Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

syarah arbain nawawiyah bagian 2



7.
   AGAMA ADALAH NASEHAT

Dari  Abu  Ruqayyah  Tamiim  bin  Aus  Ad  Daari  ra.,  “Sesungguhnya  Rasulullah           telah
bersabda   :   Agama   itu   adalah   Nasehat   ,   Kami   bertanya   :   Untuk   Siapa   ?,   Beliau
bersabda : Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin umat Islam, dan bagi
seluruh kaum muslim” (HR. Muslim)

Penjelasan :

Tamim Ad Daari hanya meriwayatkan hadits ini, kata nasihat merupakan sebuah kata
singkat penuh isi, maksudnya ialah segala hal yang baik. Dalam bahasa arab tidak ada
kata lain yang pengertiannya setara dengan kata nasihat, sebagaimana disebutkan oleh
para  ulama  bahasa  arab  tentang  kata  Al  Fallaah  yang  tidak  memiliki  padanan  setara,
yang mencakup makna kebaikan dunia dan akhirat.

Kalimat,   Agama   adalah   Nasihat   maksudnya   adalah   sebagai   tiang   dan   penopang
agama,  sebagaimana  sabda  Rasulullah,  Haji  adalah  arafah”,  maksudnya  wukuf  di
arafah adalah tiang dan bagian terpenting haji.
Tentang  penafsiran  kata  nasihat  dan  berbagai  cabangnya,  Khathabi  dan  ulama-ulama
lain mengatakan :
1.             Nasihat        untuk       Allah               maksudnya     beriman     semata-mata     kepada-Nya,
menjauhkan   diri   dari   syirik   dan   sikap   ingkar   terhadap   sifat-sifat-Nya,   memberikan
kepada  Allah  sifat-sifat  sempurna  dan  segala  keagungan,  mensucikan-Nya  dari  segala
sifat  kekurangan,  menaati-Nya,  menjauhkan  diri  dari  perbuatan  dosa,  mencintai  dan
membenci     sesuatu     semata    karena-Nya,    berjihad    menghadapi     orang-orang    kafir,
mengakui  dan  bersyukur  atas  segala  nikmat-Nya,  berlaku  ikhlas  dalam  segala  urusan,
mengajak melakukan segala kebaikan, menganjurkan orang berbuat kebaikan, bersikap
lemah  lembut  kepada  sesama  manusia.  Khathabi  berkata : Secara prinsip, sifat-sifat baik


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            14 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

tersebut,   kebaikannya   kembali   kepada   pelakunya   sendiri,   karena   Allah   tidak   memerlukan
kebaikan dari siapapun
2.             Nasihat  untuk  kitab-Nya                    maksudnya  beriman  kepada  firman-firman  Allah
dan  diturunkan-Nya  firman-firman  itu  kepada  Rasul-Nya,  mengakui  bahwa  itu  semua
tidak   sama   dengan   perkataan  manusia  dan  tidak  pula  dapat  dibandingkan  dengan
perkataan    siapapun,     kemudian    menghormati     firman    Allah,    membacanya     dengan
sungguh-sungguh,      melafazhkan     dengan    baik    dengan    sikap     rendah    hati    dalam
membacanya, menjaganya dari takwilan orang-orang yang menyimpang, membenarkan
segala  isinya,  mengikuti  hokum-hukumnya,  memahami  berbagai  macam  ilmunya  dan
kalimat-kalimat   perumpamaannya,   mengambilnya   sebagai   pelajaran,   merenungkan
segala    keajaibannya,     mengamalkan     dan    menerima    apa    adanya    tentang    ayat-ayat
mutasyabih, mengkaji ayat-ayat yang bersifat umum, dan mengajak manusia pada hal-
hal sebagaimana tersebut diatas dan menimani Kitabullah
3.             Nasihat       untuk      Rasul-Nya                 maksudnya     membenarkan     ajaran-ajarannya,
mengimani  semua  yang  dibawanya,  menaati  perintah  dan  larangannya,  membelanya
semasa    hidup     maupun     setelah    wafat,   melawan     para    musuhnya,     membela    para
pengikutnya,  menghormati  hak-haknya,  memuliakannya,  menghidupkan  sunnahnya,
mengikuti  seruannya,  menyebarluaskan  tuntunannya,  tidak  menuduhnya  melakukan
hal  yang  tidak  baik,  menyebarluaskan  ilmunya  dan  memahami  segala  arti  dari  ilmu-
ilmunya       dan      mengajak       manusia       pada       ajarannya,       berlaku      santun       dalam
mengajarkannya,     mengagungkannya      dan    berlaku    baik    ketika    membaca     sunnah-
sunnahnya, tidak membicarakan sesuatu yang tidak diketahui sunnahnya, memuliakan
para  pengikut  sunnahnya,  meniru  akhlak  dan  kesopanannya,  mencintai  keluarganya,
para sahabatnya, meninggalkan orang yang melakukan perkara bid’ah dan orang yang
tidak mengakui salah satu sahabatnya dan lain sebagainya.
4.             Nasihat  untuk  para  pemimpin  umat  islam                            maksudnya  menolong  mereka
dalam  kebenaran,  menaati  perintah  mereka  dan  memperingatkan  kesalahan  mereka
dengan  lemah  lembut,  memberitahu  mereka  jika  mereka  lupa,  memberitahu  mereka
apa    yang    menjadi     hak    kaum     muslim,     tidak    melawan     mereka    dengan    senjata,
mempersatukan   hati   umat   untuk   taat   kepada   mereka   (tidak   untuk   maksiat   kepada
Allah   dan   Rasul-Nya),   dan   makmum   shalat   dibelakang   mereka,   berjihad   bersama
mereka dan mendo’akan mereka agar mereka mendapatkan kebaikan.
5.             Nasihat  untuk  seluruh  kaum  muslim                          maksudnya  memberikan  bimbingan
kepada mereka apa yang dapat memberikan kebaikan bagi merela dalam urusan dunia
dan   akhirat,   memberikan   bantuan   kepada   mereka,   menutup   aib   dan   cacat   mereka,
menghindarkan  diri  dari  hal-hal  yang  membahayakan  dan  mengusahakan  kebaikan
bagi    mereka,    menyuruh     mereka    berbuat    ma’ruf    dan    mencegah    mereka    berbuat
kemungkaran     dengan    sikap     santun,     ikhlas     dan    kasih     sayang    kepada     mereka,
memuliakan  yang  tua  dan  menyayangi  yang  muda,  memberikan  nasihat  yang  baik
kepada  mereka,  menjauhi  kebencian  dan  kedengkian,  mencintai  sesuatu  yang  menjadi
hak   mereka   seperti   mencintai   sesuatu   yang   menjadi   hak   miliknya   sendiri,   tidak
menyukai      sesuatu     yang     tidak     mereka     sukai     sebagaimana      dia     sendiri     tidak
menyukainya,  melindungi  harta  dan  kehormatan  mereka  dan  sebagainya  baik  dengan
ucapan  maupun  perbuatan  serta  menganjurkan  kepada  mereka  menerapkan  perilaku-
perilaku tersebut diatas. Wallahu a’lam

Memberi nasihat merupakan fardu kifayah, jika telah ada yang melaksanakannya, maka
yang  lain  terlepas  dari  kewajiban  ini.  Hal  ini  merupakan  keharusan  yang  dikerjakan
sesuai     kemampuan.     Nasihat     dalam     bahasa     arab    artinya        membersihkan           atau
memurnikan  seperti  pada  kalimat  nashahtul  ‘asala  artinya  saya  membersihkan  madu



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            15 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

hingga  tersisa  yang  murni,  namun  ada  juga  yang  mengatakan  kata  nasihat  memiliki
makna lain. Wallahu a’lam

8. PERINTAH MEMERANGI MANUSIA YANG TIDAK MELAKSANAKAN
SHALAT DAN MENGELUARKAN ZAKAT

Dari Ibnu ‘Umar ra, sesungguhnya Rasulullah   telah bersabda : “Aku diperintah untuk
memerangi manusia sampai ia mengucapkan laa ilaaha illallaah, menegakkan shalat
dan     mengeluarkan           zakat.      Barangsiapa          telah      mengucapkannya,             maka      ia     telah
memelihara  harta  dan  jiwanya  dari  aku  kecuali  karena  alasan  yang  hak  dan  kelak
perhitungannya terserah kepada Allah ta’ala”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Hadits ini amat berharga dan termasuk salah satu prinsip Islam. Hadits yang semakna
juga  diriwayatkan  oleh  Anas,  Rasulullah  bersabda  :  “Sampai  mereka  bersaksi  bahwa
tidak      ada     Tuhan       selain      Allah      dan     Muhammad         adalah      hamba       dan     rasul-Nya,
menghadap  kepada  kiblat  kita,  memakan  sembelihan  kita  dan  melaksanakan  shalat
kita.  Jika  mereka  melakukan  hal  itu,  maka  darah  mereka  dan  harta  mereka  haram
kita sentuh kecuali karena hak. Bagi mereka hak sebagaimana yang diperoleh kaum
muslim   dam   mereka   memikul   kewajiban   sebagaimana   yang   menjadi   kewajiban
kaum muslimin”.

Dalam  Shahih  Muslim  dari  Abu  Hurairah  disebutkan  sabda  beliau  :  “Sampai  mereka
bersaksi  tidak  ada  Tuhan  kecuali  Allah  dan  beriman  kepadaku  dan  apa  yang  aku
bawa“.

Hal ini sesuai dengan kandungan Hadits riwayat dari ‘Umar diatas.

Tentang   maksud   hadits   ini   para   ulama   mengartikannya   berdasarkan   sejarah,   yaitu
tatkala  Rasulullah   wafat  dan  Abu  Bakar  Ash  Shiddiq  diangkat  sebagai  khalifah  untuk
menggantikannya,  sebagian  dari  orang  Arab  menjadi  kafir.  Abu  Bakar  bertekad  untuk
memerangi  mereka  sekalipun  di  antara  mereka  ada  yang  tidak  kafir  tetapi  menolak
membayar zakat. Abu Bakar lalu mengemukakan alasan perbuatannya itu, tetapi ‘Umar
berkata  kepadanya  :  “Bagaimana  engkau  akan  memerangi  manusia  sedangkan  mereka
mengucapakan  laa  ilaaha  illallaah  dan  Rasulullah   bersabda  :  “Aku  diperintah  untuk
memerangi   manusia   sampai   ia   mengucapkan   laa   ilaaha   illallaah   ...                                                      dan   kelak
perhitungannya            terserah        kepada        Allah       Ta’ala”.        Abu     Bakar     lalu     menjawab     :
“Sesungguhnya  zakat  itu  adalah  kewajiban  yang  bersifat  kebendaan”.  Lalu  katanya  :
“Demi   Allah,   kalau   mereka   merintangiku   untuk   mengambil   seutas   tali   unta   yang
mereka dahulu serahkan sebagai zakat kepada Rasulullah   niscaya aku perangi mereka
karena   penolakannya   itu”.Maka   kemudian   Umar   mengikuti   jejak   Abu   Bakar   untuk
memerangi kaum tersebut.

Kalimat   "Aku   diperintah   untuk   memerangi   manusia   sampai   ia   mengucapkan   laa
ilaaha  illallaah,  dan  barangsiapa  telah  mengucapkannya,  maka  ia  telah  memelihara
harta dan jiwanya dari aku kecuali karena alasan yang hak dan kelak perhitungannya
terserah kepada Allah”. Khatabi dan lain-lain bekata : “Yang dimaksud oleh Hadits ini
ialah   kaum   penyembah   berhala   dan   kaum   Musyrik   Arab   serta   orang   yang   tidak
beriman, bukan golongan Ahli kitab dan mereka yang mengakui keesaan Allah”. Untuk


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            16 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

terpeliharanya  orang-orang  semacam  itu  tidak  cukup  dengan  mengucapkan  laa  ilaaha
illallaah  saja,  karena  sebelumnya  mereka  sudah  mengatakan  kalimat  tersebut  semasa
masih   sebagai   orang   kafir   dan   hal   itu   sudah   menjadi   keimanannya.   Tersebut   juga
didalam   hadits   lain   kalimat   dan   sesungguhnya   aku   adalah   rasul   Allah,   mereka
melaksanakan shalat, dan mengeluarkan zakat”.

Syaikh  Muhyidin  An  Nawawi  berkata  :  “Di  samping  mengucapkan  hal  semacam  ini ia
juga  harus  mengimani  semua  ajaran  yang  dibawa  Rasulullah             seperti  tersebut  pada
riwayat  lain  dari  Abu  Hurairah,  yaitu  kalimat,  sampai  mereka  bersaksi  tidak  ada
Tuhan kecuali Allah, beriman kepadaku dan apasaja yang aku bawa
Kalimat,  Dan  perhitungannya  terserah  kepada  Allah  maksudnya  ialah  tentang  hal-
hal    yang     mereka     rahasiakan     atau     mereka     sembunyikan,     bukan     meninggalkan
perbuatan-perbuatan lahiriah yang wajib. Demikian disebutkan oleh khathabi. Khathabi
berkata  :  Orang  yang  secara  lahiriah  menyatakan  keislamannya,  sedang  hatinya  menyimpan
kekafiran,  secara  formal  keislamannya  diterima”  ini  adalah  pendapat  sebagian  besar  ulama.
Imam   Malik   berkata   :   Tobat   orang   yang   secara   lahiriah   menyatakan   keislaman   tetapi
menyimpan  kekafiran  dalam  hatinya  (zindiq)  tidak  diterima  ini  juga  merupakan  pendapat
yang diriwayatkan dari Imam Ahmad.

Kalimat,   aku   diperintah   memerangi   manusia   sampai   mereka   bersaksi   tidak   ada
tuhan kecuali Allah dan mereka beriman kepadaku dan apa yang aku bawa menjadi
alasan  yang  tegas  dari  mazhab  salaf  bahwa  manusia  apabila  meyakini  islam  dengan
sungguh-sungguh  tanpa  sedikitpun  keraguan,  maka  hal  itu  sudah  cukup  bagi  dirinya.
Dia tidak perlu mempelajari berbagai dalil ahli ilmu kalam dan mengenal Allah dengan
dalil-dalil semacam itu. Hal ini berbeda dengan mereka yang berpendapat bahwa orang
tersebut   wajib   mempelajari   dalil-dalil   semacam  itu  dan  dijadikannya  sebagai  syarat
masuk  Islam.  Pendapat  ini  jelas  sekali  kesalahannya,  sebab  yang  dimaksud  oleh hadits
diatas,  adanya  keyakinan  yang  sungguh-sungguh  dalam  diri  seseorang.  Hal  ini  sudah
dapat   terpenuhi   tanpa   harus   mempelajari   dalil-dalil   semacam   itu,   sebab   Rasulullah
mencukupkan      dengan     mempercayai      ajaran     apa     saja     yang    beliau     bawa    tanpa
mensyaratkan   mengetahui   dalil-dalilnya.   Didalam   hal   ini   terdapat   beberapa   hadits
shahih  yang  jumlah  sanadnya  mencapai  derajat  mutawatir  dan  bernilai  pengetahuan
yang pasti. Wallahu a’lam

9.    MELAKSANAKAN PERINTAH SESUAI KEMAMPUAN

Dari   Abu   Hurairah,   ‘Abdurrahman   bin   Shakhr   ra,   ia   berkata   :   Aku   mendengar
Rasulullah            bersabda        :    “Apa      saja     yang      aku     larang       kamu      melaksanakannya,
hendaklah        kamu      jauhi      dan     apa     saja     yang      aku     perintahkan         kepadamu,        maka
lakukanlah         menurut        kemampuan         kamu.       Sesungguhnya           kehancuran         umat-umat
sebelum   kamu   adalah   karena   banyak   bertanya   dan   menyalahi   nabi-nabi   mereka
(tidak mau taat dan patuh)” (HR. Bukhari & Muslim)

Penjelasan :

Hadits  ini  terdapat  dalam  kitab  Muslim  dari  Abu  Hurairah,  ia  berkata  :  “Rasulullah
berkhutbah  dihadapan  kami,  sabda  beliau  :  Wahai  manusia,  Allah  telah  mewajibkan
kepada kamu haji, karena itu berhajilah, lalu seseorang bertanya : Wahai Rasulullah…
apakah   setiap   tahun   ?,   Rasulullah   diam,   sampai   orang   itu   bertanya   tiga   kali,   lalu
Rasulullah  bersabda  :  Kalau  aku  katakana  “ya”  niscaya  menjadi  wajib  dan  kamu


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            17 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

tidak  akan  sanggup  melakukannya,  kemudian  beliau  bersabda  lagi  :Biarkanlah  aku
dengan apa yang aku diamkan, karena kehancuran umat-umat sebelum kamu adalah
karena       banyak        bertanya        dan      menyalahi         nabi-nabi         mereka.        Maka       jika      aku
perintahkan melakukan sesuatu, kerjakanlah menurut kemampuan kamu, tetapi jika
aku melarang kamu melakukan sesuatu, maka tinggalkanlah. Laki-laki yang bertanya
kepada Rasulullah adalah Aqra’ bin Habits, demikianlah menurut suatu riwayat.

Para  ahli  ushul  fiqh  mempersoalkan  perintah  dalam  agama,  apakah  perintah  itu  harus
dilakukan  berulang-ulang  ataukah  tidak.  Sebagian  besar  ahli  fiqh  dan  ahli  ilmu  kalam
menyatakan tidak wajib berulang-ulang. Akan tetapi yang lain tidak menyatakan setuju
atau  menolak,  tetapi  menunggu  penjelasan  selanjutnya.  Hadits  ini  dijadikan  dalil  bagi
mereka   yang   bersikap   menanti   (netral),   karena   sahabat   tersebut   bertanya   Apakah
setiap  tahun?  sekiranya  perintah  itu  dengan  sendirinya  mengharuskan  pelaksanaan
berulang-ulang  atau  tidak,  tentu  Rasulullah  tidak  menjawab  dengan  kata-kata  Kalau
aku       katakan         “ya”,       niscaya         menjadi         wajib        dan       kamu        tidak        akan       sanggup
melakukannya Bahkan tidak ada gunanya hal tersebut ditanyakan. Akan tetapi secara
umum  perintah  itu  mengandung  pengertian  tidak  perlu  dilaksanakan  berulang-ulang.
Kaum  muslim  sepakat  bahwa  menurut  agama,  bahwa  haji  itu  hanya  wajib  dilakukan
satu kali seumur hidup.

Kalimat, Biarkanlah aku dengan apa yang aku diamkan secara formal menunjukkan
bahwa  setiap  perintah  agama  tidaklah  wajib  dilaksanakan  berulang-ulang,  kalimat  ini
juga   menunjukkan   bahwa   pada   asalnya   tidak   ada   kewajiban   melaksanakan   ibadah
sampai   datang   keterangan   agama.   Hal   ini   merupakan   prinsip   yang   benar   dalam
pandangan sebagian besar ahli fiqh.

Kalimat,    Kalau      aku     katakan       “ya”      tentu      menjadi       wajib      menjadi    alasan    bagi
pemahaman  para  salafush  sholih  bahwa  Rasulullah   mempunyai  wewenang  berijtihad
dalam   masalah   hukum   dan   tidak   diisyaratkan   keputusan   hukum   itu   harus   dengan
wahyu.

Kalimat,   apa   saja   yang   aku   perintahkan   kepadamu,   maka   lakukanlah   menurut
kemampuan  kamu merupakan kalimat yang singkat namun padat dan menjadi salah
satu  prinsip  penting  dalam  Islam,  termasuk  dalam  prinsip  ini  adalah  masalah-masalah
hukum  yang  tidak  terhitung  banyaknya,  diantaranya  adalah  sholat,  contohnya  pada
ibadah  sholat,  bila  seseorang  tidak  mampu  melaksanakan  sebagian  dari  rukun  atau
sebagian dari syaratnya, maka hendaklah ia lakukan apa yang dia mampu. Begitu pula
dalam  membayar  zakat  fitrah  untuk  orang-orang  yang  menjadi  tanggungannya,  bila
tidak   bisa   membayar   semuanya,   maka   hendaklah   ia   keluarkan   semampunya,   juga
dalam   memberantas   kemungkaran,   jika   tidak   dapat   memberantas   semuanya,   maka
hendaklah   ia   lakukan   semampunya   dan   masalah-masalah   lain   yang   tidak   terbatas
banyaknya.  Pembahasan  semacam  ini  telah  populer  didalam  kitab-kitab  fiqh.  Hadits
diatas   sejalan   dengan   firman   Allah,   QS.   At-Taghabun   64:16,   Maka   bertaqwalah
kepada  Allah  menurut  kemampuan  kamu  Adapun  firman  Allah,  QS.  Ali  ‘Imraan
3:102,  Wahai  orang-orang  yang  beriman,  bertaqwalah  kepada  Allah  dengan  taqwa
yang   sungguh-sungguh   ada   yang   berpendapat   telah   terhapus   oleh   ayat   diatas.
Sebagian  ulama  berkata  :  Yang  benar  ayat  tersebut  tidak  terhapus  bahkan  menjelaskan  dan
menafsirkan  apa  yang  dimaksud  dengan  taqwa  yang  sungguh-sungguh,  yaitu  melaksanakan
perintah  Allah  dan  menjauhi  larangan  Allah,  dan  Allah  memerintahkan  melakukan  sesuatu
menurut   kemampuan,   karena   Allah   berfirman,   QS.   Al-Baqarah   2:286,   Allah   tidak
membebani  seseorang  diluar  kemampuannya  dan  firman  Allah  dalam  QS.  Al-Hajj


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            18 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

22:78,   Allah   tidak   membebankan   kesulitan   kepada   kamu   dalam   menjalankan
agama

Kalimat,  apasaja  yang  aku  larang  kamu  melaksanakannya,  hendaklah  kamu  jauhi
maka  hal  ini  menunjukkan  adanya  sifat  mutlak,  kecuali  apabila  seseorang  mengalami
rintangan  /udzur  dibolehkan  melanggarnya,  seperti  dibolehkan  makan  bangkai  dalam
keadaan   darurat,   dalam   keadaan   seperti   ini   perbuatan   semacam   itu   menjadi   tidak
dilarang.  Akan  tetapi  dalam  keadaan  tidak  darurat  hal  tersebut  harus  dijauhi  karena
ada larangan. Seseorang tidak dapat dikatakan menjauhi larangan jika hanya menjauhi
larangan  tersebut  dalam  selang waktu tertentu saja, berbeda dengan hal melaksanakan
perintah,   yang   mana   sekali   saja   dilaksanakan   sudah   terpenuhi.   Inilah   prinsip   yang
berlaku  dalam  memahami  perintah  secara  umum,  apakah  suatu  perintah  harus  segera
dilakukan  atau  boleh  ditunda,  atau  cukup  sekali  atau  berulang  kali,  maka  hadits  ini
mengandung berbagai macam pembahasan fiqh.

Kalimat,    Sesungguhnya           kehancuran         umat-umat         sebelum       kamu      adalah      karena
banyak   bertanya   dan   menyalahi   nabi-nabi   mereka   disebutkan   setelah   kalimat,
biarkanlah   aku   dengan   apa   yang   aku   diamkan   kepada   kamu   maksudnya   ialah
kamu jangan banyak bertanya sehingga menimbulkan jawaban yang bermacam-macam,
menyerupai   peristiwa   yang   terjadi   pada   bani   Israil,   tatkala   mereka   diperintahkan
menyembelih  seekor  sapi  yang  seandainya  mereka  mengikuti  perintah  itu  dan  segera
menyembelih sapi seadanya, niscaya mereka dikatakan telah menaatinya.
Akan   tetapi,   karena   mereka   banyak   bertanya   dan   mempersulit   diri   sendiri,   maka
mereka   akhirnya   dipersulit   dan   dicela.   Rasulullah   SAW   khawatir   hal   semacam   ini
terjadi pada umatnya.

10. MAKANLAH DARI REZEKI YANG HALAL

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : “Telah bersabda Rasululloh :  Sesungguhnya Allah
itu  baik,  tidak  menerima  sesuatu  kecuali  yang  baik.  Dan  sesungguhnya  Allah  telah
memerintahkan  kepada  orang-orang  mukmin  (seperti)  apa  yang  telah  diperintahkan
kepada  para  rasul,  maka  Allah  telah  berfirman:  Wahai  para  Rasul,  makanlah  dari
segala  sesuatu  yang  baik  dan  kerjakanlah  amal  shalih.  Dan  Dia  berfirman:  Wahai
orang-orang yang beriman, makanlah dari apa-apa yang baik yang telah Kami berikan
kepadamu.’  Kemudian  beliau  menceritakan  kisah  seorang  laki-laki  yang  melakukan
perjalanan jauh, berambut kusut, dan berdebu menengadahkan kedua tangannya ke
langit seraya berdo’a: “Wahai Tuhan, wahai Tuhan” , sedangkan makanannya haram,
minumannya  haram,  pakaiannya  haram  dan  dikenyangkan  dengan  makanan  haram,
maka bagaimana orang seperti ini dikabulkan do’anya". (HR. Muslim)

Penjelasan :

Kata   thayyib   (baik)   berkenaan   dengan   sifat   Allah   maksudnya   ialah   bersih   dari
segala  kekurangan.  Hadits  ini  merupakan  salah  satu  dasar  dan  landasan  pembinaan
hukum  Islam.  Hadits  ini  berisi  anjuran  membelanjakan  sebagian  dari  harta  yang  halal
dan  melarang  membelanjakan  harta  yang  haram.  Makanan,  minuman,  pakaian  dan
sebagainya hendaknya benar-benar yang halal tanpa bercampur yang syubhat.

Orang yang ingin memohon kepada Allah hendaklah memperhatikan persyaratan yang
tersebut    pada    Hadits    ini.    Hadits    ini    juga    menyatakan     bahwa    seseorang    yang


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            19 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

membelanjakan      hartanya     dalam     kebaikan     berarti    ia     telah     membersihkan      dan
menumbuhkan  hartanya.  Makanan  yang  enak  tetapi  tidak  halal  menjadi  malapetaka
bagi yang memakannya dan Allah tidak akan menerima amal kebajikannya.

Kalimat   kemudian   beliau   menceritakan   kisah   seorang   laki-laki   yang   melakukan
perjalanan        jauh,      berambut        kusut,       dan     berdebu”,        maksudnya     ialah    menempuh
perjalanan  jauh  untuk  melaksanakan  kebaikan  seperti  haji,  jihad,  dan  perbuatan  baik
lainnya. Amal kebajikan tersebut tidak akan diterima oleh Allah bila yang bersangkutan
makan, minum dan berpakaian dari hasil yang haram. Lalu bagaimana lagi nasib orang-
orang   yang   berbuat   dosa   di   dunia   atau   berlaku   zhalim   kepada   orang   lain   atau
mengabaikan ibadah dan amal kebajikan?

Kalimat    menengadahkan            kedua      tangannya         maksudnya     berdo’a    kepada    Allah
memohon sesuatu, namun dia tetap berbuat dosa dan melanggar aturan agama.

Kalimat   makanannya   haram…,   maka   bagaimana   orang   seperti   ini   dikabulkan
do’anya”,        maksudnya     bagaimana     orang    yang    perbuatannya     semacam     itu    akan
dikabulkan  do’anya,  karena  dia  bukanlah  orang  yang  layak  dikabulkan  do’anya.  Akan
tetapi walaupun demikian, boleh saja Allah mengabulkannya sebagai tanda kemurahan,
kasih sayang dan pemberian karunia. Wallaahu a’lam.

11. TINGGALKANLAH KERAGU-RAGUAN

Dari  Abu  Muhammad,  Al  Hasan  bin  ‘Ali  bin  Abu  Thalib,  cucu  Rasululloh  Shallallahu
‘alaihi  wa  Sallam  dan  kesayangan  beliau  telah  berkata  :  “Aku  telah  menghafal  (sabda)
dari    Rasululloh      Shallallahu      ‘alaihi     wa     Sallam:     Tinggalkanlah            apa-apa        yang
meragukan kamu, bergantilah kepada apa yang tidak meragukan kamu “.
(HR. Tirmidzi dan Nasa’i, berkata Tirmidzi : Ini adalah Hadits Hasan Shahih)

Penjelasan :

Kalimat “yang meragukan kamu” maksudnya tinggalkanlah sesuatu yang menjadikan
kamu ragu-ragu dan bergantilah kepada hal yang tidak meragukan. Hadits ini kembali
kepada  pengertian  Hadits  keenam,  yaitu  sabda  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam:
Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya
banyak perkara syubhat”.

Pada  hadits  lain  disebutkan  bahwa  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  bersabda  :
Seseorang   tidak   akan   mencapai   derajat  taqwa  sebelum  ia  meninggalkan  hal-hal
yang tidak berguna karena khawatir berbuat sia-sia”.

Tingkatan sifat semacam ini lebih tinggi dari sifat meninggalkan yang meragukan.

12. MENINGGALKAN YANG TIDAK BERMANFAAT

Dari   Abu   Hurairah   radhiyallahu   anhu,   ia   berkata   :   “Telah   bersabda   Rasulullah
Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  :  ‘Sebagian  dari  kebaikan  keislaman  seseorang  ialah
meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya’ “.
(HR. Tirmidzi, Hadits Hasan)



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            20 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Penjelasan :

Hadits  di  atas  juga  diriwayatkan  oleh  Qurrah  bin  ‘abdurrahman  dari  Zuhri  dari  Abu
Salamah dari Abu Hurairah dan sanad-sanadnya ia nyatakan shahih. Tentang Hadits ini
ia berkata : “Hadits ini kalimatnya pendek tetapi padat berisi”. Semakna dengan Hadits
ini  adalah  ucapan  Abu  Dzar  pada  beberapa  riwayatnya:  “Barang  siapa  yang  menilai
ucapan   dengan   perbuatannya,   maka   dia   akan   sedikit   bicara   dalam   hal   yang   tidak
berguna bagi dirinya”.
Imam   Malik   menyebutkan   bahwa   sampai   kepadanya   keterangan   bahwa   seseorang
berkata  kepada  Luqman  :  “Apa  yang  menjadikan  engkau  mencapai  derajat  yang  kami
saksikan sekarang?” Jawabnya : “Berkata benar, menunaikan amanat dan meninggalkan
apa saja yang tidak berguna bagi diriku”.

Diriwayatkan  dari  Imam  Al  Hasan,  ia  berkata  :  “Tanda  bahwa  Allah  menjauh  dari
seseorang   yaitu   apabila   orang   itu   sibuk   dengan   hal-hal   yang   tidak   berguna   bagi
kepentingan  akhiratnya”.  Ia  berkata  bahwa  Abu  Dawud  berkata  :  “Ada  4  Hadits  yang
menjadi dasar bagi tiap-tiap perbuatan, salah satunya adalah Hadits ini”.

13. MENCINTAI MILIK ORANG LAIN SEPERTI MENCINTAI MILIKNYA
SENDIRI

Dari  Abu  Hamzah,  Anas  bin  Malik  radhiyallahu  anhu,  pelayan  Rasulullah  Shallallahu
‘alaihi   wa   Sallam,   dari   Nabi   Shalallahu   ‘alaihi   wasallam,   beliau   bersabda:   “Tidak
beriman  seseorang  di  antara  kamu  sehingga  ia  mencintai  milik  saudaranya  (sesama
muslim) seperti ia mencintai miliknya sendiri”.
(HR. Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Demikianlah  di  dalam  Shahih  Bukhari,  digunakan  kalimat  milik  saudaranya  tanpa
kata    yang    menunjukkan     keraguan.    Di    dalam    Shahih     Muslim    disebutkan    “milik
saudaranya atau tetangganya” dengan kata yang menunjukkan keraguan.

Para  ulama  berkata  bahwa  tidak  beriman  yang  dimaksudkan  ialah  imannya  tidak
sempurna   karena   bila   tidak   dimaksudkan   demikian,   maka   berarti   seseorang   tidak
memiliki   iman   sama   sekali   bila  tidak  mempunyai  sifat  seperti  itu.  Maksud  kalimat
mencintai   milik   saudaranya   adalah   mencintai   hal-hal   kebajikan   atau   hal   yang
mubah. Hal ini ditunjukkan oleh riwayat Nasa’i yang berbunyi :
Sampai       ia    mencintai        kebaikan       untuk      saudaranya         seperti   mencintainya   untuk
dirinya sendiri”.

Abu   ‘Amr   bin   Shalah   berkata   :    Perbuatan  semacam  ini  terkadang  dianggap  sulit
sehingga  tidak  mungkin  dilakukan  seseorang.  Padahal  tidak  demikian,  karena  yang
dimaksudkan   ialah   bahwa   seseorang   imannya   tidak   sempurna  sampai  ia  mencintai
kebaikan  untuk  saudaranya  sesama  muslim  seperti  mencintai  kebaikan  untuk  dirinya
sendiri. Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan melakukan sesuatu hal yang baik bagi
diriya,  misalnya  tidak  berdesak-desakkan  di  tempat  ramai  atau tidak mau mengurangi
kenikmatan  yang  menjadi  milik  orang  lain.  Hal-hal  semacam  itu  sebenarnya  gampang



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            21 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

dilakukan   oleh   orang   yang   berhati   baik,   tetapi   sulit   dilakukan   orang   yang   berhati
jahat”. Semoga Allah memaafkan kami dan saudara kami semua.

Abu   Zinad   berkata   :   “Secara   tersurat   Hadits   ini   menyatakan   hak   persaman,   tetapi
sebenarnya  manusia  itu  punya  sifat  mengutamakan  dirinya,  karena sifat manusia suka
melebihkan  dirinya.  Jika  seseorang  memperlakukan  orang  lain  seperti  memperlakukan
dirinya  sendiri,  maka  ia  merasa  dirinya  berada  di  bawah  orang  yang  diperlakukannya
demikian.  Bukankah  sesungguhnya  manusia  itu  senang  haknya  dipenuhi  dan  tidak
dizhalimi?   Sesungguhnya   iman   yang   dikatakan   paling   sempurna   ketika   seseorang
berlaku   zhalim   kepada   orang   lain   atau   ada   hak   orang   lain   pada   dirinya,  ia  segera
menginsafi perbuatannya sekalipun hal itu berat dilakukan.

Diriwayatkan  bahwa  Fudhail  bin  ‘Iyadz,  berkata  kepada  Sufyan  bin  ‘Uyainah  :  “Jika
anda    menginginkan   orang   lain   menjadi   baik   seperti   anda,   mengapa   anda   tidak
menasihati orang itu karena Allah. Bagaimana lagi kalau anda menginginkan orang itu
di bawah anda?” (tentunya anda tidak akan menasihatinya).

Sebagian ulama berpendapat : “Hadits ini mengandung makna bahwa seorang mukmin
dengan   mukmin   lainnya   laksana   satu   tubuh.   Oleh   karena   itu,   ia   harus   mencintai
saudaranya sendiri sebagai tanda bahwa dua orang itu menyatu”.
Seperti tersebut pada Hadits lain :
Orang-orang  mukmin  laksana  satu  tubuh,  bila  satu  dari  anggotanya  sakit,  maka
seluruh tubuh turut mengeluh kesakitan dengan merasa demam dan tidak   bisa tidur
malam hari”.


14. LARANGAN BERZINA, MEMBUNUH DAN MURTAD

Dari  Ibnu  Mas’ud  radhiyallahu  anhu,  ia  berkata  :  “Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa
Sallam  bersabda  :  ‘Tidak  halal  darah  seorang  muslim  kecuali  Karena  salah  satu  di
antara  tiga  perkara  :  orang  yang  telah  kawin  berzina,  jiwa  dengan  jiwa,  dan  orang
yang meninggalkan agamanya yaitu merusak jama’ah’ “.
(HR. Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Pada beberapa riwayat disebutkan :
Tidak  halal  darah  seorang  muslim  yang  telah  bersaksi  bahwa  tiada  Tuhan  kecuali
Allah  dan  sesungguhnya  aku  adalah  rasul  Allah,  kecuali  karena  salah  satu  dari  tiga
hal”.

Kalimat “telah bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya aku adalah
rasul   Allah”   merupakan   penjelasan   dari   kata   “muslim”.   Kalimat   “yang   merusak
jama’ah” adalah penjelasan dari kata “yang meninggalkan agamanya”.

Ketiga  golongan  ini  darahnya  dihalalkan  berdasarkan  nash.  Yang  dimaksud  dengan
“jama’ah” adalah kaum muslim dan yang dimaksud dengan “merusak jama’ah” adalah
keluar dari agama. Inilah yang menyebabkan darahnya dihalalkan.





Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            22 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Kalimat   yang   meninggalkan   agamanya   yaitu   merusak   jama’ah   adalah   kalimat
umum   yang   mencakup   setiap   orang   yang   keluar   dari   agama   Islam   dalam   bentuk
apapun, maka ia wajib dibunuh kalau tidak mau kembali kepada Islam.

Para     ulama     berkata    :    Kalimat        tersebut        juga      mencakup         setiap       orang       yang
menyimpang   dari   kaum   muslim   dengan   berbuat   bid’ah,   merusak,   atau   lainnya”.
Wallahu a‘lam.

Secara    tersurat,    kalimat    yang    umum     tersebut    dikhususkan     kepada    orang    yang
melakukan    penyerangan     atau    semacamnya   terhadap      kaum   muslim,   maka   untuk
mengatasi    gangguannya     itu    dia    boleh    dibunuh,    karena    perbuatan    semacam     itu
termasuk  kategori  merusak  kaum  muslim.  Juga  yang  dimaksud  oleh  Hadits  di  atas
ialah   seorang   muslim   tidak   boleh   dengan   sengaja   dibunuh   terkecuali   karena   dia
melakukan salah satu dari tiga hal di atas.

Sebagian  ulama  menjadikan  Hadits  ini  sebagai  dalil  bahwa  orang  yang  meninggalkan
shalat boleh dibunuh, karena perbuatannya itu termasuk salah satu dari tiga perbuatan
di  atas.  Dalam  masalah  ini  para  ulama  berbeda  pendapat,  sebagian  menyatakannya
kafir   dan   sebagian   lagi   menyatakan   tidak   kafir.   Pendapat   yang   menyatakan   kafir
berdalil  dengan  Hadits  lain  yaitu  sabda  Rasululah  Shalallahu  ‘alaihi  wasallam  :  Aku
diperintahkan  untuk  memerangi  manusia  sampai  mereka  bersaksi  tidak  ada  Tuhan
kecuali  Allah  dan  sesungguhnya  aku  adalah  rasul  Allah,  mereka  melakukan  shalat
dan mengeluarkan zakat”.

Maksud   dari   dalil   ini   ialah   bahwa   perlindungan   itu   diberikan   kepada   orang   yang
mengucapakan  syahadat,  melaksanakan  shalat  dan  mengeluarkan  zakat  secara  utuh
dan   meninggalkan   salah   satunya   berarti   membatalkannya.   Pemahaman   seperti   ini
berlaku jika dalil diatas di pegang  secara harfiah, yaitu kalimat aku diperintah untuk
memerangi manusia….” Dipahami bahwa perintah memerangi ini berlaku bagi semua
yang  melanggar  apa  yang  disebutkan.  Pemahaman  seperti  ini  dianggap  lemah  Karena
tidak  membedakan  antara  memerangi  dan  membunuh,  sedangkan  memerangi  berarti
tindakan    dua    pihak    yang    saling    membunuh.     Kewajiban    memerangi    orang    yang
meninggalkan   shalat   tidak   dengan   sendirinya   menyatakan   kewajiban   membunuh
selama orang itu tidak memerangi kita. Wallaahu a’lam.

Kalimat orang yang telah kawin berzina mencakup laki-laki dan perempuan. Hadits
ini  menjadi  dasar  kesepakatan  kaum  muslim  bahwa  orang  yang  berzina  semacam  itu
dirajam dengan syarat-syarat yang dijelaskan dalam kitab fiqih.

Kalimat  jiwa  dengan  jiwa  sejalan  dengan  firman  Allah:  Dan  Kami  telah  tetapkan
mereka di dalam Taurat bahwa jiwa dengan jiwa”. (QS. Al Maidah : 45)

Yaitu   berlaku   sepadan   antara   orang-orang   yang   sama-sama   Islam   atau   sama-sama
merdeka.  Hal  ini  berdasarkan  sabda  Rasulullah  Shalallahu  ‘alaihi  wasallam  :  Seorang
muslim tidak dibunuh karena membunuh seorang kafir”.

Begitu  juga  syarat  merdeka,  berlaku  sebagaimana  pendapat  Imam  Malik,  Imam  Syafi’I
dan   Imam   Ahmad.   Akan   tetapi,   para   pengikut   ahli   ra’yu   (Imam   Abu   Hanifah)
berpendapat  seorang  muslim  dihukum  bunuh  karena  membunuh  kafir  dzimmi  dan
orang merdeka dibunuh karena membunuh budak, dan mereka berdalil dengan Hadits
ini juga. Akan tetapi kebanyakan ulama berbeda dengan pendapat tersebut.

Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            23 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied



15. BERKATA YANG BAIK ATAU DIAM

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
Sallam  telah  bersabda  :  “Barang  siapa  yang  beriman  kepada  Allah  dan  hari  akhirat,
maka  hendaklah  ia  berkata  baik  atau  diam,  barang  siapa  yang  beriman  kepada  Allah
dan  hari  akhirat,  maka  hendaklah  ia  memuliakan  tetangga  dan  barang  siapa  yang
beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya”.
(HR. Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Kalimat  barang  siapa  yang  beriman  kepada  Allah  dan  hari  akhirat”,  maksudnya
adalah  barang  siapa  beriman  dengan  keimanan  yang  sempurna,  yang  (keimanannya
itu) menyelamatkannya dari adzab Allah dan membawanya mendapatkan ridha Allah,
“maka hendaklah ia berkata baik atau diam” karena orang yang beriman kepada Allah
dengan sebenar-benarnya tentu dia takut kepada ancaman-Nya, mengharapkan pahala-
Nya,  bersungguh-sungguh  melaksanakan  perintah  dan  meninggalkan  larangan-Nya.
Yang  terpenting  dari  semuanya  itu  ialah  mengendalikan  gerak-gerik  seluruh  anggota
badannya   karena   kelak   dia   akan   dimintai   tanggung   jawab   atas   perbuatan   semua
anggota badannya, sebagaimana tersebut pada firman Allah :
“Sesungguhnya   pendengaran,   penglihatan,   dan   hati   semuanya   kelak   pasti   akan
dimintai tanggung jawabnya”. (QS. Al Isra’ : 36)

dan firman-Nya:
“Apapun kata yang terucap pasti disaksikan oleh Raqib dan ‘Atid”. (QS. Qaff : 18)

Bahaya lisan itu sangat banyak. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam juga bersabda:
Bukankah manusia terjerumus ke dalam neraka karena tidak dapat mengendalikan
lidahnya”.

Beliau juga bersabda :
Tiap   ucapan   anak   Adam   menjadi   tanggung   jawabnya,   kecuali   menyebut   nama
Allah, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah kemungkaran”.

Barang   siapa   memahami   hal   ini   dan   beriman   kepada-Nya   dengan   keimanan   yang
sungguh-sungguh,   maka   Allah   akan   memelihara   lidahnya   sehingga   dia   tidak   akan
berkata kecuali perkataan yang baik atau diam.

Sebagian  ulama  berkata:  “Seluruh  adab  yang  baik  itu  bersumber  pada  empat  Hadits,
antara lain adalah Hadits barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat,
maka hendaklah ia berkata baik atau diam”. Sebagian ulama memaknakan Hadits ini
dengan  pengertian;  “Apabila  seseorang  ingin  berkata,  maka  jika  yang  ia  katakan  itu
baik lagi benar, dia diberi pahala. Oleh karena itu, ia mengatakan hal yang baik itu. Jika
tidak, hendaklah dia menahan diri, baik perkataan itu hukumnya haram, makruh, atau
mubah”. Dalam hal ini maka perkataan yang mubah diperintahkan untuk ditinggalkan
atau   dianjurkan   untuk   dijauhi   Karena   takut   terjerumus   kepada   yang   haram   atau
makruh dan seringkali hal semacam inilah yang banyak terjadi pada manusia.
Allah berfirman :
Apapun kata yang terucapkan pasti disaksikan oleh Raqib dan ‘Atid”. (QS.Qaaf : 18)


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            24 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied



Para ulama berbeda pendapat, apakah semua yang diucapkan manusia itu dicatat oleh
malaikat,  sekalipun  hal  itu  mubah,  ataukah  tidak  dicatat  kecuali  perkataan  yang  akan
memperoleh  pahala  atau  siksa.  Ibnu  ‘Abbas  dan  lain-lain  mengikuti  pendapat  yang
kedua.   Menurut   pendapat  ini  maka  ayat  di  atas  berlaku  khusus,  yaitu  pada  setiap
perkataan     yang    diucapkan     seseorang    yang     berakibat    orang    tersebut    mendapat
pembalasan.

Kalimat      hendaklah          ia      memuliakan           tetangganya……..,           maka   hendaklah            ia
memuliakan   tamunya   ,   menyatakan   adanya   hak   tetangga   dan   tamu,   keharusan
berlaku  baik  kepada  mereka  dan  menjauhi  perilaku  yang  tidak  baik  terhadap  mereka.
Allah  telah  menetapkan  di  dalam  Al  Qur’an  keharusan  berbuat  baik  kepada  tetangga
dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :
Jibril      selalu      menasehati         diriku       tentang       urusan       tetangga,        sampai-sampai           aku
beranggapan bahwa tetangga itu dapat mewarisi harta tetangganya”.

Bertamu   itu   merupakan   ajaran   Islam,   kebiasaan   para   nabi   dan   orang-orang   shalih.
Sebagian   ulama   mewajibkan   menghormati   tamu   tetapi   sebagian   besar   dari   mereka
berpendapat hanya merupakan bagian dari akhlaq yang terpuji.

Pengarang  kitab  Al  Ifshah  mengatakan  :  “Hadits  ini  mengandung  hukum,  hendaklah
kita   berkeyakinan   bahwa   menghormati   tamu   itu   suatu   ibadah   yang   tidak   boleh
dikurangi nilai ibadahnya, apakah tamunya itu orang kaya atau yang lain. Juga anjuran
untuk  menjamu  tamunya  dengan  apa  saja  yang  ada  pada  dirinya  walaupun  sedikit.
Menghormati  tamu  itu  dilakukan  dengan  cara  segera  menyambutnya  dengan  wajah
senang,   perkataan   yang   baik,   dan   menghidangkan   makanan.   Hendaklah   ia   segera
memberi  pelayanan  yang  mudah  dilakukannya  tanpa  memaksakan  diri”.  Pengarang
juga menyebutkan perkataan dalam menyambut tamu.

Selanjutnya   ia   berkata   :   Adapun   sabda   Nabi   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   maka
hendaklah  ia  berkata  baik  atau  diam  ,  menunjukkan  bahwa  perkatan  yang  baik  itu
lebih   utama   daripada   diam,   dan   diam   itu   lebih   utama   daripada   berkata   buruk.
Demikian     itu    karena    Rasulullah     Shallallahu     ‘alaihi     wa    Sallam     dalam    sabdanya
menggunakan kata-kata hendaklah untuk berkata benar didahulukan dari perkataan
diam”.  Berkata  baik  dalam  Hadits  ini  mencakup  menyampaikan  ajaran  Allah  dan
rasul-Nya  dan  memberikan  pengajaran  kepada  kaum  muslim,  amar  ma’ruf  dan  nahi
mungkar  berdasarkan  ilmu,  mendamaikan  orang  yang  berselisih,  berkata  yang  baik
kepada    orang    lain.    Dan    yang    terbaik   dari    semuanya    itu    adalah    menyampaikan
perkataan  yang  benar  di  hadapan  orang  yang  ditakuti  kekejamannya  atau  diharapkan
pemberiannya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar