yang   irasional   pasti   jelek.   Sejak   itu,   meskipun   ada   berbagai   keraguan,   individu


www.tris.co.nrharus  menekan  dan  membuangnya,  sebab  berapa  pun  biayanya  ia  harus  dianggap





rasional.

Tidaklah   terlalu   sulit   untuk   bersikap   rasional.   Seseorang   hanya   perlu   mengikuti
nilai-nilai   masyarakat.   Lebih   jauh   lagi   bukti   kebenaran   rasionalitas   itu   mudah
ditemukan  --  dengan  syarat  bahwa  seseorang  tidak  berpikir  di  luar  pola  pemikiran
pulau itu.

Maka   untuk   sementara,   masyarakat   telah   menyesuaikan   diri   di   pulau   itu   dan
tampaknya  bisa  memenuhi  kebutuhan  secara  memadai  jika  dilihat  dari  cara-cara
yang  mereka  gunakan.  Keadaan  ini  dicapai  berkat  akal  dan  emosi  yang  seolah-olah
masuk   akal.   Sebagai   contoh,   kanibalisme    diperbolehkan    karena   ada   alasan
rasional,   yaitu   bahwa   tubuh   manusia   ternyata   bisa   dimakan.   Kondisi   ini   adalah
salah  satu  ciri  makanan.  Oleh  karena  itu,  tubuh  manusia  adalah  makanan.  Untuk
menutupi   cacat   dari   cara   berpikir   ini,   maka   dibuat   dalih.   Kanibalisme   dikontrol
demi   kepentingan    masyarakat.    Kompromi   ini  merupakan   ciri   keseimbangan
sementara.   Berulangkali   seseorang   mengarah   pada  suatu   kompromi  baru  dan
perjuangan  antara  akal,   ambisi   dan  masyarakat  yang   menghasilkan  norma   sosial
baru.

Lantaran  ketrampilan  membuat  kapal  tidak  mempunyai  cara  penerapan  yang  jelas
dalam   masyarakat   ini,   maka   ia   dengan   mudah   dipandang   sebagai   sesuatu   yang
absurd.   Perahu   tidak   diperlukan   --   tidak   ada   satu   pun   tempat   tujuan.   Berbagai
konsekuensi   dari   sebuah   asumsi   dapat   dibuat   untuk   "membuktikan"   kebenaran
asumsi   tersebut.    Inilah  yang  disebut   kepastian   semu,   sebagai   pengganti   dari
kepastian   sejati.    Hal  ini  kita  hadapi   sehari-hari.   Tetapi   orang-orang  pulau
menerapkannya kepada segala sesuatu.

Dua  entri  dalam  Island   Universal   Encyclopedia   (Ensiklopedia   Universal   Pulau)
memaparkan  cara  kerja  proses  itu.  Dengan  menyaring  hikmah  dari  nutrisi  mental
mereka   satu-satunya   dan  dengan   segala   kejujuran,    para  cendekiawan    pulau
menghasilkan jenis kebenaran berikut ini:

Ship  (Kapal):   Sesuatu  yang   tak  menyenangkan.  Sebuah  kendaraan  imajiner   yang
diklaim   oleh   para   pendusta   dan   penyeleweng   sebagai   alat   untuk   "menyeberangi
air",  namun  kini  secara  ilmiah  terbukti  sebagai  suatu  kerancuan.  Setiap  bahan  di
pulau   tersebut   pasti   tenggelam.   Padahal   sebuah   "kapal"   dibuat   dari   salah   satu
bahan  di  pulau  itu.  Selain  itu  orang  meragukan  apakah  memang  ada  tujuan  di  luar
pulau. Mengajarkan "pembangunan kapal" adalah kejahatan besar  menurut Undang-
Undang   XVII   dari   Kitab   Undang-Undang   Hukum   Pidana,   pasal    J   tentang
Perlindungan   terhadap   Orang-orang   yang   Mudah   Terpedaya.   Shipbuilding   mania
adalah  suatu  bentuk  ekstrim  dari  eskapisme  mental,  suatu  gejala  ketidakmampuan
masyarakat menyesuaikan  diri.  Setiap  warga  negara  wajib  memberitahukan  kepada
pejabat berwenang jika mereka mencurigai kondisi tragis ini menimpa seseorang.

Lihat: Swimming; Mental Aberrations; Crime (Major).

Bacaan:  Smith,  J.,  Why  "Ships"  Cannot  be  Built,  Island  University  Monograph  No.
1151.




www.tris.Swimming  (Renang):   Sesuatu   yang  tak  diakui.   Diyakini  sebagai   suatu   cara





menggerakkan  tubuh  melewati  air  agar  tidak  tenggelam;  secara  umum  bertujuan
"mencapai  sebuah  tempat  di  luar  pulau".  "Murid"  dari  seni  yang  tak  diakui  ini  harus
mematuhi    sebuah    ritual    absurd.    Dalam    pelajaran     pertama,    ia   harus
menelungkupkan   tubuhnya   di   atas   tanah   dan   menggerakkan   tangan   serta   kaki
sesuai  dengan  petunjuk  dari  seorang  "instruktur".  Semua  konsep  itu  berdasar  pada
keinginan   para  "instruktur"   yang  mempunyai   gaya  tersendiri   untuk  menguasai
orang-orang  yang  mudah  terpedaya   pada  masa  primitif.   Akhir-akhir  ini,  cara
pemujaan itu telah menjelma sebuah wabah kegilaan yang menyebar.

Lihat: Ship; Heresies;  Pseudoarts.

Bacaan:  Brown,  W,  The  Great  "Swimming"  Madness,  7  volume,  Institute  of  Social
Lucidity.

Kata   "tidak   menyenangkan"   dan  "tidak   diakui"   itu   digunakan   untuk   menunjukkan
sesuatu  yang  bertentangan  dengan  kitab  suci  baru  itu.  Kitab  suci  baru  itu  sendiri
dikenal   sebagai   ajaran  yang  "Menyenangkan".  Gagasan   di   baliknya  adalah  bahwa
masyarakat  sekarang  bisa  menyenangkan  dirinya  sendiri,  demi  kepentingan  umum
dan  menyenangkan   negara.   Lembaga   di  sini  dipahami  sebagai   lembaga   yang
mencakup semua masyarakat.

Tidaklah  mengejutkan  bila  sejak  awal  niat  meninggalkan  pulau  menimbulkan  rasa
takut   luar   biasa   bagi   setiap   orang.   Demikian   pula   rasa   takut   bisa   terlihat   pada
tahanan   yang   telah   lama   di   penjara   dan   akan   dibebaskan.   Dunia   "luar"   penjara
adalah suatu dunia yang samar, tidak dikenal dan menakutkan.

Pulau  itu  bukanlah  sebuah  penjara.  Tetapi  ia  adalah  sebuah  sangkar  dengan  jeruji-
jeruji  yang  tak  terlihat,  namun  lebih  efektif  dibandingkan  sangkar  dengan  jeruji-
jeruji yang terlihat.

Masyarakat   pulau   kini   semakin   lebih   kompleks.   Kita   hanya   bisa   melihat   hal   itu
melalui   beberapa   bentuknya   yang   mencolok.   Kepustakaan   mereka   sangat   kaya.
Disamping  berbagai  komposisi  budaya,  ada  berbagai  buku  yang  menjelaskan  nilai-
nilai  dan  keberhasilan    bangsa-bangsa.   Demikian   pula  ada   sebuah   sistem  fiksi
alegoris  yang  menggambarkan  betapa  kehidupan  ini  akan  sengsara  bila  masyarakat
tidak mengatur  diri dengan sistem yang diyakini saat ini.

Dari  waktu  ke  waktu  para  instruktur  berusaha  membantu  seluruh  masyarakat  untuk
meloloskan    diri.   Para  kapten   kapal   mengabdikan   dirinya  untuk  menciptakan
kembali   suatu   iklim   kondusif   bagi   para   pembuat   kapal   yang   kini   bersembunyi
melanjutkan  pekerjaannya.  Semua  upaya  ini  ditafsirkan  oleh  para  sejarawan  dan
sosiolog  dengan  merujuk  pada  berbagai  keadaan  di  pulau  itu  tanpa  berniat  untuk
melakukan   hubungan   di   luar   masyarakat   yang   tertutup   ini.   Berbagai   penjelasan
yang  masuk  akal  tentang  hampir  semua  hal  secara  komparatif  mudah  diberikan.
Tidak   ada   prinsip   etik,   sebab   para   sarjana   tetap   mengkaji   apa   yang   dipandang
benar   dengan   penuh   ketulusan.   "Apa   lagi   yang   bisa   kita   kerjakan?"   Kata   "lagi"
mengimplikasikan     bahwa   alternatif    itu   mungkin   merupakan    suatu    upaya
kuantitatif.  Atau mereka saling bertanya,  "Adakah hal  lain yang  bisa kita kerjakan?"
dengan  asumsi  bahwa  jawabannya  mungkin  terletak  pada  kata  "lain"  itu  --  sesuatu


www.tris.co.nr




24





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

yang  berbeda.  Masalah  mereka  sebenarnya  adalah  anggapan  mereka  bahwa  dirinya
mampu  untuk  merumuskan  pertanyaan  dan  mengabaikan  fakta  bahwa  pertanyaan
sepenting jawaban.

Para   penghuni   pulau   niscaya   mempunyai   ruang   lingkup   pemikiran   dan   tindakan
yang  luas   dalam   bidang  mereka   sendiri   yang  sempit.   Berbagai   gagasan   dan
perbedaan   pendapat   yang   muncul   mengesankan   kebebasan   berpikir.   Pemikiran
digalakkan dengan syarat tidak "absurd".

Kebebasan   berbicara   diperbolehkan.    Tetapi   hal  ini  sedikit   manfaatnya   tanpa
mengupayakan pengembangan pemahaman.

Kerja  dan  empati  dari  para  navigator  harus  mengambil  aspek  lain  sesuai  dengan
berbagai  perubahan  di  dalam  masyarakat.  Hal  ini  justru  membuat  realitas  mereka
jauh  lebih  membingungkan  bagi  para  murid  yang  berusaha  mengikuti  mereka  dari
sudut pandang yang berlaku di  pulau itu.

Di   tengah-tengah    semua    kebingungan    ini,   kemampuan    untuk   menyadari
kemungkinan   meloloskan    diri  pada  masa-masa   tertentu   bahkan   bisa  menjadi
kendala.   Kesadaran   potensial   yang   mendorong   untuk   meloloskan   diri   tidaklah
begitu  jelas.   Yang  lebih   sering  terjadi  adalah  para  calon  pelarian  yang
bersemangat   itu   menerima   suatu   pengganti.   Suatu   konsep   navigasi   yang   kabur
tidak   akan   berguna   tanpa   orientasi.   Bahkan   para   pembuat   kapal   yang   paling
bersemangat   sekalipun   dilatih   untuk   meyakini   bahwa   mereka   telah   mempunyai
orientasi   itu.   Mereka   telah   matang.   Mereka   membenci    setiap   orang   yang
menunjukkan bahwa mereka mungkin memerlukan persiapan.

Cara-cara   berenang    atau   membuat    kapal   yang   aneh   itu   seringkali    tidak
memungkinkan  untuk  mencapai  kemajuan  yang  sesungguhnya.  Yang  layak  dikecam
adalah   para   pembela   renang   semu   atau   kapal-kapal   alegoris.   Mereka   hanyalah
penipu yang menawarkan pelajaran kepada  mereka yang  masih terlalu lemah untuk
berenang atau menulis tentang kapal yang tidak  bisa mereka bangun.

Pada  mulanya  masyarakat  membutuhkan  pola-pola  efisien  dan  pemikiran  tertentu
yang  berkembang  menjadi  apa  yang  dikenal  dengan  ilmu.  Pendekatan  yang  patut
dipuji  ini  akhirnya  melampaui  arah  yang  sebenarnya  dengan  pola  penerapan  yang
begitu  mendasar.  Setelah  revolusi  "menyenangkan",  pendekatan  "ilmiah"  itu  cepat
meluas sampai  mempengaruhi  setiap  pemikiran.  Akhirnya segala sesuatu yang  tidak
bisa  dimasukkan  ke  dalam  ikatannya  dikenal  dengan  istilah  "tidak  ilmiah",  istilah
sinonim   lain  dari  kata  "buruk".  Tanpa  disadari,  kata-kata  ini   telah  mengungkung
dan otomatis memperbudak masyarakat.

Lantaran   tidak   adanya   sikap   sejalan,   seperti   orang   yang   membuang   waktu   dan
kemampuannya di  ruang  tunggu dengan membaca-baca majalah,  orang-orang pulau
itu  menyibukkan  diri   untuk  menemukan  pengganti   pemuasan  diri   sebagai  tujuan
asal  (dan sesungguhnya tujuan akhir) dari masyarakat yang  terbuang ini.

Sebagian   relatif   mampu    dan      berhasil       mengalihkan     perhatian                              pada           komitmen-
komitmen yang secara  mendasar  bersifat emosional.  Ada berbagai  tingkatan emosi,
namun  tidak  ada  cara  yang  memadai  untuk  mengukurnya.  Setiap  emosi  dianggap


www.tris.co.nr




25





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

sebagai   suatu   yang   "dalam"   dan   "kuat"   --   pada   tingkat   apa   pun   lebih   kuat   dari
tingkat  lainnya.  Emosi  yang  dipandang  bisa  menggerakkan  masyarakat  secara  fisik
dan mental  sampai  pada titik ekstrim, otomatis disebut sebagai  kekuatan "dalam".

Sebagian   besar   masyarakat    menentukan    target   bagi   dirinya   sendiri   atau
membiarkan orang lain menentukannya sendiri.

Mereka  mungkin  mengejar  suatu  penghargaan,  uang  atau  status   sosial.  Sebagian
menyembah  sesuatu  dan  merasa  dirinya  lebih  unggul  dari  lainnya.  Dengan  menolak
apa  yang  dianggap  sebagai  penyembahan,  sebagian  orang  mengira  bahwa  mereka
tidak memiliki  berhala. Karena itu mereka mencibir setiap bentuk penyembahan.

Setelah  berabad-abad  lamanya,  pulau  itu  dipenuhi  dengan  berbagai  kepingan  cara
pemujaan.    Yang  lebih   buruk   adalah   kepingan-kepingan   ini  ternyata   mampu
mempertahankan    diri.   Orang-orang   yang   bermaksud    baik   dan   bermaksud
menggabungkan    cara   pemujaan    ini  serta   memadukan   kepingan-kepingannya,
ternyata  menyebarkan   suatu   cara  pemujaan   baru.   Bagi  kalangan   amatir  dan
intelektual,  hal  ini  adalah  suatu  tambang  bagi  kajian  akademis  atau  "bahan  awal"
yang menarik karena keanekaragamannya.

Fasilitas-fasilitas    megah   untuk   memanjakan   "kepuasan"   tertentu   berkembang
pesat.   Istana   dan  monumen,   museum   dan  universitas,   lembaga   pendidikan,
panggung   teater,   dan  arena   olah   raga   hampir   memenuhi    pulau   tersebut.
Masyarakat    biasanya    merasa    bangga    dengan    kemakmuran    ini.   Biasanya
kemakmuran   ini  dianggap   sebagai   kebenaran   terakhir,   meskipun   tentu   saja
kebenaran ini  sama sekali  luput dari  perhatian mereka semua.

Pembangunan  kapal  berkaitan  dengan  beberapa  dimensi  dari  kegiatan  itu,  namun
dengan cara yang hampir tidak dikenal  semua orang.

Secara  sembunyi-sembunyi,  kapal-kapal   memancangkan   layar   dan  para  perenang
terus mengajarkan cara berenang ...

Berbagai  kondisi  di  pulau  itu  tidak  sepenuhnya  menimbulkan  rasa  takut  bagi  orang-
orang   yang   penuh   pengabdian  tersebut.   Di   atas   segalanya,   mereka   juga   berasal
dari  masyarakat  yang  sama.  Mereka  mempunyai  ikatan  yang  tak  terpisahkan  dan
nasib yang sama dengan pulau itu.

Namun   mereka   seringkali   harus   menjaga   diri   dari   perhatian   saudara-saudaranya
sesama   penghuni   pulau.    Sebagian   penghuni   pulau   yang   "normal"   mencoba
menyelamatkan  diri  dari  situasi  itu.  Yang  lain  berusaha  membunuh  mereka  dengan
alasan-alasan   yang  sulit   dipahami.   Sebagian   bahkan   berusaha   membantunya
dengan penuh semangat,  tetapi tidak bisa menemukan mereka.

Setiap  reaksi  terhadap  eksistensi  para  perenang  ini  adalah  akibat  dari  sebab  yang
sama.   Penyebabnya    adalah   karena   sekarang   hampir   tidak  ada   orang   yang
mengetahui   apa  sesungguhnya   perenang  itu,   apa  yang   dilakukannya,   di   mana  ia
bisa dijumpai?





www.tris.co.nr




26





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Ketika  kehidupan  di   pulau  itu  semakin  beradab,  suatu  industri  aneh  tetapi  logis
berkembang    pesat.   Industri   ini  dicurahkan   untuk  menetapkan   keraguan   atas
keabsahan  sistem  dasar  kehidupan  masyarakat.  Industri  ini  berhasil  menimbulkan
keraguan  atas  nilal-nilai  sosial  dengan  menertawakan  atau  menyindirnya.  Aktivitas
ini  bisa  mendatangkan   kebahagiaan   atau  kesengsaraan,    tetapi  ia  sebenarnya
semacam   ritual  yang  diulang-ulang.   Sementara   sebuah   industri  potensial   dan
berharga seringkali  dirintangi untuk melaksanakan fungsi  kreatifnya yang nyata.

Setelah  keraguan  untuk  mengungkapkan  diri  sementara,  masyarakat  merasa  bahwa
dengan   cara   tertentu   mereka   akan  mengurangi,   membuang   dan  melarutkan
keraguan  itu.  Satire  diterima  sebagai  kiasan  bermakna.  Kiasan  ini  diterima  namun
tidak  dipahami.  Drama,  buku,  film,  puisi  dan  plesetan  adalah  media  umum  bagi
perkembangan   itu,   meskipun   ada   sebuah   bagian   penting   yang   termasuk   dalam
bidang-bidang  yang  lebih  akademis.  Bagi  kebanyakan  penghuni  pulau,  hal  ini  lebih
membebaskan, lebih modern atau lebih progresif  dibandingkan cara-cara pemujaan
yang lebih tua.

Di  sana-sini,   seorang   calon   masih   menemui   seorang   instruktur   renang   dan
menyampaikan   penawaran   untuk   ikut   belajar   renang.   Biasanya   penawaran   itu
berakhir pada pembicaraan khas berikut ini:

"Saya ingin belajar renang."

"Apakah engkau ingin menawarkan diri untuk itu?"

"Tidak, hanya saja saya harus membawa bekal  seberat satu ton."

"Bekal  apa?"

"Makanan yang dibutuhkan di pulau lain."

"Di  sana ada makanan yang lebih baik."

"Saya  tidak   mengerti   apa  yang  engkau  maksudkan.   Saya   tidak  yakin.   Saya   harus
membawa bekal."

"Engkau tidak bisa berenang dengan membawa bekal satu ton di  punggungmu."

"Jika   demikian   saya   tidak   bisa   pergi.   Engkau   menyebutnya    beban.    Saya
menyebutnya bekal  makanan yang sangat penting."

"Sebagai   sebuah   kiasan,   andaikata   kita   tidak   menyebut   'bekal   makanan',   namun
'asumsi' atau 'gagasan  yang merusak'."

"Saya akan membawa bekal ini  kepada instruktur yang  memahami  kebutuhan saya."

Buku   ini   membicarakan   tentang   beberapa   perenang   dan   pembuat   kapal   serta
beberapa  orang  yang  berusaha  mengikuti  mereka  dan  relatif  berhasil.  Dongeng  ini
belum  berakhir, sebab masih ada masyarakat di  pulau itu.




www.tris.co.nr




27





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Para   Sufi   menggunakan   berbagai   simbol   rahasia   untuk   menyampaikan   maksud
mereka.  Dengan  menyusun  kembali  nama  dari  masyarakat  asal  itu  --  El  Ar  --  maka
akan   terbaca   Real   (Sejati).   Mungkin   Anda   telah   mengamati   bahwa   nama   yang
digunakan  oleh  kalangan  revolusioner  itu  --  Please  (Menyenangkan)  --  jika  disusun
kembali akan membentuk kata Asleep (Tertidur).







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar