Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mahkota Sufi bagian 2



LATAR
 BELAKANG I:

PARA MUSAFIR DAN BUAH ANGGUR

Ada tiga jenis budaya: budaya duniawi, menumpuk informasi  belaka; budaya
religius, mengikuti aturan; budaya elit, pengembangan-diri.

(Guru  Hujwiri, Kasyful-Mahjub)



Ada  sebuah  kisah  dalam  fabel  Aesop  tentang  tikus  tanah  muda  menemui  ibunya
untuk  memberitahukan  bahwa  dirinya  telah  bisa  melihat.  Namun  dikatakan  banyak
orang,  penglihatan  tikus tanah itu kurang sempurna.  Mendengar laporan itu,  ibunya
memutuskan   untuk   menguji   daya   lihatnya.   Ia   menaruh   sepotong   kemenyan   dan
bertanya kepada anaknya, "Apa ini?"

"Batu," jawab tikus kecil.

"Engkau        tidak       hanya       buta,"       kata       ibunya,        "tapi      juga       kehilangan          indera
penciumanmu."

Aesop  --  menurut  tradisi  para  Sufi  dinilai  sebagai  guru  praktis  dari  ajaran  hikmah
kuno  yang  bisa  dicapai  dengan  melatih  pikiran,  tubuh  dan  persepsi  secara  sadar  --
tidak  mudah  diapresiasi  melalui  makna  lahir  dongeng  itu.  Beberapa  pengkaji  telah
mencatat  bahwa  kisah-kisah  Aesop  membicarakan  ketimpangan  moral  (sebenarnya
keterangan-keterangan yang  dangkal).

Kita   bisa   menganalisa   fabel   ini   untuk   mengetahui   maksud   sebenarnya,   bila   kita
telah      mengetahui         tradisi      sastra      Sufi     dan     metode       mengungkap          makna-makna
tersembunyi.

"Tikus  tanah"  dalam  bahasa  Arab  (khuld,  dari  akar  kata  KhLD)  dan  ditulis  dengan
ejaan   yang   sama   dengan   khalad,   artinya   "kekekalan,   surga,   pemikiran,   pikiran,
jiwa",  sesuai  dengan  konteksnya.  Karena  hanya  huruf  konsonan  yang  tertulis,  maka
tidak   ada   maksud   narativitas   yang   diacu   kata   ini   secara   khusus.   Jika   kata   ini
digunakan  dalam  bahasa  Semit  dan  kemudian  diterjemahkan  dalam  bahasa  Yunani
oleh  orang  yang  tidak  memahami  makna  gandanya,  maka  unsur  permainan  katanya
akan hilang.

Lalu  mengapa  ada  kata  "batu"  dan  "kemenyan"?  Karena  dalam  tradisi  Sufi,  "Musa
(pembimbing  kaumnya)  menjadikan  sebuah  batu  seharum  pohon  Kasturi."  (Hakim
Sanai, The Walled Garden of Truth).

"Musa"  di  sini  melambangkan  suatu  panduan  pemikiran  yang  bertujuan  mengubah
sesuatu       yang     tampak       seperti       benda   mati   dan   lembam   menjadi   sesuatu   yang





www.tris.co.nr




29





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

"seharum  pohon  Kasturi"  sesuatu  yang  hampir  bisa  dikatakan  sebagai  kehidupan  itu
sendiri.

Kisah     ini    menunjukkan          bahwa       "induk"      pemikiran        (asal-usul,        matriks,       kualitas
esensialnya)  mempresentasikan  frankincense  (pengalaman  tak  terpahamkan)  bagi
pikiran  atau  pemikiran.  Karena  individu  (tikus  tanah)  terpaku  pada  "penglihatan"
(upaya       mengembangkan             fakultas        jiwa      secara       keliru),        maka       ia     kehilangan
kemampuan untuk menggunakan fakultas lainnya.

Menurut      Sufi,     alih-alih       memasuki        dirinya      sendiri      dengan       cara     tertentu       untuk
menemukan   dan   mencapai   perkembangannya,   manusia   justru   mencari   di   luar
dirinya      dan   mengikuti   berbagai   ilusi   (sistem   metafisik   yang                          dikembangkannya
secara keliru) serta sebenarnya melumpuhkannya.

Lalu  apa  potensialitas  batin  "tikus  tanah"?  Kita  bisa  melihat  seluruh  kelompok  kata
dalam bahasa Arab yang berakar kata KhLD  sebagai berikut:

KhaLaD = kekal, abadi.

KhaLLaD = melestarikan sesuatu.

AKhLaD = cenderung, setia sepenuhnya (kepada seorang sahabat).

KhuLD = keabadian, surga, kesinambungan.

KhuLD = tikus tanah,  suara burung.

KhaLaD =  pemikiran, pikiran, jiwa.

EL-KhUALiD = pegunungan,  karang,  penyangga sebuah pot.

Bagi       Sufi,       kelompok          kata       ini      mengandung           persoalan          esensial         tentang
pengembangan  pribadi  manusia.  Ia  adalah  sebuah  peta  Sufisme.  Karena  koinsiden
(secara  kebetulan),  tikus  tanah  dipilih  sebagai  simbol  pikiran  atau  pemikiran.  Ia
mempunyai  arti  yang  sama  dengan  keabadian,  kesinambungan,  penyangga.  Sufisme
berkaitan   dengan   pelestarian   kesadaran   manusia   melalui   sumbernya   di   dalam
pikiran. Sementara kesetiaan utuh kepada sesama adalah suatu tugas esensial.

Oleh  karena  itu  sebagaimana  dipercaya   para  komentator,   kisah   Aesop  ini   bukan
berarti       bahwa        "mengungkap           seorang        penipu       adalah        mudah".   Kami           tidak
mengingkari   bahwa   "kisah"   itu   dianggap   demikian   selama   berabad-abad.   Namun
penggunaan  kata  kemenyan  dan  tikus  tanah  serta  tradisi  Sufi  dalam  menyampaikan
ajaran  tertentu  berupa  kata-kata  seperti  dalam  kisah  Aesop  itu,  membantu  kita
membukakan   pintu   rahasia.   Dengan   melihat   sejumlah   materi   sastra   dan   filsafat
melalui   penjelasan   ini,   kita               terdorong        untuk     mengingat        pesan   Rumi,   seorang
pengarang   dongeng   besar   dari   Asia   Minor.   Ia   mengatakan   bahwa   kanal   mungkin
tidak  bisa  diminum,  namun  ia  menyalurkan  air  kepada  orang-orang  yang  kehausan.
Mereka   yang   tertarik   pada   interpretasi   simbolisme   tikus   tanah   ini   mungkin   kini
merasa  bahwa  hikmah  dalam   kisah  pelipur   hati   Aesop   ini   mengandung  "zat  gizi"
yang kita cari.


www.tris.co.nr




30





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Rumi  hidup  hampir  dua  abad  setelah  Aesop.  Ia  mengatakan,  "Sebuah  dongeng,  fiksi
atau sejenisnya menjelaskan kebenaran."

Namun   kita   tidak   perlu   mengikuti   bahasa   Arab   sendiri   sebagai   sumber   aktual
bahasa  Semit  dan  asal  kisah  Aesop  itu.  Bahasa  Arab  berguna  sebagai  alat,  karena
sebagaimana  dibuktikan para  filolog  (ahli  tentang  sifat  dan  perkembangan  bahasa),
ia    melestarikan          hubungan        kata-kata        yang,      dikelompokkan           sesuai      dengan       pola
primitif. Sementara bahasa Semit lainnya telah merusak makna-maknanya.

Baik  di  Barat  maupun  di  Timur,  ada  banyak  contoh  tentang  kristalisasi  ajaran  yang
sama  dalam  kesusastraan,  ritual  dan  kepercayaan  rakyat.  Fenomena  semacam  ini
dianggap         tidak       penting:        seperti        berbagai         lelucon        yang      dikaitkan         dengan
Nashruddin,   Joe   Miller   dan   lainnya,   dikaji   secara   lahiriah.   Banyak   Puisi   Omar
Khayyam  yang  ditujukan  untuk  mendorong  para  pembacanya  berpikir  jelas  melalui
reduksi  kehidupan  sebagai  absurditas,  dipahami  secara  dangkal  sehingga  Khayyam
tampak  sebagai  orang  "pesimis".  Pemikiran  Plato  sejalan  dengan  maksud  para  Sufi,
yaitu  menunjukkan  batas-batas  logika  formal  dan  kemudahan  orang  terjatuh  dalam
penalaran  yang  keliru,  namun  pemikirannya  dianggap  defektif  (cacat),  tidak  lebih
dari  itu.  Dalam  beberapa  hal,  seperti  kisah  Aesop,  kanal  itu  tetap  menyalurkan  air
meskipun   ia   tidak   diakui   sebagai   kanal.   Dengan   kata   lain,   orang-orang   tetap
melakukan         berbagai        ritual     dan     kepercayaan          yang     tidak     berarti       yang     mereka
rasionalisasikan   sehingga   tidak   mempunyai   dinamika   yang   nyata   dan   sebenarnya
hanya   tertarik   pada   hal-hal   yang   antik.   Penyair   besar   Sufi,   Jami'   mengatakan
tentang  mereka,  "Awan  kering  tak  berair,  tidak  mengandung  hujan."  Namun  kultus-
kultus  itu  seringkali  hanya  merupakan  tiruan  dari  simbolisme  yang  disusun  secara
seksama  berdasar  pada  analogi  puitis  dan  justru  semua  itu  dikaji  dengan  sungguh-
sungguh.  Sementara  orang  berpikir  bahwa  kultus-kultus  itu  mengandung  kebenaran
metafisis   dan   magis   tertentu,   sementara   lainnya   menganggap   bahwa   semua   itu
mempunyai  nilai  historis.

Tentang   sebuah   kultus   atau   kelompok   yang   mengikuti   sebuah   tema   dan   pada
awalnya  disusun  dari   kelompok  kata  tertentu,  kita  tidak  mungkin  memahaminya
atau  bahkan  menuliskan  sejarahnya  kecuali  kalau  kita  tahu  asal-usulnya.  Karena
unsur   matematisnya   yang   khas   dan   dipilih   sebagai   sarana   untuk   menyampaikan
pengetahuan  tertentu  di  Timur  dan  Barat,  maka  bahasa  Arab  sangat  penting  untuk
kajian ini.

Disamping itu,  karena hampir semua penyusunan kata  secara aljabar itu terdiri  dari
tiga  huruf,  bahasa  Arab  sangat  simpel  yang  hampir  tidak  diperkirakan  oleh  orang
yang  tidak  mengetahuinya.  Namun  kita  hanya  berhubungan  dengan  kata-kata  dan
kelompok  konsonan,  bukan  tata  bahasa,  sintaksis,  apalagi  huruf-huruf  Arab,  karena
kata-kata  itu  semuanya  bisa  diterjemahkan  secara  memadai  sesuai  dengan  tujuan
kita   melalui   huruf-huruf   Latin.   Kita   menyulih   satu   huruf   dengan   huruf   lainnya.
Biasanya   kita   memodifikasi   huruf   itu   agar   bisa   menyampaikan   kata   orisinalnya.
Secara   substansial,   hal   ini   adalah   sebuah   seni   yang   digunakan   secara   luas   di
wilayah   Timur   ketika   huruf   Arab   dan   tradisi   pengetahuan   Sufi   menyebar   dan
digunakan   oleh   orang-orang   yang   tidak   mengetahui   secara   mendalam   tentang
bahasa       Arab     sendiri.        Jadi     bahasa       Arab      bisa      digunakan         sebagai        kode      oleh
masyarakat Timur maupun Barat Latin pada Abad Pertengahan.1




www.tris.co.nr




31





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Hubungan  orangtua  dan  anak  itu  (tikus  tanah  dan  ibunya)  digunakan  oleh  para  Sufi
untuk   menjelaskan   latihan   "penglihatan"   yang   sempurna   sebagaimana   hubungan
puncak  antara  Sufi  dan  "penglihatan"  terakhir  terhadap  kebenaran  obyektif.  Bagi
Sufi,  inkarnasi  keagamaan  atau  penjelmaan  hubungan  itu  hanyalah  suatu  metode
kasar   dan  sekunder   dalam   menggambarkan   suatu  pengalaman   yang   terjadi   pada
individu atau kelompok -- pengalaman religius dalam  melakukan penyadaran diri.

"Sufi  yang  sempurna  (tercerahkan)  adalah  manusia  agung,  mulia  dan  luhur.  Melalui
cinta,   aural   dan   harmoni,   ia   telah   mencapai   tingkat   keagungan   paling   tinggi.
Semua  rahasia  terungkap  baginya   dan  seluruh   kehidupannya   dikaruniai   kekuatan
magis.   Dia   adalah   Penuntun   dan   Musafir   di   Jalan  keindahan,   cinta,   tahap-tahap
pengalaman,  kekuatan  dan  perwujudan  tak  terbatas.  Dia  adalah  Penjaga  kearifan
paling   kuno,   Perintis   mengungkap   rahasia-rahasia   terdalam.   Dia   adalah   Sahabat
penuh   kasih   yang   mengangkat   keberadaan   kita   dan   membawa   makna   baru   bagi
kemanusiaan."

Semua      ini    adalah      gambaran        sang     Sufi     yang     dipaparkan        oleh     seorang       penulis
kontemporer.   Meskipun   ia   sendiri   bukan   Sufi,   namun   ia   hidup   di   antara   para
penganut Jalan Cinta itu.

Sufi   tampaknya   merupakan   sosok   yang   senantiasa   berubah   sikap.   Namun   bagi
mereka   yang   mempunyai   kepekaan   batin,   ia   sama,   karena   kepribadiannya   yang
hakiki   adalah   batin,   bukan   lahir.   Seorang   sarjana   dari   Kashmir   yang   telah  lama
sekali   tinggal   di   sebuah   pusat   pengajaran   Sufi   pada   abad   ketujuh   belas,   telah
melakukan  apa  yang  dewasa  ini  disebut  sebagai  penelitian  karakteristik  umum  dari
mistik       Sufi.      Dia     lah     Sirajuddin        yang      telah      berkelana         ke     berbagai         negara
tetangganya,          bahkan       sampai       ke    Jawa,      Cina     dan     Gurun      Sahara.       Ia    berbicara
langsung dengan para Sufi dan menyusun tradisi mereka yang tak tertulis.

"Sufi  adalah  manusia  sempurna,"  kata  Sirajuddin,  "ketika  ia  mengatakan,  'Di  antara
bunga-bunga  mawar,  ada  satu  mawar  dan  di   antara  duri-duri,  ada  satu  duri,'  ia
sama   sekali   tidak           bermaksud   membicarakan                perilaku       sosial.   Para   Sufi   adalah
penyair       dan     pecinta.        Dilihat      dari     dasar      ajarannya,         mereka       adalah       pasukan,
pelaksana  dan  tabib.  Di  mata  para  pengamat,  mereka  tampak  seperti  tukang  sihir,
mistikus,  para  pekerja  seni  yang  tak  terpahami.  Bila  Anda  menghormati  mereka
sebagai  orang  suci,  Anda  akan  mendapat  rahmat  dari  kesucian  mereka.  Namun  bila
Anda  bergabung  dengan  jamaah  mereka,  Anda  memperoleh  rahmat  dari  jamaah
mereka.  Bagi  mereka  dunia  ini  adalah  suatu  perangkat  untuk  memperbaiki  ummat
manusia.  Bila  kita  mengidentifikasi  proses  kreasi  mereka  yang  sinambung,  mereka
sendiri   adalah   pencipta   manusia   sempurna   lainnya.   Di   antara   mereka   ada   yang
membuka   suara,   namun   ada   juga   yang   berdiam   diri,   ada   yang   berjalan-jalan
seperti  gelisah,  namun  ada  yang  duduk  mengajar.  Untuk  memahami  mereka,  Anda
harus      menggunakan           intelegensi          intuitif,        biasanya         dengan        menekan         musuh
bebuyutannya,  yaitu intelegensi  logis.  Sebelum Anda  memahami  ketidaklogisan dan
kesia-siaan  perilaku  mereka,  sebaiknya  jauhilah  mereka  kecuali   untuk  kebaktian
tertentu, formal dan jelas."2

Seorang  Sufi  tidak  bisa  didefinisikan  dengan  serangkaian  kata-kata  atau  gagasan,
tapi  mungkin  bisa  melalui  sebuah  gambaran,  gerakan  dan  isyarat  dari  dimensi  lain.
Salah seorang  guru besar Sufi, Rumi, menguraikan keberadaan Sufi  sebagai  berikut:


www.tris.co.nr




32





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

(Ia)  mabuk  tanpa  anggur,  kenyang  tanpa  makanan,  sangat  resah,  tidak  makan  dan
tidak   tidur,   raja   dengan   jubah   sederhana,   harta   karun   di   bawah   puing-puing
reruntuhan,  bukan  udara  bukan  tanah,  bukan  api  dan  bukan  air,  samudera  tiada
bertepi.  Ia  mempunyai  seratus  bulan,  langit  dan  mentari.  Ia  manusia  bijak  karena
mengetahui  kebenaran universal  -- tidak seperti  sarjana yang belajar dari  buku.3

Apakah  ia  agamawan?  Tidak,  ia  jauh  lebih  dari  itu,  "Ia  di  seberang  atheisme  dan
keimanan  biasa.  Lalu  apa  arti  pahala  dan  dosa  baginya?  Ia  tersembunyi  --  carilah
dia!"

Sebagaimana  kita  ketahui  dalam  berbagai  pernyataan  paling  masyhur  dalam  Diwan
asy-Syams        at-Tabriz        pada      abad       ketiga       belas,       Sufi      adalah       sosok       rahasia,
tersembunyi          lebih      dalam      dari     pengikut        madzhab        rahasia       mana      pun.      Nama
individual  Sufi  banyak  dikenal  di  dunia  Timur.  Perkampungan  para  Sufi  terdapat  di
tanah Arab, Turki, Persia, Afghanistan, India dan Malaysia.

Para  peneliti  Barat  yang  keras  kepala  semakin  berusaha  menggali  rahasia-rahasia
Sufi,   maka   tugas  itu   tampaknya   semakin   bertambah  rumit.   Karya  mereka   selalu
membanjiri   bidang-bidang   mistisisme,   Arabisme,   Orientalisme,   sejarah,   filsafat
dan  bahkan  kesusastraan  umum.  Dalam  sebuah  ungkapan  Sufi,  "Rahasia  senantiasa
menyembunyikan diri. Ia hanya bisa ditemukan dalam semangat dan Karya (Sufi)."

Seorang  guru  besar  arkeologi  terkemuka  mungkin  adalah  tokoh  terbesar  Barat  yang
mempunyai   otoritas   kajian   Sufi   --   bukan   lantaran   ia   seorang   akademisi,   namun
karena ia seorang Sufi.

Laki-laki  atau  perempuan  Timur  mungkin  kerapkali  menganggap  Sufi  sebagaimana
orang   Barat   membayangkan   sosok   mistik   Timur   itu,   yaitu   anggapan   bahwa   Sufi
adalah   orang   yang   dilimpahi   berbagai   kekuatan   supranatural,   pewaris   berbagai
rahasia   yang   melanjutkan   simbol   kearifan   para   leluhur   dan   abadi.   Sufi   dapat
membaca        pikiran       Anda,      bisa      berpindah        tempat       dalam      sekejap,         mempunyai
hubungan-hubungan khusus dengan makhluk dari  dunia lain.

Sufi   biasanya   dipercaya   mampu   mengobati   penyakit.   Tidak   sedikit   orang   akan
bercerita   kepada   Anda   tentang   cara   para   Sufi   menyembuhkan   penyakit   dalam
sekejap   atau   dengan   cara-cara   tertentu   yang   tak   dapat   dijelaskan.4   Para   Sufi
dianggap        mampu       mengatasi         tugas-tugas         mereka       yang      sulit:      banyak       individu
menjadi   saksi   kepercayaan   ini.   Meskipun   mereka   sering   melakukan   kesalahan,
namun   sangat   jarang   disanggah   dibandingkan   orang   lainnya.   Mereka   mendekati
masalah  yang  sama  sekali  berbeda  dengan  orang  pada  umumnya.  Namun  tindakan-
tindakan   mereka   dibuktikan   dengan   berbagai   peristiwa   nyata.   Mereka   meyakini
bahwa mereka sendiri  mengambil  bagian dalam evolusi  kemanusiaan yang agung.

Bila  kepercayaan  populer  yang  mungkin  mencakup  sejumlah  kultus  terhadap  orang
suci  di  seluruh  wilayah  Timur  Tengah  kini  tersebar  luas,  semua  ini  karena  pengaruh
berbagai  legenda  dan  tradisi  para  guru  Sufi,  pribadi  yang  diagung-agungkan  oleh
para  penganut  dari  semua  aliran  kepercayaan.  Para  Sufi  tempo  dulu  bisa  berjalan
di  atas   air,  menjelaskan  berbagai  peristiwa  yang  terjadi   di   tempat-tempat  yang
sangat  jauh,  mengalami  realitas  kehidupan  sejati  dan  banyak  lagi  hal-hal  serupa.
Bila     seorang        guru     Sufi     berbicara,         para      pendengarnya           mengalami         semacam


www.tris.co.nr




33





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

keterpesonaan mistikal  dan kekuatan magis  yang matang.  Di  mana pun Sufi  berada,
para   mistikus   dari   kepercayaan   lain   dan   seringkali   tokohnya   yang   terkemuka,
menjadi murid-muridnya -- kadangkala tanpa diperintah.

Di  dunia  material,  pengaruh  Sufi  berdasar  pada  karya  dan  kreativitas,  serta  secara
umum   diakui   karena   prestasi   individual   Sufi.   Filsafat   dan   berbagai   penemuan
ilmiah      Sufi     pada     umumnya        dianggap        telah      dicapai       melalui       kemampuan         khas
mereka.  Sementara  kalangan  teosofis  atau  intelektual  konvensional  merasa  bahwa
mereka berada dalam posisi  yang  tidak menguntungkan,  sehingga  meskipun mereka
seringkali  mengingkari  kemungkinan suatu bentuk kesadaran khas yang dicapai  oleh
kalangan        elit     mereka,        mereka       terpaksa        mengakui        bahwa       para     Sufi     adalah
pahlawan-pahlawan               bangsa         di      beberapa           negara         dan       berjasa          dalam
mengembangkan   sastra   klasik   di   negara   lainnya.   Diperkirakan   dua   puluh   sampai
empat      puluh     juta     orang      menjadi       anggota       atau     berafiliasi         dengan       madzhab-
madzhab Sufi sehingga para Sufi  semakin besar jumlahnya.

Mungkin  saja  tetangga  Anda  adalah  Sufi,  atau  mungkin  orang  yang  ada  di  seberang
jalan,      perempuan        yang     membantu         tugas      Anda,      seorang       pertapa       di    saat-saat
tertentu, baik kaya maupun miskin adalah seorang Sufi.

Tiada  penyelidikan   terhadap  realitas   Sufi   yang   dapat   sepenuhnya   dilakukan   dari
luar,  karena  Sufisme  menuntut  partisipasi,  latihan  dan  pengalaman.  Meskipun  para
Sufi  telah  menulis  banyak  buku,  namun  mereka  mungkin  menggunakan  cara-cara
khas   dan   tampaknya   bertentangan   satu   sama   lain   serta   tidak   mudah   dipahami
orang  yang  tidak  berpengalaman  atau  ternyata  mempunyai  maksud-maksud  yang
berbeda dibandingkan maksud-maksud yang dangkal.

Salah   satu   kendala   untuk   memahami   Sufisme   melalui   kepustakaan   Timur   telah
dicatat   beberapa   sarjana   yang   telah   mencoba   menelitinya,   termasuk   Profesor
Nicholson        yang      telah      lama      bekerja        untuk      memahami         dan     memperkenalkan
pemikiran   Sufi   ke   dunia   Barat.   Dalam   karya   seleksi   beberapa   tulisan   Sufi,   ia
mengakui  bahwa  "sebagian  besar  karya  tulis  mereka  aneh  dan  unik,  karena  semua
karya  mereka  yang  masih  ada  jarang  menunjukkan  makna  yang  jelas  kecuali  bagi
mereka        yang      mempunyai          kunci       rahasianya.          Sementara         orang       yang      tidak
mengetahuinya,  hanya akan memahaminya secara literal atau tidak sama sekali."5

Sebuah  buku  seperti  ini  "menyusun  dirinya  sendiri"  sesuai  dengan  pola  (karangan)
Sufi;      dan     secara       definitif        buku      ini    harus      mengikuti        pola      Sufi,      bukan      pola
konvensional.           Oleh     karena      itu,     materi      dan     metodenya         khas     dan    tidak      dapat
didekati  melalui  kriteria  umum.  Inilah  yang  dikenal  dengan  metode  "menabur",  dan
hasilnya  dianggap efektif jika berdasar  pada kegiatan majemuk.

Dalam      kehidupan        sehari-hari,        beberapa        bentuk       pemahaman         menjadi       mungkin
karena   ditunjang   pengalaman.   Pikiran   manusia   adalah   satu   bagian,   bagian   lain
adalah       dampak-dampak           yang      diterima       dan     kemampuannya           untuk      memahami
dampak-dampak  itu.  Interaksi  antara  dampak  dan  pikiran  itu  menentukan  kualitas
kepribadian.   Dalam   Sufisme,   proses   fisik   dan   mental   itu   dijalani   dengan   sadar.
Hasil   proses   ini   dianggap   lebih   efisien.   Alih-alih   waktu,   zaman   dan   kebetulan,
"Hikmah"   dipandang   sebagai   hasil   yang   tak   terelakkan.   Para   Sufi   menyamakan




www.tris.co.nr




34





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

proses  ini  dengan  analogi  antara  orang  liar  yang  makan  segala  sesuatu  dan  orang
beradab yang memilih makanan yang  sehat dan enak baginya.

Maka     dari     itu    kita     tidak     mungkin       dapat      menguraikan         maksud       pemikiran        dan
tindakan  Sufi  dengan  cara  konvensional  serta  sederhana  dan  metode  perbincangan,
karena   alasan-alasan   di   atas.   Ketidakmungkinan   ini   diibaratkan   dalam   pepatah
Sufi:   "mengirimkan   ciuman   melalui   orang   lain".   Sufisme   mungkin   muncul   secara
alamiah,   namun   juga   merupakan   bagian   dari   perkembangan   manusia   yang   lebih
tinggi   dan   perkembangan   kesadaran   manusia   sendiri.   Sarana   pengungkapannya
yang  memadai   biasanya   tidak   ada   di   dalam   masyarakat   yang   tidak  menjalankan
bentuk  pengembangan  lanjut  itu.  Disamping  itu,  iklim  pengungkapannya  (sastra,
pemakaian         bahasa   rahasia,           contoh,       dan     lain-lainnya)         berada      di    wilayah       yang
berbeda.

Sementara   kalangan   yang   berpikir   metafisik   dan   terutama   mereka   yang   merasa
bahwa   dirinya   meminati   bidang   mistisisme   atau   "persepsi   batin",   biasanya   tidak
mempunyai   pemahaman   yang   lebih   luas   tentang   kemanusiaan   tempat   Sufisme
memusatkan          perhatiannya.           Terutama        menyangkut          pemahaman          kuat      tentang
keunikan  personal  "yang  ditangkap"  dari  orang  lain,  subyektivitas  mereka  mungkin
merupakan kelemahan yang serius.

Tidak  ada  Sufisme  yang  dapat  disederhanakan,  namun  ia  tidak  berada  di  wilayah
kognisi   pikiran  kabur,   sebagaimana  mungkin  orang  mengira  bahwa  pikiran  dapat
memahaminya   dan   menyerap   hal-hal   spiritual   berdasarkan   pikiran   yang   sangat
kabur  sesuai  dengan  asumsi  dirinya.  Bagi  Sufi,  personalitas  demikian,  betapapun
vokalnya (dan seringkali demikian), hampir tidak ada.

Seseorang  yang  berkata,  "Semua  itu  memang  tak  terperikan,  tetapi  saya  tentu  saja
bisa   merasakan   'apa   yang   Anda   maksud',"   ia   tidak   mungkin   dapat   mengambil
manfaat  dari  Sufisme.  Hal  ini  karena  para  Sufi  bekerja  dan  melakukan  suatu  upaya
untuk   membangkitkan   suatu   bidang   kesadaran   melalui   suatu   pendekatan   khas,
bukan  secara kebetulan.  Sufisme tidak  bekerja  dengan kejujuran yang  dibuat-buat,
tidak  mengharapkan  pujian  dan  sikap  setengah-setengah.  Seperti  sebuah  sengatan
yang  kemudian  menghilang,  demikian  pula  unsur  Sufi  menghilang  dari  suatu  situasi
atau   sebaliknya.   Sufisme   tidak   ditujukan   kepada   sebagian   masyarakat   --   karena
masyarakat         tidak     terpecah-pecah           sedemikian         rupa.      Namun      ia    ditujukan        pada
fakultas  tertentu  dari  setiap  individu.  Bila  fakultas  ini  tidak  diaktifkan,  maka  di
sana  tidak  ada  Sufisme.  Fakultas  ini   terdiri   dari  realitas-realitas   "keras"  maupun
"lunak",  kontradiksi  maupun  harmoni,  kecemerlangan  kesadaran  maupun  kegelapan
remang-remang dan membuat orang terlena.

Faktor  sentral  ini  diekspresikan  dengan  baik  dalam  puisi  Sufi,  dan seringkali  dengan
teknik   yang   sempurna.   Kadangkala   secara   manusiawi,   kadangkala   dengan   teknik
yang  tidak  lazim.  Generasi  ahli  puisi  konvensional  telah  mencurahkan  kehidupan
mereka  untuk  menganalisa  khazanah  yang  unik  ini  dari  sudut  pandang  berbeda  --
dari  sudut  "variasi  kualitas"  seorang  penyair.  Seorang  penyair  menanggapi  hal  ini
sebagai berikut:

Wahai   kucing   dengan   cita   rasa   susu   asam,   ahli   dalam   menyamarkan   rasa   pahit!
Engkau  adalah  sampah  yang  telah  bersepakat  tentang  susu  asam.  Dengan  maksud


www.tris.co.nr




35





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

yang     sama      engkau       membenci        keju,      mentega        dan     susu     hangat       dari     perahan
kelenjarnya.   Engkau  bukan  ahli   keju,  begitu  katamu   kan?  Sesungguhnya  ia  lebih
dekat dari  urat nadimu sendiri.

Penyair   Sufi   lain,   dengan   gaung   modern   yang   terdengar   aneh,   mengemukakan
tulisan cerdas berikut ini:

Bisakah   kita   melukis   sebuah  gambar   sempurna   atau   memintal   permadani   secara
sempurna?         Bisakah       kita      menggetarkan           lidah      kita      sepanjang         malam       untuk
menyelidiki   setiap   orang   yang   menyimpang   dari   kesempurnaan?   Hal   ini   baik,   ini
adalah  tugas  manusia  sempurna.  Semacam  tugas  seorang  bocah  yang  bersungguh-
sungguh   dalam   menentukan   bahan-bahan  yang   menyempumakan   pembuatan   kue
lumpurnya.

Seseorang  yang  telah  merasakan  keju-keju  supermarket  kontemporer  yang  sangat
steril,   namun   tidak   terlalu   steril,   ia   akan   mempunyai   cita   rasa   sang   penyair,
demikian kiranya.

Hilaly      yang     dituduh       "menggunakan          pedang       untuk      memotong         seutas      benang",
menyatakan, "Mungkinkah saya menggunakan madu untuk menaklukkan unta?"

Ada   banyak   Sufi   palsu.   Mereka   mencoba  mengambil   manfaat   dari   prestise   gelar
Sufi.     Di    antara      mereka       ada     yang     telah      menulis       buku,      namun      mereka       hanya
menambah kebingungan para pengamat.

Beberapa  spirit  Sufi  mungkin  saja  bisa  disampaikan  melalui  tulisan,  dengan  syarat
kita   sepakat   bahwa   sebenarnya   Sufisme   harus   dialami   secara   sinambung   atau
dibuktikan        dengan       pengalaman         sendiri.       Sufisme       tidak      hanya      tergantung        pada
dampak artistik, namun mesti  berdampak pada kehidupan nyata.

Dalam   sebuah   definisi,   Sufisme   adalah   kehidupan   manusia.   Kekuatan   magis   dan
metafisik   biasanya   bersifat   insidentil,   meskipun   kekuatan   ini   mungkin   berperan
dalam   proses   kehidupan,   jika   tidak   dalam   keunggulan   atau   kepuasan   personal.
Adalah  benar  bila  upaya  menjadi  Sufi  yang  didorong  oleh  hasrat  untuk  memperoleh
kekuatan  personal  itu  tidak  akan  berhasil.  Yang  valid  adalah  hasrat  murni  untuk
mencapai   kebijaksanaan.   Langkah   ini   adalah   metode   asimilasi,   bukan   metode
kajian.

Untuk  mengamati  para  Sufi  melalui  apa  yang  sebenarnya  merupakan  derivasi  dari
teknik-teknik  Sufi,  pertama  kita  seharusnya  melihat  beberapa  hal  penting  namun
tetap   mempunyai   tujuan   yang   sama.   Langkah   ini   dapat   diilustrasikan   sebagai
berikut.       Seorang       anak     yang     belajar       membaca,         pertama       ia    harus     mengetahui
aksara.  Ketika  dapat  membaca  kata-kata,  ia  tetap  menggunakan  pengetahuannya
tentang        aksara,       namun       ia    kini     membacanya           dalam       kata-kata.         Jika      hanya
memperhatikan  aksara  demi  aksara,  ia  mungkin  sangat  mengalami  kesulitan  dalam
membaca,   karena   ia   masih   menggunakan   pengetahuannya   di   jenjang   pertama.
Kata   maupun   aksara   kini   harus   dipandang   dalam   perspektif   yang   lebih   utuh,
demikian pula metode Sufi.





www.tris.co.nr




36





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Proses      ini    sebenarnya         lebih      mudah      dijalankan         ketimbang         didengarkan,          sebab
melakukan sesuatu seringkali  lebih mudah dibandingkan memaparkannya.

Saya  ingin  mengemukakan  pandangan  sekilas  tentang  sebuah  lingkaran  (halaqah)
Sufi,  unit  dasar  dan  inti  kegiatan  Sufi.  Sekelompok  murid  tertarik  kepada  seorang
guru.  Mereka  menghadiri  majelis  gurunya  pada  setiap  malam  Jum'at.  Tahap  awal
acara   ini   kurang   begitu   formal,   yaitu  waktu   bagi   para   murid  untuk   mengajukan
pertanyaan dan menerima jawabannya.

Pada   kesempatan   ini,   seorang   murid   baru   bertanya   kepada   guru   kami,   Agha,
apakah dasar utama pengalaman mistik yang dimiliki  manusia.

Agha      menjawab,          "Kita      mempunyai         sebuah       istilah       yang      merangkum         semua
pengalaman  mistik  itu.  Istilah  ini  melukiskan  apa  yang  sedang  kita  kerjakan  dan
merangkum   pola   pemikiran   kita.   Dan   istilah   ini   engkau   akan   dapat   memahami
dasar        eksistensi           kita       dan       alasan         mengapa          manusia         pada        umumnya
memperselisihkannya.               Istilah      ini    berbunyi        Anguruzuminabstafil."               Kemudian        ia
mengisahkan melalui  kisah tradisional  berikut ini:

Konon  ada  empat  pria  --  orang  Persia,  Turki,  Arab  dan  Yunani  --  berhenti  di  sebuah
jalan      desa.      Mereka      tengah       mengadakan          perjalanan         bersama-sama          dan     telah
melalui       beberapa         tempat       terpencil.         Pada      saat      itu    mereka       berdebat        untuk
membelanjakan sekeping uang sisa bekal  mereka.

"Aku ingin membeli  angur," kata si  orang Persia.

"Aku ingin uzum," kata si  orang Turki.

"Aku menginginkan inab," kata si  orang Arab.

"Tidak!" kata si orang  Yunani, "kita seharusnya membeli stafil."

Seorang  pengembara  lain  lewat,  seorang  ahli  bahasa,  dan  berkata,  "Berikan  uang
logam itu kepadaku. Aku akan berusaha memenuhi  semua keinginan kalian!"

Mulanya  mereka  tidak  mempercayainya.  Akhirnya  mereka  memberikan  uang  logam
itu   kepadanya.   Ia   lalu   pergi   ke   toko   buah   dan   kembali   membawa   empat   ikat
anggur.

"Inilah angur-ku,"  kata-orang Persia.

"Nah, ini yang kusebut  uzum," kata orang Turki.

"Wah, engkau telah membawakan inab bagiku," kata orang Arab.

"Tidak!" kata orang Yunani, "dalam bahasaku ini  stafil."

Anggur-anggur   itu          dibagikan        kepada       mereka.        Masing-masing         menyadari        bahwa
perbedaan  pendapat  itu  disebabkan  oleh  bahasa  mereka  yang  berbeda  satu  sama
lain.


www.tris.co.nr




37





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

"Para     pengembara          itu    adalah       masyarakat         pada      umumnya,"         kata     guru     Agha.
"Sementara         ahli     bahasa       itu     adalah       Sufi.      Masyarakat         sadar      bahwa       mereka
menginginkan  sesuatu,  namun  ada  kebutuhan  batin  yang  sama  dalam  diri  mereka.
Mereka  memberikan  nama-nama  berbeda  untuk  itu,  namun  pada  dasarnya  sama.
Apa   yang   disebut   agama   mempunyai   nama   yang   berbeda-beda,   bahkan   mungkin
gagasan   yang   berbeda.   Apa   yang   disebut   ambisi   mereka   adalah   upaya   mencari
ruang  lingkup  agama  dengan  cara  berbeda.  Hanya  saja  ketika  seorang  ahli  bahasa
muncul,   yaitu   orang   yang   mengetahui   apa   yang   sebenarnya   mereka   maksudkan,
mereka kemudian berhenti  bertikai. Mereka lalu melanjutkan makan anggur-anggur
itu."

Agha     melanjutkan          bahwa      kelompok        pengembara         itu    lebih      dewasa       dari     orang
kebanyakan,          karena       mereka       sebenarnya         mempunyai         gagasan        positif       tentang
kebutuhan   mereka,   meskipun   tidak   bisa   mengkomunikasikannya.   Pada   umumnya
individu       berada       pada      tingkat       aspirasi       lebih      awal      dibandingkan          pada      tingkat
pemikiran.   Ia   menginginkan   sesuatu,   namun   tidak   tahu   apa   keinginannya   itu   --
meskipun mengira bahwa dirinya tahu.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar