Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

syarah arbain nawawiyah bagian 5



30.
 PATUHILAH PERINTAH DAN LARANGAN AGAMA

Dari Abu Tsa’labah Al Khusyani, jurtsum bin Nasyir radhiyallahu anhu, dari Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau telah bersabda :  Sesungguhnya Allah ta’ala telah
mewajibkan  beberapa  perkara,  maka  janganlah  kamu  meninggalkannya  dan  telah
menetapkan         beberapa        batas,      maka      janganlah        kamu       melampauinya           dan      telah
mengharamkan beberapa perkara maka janganlah kamu melanggarnya dan Dia telah
mendiamkan  beberapa  perkara  sebagai  rahmat  bagimu  bukan  karena  lupa,  maka
janganlah kamu membicarakannya”.

(HR. Daraquthni, Hadits hasan)

Penjelasan:

Larangan  membicarakan  hal-hal  yang  didiamkan  oleh  Allah  sejalan  dengan  sabda
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam :
“Biarkanlah  aku  dengan  apa  yang  telah  aku  biarkan  kepada  kamu  sekalian,  karena
sesungguhnya  hancurnya  umat  sebelum  kamu  disebabkan  mereka  banyak  bertanya
dan menyalahi nabi-nabi mereka”.

Sebagian  ulama  berkata  :  “Bani  Israil  dahulu  banyak  bertanya,  lalu diberi jawaban dan
mereka  diberi  apa  yang  menjadi  keinginan  mereka,  sampai  hal  itu  menjadi  fitnah  bagi
mereka , karena itulah mereka menjadi binasa. Para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa
Sallam  memahami  hal  tersebut  dan  menahan  diri  untuk  tidak  bertanya  kecuali  hal-hal
yang  sangat  penting.  Mereka  heran  menyaksikan  orang-orang  Arab  gunung  bertanya
kepada     Rasulullah      Shallallahu      ‘alaihi     wa     Sallam,     lalu     mereka     mendengarkan
jawabannya dan memperhatikannya dengan seksama.

Ada suatu kaum yang sikapnya berlebih-lebihan, sampai mereka berkata : “Tidak boleh
bertanya   kepada   ulama   mengenai   suatu   kasus   sampai   kasus   tersebut   benar-benar
terjadi”.    Ulama    salaf    ada    juga    yang    berpendapat    seperti    itu.    Mereka    berkata    :
“Biarkanlah  suatu  masalah  sampai  benar-benar  telah  terjadi”.  Akan  tetapi,  ketika  para
ulama  merasa  khawatir  ilmu  agama  ini  lenyap,  maka  mereka  kemudian  membahas


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            45 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

masalah-masalah      ushul     (pokok),     menguraikan      masalah-masalah      furu’     (cabang),
memperluas dan menjelaskan berbagai hal.

Para ulama berselisih pendapat dalam banyak perkara yang agama belum menetapkan
hukumnya.     Apakah     perkara    tersebut    termasuk     yang    haram     atau    mubah     atau
didiamkan.  Ada  tiga  pendapat  dalam  hal  ini,  dan  semuanya  itu  dibicarakan  dalam
kitab-kitab Ushul.


31. JAUHILAH KESENANGAN DUNIA, NISCAYA DICINTAI ALLAH

Dari Abu ‘Abbas, Sahl bin Sa'ad As-Sa'idi radhiyallahu anhu, ia berkata: “Seorang laki-
laki     datang       kepada       Nabi      Shallallahu         ‘alaihi      wa     Sallam       lalu     berkata:       ‘Wahai
Rasulullah, tunjukkanlah kepadaku suatu perbuatan yang jika aku mengerjakannya,
maka   aku   dicintai   Allah   dan   dicintai   manusia’.   Maka   sabda   beliau   :   ‘Zuhudlah
engkau  pada  dunia,  pasti  Allah  mencintaimu  dan  zuhudlah  engkau  pada  apa  yang
dicintai manusia, pasti   manusia mencintaimu”.

(HR. Ibnu Majah, Hadits hasan)

Penjelasan :

Ketahuilah,   sesungguhnya   Rasulullah   Shallallahu   ‘alaihi   wa   Sallam   menganjurkan
supaya menahan diri dari memperbanyak harta dunia dan bersikap zuhud.
Sabda beliau :
“Jadilah kamu di dunia ini laksana orang asing atau pengembara”.

Sabda beliau pula :
“Cinta kepada dunia menjadi pangkal segala perbuatan dosa”.

Sabda beliau ;
“Orang  yang  zuhud  dari  segala  kesenangan  dunia  menjadikan  hatinya  nyaman  di
dunia dan di akhirat. Sedangkan orang yang mencintai dunia hatinya menjadi resah
di dunia dan di akhirat”.

Ketahuilah  bahwa  orang  yang  tinggal  di  dunia  ini  adalah  tamu  dan  kekayaan  yang  di
tangannya   adalah   pinjaman.   Sedangkan   tamu   itu   akan   pergi   dan   barang   pinjaman
harus  dikembalikan.  Dunia  ini  bekal  yang  bisa  digunakan  oleh  orang  baik  dan  orang
jahat.   Dunia   ini   dibenci   oleh   orang   yang   mencintai   Allah,   tetapi   dicintai   oleh   para
penggemar dunia. Maka siapa yang bergabung bersama pecinta dunia, dia akan dibenci
oleh pecinta Allah.

Beliau menasihatkan kepada penanya agar menjauhkan diri dari menginginkan sesuatu
yang  dimiliki  orang  lain.  Jika  seseorang  ingin  dicintai  lalu  meninggalkan  kecintaannya
kepada   dunia,   maka   mereka   tidak   mau   berebut   dan   bermusuhan   hanya   karena
mengejar kesenangan dunia.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            46 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

“Barang   siapa   yang   menjadikan   akhirat   sebagai   cita-citanya,   maka   Allah   akan
menyatukan          kemauannya,          hatinya       dijadikan        merasa       kaya      dan      dunia       datang
kepadanya           dengan         memaksa.           Sedangkan           barang         siapa        yang        bercita-cita
mendapatkan  dunia,  maka  Allah  menjadikan  kemauannya  berantakan,  kemiskinan
senantiasa  membayang  di  pelupuk  matanya,  dan  dunia  hanya  didapatnya  sekadar
apa yang telah ditaqdirkan baginya”.

Orang       yang       beruntung          yaitu      orang       yang       memilih        kenikmatan          abadi      daripada
kehancuran yang ternyata adzabnya tiada habis-habisnya.



32. TIDAK BOLEH BERBUAT KERUSAKAN

Dari Abu Sa'id, Sa’ad bin Malik bin Sinan Al Khudri radhiyallahu anhu, sesungguhnya
Rasulullah         Shallallahu          ‘alaihi       wa      Sallam       telah       bersabda         :    “Janganlah         engkau
membahayakan dan saling merugikan”.

(HR.      Ibnu      Majah,       Daraquthni          dan      lain-lainnya,           Hadits       hasan.       Hadits       ini     juga
diriwayatkan  oleh  Imam  Malik  dalam  Al  Muwaththa  sebagai  Hadits  mursal  dari  Amr
bin  Yahya  dari  bapaknya  dari  Nabi  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  tanpa  menyebut  Abu
Sa’id. Hadits ini mempunyai beberapa jalan yang saling menguatkan)

Penjelasan:



Ketahuilah,


bahwa    orang    yang    merugikan    saudaranya    dikatakan    telah


menzhaliminya. Sedangkan berbuat zhalim adalah haram, sebagaimana telah dijelaskan
pada Hadits Abu Dzar :

Wahai  hamba-Ku,  sesungguhnya  Aku  telah  mengharamkan  diriku  berbuat  zhalim
dan   menjadikannya   haram   juga   diantara   kamu,   maka   janganlah   kamu   berbuat
zhalim

Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda :

“Sesungguhnya  darah  kamu,  harta  kamu  dan  kehormatan  kamu  adalah  haram  bagi
kamu”adapun  sabda  beliau  :  “Janganlah  engkau  saling  membahayakan  dan  saling
merugikan”  sebagian  ulama  mengatakan  “Dua  kata  tersebut  sebenarnya  semakna
dan   kebanyakan   dari   mereka   menyatakan   bahwa   penggunaan   dua   kata   tersebut
berarti penegasan”.

Al  Mahasini  berkata  :  “Bahwa  yang  dimaksud  dengan  merugikan  adalah  melakukan
sesuatu  yang  bermanfaat  bagi  dirinya,  tetapi  menyebabkan  orang  lain  mendapatkan
mudharat”. Ini adalah pendapat yang benar.

Sebagian ulama berkata : “Yang dimaksud dengan kamu membahayakan yaitu engkau
merugikan   orang   yang   tidak   merugikan   kamu.   Sedangkan   yang   dimaksud   saling
merugikan  yaitu  engkau  membalas  orang  yang  merugikan  kamu  dengan                                            hal  yang
tidak setara dan tidak untuk membela kebenaran”.



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                                        47 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Hadits   ini   sama   dengan   sabda   Nabi   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam   :   “Tunaikanlah
amanat       kepada       orang      yang      memberi        amanat       kepadamu,        dan     janganlah        kamu
berkhianat kepada orang yang berkhianat kepadamu”.

Menurut  sebagian  ulama,  Hadits  ini  maksudnya  adalah  janganlah  kamu  berkhianat
kepada   orang   yang   mengkhianati   kamu   setelah   kamu   mendapat   kemenangan   atas
pengkhianatannya.   Seolah-olah   larangan   ini   berlaku   terhadap   orang   yang   memulai,
sedangkan   bagi   orang   yang   melakukan   pembalasan   yang   setimpal   dan   menuntut
haknya  tidak  dikatakan  berkhianat.  Yang  dikatakan  berkhianat  hanyalah  orang  yang
mengambil sesuatu yang bukan haknya atau mengambil lebih dari haknya.

Para   ahli   fiqih   berselisih   paham   tentang   orang   yang   mengingkari   hak   orang   lain,
kemudian    fihak    yang    diingkari    mengambil     harta    yang    diamanatkan     pengingkar
kepadanya atau hal lain yang serupa. Sebagian ahli fiqih berkata : “Orang semacam itu
tidak   berhak    mengambil    haknya    dari   orang    tersebut,    karena    zhahir    sabda    Nab
Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  “tunaikanlah  amanat  dan  janganlah  engkau  berkhianat
kepada  orang  yang  mengkhianatimu”.  Yang  lain  berpendapat:  “Dia  boleh  mengambil
haknya dan berhak mendapatkan pertolongan dalam rangka mengambilnya dari orang
yang   menguasainya”.   Mereka   berdalil   dengan   Hadits   ‘Aisyah  dalam  kasus  Hindun
dengan suaminya, Abu Sufyan. Para ahli fiqih dalam masalah ini mempunyai berbagai
pendapat dan alasan yang tidak tepat untuk dibicarakan di sini. Akan tetapi, pendapat
yang   benar   ialah   seseorang   tidak   boleh   membahayakan   saudaranya   baik   hal   itu
merugikan atau tidak, namun dia berhak untuk diberi pembelaan dan pelakunya diberi
hukuman   sesuai   dengan   ketentuan   hukum.   Hal   itu   tidak   dikatakan   zhalim   atau
membahayakan selama sesuai dengan ketentuan yang dibenarkan oleh Sunnah.

Syaikh Abu ‘Amr bin Shalah berkata :  Daraquthni menyebutkan sanad Hadits ini dari
beberapa jalan yang secara keseluruhan menjadikan hadits ini kuat dan hasan. Sejumlah
besar ulama menukil Hadits ini dan menjadikannya sebagai hujah. Dari Abu Dawud, ia
berkata  :  “Fiqih  itu  berkisar  pada  lima  Hadits  dan  ia  menyebut Hadits ini adalah salah
satu  di  antaranya”.  Syaikh  Abu  ‘Amr  berkata  :  “Hadits  diriwayatkan  Abu  Dawud  ini
termasuk   dalam   lima   Hadits   itu”.   Ucapannya   ini   mengisyaratkan   bahwa   menurut
pendapatnya Hadits ini tidak dha’if.



33. ORANG YANG MENUDUH WAJIB MENUNJUKKAN BUKTI

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu anhuma, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa
Sallam    bersabda  :  “Sekiranya  setiap  tuntutan  orang  dikabulkan  begitu  saja,  niscaya
orang-orang  akan  menuntut  darah  orang  lain  atau  hartanya.  Akan  tetapi,  haruslah
ada  bukti  atau  saksi  bagi  yang  menuntut  dan  bersumpah  bagi  yang  mengingkari
(dakwaan)”.

(HR. Baihaqi, hadits Hasan, sebagian lafazhnya ada pada riwayat Bukhari dan Muslim)

Penjelasan :

Hadits  ini  pada  riwayat  Bukhari  dan  Muslim  disebutkan  bahwa  Ibnu  Abu  Mulaikah
mengatakan :


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            48 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

“Ibnu  ‘Abbas  menulis  bahwa  sesungguhnya  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  telah
menetapkan sumpah untuk orang yang menyangkal dakwaan”.

Pada    riwayat    lain    disebutkan    sesungguhnya     Nabi    Shallallahu     'alaihi    wa    Sallam
bersabda :
Sekiranya   manusia   dikabulkan   apa   saja   yang   menjadi   pengakuannya,   niscaya
orang-orang  akan  mudah  menuntut  darah  orang  lain,  harta  orang  lain.  Akan  tetapi,
sumpah itu untuk orang yang menyangkal dakwaan”.

Penulis  kitab  Al  Arbain  berkata  :  “Hadits  ini  diriwayatkan  Bukhari  dan  Muslim  dalam
Kitab   Shahihnya   dengan   sanad   bersambung   dari   riwayat   Ibnu   ‘Abbas.   Begitu   pula
riwayat    para    penyusun     Kitab    Sunnan    dan    lain-lainnya”.     Ushaili    berkata   :   “Bila
marfu’nya   Hadits   ini   dengan   kesaksian   Imam   Bukhari   dan   Imam   Muslim,   maka
tidaklah  ada  artinya  anggapan  bahwa  Hadits  ini  mauquf”.  Penilain  semacam  itu  tidak
berarti berlawanan dan tidak juga menyalahi.

Hadits   ini   merupakan   salah   satu   pokok   hukum   Islam   dan   sumber   pegangan   yang
terpenting   di   kala   terjadi   perselisihan   dan   permusuhan   antara   orang-orang   yang
bersengketa.     Suatu      perkara     tidak     boleh     diputuskan      semata-mata      berdasarkan
pengakuan atau tuntutan dari seseorang.

Sabda  beliau  “niscaya  orang-orang  akan  menuntut  darah  orang  lain  atau  hartanya”
dipakai  oleh  sebagian  orang  sebagai  dasar  untuk  membatalkan  pendapat  Imam  Malik,
yang mengatakan perlunya mendengarkan pengaduan korban yang mengatakan bahwa
seseorang  telah  melukai  saya  atau  saya  mempunyai  tuntutan  darah  kepada  seseorang.
Sebab,   jika   orang   yang   sedang   sakit   mengadu   “Seseorang   mempunyai   pinjaman
kepadaku  satu  dinar  atau  satu  dirham”  Tidak  boleh  diperhatikan,  maka  pengaduan
korban  “Saya  mempunyai  tuntutan  darah  kepada  orang  lain”  lebih  patut  untuk  tidak
diperhatikan.    Dengan     demikian,    alasan     tersebut    tidak    benar    untuk     membantah
pendapat   Imam   Malik   dalam   masalah   ini   karena   Imam   Malik   tidak   mendasarkan
pelaksaan  qishash  atau  denda  hanya  pada  perkataan  penggugat  atau  sumpah  korban,
tetapi    menjadikan     pengakuan     korban    “Saya    mempunyai     tuntutan    darah    kepada
sseorang”  sebagai  keterangan  tambahan  yang  menguatkan  bukti  penggugat,  sampai
orang  yang  digugat  berani  bersumpah  ketika  ia  mengingkarinya,  sebagaimana  yang
berlaku pada berbagai macam keterangan tambahan.

Sabda  beliau  :  “Akan  tetapi,  sumpah  itu  untuk  orang  yang  menyangkal  (dakwaan)”
menjadi    kesepakatan     para    ulama    untuk    menyumpah     penyangkalan     orang    yang
didakwa  dalam  urusan  harta.  Akan  tetapi,  dalam  urusan  lain  mereka  masih  berbeda
pendapat.  Sebagian  ulama  menyatakan  hal  ini  wajib berlaku kepada setiap orang yang
menyangkal  dakwaan  di  dalam  sesuatu  hak,  dalam  thalaq,  dalam  pernikahan,  atau
dalam  pembebasan  budak  berdasarkan  pada  keumuman  Hadits  ini.  Jika  orang  yang
didakwa tidak mau bersumpah, maka tuduhannya dipenuhi.

Abu   Hanifah   berkata   :   “Sumpah   itu   diberlakukan   dalam   kasus   thalaq,   nikah,   dan
pembebasan  budak.  Jika  tidak  mau  bersumpah,  maka  tuduhannya  dipenuhi”.  Dan  dia
berkata : “Dalam kasus pidana tidak boleh digunakan sumpah (sebagai alat bukti)”.






Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            49 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

34. KEWAJIBAN MEMBERANTAS KEMUNGKARAN

Dari  Abu  Sa'id  Al  Khudri  radhiyallahu  anhu,  ia  berkata  :  Aku  mendengar  Rasulullah
Shallallahu     'alaihi    wa    Sallam        bersabda    :    “Barang        siapa      di     antaramu        melihat
kemungkaran,            hendaklah          ia     merubahnya           (mencegahnya)            dengan        tangannya
(kekuasaannya)  ;  jika  ia  tak  sanggup,  maka  dengan  lidahnya  (menasihatinya)  ;  dan
jika tak sanggup juga, maka dengan hatinya (merasa tidak senang dan tidak setuju) ,
dan demikian itu adalah selemah-lemah iman”.

(HR. Muslim)

Penjelasan :
Muslim meriwayatkan Hadits ini dari jalan Thariq bin Syihab, ia berkata : Orang yang
pertama  kali  mendahulukan  khutbah  pada  hari  raya  sebelum  shalat  adalah  Marwan.
Lalu    seorang    laki-laki    datang    kepadanya,     kemudian     berkata    :    “Shalat     sebelum
khutbah?”.  Lalu  (laki-laki  tersebut)  berkata  :  “Orang  itu  (Marwan)  telah  meninggalkan
yang  ada  di  sana  (Sunnah  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam)”.  Abu  Sa’id  berkata  :
“Adapun  dalam  hal  semacam  ini  telah  ada  ketentuannya.  Saya  mendengar  Rasulullah
Shallallahu      'alaihi     wa    Sallam     bersabda    :    ‘Barang     siapa     di    antaramu     melihat
kemungkaran       hendaklah       ia      merubahnya       (mencegahnya)       dengan      tangannya
(kekuasaannya)  ;  jika  ia  tak  sanggup,  maka  dengan  lidahnya  (menasihatinya);  dan  jika
tak  sanggup  juga,  maka  dengan  hatinya  (merasa  tidak  senang  dan  tidak  setuju),  dan
demikian itu adalah selemah-lemah iman’ “. Hadits ini menunjukkan bahwa perbuatan
semacam itu belum pernah dilakukan oleh siapa pun sebelum Marwan.

Jika  ada  yang  bertanya  :  “Mengapa  Abu  Sa’id  terlambat  mencegah  kemungkaran  ini,
sampai  laki-laki  tersebut  mencegahnya?”  Ada  yang  menjawab  :  “Mungkin  Abu  Sa’id
belum  hadir  ketika  Marwan  berkhutbah  sebelum  shalat.  Lelaki  itu  tidak  menyetujui
perbuatan tersebut, lalu Abu Sa’id datang ketika kedua orang tersebut sedang berdebat.
Atau   mungkin   Abu   Sa’id   sudah   hadir   tetapi   ia   merasa   takut   untuk   mencegahnya,
karena  khawatir  timbul  fitnah  akibat  pencegahannya  itu,  sehingga  tidak  dilakukan.
Atau  mungkin  Abu  Sa’id  sudah  berniat  mencegah,  tetapi  lelaki  itu  mendahuluinya,
kemudian Abu Sa’id mendukungnya”.
Wallaahu a’lam.

Pada Hadits lain yang disepakati oleh Bukhari dan Muslim dalam Bab Shalat Hari Raya,
disebutkan  bahwa  Abu  Sa’id  menarik  tangan  Marwan  ketika  ia  hendak  naik  ke  atas
mimbar.    Ketika    keduanya     berhadapan,    Marwan    menolak     peringatan    Abu    Sa’id
sebagaimana  penolakannya  terhadap  seorang  laki-laki  seperti  yang  dikisahkan  pada
Hadits di atas, atau mungkin kasus ini terjadinya berlainan waktu.

Kalimat “hendaklah ia merubahnya (mencegahnya)” dipahami sebagai perintah wajib
oleh  segenap  kaum  muslim.  Dalam  Al  Qur’an  dan  Sunnah  telah  ditetapkan  kewajiban
amar  ma’ruf  dan  nahi  mungkar.  Ini  termasuk  nasihat  dan  merupakan  urusan  agama.
Adapun firman Allah :
“Jagalah  diri  kamu  sekalian,  tidaklah  merugikan  kamu  orang  yang  sesat,  jika  kamu
telah mendapat petunjuk”. (QS. Al Maidah : 105)

tidaklah  bertentangan  dengan  apa yang telah kami jelaskan, karena paham yang benar
menurut  para  ulama  ahli  tahqiq  adalah  bahwa  makna  ayat  tersebut  ialah  jika  kamu


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            50 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

sekalian   melaksanakan   apa   yang   dibebankan   kepadamu,   maka   kamu   tidak   akan
menjadi rugi bila orang lain menyalahi kamu.
Hal ini semakna dengan firman Allah :
“Seseorang tidaklah menanggung dosa orang lain”. (QS. 6 : 164)

Dengan   demikian,  amar  ma’ruf  dan  nahi  mungkar  yang  dibebankan  kepada  setiap
muslim,   jika   ia   telah   menjalankannya,   sedangkan   orang   yang   diperingatkan   tidak
melaksanakannya,  maka  pemberi  peringatan  telah  terlepas  dari  celaan,  sebab  ia  hanya
diperintah   menjalankan   amar   ma’ruf   dan   nahi   mungkar,   tidak   harus   sampai   bisa
diterima oleh yang diberi peringatan. Wallaahu a’lam.

Kemudian,   amar   ma’ruf   dan   nahi   mungkar   merupakan   perbuatan   wajib   kifayah,
sehingga  jika  telah  ada  yang  menjalankannya,  maka  yang  lain  terbebas.  Jika  semua
orang       meninggalkannya,         maka       berdosalah        semua        orang       yang       mampu
melaksanakannya,  terkecuali  yang  ada  udzur.  Kemudian  ada  kalanya  menjadi  wajib
‘ain  bagi  seseorang.  Misalnya,  jika  di  suatu  tempat  yang  tidak  ada  orang  lain  yang
mengetahui kemungkaran itu selain dia, atau kemungkaran itu hanya bisa dicegah oleh
dia sendiri, misalnya seseorang yang melihat istri, anak, atau pembantunya melakukan
kemungkaran atau kurang dalam melaksanakan kewajibannya.

Para  ulama  berkata  :  “Tanggung  jawab  amar  ma’ruf  dan  nahi  mungkar  itu  tidaklah
terlepas  dari  diri  seseorang  hanya  Karena  ia  beranggapan  bahwa  peringatannya  tidak
akan   diterima.   Dalam   keadaan   demikian   ia  tetap  saja  wajib  menjalankannya.  Allah
berfirman :
“Berilah  peringatan,  karena  peringatan  itu  bermanfaat  bagi  orang-orang  mukmin”.
(QS. 51 : 55)

Telah disebutkan di atas bahwa setiap orang berkewajiban melakukan amar ma’ruf nahi
mungkar, tetapi tidak diwajibkan sampai peringatannya itu diterima.
Allah berfirman :
“Tiadalah         kewajiban          bagi       seorang         Rasul       melainkan         hanya        menyampaikan
peringatan”. (QS. 5 : 99)

Para ulama berkata : “Orang yang menyampaikan amar ma’ruf nahi mungkar tidaklah
diharuskan dirinya telah sempurna melaksanakan semua yang menjadi perintah agama
dan  meninggalkan semua yang menjadi larangannya. Ia tetap wajib menjalankan amar
ma’ruf nahi mungkar sekalipun perbuatannya sendiri menyalahi hal itu. Hal ini Karena
seseorang wajib melakukan dua perkara, yaitu menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar
kepada  diri  sendiri  dan  kepada  orang  lain.  Jika  yang  satu  (amar  ma’ruf  nahi  mungkar
kepada diri sendiri) dikerjakan, tidak berarti yang satunya (amar ma’ruf nahi mungkar
kepada orang lain) gugur”.

Para   ulama   berkata   :   “Tugas   amar   ma’ruf   dan   nahi   mungkar   tidak   hanya   menjadi
kewajiban  para  penguasa,  tetapi  tugas  setiap  muslim”.  Yang  diperintahkan  melakukan
amar  ma’ruf  nahi  mungkar  adalah  orang  mengetahui  tentang  apa  yang  dinilai  sebagai
hal  yang  ma’ruf  atau  mungkar.  Bila  berkaitan dengan hal-hal yang jelas, seperti shalat,
puasa, zina, minum khamr, dan semacamnya, maka setiap muslim wajib mencegahnya
karena ia sudah mengetahui hal ini. Akan tetapi, dalam perbuatan atau perkataan yang
rumit  dan  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  ijtihad  yang  golongan  awam  tidak  banyak
mengetahuinya,   maka   mereka   tidaklah   punya   wewenang   untuk   melakukan   nahi
mungkar.  Hal  ini  menjadi  wewenang  ulama.  Dan  para  ulama  hanya  dapat  mencegah


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            51 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

kemungkaran   yang        sudah      jelas      ijma’nya.      Adapun      dalam      hal     yang      masih
diperselisihkan,  maka  dalam  hal  semacam  ini  tidak  dapat  dilakukan  nahi  mungkar,
sebab  setiap  orang  berhak  memilih  salah  satu  dari  dua  macam  paham  hasil  ijtihad.
Sedang pendapat setiap mujtahid itu dinilai benar sesuai keyakinannya masing-masing.
Inilah    pendapat     yang    dipilih    oleh    sebagian    besar    ulama    tahqiq.    Pendapat     lain
mengatakan   bahwa   yang   benar   itu   hanya   satu   dan   yang   salah   bisa   banyak,   tetapi
mujtahid  yang  salah  itu  tidak  berdosa.  Sekalipun  demikian,  dinasihatkan  supaya  kita
menjauhi  persoalan  yang  diperselisihkan.  Hal  ini  adalah  satu  sikap  yang  baik.  Kita
dianjurkan untuk melaksanakan nahi mungkar ini dengan santun.

Syaikh  Muhyidin  berkata  :  “Ketahuilah  bahwa  sejak  lama  amar  ma’ruf  nahi  mungkar
ini  oleh  sebagian  besar  orang  telah  diabaikan.  Pada  masa-masa  ini  hanyalah  tinggal
dalam    tulisan    yang    amat    sedikit,   padahal    ini    merupakan     hal    yang    amat    besar
peranannya  bagi  tegaknya  urusan  umat  dan  kekuasaan.  Apabila  perbuatan-perbuatan
buruk  merajalela,  maka  orang-orang  shalih  maupun  orang-orang  jahat  semuanya  akan
tertimpa  adzab. Jika orang yang shalih tidak mau menahan tangan orang yang zhalim,
maka nyaris adzab Allah akan menimpa mereka semua. Allah berfirman :
Hendaklah   orang-orang   yang   menyalahi   perintah   rasul-Nya   khawatir   tertimpa
fitnah atau adzab yang pedih”. (QS. 24 : 63)

Oleh     karena     itu,    sepatutnya     para     pencari     akhirat     dan    orang     yang     berusaha
mendapatkan      keridhaan      Allah      memperhatikan       masalah      ini.   Hal   ini   karena
kemanfaatannya   amat   besar,   apalagi   sebagian   besar   orang   sudah   tidak   peduli,   dan
orang    yanng     melakukan     pencegahan     kemungkaran     tidak    lagi    ditakuti,    karena
martabatnya yang rendah. Allah berfirman :
“Sungguh, Allah pasti menolong orang yang menolong-Nya”. (QS. 22 :40)

Oleh  karena  itu,  ketahuilah  bahwa  pahala  itu  diberikan  sesuai  dengan  usahanya  dan
tidak  boleh  meninggalkan  nahi  mungkar  ini  hanya  karena  ikatan  persahabatan  atau
kecintaan,  sebab  sahabat  yang  jujur  ialah  orang  yang  membantu  saudaranya  untuk
memajukan  kepentingan  akhiratnya,  sekalipun  hal  itu  dapat  menimbulkan  kerugian
dalam   urusan   dunianya.   Adapun   orang   yang   menjadi   musuh   ialah   orang   yang
berusaha     merugikan     usaha     untuk     kepentingan     akhiratnya     atau    menguranginya
sekalipun sikapnya seperti dapat membawa keuntungan duniawinya.

Bagi orang yang melakukan amar ma’ruf nahi mungkar seyogyanya dilakukan dengan
sikap   santun   agar   dapat   lebih   mendekatkan   kepada   tujuan.   Imam   Syafi’i   berkata   :
“Orang yang menasihati saudaranya dengan cara tertutup, maka orang itu telah benar-
benar     menasihatinya      dan     berbuat     baik     kepadanya.     Akan     tetapi     orang     yang
menasihatinya     secara    terbuka,    maka    sesungguhnya     ia    telah    menistakannya     dan
merendahkannya”.

Hal  yang  sering  diabaikan  orang  dalam  hal  ini,  yaitu  ketika  mereka  melihat  seseorang
menjual      barang     atau     hewan     yang     mengandung      cacat     tetapi     ia     tidak     mau
menjelaskannya,   ternyata   mereka   tidak  mau  menegur  dan  memberitahukan  kepada
pembeli  atas  cacat  yang  ada  pada  barang  itu.  Orang-orang  semacam  itu  bertanggung
jawab  terhadap  kemungkaran  tersebut,  karena  agama  itu  adalah  nasihat  (kejujuran),
maka   barang   siapa   tidak   mau   berlaku   jujur   atau   memberi   nasihat,   berarti   ia   telah
berlaku curang.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            52 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Kalimat        “hendaklah            ia        merubahnya             (mencegahnya)              dengan           tangannya
(kekuasaannya)  ;  jika  ia  tak  sanggup,  maka  dengan  lidahnya  (menasihatinya)  ;  dan
jika tak sanggup juga, maka dengan hatinya” , maksudnya hendaklah ia mengingkari
perbuatan  itu  dalam  hatinya.  Hal  semacam  itu  tidaklah  dikatakan  telah  merubah  atau
melenyapkan, tetapi itulah yang sanggup ia kerjakan. Dan kalimat “demikian itu adalah
selemah-lemah   iman”   maksudnya   ialah     Wallaahu   a’lam     paling   sedikit   hasilnya
(pengaruhnya).

Orang  yang  melakukan  amar  ma’ruf  dan  nahi  mungkar  tidaklah  punya  hak  untuk
mencari-cari,  mengontrol,  memata-matai,  dan  menyebarkan  prasangka,  tetapi  jika  ia
menyaksikan  orang  lain  berbuat  mungkar,  hendaklah  ia  mencegahnya.  Al  Mawardi
berkata : “Orang yang melakukan amar ma’ruf nahi mungkar tidaklah punya hak untuk
menyebarkan   praduga   atau   memata-matai,   kecuali   memberitahukan   kepada   orang
yang  bisa  dipercaya”.  Bila  ada  seseorang  yang  membawa  orang  lain  ke  tempat  sunyi
untuk  dibunuh,  atau  membawa  seorang  perempuan  ke  tempat  sunyi  untuk  dizinai,
maka    dalam    keadaan    semacam     ini,    bolehlah    ia    memata-matai,     mengawasi     dan
mengintai karena khawatir terdahului oleh kejadiannya.

Disebutkan   bahwa   kalimat   “demikian   itu   adalah   selemah-lemah   iman”   maksudnya
ialah hasilnya (pengaruhnya) sangat sedikit. Tersebut dalam riwayat lain :
“Selain dari itu tidak lagi ada iman sekalipun sebesar biji sawi”.

Artinya selain dari tiga macam sikap tersebut tidak lagi ada sikap lain yang ada nilainya
dari segi keimanan. Iman yang dimaksud dalam Hadits ini adalah dengan makna islam.

Hadits   ini   menyatakan   bahwa   orang   yang   takut   pembunuhan   atau   pemukulan,   ia
terbebas  dari  melakukan  pencegahan  kemungkaran.  Inilah  pendapat  para  ulama  ahli
tahqiq  zaman  salaf  maupun  khalaf.  Sebagian  dari  golongan  yang  ekstrim  berpendapat
bahwa   sekalipun   seseorang   takut,   tidaklah   ia   terbebas   dari   kewajiban   mencegah
kemungkaran.


35. JANGAN SALING MENDENGKI

Dari  Abu  Hurairah  radhiyallahu  anhu,  ia  berkata  :  “Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa
Sallam bersabda : Kamu sekalian, satu sama lain Janganlah saling mendengki, saling
menipu,   saling   membenci,   saling   menjauhi   dan   janganlah   membeli   barang   yang
sedang  ditawar  orang  lain.  Dan  jadilah  kamu  sekalian  hamba-hamba  Allah  yang
bersaudara.  Seorang  muslim  itu  adalah  saudara  bagi  muslim  yang  lain,  maka  tidak
boleh      menzhaliminya,           menelantarkannya,             mendustainya           dan     menghinakannya.
Taqwa   itu   ada   di   sini   (seraya   menunjuk   dada   beliau   tiga   kali).   Seseorang   telah
dikatakan berbuat jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Setiap muslim
haram darahnya bagi muslim yang lain, demikian juga harta dan kehormatannya”.

(HR. Muslim)

Penjelasan:
Kalimat “janganlah saling mendengki” maksudnya jangan mengharapkan hilangnya
nikmat dari orang lain. Hal ini adalah haram. Pada Hadits lain disebutkan:



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            53 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

“Jauhilah  olehmu  sekalian  sifat  dengki,  karena  dengki  itu  memakan  segala  kebaikan
seperti api memakan kayu”.

Adapun  iri  hati  ialah  tidak  ingin  orang  lain  mendapatkan  nikmat,  tetapi  ada  maksud
untuk  menghilangkannya.  Terkadang  kata  denngki  dipakai  dengan  arti  iri hati, karena
kedua  kata  ini  memang  pengertiannya  hampir  sama,  seperti  sabda  Nabi  Shallallahu
'alaihi wa Sallam dalam sebuah Hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud :
“Tidaklah boleh ada dengki kecuali dalam dua perkara”.

Dengki yang dimaksud dalam Hadits ini adalah iri hati.

Kalimat “jangan kamu saling menipu” , yaitu memperdaya. Seorang pemburu disebut
penipu, karena dia memperdayakan mangsanya.

Kalimat “jangan kamu saling membenci” maksudnya jangan saling melakukan hal-hal
yang   dapat   menimbulkan   kebencian.   Cinta   dan   benci   adalah   hal   yang   berkenaan
dengan   hati,   da   manusia   tidak   sanggup   untuk   mengendalikannya   sendiri.   Hal   itu
sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam :
“Ini  adalah  bagianku  yang  aku  tidak  sanggup  menguasainya,  Karena  itu  janganlah
Engkau     menghukumku      dalam     urusan     yang     Engkau     kuasai     tetapi     aku     tidak
menguasainya”.

Yaitu berkenaan dengan cinta dan benci.

Kalimat  “jangan  kamu  saling  menjauh”  dalam  bahasa  arab  adalah  tadaabur,  yaitu
saling  bermusuhan  atau  saling  memutus  tali  persaudaraan.  Antara  satu  dengan  yang
lain saling membelakangi atau menjauhi.

Kalimat  “janganlah  membeli  barang  yang  sudah  ditawar  orang  lain”  yaitu  berkata
kepada  pembeli  barang  pada  saat  sedang  terjadi  transaksi  barang,  misalnya  dengan
kata-kata  :  “Batalkanlah  penjualan  ini  dan  aku  akan  membelinya  dengna  harga  yang
sama atau lebih mahal”. Atau dua orang yang melakukan jual beli telah sepakat dengan
suatu    harga    dan    tinggal    akad    saja,    lalu    salah    satunya    meminta    tambahan    atau
pengurangan   harga.   Perbuatan   semacam   ini   haram,   karena   penetapan   harga   sudah
disepakati. Adapun sebelum ada kesepakatan, tidak haram.

Kalimat  “jadilah  kamu  sekalian  hamba-hamba  Allah  yang  bersaudara”  maksudnya
hendaklah kamu saling bergaul dan memperlakukan orang lain sebagai saudara dalam
kecintaan, kasih sayang, keramahan, kelembutan, dan tolong-menolong dalam kebaikan
dengan hati ikhlas dan jujur dalam segala hal.

Kalimat  “seorang  muslim  itu  adalah  saudara  bagi  muslim  yang  lain,  maka  tidak  boleh
menzhaliminya,      menelantarkannya,      mendustainya      dan     menghinakannya”.      Yang
dimaksud  menelantarkan  yaitu  tidak  memberi  bantuan  dan  pertolongan.  Maksudnya
jika    ia    meminta     tolong    untuk     melawan     kezhaliman,     maka    menjadi     keharusan
saudaranya  sesama  muslim  untuk  menolongnya  jika  mampu  dan  tidak  ada  halangan
syar’i.

Kalimat  “tidak  menghinakannya”  yaitu  tidak  menyombongkan  diri  pada  orang  lain
dan  tidak  menganggap  orang  lain  rendah.  Qadhi  ‘Iyadh  berkata  :  “Yang  dimaksud



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            54 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

dengan     menghinakannya      yaitu     tidak    mempermainkan      atau     membatalkan     janji
kepadanya”. Pendapat yang benar adalah pendapat yang pertama.

Kalimat “taqwa itu ada di sini (seraya menunjuk dada beliau tiga kali)”. Pada riwayat
lain disebutkan :
“Allah tidak melihat jasad kamu dan rupa kamu, tetapi melihat hati kamu”.

Maksudnya,   perbuatan-perbuatan   lahiriyah   tidak   akan   mendapatkan   pahala   tanpa
taqwa.  Taqwa  itu  adalah  rasa  yang  ada  dalam  hati  terhadap  keagungan  Allah,  takut
kepada-Nya,   dan   merasa   selalu   diawasi.   Pengertian,   “Allah   melihat”   ialah   Allah
mengetahui  segala-galanya.  Maksud  Hadits  ini  ialah  Allah  akan  memberinya  balasan
dan  mengadili,  dan  semua  perbuatan  itu  dinilai  berdasarkan  niatnya  di  dalam  hati.
Wallaahu a’lam.

Kalimat  “seseorang  telah  dikatakan  berbuat  jahat  jika  ia  menghina  saudaranya  sesama
muslim”     berisikan    peringatan    keras    terhadap    perbuatan     menghina.     Allah    tidak
menghinakan  seorang  mukmin  karena  telah  menciptakannya  dan  memberinya  rezeki,
kemudian  Allah  ciptakan  dalam  bentuk  yang  sebaik-baiknya,  dan  semua  yang  ada  di
langit  dan  bumi  ditundukkan  bagi  kepentingannya.  Apabila  ada  peluang  bagi  orang
mukmin  dan  orang  bukan  mukmin,  maka  orang  mukmin  diprioritaskan.  Kemudian
Allah,  menamakan  seorang  manusia  dengan  muslim,  mukmin,  dan  hamba,  kemudian
mengirimkan  Rasul  Muhammad  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  kepadanya.  Maka  siapa
pun  yang  menghinakan  seorang  muslim,  berarti  dia  telah  menghinakan  orang  yang
dimuliakan Allah.

Termasuk   perbuatan   menghinakan   seorang   muslim   ialah   tidak   memberinya   salam
ketika bertemu, tidak menjawab salam bila diberi salam, menganggapnya sebagai orang
yang tidak akan dimasukkan ke dalam surga oleh Allah atau tidak akan dijauhkan dari
siksa  neraka.  Adapun  kecaman  seorang  muslim  yang  berilmu  terhadap  orang  muslim
yang   jahil,   orang   adil   terhadap   orang   fasik   tidaklah   termasuk   menghina   seorang
muslim,  tetapi  hanya  menyatakan  sifatnya  saja.  Jika  orang  itu  meninggalkan  kejahilan
atau kefasikannya, maka ketinggian martabatnya kembali.


36. MEMBANTU KESULITAN SESAMA MUSLIM

Dari  Abu  Hurairah  radhiyallahu  anhu  dari  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam,  beliau
bersabda : “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah
akan    melepaskan     darinya    satu    kesusahan     pada    hari    kiamat.    Barang    siapa    yang
menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan
di akhirat. Barang siapa yang menutup aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi
aibnya  di  dunia  dan  di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-
Nya   itu   suka   menolong   saudaranya.   Barang   siapa   menempuh   suatu   jalan   untuk
mencari  ilmu,  pasti  Allah  memudahkan  baginya  jalan  ke  surga.  Apabila  berkumpul
suatu  kaum  di  salah  satu  masjid  untuk  membaca  Al  Qur’an  secara  bergantian  dan
mempelajarinya,  niscaya  mereka  akan  diliputi  sakinah  (ketenangan),  diliputi  rahmat,
dan dinaungi malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan makhluk-
makhluk   lain   di   sisi-Nya.   Barangsiapa   yang   lambat   amalannya,   maka   tidak   akan
dipercepat kenaikan derajatnya”.   (HR. Muslim)




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            55 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Penjelasan :



Hadits


ini   amat   berharga,   mencakup   berbagai   ilmu,   prinsip-prinsip   agama,   dan


akhlaq.        Hadits        ini      memuat        keutamaan          memenuhi          kebutuhan-kebutuhan                orang
mukmin, memberi manfaat kepada mereka dengan fasilitas imu, harta, bimbingan atau
petunjuk yang baik, atau nasihat dan sebagainya.

Kalimat  “barang  siapa  yang  menutup  aib  seorang  muslim”  ,  maksudnya  menutupi
kesalahan orang-orang yang baik, bukan orang-orang yang sudah dikenal suka berbuat
kerusakan.  Hal  ini  berlaku  dalam  menutup  perbuatan  dosa  yang  terjadi.  Adapun  bila
diketahui   seseorang   berbuat   maksiat,   tetapi   dia   meragukan   kemaksiatannya,   maka
hendaklah ia segera dicegah dan dihalangi. Jika tidak mampu mencegahnya, hendaklah
diadukan  kepada  penguasa,  sekiranya  langkah  ini  tidak  menimbulkan  kerugian  yang
lebih   besar.   Adapun   orang   yang   sudah   tahu   bahwa   hal   itu   maksiat   tetapi   tetap
melanggarnya,   hal   itu   tidak   perlu   ditutupi,   Karena   menutup   kesalahannya   dapat
mendorong          dia     melakukan         kerusakan         dan      tindakan        menyakiti         orang       lain      serta
melanggar hal-hal yang haram dan menarik orang lain untuk berbuat serupa. Dalam hal
semacam         in      dianjurkan          untuk        mengadukannya              kepada        penguasa,          jika      yang
bersangkutan   tidak   khawatir   terjadi   bahaya.   Begitu   pula   halnya   dengan   tindakan
mencela   rawi   hadits,   para   saksi,   pemungut   zakat,   pengurus   waqaf,   pengurus   anak
yatim, dan sebagainya, wajib dilakukan jika diperlukan. Tidaklah dibenarkan menutupi
cacat      mereka       jika     terbukti        mereka        tercela       kejujurannya.          Perbuatan         semacam        itu
bukanlah   termasuk   menggunjing   yang   diharamkan,   tetapi   termasuk   nasihat   yang
diwajibkan.

Kalimat       “Allah       senantiasa        menolong         hamba-Nya         selama       hamba-Nya         itu     suka
menolong  saudaranya”.  Kalimat  umum  ini  maksudnya  ialah  bahwa  seseorang  apabila
punya keinginan kuat untuk menolong saudaranya, maka sepatutnya harus dikerjakan,
baik  dalam  bentuk  kata-kata  ataupunpembelaan  atas  kebenaran,  didasari  rasa  iman
kepada   Allah   ketika   melaksanakannya.   Dalam   sebuah   hadits   disebutkan   tentang
keutamaan  memberikan  kemudahan  kepada  orang  yang  berada  dalam  kesulitan  dan
keutamaan seseorang yang menuntut ilmu. Hal itu menyatakan keutamaan orang yang
menyibukkan  diri  menuntut  ilmu.  Adapun  ilmu  yang  dimaksud  disini  adalah  ilmu
syar’i  dengan  syarat  niatnya  adalah  mencari  keridhaan  Allah,  sekalipun  syarat ini juga
berlaku dalam setiap perbuatan ibadah.

Kalimat  Apabila  berkumpul  suatu  kaum  disalah  satu  masjid  untuk  membaca  Al-
Qur’an  secara  bergantian  dan  mempelajarinya  menunjukkan  keutamaan  berkumpul
untuk membaca Al-Qur’an bersama-sama di Masjid.

Kata-kata  sakinah  dalam  hadits,  ada  yang  berpendapat  maksudnya  adalah  rahmat,
akan tetapi pendapat ini lemah karena kata rahmat juga disebutkan dalam hadits ini.

Pada   kalimat   Apabila   berkumpul   suatu   kaum   kata   kaum   disebutkan   dalam
bentuk   nakiroh,   maksudnya   kaum   apasaja   yang   berkumpul   untuk   melakukan   hal
seperti  itu,  akan  mendapatkan  keutamaan.  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam                                           tidak
mensyaratkan  kaum  tertentu  misalnya  ulama,  golongan  zuhud  atau  orang-orang  yeng
berkedudukan  terpandang.  Makna  kalimat  Malaikat  menaungi  mereka  maksudnya
mengelilingi   dan   mengitari   sekelilingnya,   seolah-olah   para   malaikat   dekat   dengan
mereka   sehingga  menaungi  mereka,  tidak  ada  satu  celah  pun  yang  dapat  disusupi


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                                        56 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

setan. Kalimat diliputi rahmat  maksudnya dipayungi rahmat dari segala segi. Syaikh
Syihabuddin  bin  Faraj  berkata  :  “menurut  pendapatku  diliputi  rahmat  itu  maksudnya
ialah dosa-dosa yang telah lalu diampuni, Insya Allah”

Kalimat  Allah  menyebut  nama-nama  mereka  di  hadapan  makhluk-makhluk  lain
disisi-Nya          mengisyaratkan       bahwa,      Allah      menyebutkan       nama-nama       mereka
dilingkungan para Nabi dan para Malaikat yang utama. Wallaahu a’lam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar