Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

syarah arbain nawawiyah bagian 6



37. PAHALA KEBAIKAN BERLIPAT GANDA

Dari   Ibnu   ‘Abbas   radhiyallahu   anhu,   dari   Rasulullah   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam,
beliau      meriwayatkan      dari      Tuhannya,      Tabaaraka      wa      ta’aala.      Firman-Nya      :
“Sesungguhnya  Allah  telah  menetapkan  nilai  kebaikan  dan  kejahatan,  kemudian  Dia
menjelaskannya.      Maka     barangsiapa     berniat     mengerjakan     kebaikan     tetapi     tidak
dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu kebaikan yang sempurna. Jika ia berniat
untuk berbuat kebaikan lalu ia mengerjakannya, Allah mencatatnya sebagai   10 sampai
700  kali  kebaikan  atau  lebih  banyak  lagi.  Jika  ia  berniat  melakukan  kejahatan,  tetapi  ia
tidak mengerjakannya, Allah mencatatkan padanya satu kebaikan yang sempurna. Jika
ia  berniat  melakukan  kejahatan  lalu  dikerjakannya,  Allah  mencatatnya  sebagai  satu
kejahatan”.

(HR. Bukhari dan Muslim dalam Kitab Shahihnya dengan lafazh ini)

Penjelasan :

Pensyarah Hadits ini berkata : Ini adalah Hadits yang sangat mulia dan berharga. Nabi
Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  menjelaskan  betapa  banyak kelebihan yang Allah berikan
kepada   makhluk-Nya.   Di   antaranya   yaitu   orang   yang   berniat   melakukan   kebaikan
sekalipun  belum  dilaksanakan  mendapat  satu  pahala,  sedangkan  orang  yang  berniat
berbuat dosa tetapi tidak jadi dikerjakan, mendapat satu pahala, dan bila ia laksanakan
mendapat   satu   dosa.   Orang   yang   berniat   baik   kemudian   melaksanakannya,   Allah
tetapkan  baginya  sepuluh  kali  pahala.  Ini  adalah  suatu  keutamaan  yang  sangat  besar,
yaitu  dengan  melipat  gandakan  pahala  kebaikan,  tetapi  tidak  melipat  gandakan  siksa
atas  perbuatan  dosa.  Allah  tetapkan  keinginan  berbuat  baik  sebagai  suatu  kebaikan,
karena keinginan berbuat baik itu merupakan perbuatan hati yang ditekadkannya.



Berdasarkan  sabda  ini  ada  yang  berpendapat,  seharusnya  orang  yang  berniat  berbuat
dosa   tetapi   belum   melaksanakannya   dicatat   sebagai   satu   dosa,   karena   keinginan
melakukan sesuatu merupakan bagian dari pekerjaan hati. Ada pula yang berpendapat
tidak   seperti   itu,   sebab   orang   yang   mengurungkan   berbuat   dosa   dan   menghapus
keinginannya untuk berbuat dosa dan menggantinya dengan keinginan lain yang baik.
Dengan  demikian  dia  diberi  pahala  satu  kebaikan.  Tersebut  pada  Hadits  lain  :    ia
meninggalkan niat jeleknya itu karena takut kepada-Ku

Hadits ini semakna dengan sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam   : “Setiap muslim
punya       shadaqah”.          Mereka        (para       sahabat)        bertanya         :     “Sekalipun          dia      tidak



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            57 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

melakukannya?” Sabda beliau : “Hendaklah dia mengurungkan niat jahatnya, maka
hal itu menjadi sadaqah bagi dirinya”. (riwayat Bukhari dalam Kitab Adab)

Adapun  orang  yang  meninggalkan  niat  jahatnya  karena  dipaksa  atau  tidak  sanggup
menjalankannya, maka tidaklah dicatat sebagai suatu kebaikan (yang mendapat pahala)
dan tidak termasuk dalam pembicaraan Hadits ini.

Thabari  berkata  :  “Hadits  ini  membenarkan  pendapat  yang  mengatakan  :  ’Pembatalan
niat  seseorang  dalam  melakukan  kebaikan  atau  keburukan  tetap  dicatat  oleh  malaikat,
asalkan    dia    menyadari    apa    yang    diniatkan    itu”.    Ia    membantah     pendapat    yang
beranggapan  bahwa  malaikat  hanya  mencatat  pembatalan  pada  perbuatan-perbuatan
yang  zhahir  atau  sesuatu  yang  dapat  didengar.  Ini  berarti  dua  malaikat  yang  ditugasi
mengawasi  manusia  mengetahui  apa  yang  diniatkan  oleh  seseorang.  Boleh  juga  Allah
memberikan   cara   kepada   para   malaikat   itu   untuk   mengetahui   hal   itu   sebagaimana
Allah telah memberikan jalan kepada sebagian besar nabi-Nya dalam beberapa perkara
ghaib. Allah telah berfirman berkenaan dengan Isa ketika ia berkata kepeda Bani Israil :
“Aku mengabarkan kepada kamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan
di rumah-rumah kamu”. (QS. 3 : 49)

Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam juga telah mengabarkan banyak perkara ghaib. Maka
dapat saja Allah memberikan kepada dua malaikat itu cara untuk mengetahui niat baik
atau     niat     buruk     seseorang     lalu     dia     mencatatnya,      bila     orang     tersebut     telah
menjadikannya  sebagai  tekad.  Ada  pula  yang  berpendapat  malaikat  mengetahuinya
dari angin yang keluar dari hati seseorang.

Para ulama salaf berselisih paham tentang dzikir manakah yang lebih baik, dzikir dalam
hati  atau  dzikir  dengan  lisan.  Ini  semua  adalah  pendapat  Ibnu  Khalaf  yang  dikenal
dengan  nama  Ibnu  Bathal.  Pengarang  kitab  Al  Ifshah  dalam  salah  satu  pernyataannya
mengatakan    :    Sesungguhnya     tatkala    Allah    mengurangi     umur    umat    Muhammad
Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam,   Allah   mengganti   kependekan   umurnya   itu   dengan
melipat  gandakan  pahala  amalnya”.  Barang  siapa  berniat  berbuat  baik  maka  dengan
niatnya itu ia mendapatkan satu kebaikan penuh, sekalipun sekadar niat. Allah jadikan
niatnya  itu  sebagai  kebaikan  penuh  agar  orang  tidak  beranggapan  bahwa  niat  semata-
mata  mengurangi  kebaikan  atau  sia-sia.  Oleh  karena  itu,  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa
Sallam menjelaskan dengan kata “kebaikan sempurna”. Jika seseorang berniat baik lalu
melaksanakannya, hal itu berarti telah keluar dari lingkup niat menjelma kepada amal.
Niat baiknya ditulis sebagai suatu kebaikan, kemudian perbuatan baiknya digandakan.
Hal    ini    semua    tergantung    pada    ikhlas    atau    tidaknya    niat    pada    masing-masing
perbuatan.

Selanjutnya pada kalimat “sampai dilipatgandakan banyak sekali” , digunakan bentuk
kata  nakirah  (tidak  terbatas)  yang  maknanya  lebih  luas  daripada  bentuk  kata  ma’rifah
(terbatas).   Kalimat   semacam   ini   menunjukkan   adanya   pengertian   pembalasan   yang
tidak terhingga banyaknya.

Kalimat   janji   Allah   semacam   ini   dapat   mencakup   pernyataan   :   “Apabila   seorang
manusia   mengeluarkan   sedekah   sebutir   gandum,   maka   akan   diberi   pahala   atas
perbuatannya           itu      karena       rahmat        Allah.       Sekiranya         butiran        gandum        tersebut
ditaburkan  lalu  tumbuh  di  tanah  yang  subur  dan  dipelihara,  disiangi  sesuai  dengan
kebutuhannya, lalu dipanen, maka akan tampak hasilnya. Kemudian hasilnya dapat
ditanam  lagi  pada  tanah  yang  subur  lalu  dipelihara  seperti  tanaman  sebelumnya.


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            58 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Kemudian   terus   berjalan   semacam   itu   pada   tahun   kedua,   ketiga,   keempat,   dan
seterusnya. Kemudian hal ini terus berlangsung sampai hari kiamat, sehingga sebutir
gandum, sebutir biji sawi, atau sebatang rumput akhirnya dapat menjadi bertumpuk
banyak  setinggi  gunung.  Sekiranya  sadaqah  yang  dikeluarkan  hanya  sebutir  jagung
karena iman, maka ia kelak akan melihat keuntungan atas sadaqahnya di waktu itu.
Dan  dihitung-hitung,  jika  dijual  di  pasar  yang  paling  laris  di  negeri  yang  paling
besar,  tentulah  barang  semacam  itu  merupakan  barang  yang  sangat  laris.  Kemudian
bertambah   berlipat   ganda   dan   terus   berjalan   sampai   hari   kiamat,   maka   sebutir
gandum  tadi  tumbuh  sebagai  benda  yang  besarnya  sebesar  dunia  ini  seluruhnya.
Demikianlah          balasan       Allah      atas     semua       amal      kebaikan        yang      dilakukan,         jika
didasarkan pada niat yang ikhlas dan muncul dari hati yang ikhlas”.

Sesungguhnya Allah dengan rahmat-Nya berlipat ganda dalam memberi pahala kepada
seseorang yang memberikan shadaqah satu dirham kepada orang fakir, lalu si fakir itu
memberikannya  kepada  fakir  lain  yang  lebih  melarat  dari  dirinya,  kemudian  fakir  lain
tersebut   memberikannya   kepada   fakir   yang   ketiga,   dan   yang   ketiga   memberikan
kepada   yang   keempat,   dan   seterusnya.   Dari   kejadian   seperti   di   atas,   Allah   akan
memberi  pahala  kepada  pemberi  shadaqah  pertama,  dengan  sepuluh  kali.  Bila  fakir
pertama   yang   memberikannya   kepada   fakir   yang   kedua,   maka   fakir   pertama   ini
mendapat   pahala   sepuluh   kali,   dan   pemberi   shadaqah   pertama   mendapat   pahala
seratus  kali  (sepuluh  kali  sepuluh).  Kemudia  fakir kedua memberikannya kepada fakir
ketiga, maka fakir kedua mendapat pahala sepuluh kali, fakir pertama mendapat pahala
seratus  kali,  sedang  pemberi  shadaqah  pertama  pahala  seratus  kali,  sedang  pemberi
shadaqah   pertama   mendapat   pahala   seribu   kali.   Bila   fakir   ketiga   menshadaqahkan
kapada fakir keempat, maka fakir ketiga mendapat sepuluh kali, fakir kedua mendapat
pahala   seratus   kali,   pemberi   shadaqah   pertama   mendapat   pahala   sepuluh   ribu  kali
sampai  berlipat  ganda  sehingga  tidak  ada  yang  dapat  menghitungnya  kecuali  Allah.
Oleh  karena  itu,  bila  kelak  Allah  mengadili  hamba-Nya  yang  muslim  di  hari  kiamat,
kebaikan   mereka   bertingkat-tingkat   nilai   ketinggiannya   dan   ada   pula   yang   kurang
nilainya,   maka   dengan   kemurahan   dan   rahmat-Nya   Allah   akan   memperhitungkan
semua  amal  kebaikannya  lebih  besar  daripada  perbedaan  nilai  antara  dua  kebaikan.
Allah berfirman : “Sungguh Kami pasti memberi pahala kepada mereka dengan yang
lebih baik dari apa yang telah mereka lakukan”.   (QS. 16 : 97)

Sebagaimana  seseorang  yang  berada  di  salah  satu  pasar  kaum  muslim  mengucapkan
kalimat  “laailaaha  illallaah  wahdah,  laa  syariikalah  …”  dengan  suara  yang  tinggi,
maka  Allah  akan  mencatat  perbuatannya  itu  dengan  memberi  pahala  seribu  kebaikan
dan  dihapuskan  dari  orang  itu  seribu  dosanya,  serta  ia  akan  diberi  sebuah  rumah  di
surga  seperti  yang  tersebut  pada  sebuah  Hadits.  Kami  terangkan  di  sini  hanyalah  apa
yang kami ketahui saja, bukan berdasarkan kadar rahmat Allah yang sebenarnya, sebab
Allah  itu  jauh  lebih  agung  dari  apa  yang  dapat  digambarkan  oleh  makhluk.  Wallahu
a’lam

38. MELAKUKAN AMAL SUNNAH MENJADIKAN KITA WALI ALLAH

Dari  Abu  Hurairah  radhiyallahu  anhu,  ia  berkata  :  Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa
Sallam “Sesungguhnya Allah ta’ala telah berfirman : ‘Barang siapa memusuhi wali-Ku,
maka   sesungguhnya   Aku   menyatakan   perang   terhadapnya.   Hamba-Ku   senantiasa
(bertaqorrub)  mendekatkan  diri  kepada-Ku  dengan  suatu  (perbuatan)  yang  Aku  sukai
seperti  bila  ia  melakukan  yang  fardhu  yang  Aku  perintahkan  kepadanya.  Hamba-Ku
senantiasa  (bertaqorrub)  mendekatkan  diri  kepada-Ku  dengan  amalan-amalan  sunah


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            59 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

hingga   Aku   mencintainya.   Jika   Aku   telah   mencintainya,   maka   jadilah   Aku   sebagai
pendengarannya  yang  ia  gunakan  untuk  mendengar,  sebagai  penglihatannya  yang  ia
gunakan untuk melihat, sebagai tangannya yang ia gunakan untuk memegang, sebagai
kakinya  yang  ia  gunakan  untuk  berjalan.  Jika  ia  memohon  sesuatu  kepada-Ku,  pasti
Aku   mengabulkannya   dan   jika   ia   memohon   perlindungan,   pasti   akan   Aku   berikan
kepadanya." ( HR. Imam Bukhari)

Penjelasan :

Pengarang Kitab Al-Ifshah berkata : “Hadits ini mengandung pengertian bahwa Allah
menyampaikan     ancaman     kepada    setiap    orang    yang    memusuhi     wali-Nya.    Allah
mengumumkan  bahwa  Dia-lah  yang  memerangi  orang  yang  menjadi  wali-Nya.  Wali
Allah  yaitu  orang  yang  mengikuti  syari’at-Nya,  oleh  karena  itu  hendaklah  manusia
takut    untuk     berbuat     menyakiti     hati     wali-wali     Allah.     Memusuhi     disini     berarti
menjadikan  wali  Allah  sebagai  musuh,  yaitu  memusuhi  seseorang  karena  dia  menjadi
wali  Alloh.  Adapun  jika  terjadi  perselisihan  antara  wali  Alloh  karena  memperebutkan
hak,  maka  hal  semacam  ini  tidak  termasuk  dalam  makna  memusuhi  yang  dimaksud
dalam  hadits  ini, sebab pernah terjadi perselisihan antara Abu Bakar dan Umar, Abbas
dan  Ali  dan  banyak  lagi  sahabat  yang  lain,  padahal  mereka  semua  adalah  wali-wali
Alloh”

Kalimat,  Hamba-Ku  senantiasa  (bertaqorrub)  mendekatkan  diri  kepada-Ku  dengan
suatu  (perbuatan)  yang  Aku  sukai  seperti  bila  ia  melakukan  yang  fardhu  yang  Aku
perintahkan  kepadanya  menyatakan  bahwa  yang  sunnah  tidak  boleh  didahulukan
dari yang wajib. Suatu perbuatan sunnah mestinya dilakukan apabila yang wajib sudah
dilakukan,  dan  tidak  disebut  menjalankan  yang  sunnah  sebelum  yang  wajib  dilakukan.  Hal
ini  ditunjukkan  oleh  kalimat,  Hamba-Ku  senantiasa  (bertaqorrub)  mendekatkan  diri
kepada-Ku  dengan  amalan-amalan  sunah  hingga  Aku  mencintainya  yaitu  karena  ia
bertaqorrub  dengan  amalan  yang  sunnah  yang  mengiringi  amalan  yang  wajib.  Bila
seorang  hamba  selalu  ,  mendekatkan  diri  dengan  amalan  yang  sunnah,  maka  hal  itu
akan menjadikannya orang yang dicintai Alloh.

Kemudian     kalimat,    Jika      Aku      telah      mencintainya,          maka      jadilah       Aku      sebagai
pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, sebagai penglihatannya yang ia
gunakan   untuk   melihat,   sebagai   tangannya   yang   ia   gunakan   untuk   memegang,
sebagai kakinya yang ia gunakan untuk berjalan Hal ini merupakan tanda kecintaan
Alloh   terhadap   orang   yang   dicintai-Nya,   maksudnya   orang   itu   tidak   akan   mau
mendengar  hal-hal  yang  dilarang  oleh  syari’at,  tidak  mau  melihat  hal-hal  yang  tidak
dibenarkan  oleh  syari’at,  tidak  mau  mengulurkan  tangannya  memegang  sesuatu  yang
tidak  dibenarkan  oleh  syari’at  dan  tidak  mau  melangkahkan  kakinya  kecuali  hanya
kepada hal-hal yang dibenarkan oleh syari’at. Inilah pokok permasalahannya.

Akan  tetapi,  seringkali  ketika  seseorang  menyebut  nama  Alloh  hingga  disebut  sebagai
ahli dzikir, sampai ia tidak mau mendengar perkataan orang yang berbicara dengannya,
kemudian  orang  yang  bukan  ahli  dzikir  berusaha  mendekat  kepada  orang  yang  ahli
dzikir  ini,  karena  ingin  menjadikannya  sebagai  perantara,  agar  Alloh        mendengarkan
permohonan mereka. Begitu pula dengan mubashirot (orang yang merasa dirinya bisa
melihat  Alloh),  mutanawilat  (orang  yang  merasa  dirinya  mampu  menjangkau  Alloh)
dan      mas’aa        ilaih      (orang       yang      merasa        dirinya        telah      melangkah          menuju        Alloh)



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            60 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Semuanya   itu   adalah   sifat   yang   mulia.   Kita   memohon   kepada   Alloh   semoga   kita
termasuk kedalam golongan (yang dicintai Alloh) ini.

Kalimat, Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika
ia memohon perlindungan, pasti akan Aku berikan kepadanya menunjukkan bahwa
seseorang yang telah menjadi golongan yang dicintai Alloh, maka permohonan kepada
Alloh  tidak  akan  terintangi  dan  Alloh  akan  memberikan  perlindungan  kepadanya  dari
siapa saja yang menakutinya. Alloh Maha Kuasa untuk memberikan sesuatu kepadanya
sebelum ia memintanya dan memberi perlindungan sebelum ia memohon. Akan tetapi
Alloh senantiasa mendekat kepada hamba-Nya dengan memberi sesuatu kepada orang-
orang yang meminta dan melindungi orang-orang yang meminta perlindungan.

Kalimat      pada     awal     hadits,     maka        sesungguhnya            Aku       menyatakan           perang
terhadapnya  maksudnya  Aku  menyatakan  kepada  orang  yang  seperti  itu  bahwa  dia
telah memerangi Aku. Wallahu a’lam.

39.PERILAKU YANG DIAMPUNI

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, sesungguhnya Rasululloh Shallallahu 'alaihi wa
Sallam telah bersabda : " Sesungguhnya Allah telah mema’afkan kesalahan-kesalahan
uamt-Ku  yang  tidak  disengaja,  karena  lupa  dan  yang  dipaksa  melakukannya"  (HR.
Ibnu Majah, Baihaqi dll, hadits hasan)

Penjelasan :

Hadits ini disebutkan dalam tafsir ayat : “Jika kamu melahirkan apa yang ada dihati
kamu atau kamu sembunyikan, maka Allah   akan mengadili kamu dengan apa yang
kamu lakukan itu” (QS. 2 : 284)

Ayat   ini   menyebabkan   para   sahabat   merasa   tertekan.   Oleh   karena   itu,   Abu   Bakar,
‘Umar,   ‘Abdurrahman   bin   ‘Auf,   dan   Mu’adz   bin   Jabal   beberapa   orang   mendatangi
Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  dan  mereka  berkata  :  “Kami  dibebani  amal
yang  tak  sanggup  kami  memikulnya.  Sesungguhnya  seseorang  di  antara  kami  dalam
hatinya  ada  bisikan  yang  tidak  disenanginya,  sekalipun  bisikan  itu  menjanjikan  dunia.
Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  lalu  menjawab  :  Boleh  jadi  kamu  mengucapkan
kalimat  seperti  yang  diucapkan  Bani  Israil,  yaitu  kami  mau  mendengar  tetapi  kami
akan   menentangnya.   Karena   itu   katakanlah   :   ‘Kami   mau   mendengar   dan   mau
menaati”. Hal itu membuat mereka merasa tertekan dan mereka diam untuk sementara.
Lalu Allah memberikan kelonggaran dan rahmat-Nya dengan berfirman : “Allah tidak
membebani  seseorang  kecuali  sesuai  kemampuannya.  Ia  akan  mendapatkan  pahala
atas usahanya dan mendapatkan siksa atas kesalahannya, (lalu ia berdo’a) : ‘Ya Tuhan
kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau tersalah”. (QS. 2 : 286)

Allah  memberikan  keringanan  dan  mansukh  (terhapus)lah  ayat  yang  pertama  di  atas.
Imam  Baihaqi  berkata  bahwa  Imam  Syafi’i  berkata  :  “Allah  berfirman  :  Kecuali  orang
yang  dipaksa,  sedang  hatinya  merasa  tentram  dengan  imannya  (maka  orang  semacam
ini tidak berdosa)”.

Ada  beberapa  hukum  bagi  sikap  kekafiran  ketika  Allah  menyatakan  bahwa  kekufuran
tidak  terdapat  pada  orang  yang  dipaksa,  maksudnya  bahwa  menyatakan  kekufuran


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            61 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

secara   lisan   karena   dipaksa   tidak   dianggap   kufur.   Jika   sesuatu   yang   lebih   berat
dianggap    gugur,    maka    yang    lebih    ringan    lebih    patut    untuk    gugur.    Kemudian
disebutkan   adanya   riwayat   dari   Ibnu   ‘Abbas   dari   Rasulullah   Shallallahu   'alaihi   wa
Sallam  :  Sesungguhnya  Allah  membebaskan  umatku  (dari  dosa)  karena  keliru  atau
lupa atau dipaksa”.

Dan  diriwayatkan  dari  ‘Aisyah,  dari  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam,  bahwa  beliau
bersabda : Tidak ada thalaq dan pembebasan budak karena pemaksaan”.

Demikianlah pendapat ‘Umar, Ibnu ‘Umar dan Ibnu Zubai.

Tsabit    bin    Al    Ahnaf    menikahi     perempuan     budak    yang    melahirkan     anak    milik
‘Abdurrahman bin Zaid bin Khathab. Lalu ‘Abdurrahman memaksa Tsabit dengan teror
dan  cemeti  untuk  menceraikan  istrinya  pada  masa  khalifah  Ibnu  Zubair.  Ibnu  ‘Umar
berkata kepadanya : “Perempuan itu belum terthalaq dari kamu, karena itu kembalilah
kepada istrimu”. Saat itu Ibnu Zubair di Makkah, maka ia disusul, lalu ia menulis surat
kepada gubernurnya di Madinah. Isi surat tersebut, supaya Tsabit dikembalikan kepada
istrinya  dan  ‘Abdurrahman   bin  Zaid  dikenai  hukuman.  Kemudian  Shafiyah  binti  Abu
‘Ubaid, istri ‘Abdullah bin ‘Umar, mempersiapkan upacara walimahnya dan ‘Abdullah
bin ‘Umar menghadiri walimah ini. Wallaahu a’lam.

40. HIDUPLAH LAKSANA SEORANG PENGEMBARA

Dari  Ibnu  Umar  radhiyallahu  anhuma,  ia  berkata  :  “Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa
Sallam memegang pundakku, lalu bersabda : Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan
sebagai orang asing atau pengembara.   Lalu Ibnu Umar radhiyallahu anhuma berkata :
“Jika engkau di waktu sore, maka janganlah engkau menunggu pagi dan   jika engkau di
waktu   pagi,   maka   janganlah   menunggu   sore   dan   pergunakanlah          waktu   sehatmu
sebelum kamu sakit dan waktu hidupmu sebelum kamu mati”.

(HR.   Bukhari)

Penjelasan :

Imam  Abul  Hasan  Ali  bin  Khalaf  dalam  syarah  Bukhari  berkata  bahwa  Abu  Zinad
berkata    :   “Hadits    ini    bermakna    menganjurkan     agar    sedikit    bergaul    dan    sedikit
berkumpul  dengan  banyak  orang  serta  bersikap  zuhud  kepada  dunia”.  Abul  Hasan
berkata : “Maksud dari Hadits ini ialah orang asing biasanya sedikit berkumpul dengan
orang   lain   sehingga   dia   terasing   dari   mereka,   karena   hampir-hampir   dia   hanya
berkumpul dan bergaul dengan orang ini saja. Ia menjadi orang yang merasa lemah dan
takut.  Begitu  pula  seorang  pengembara,  ia  hanya  mau  melakukan  perjalanan  sebatas
kekuatannya.  Dia  hanya  membawa  beban  yang  ringan  agar  dia  tidak  terbebani  untuk
menempuh  perjalanannya.  Dia  hanya  membawa  bekal  dan  kendaraan  sebatas  untuk
mencapai     tujuannya.     Hal    ini    menunjukkan     bahwa    sikap    zuhud    terhadap    dunia
dimaksudkan   untuk   dapat   sampai   kepada   tujuan   dan   mencegah   kegagalan,   seperti
halnya  seorang  pengembara  yang  hanya  membawa  bekal  sekadarnya  agar  sampai  ke
tempat  yang  dituju.  Begitu  pula  halnya  dengan  seorang  mukmin  dalam  kehidupan  di
dunia ini hanyalah membutuhkan sekadar untuk mencapai tujuan hidupnya.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            62 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

Al  ‘Iz  ‘Ala’uddin  bin  Yahya  bin  Hubairah  berkata  :  “Hadits  ini  menunjukkan  bahwa
Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  menganjurkan  untuk  meniru  perilaku  orang
asing,  karena  orang  asing  yang  baru  tiba  di  suatu  negeri  tidaklah  mau  berlomba  di
tempat  yang  disinggahinya  dengan  penghuninya  dan  tidak  ingin  mengejutkan  orang
lain   dengan   melakukan   hal-hal   yang   menyalahi   kebiasaan   mereka   misalnya   dalam
berpakaian, dan tidak pula menginginkan perselisihan dengan mereka. Begitu pula para
pengembara  tidak  mau  membuat  rumah  atau  tidak  pula  mau  membuat  permusuhan
dengan   orang   lain,   karena   ia   menyadari   bahwa   dia   tinggal   bersama   mereka   hanya
beberapa   hari.   Keadaan   orang   merantau   dan   pengembara   semacam   ini   dianjurkan
untuk   menjadi   sikap   seorang   mukmin   ketika   hidup   di   dunia,   karena   dunia   bukan
merupakan tanah air bagi dirinya, juga karena dunia membatasi dirinya dari negerinya
yang   sebenarnya   dan   menjadi   tabir   antara   dirinya   dengan   tempat   tinggalnya   yang
abadi.

Adapun  perkataan  Ibnu  Umar     “Jika  engkau  di  waktu  sore,  maka  janganlah  engkau
menunggu  pagi  dan             jika  engkau  di  waktu  pagi,  maka  janganlah  menunggu  sore”
merupakan  anjuran  agar  setiap  mukmin  senantiasa  siap  menghadapi  kematian,  dan
kematian    itu    dihadapi    dengan    bekal    amal    shalih.    Ia   juga    menganjurkan     untuk
mempersedikit   angan-angan.   Janganlah   menunda   amal   yang   dapat   dilakukan   pada
malam hari sampai datang pagi hari, tetapi hendaklah segera dilaksanakan. Begitu pula
jika   berada   di   pagi   hari,   janganlah   berbiat   menunda   sampai   datang   sore   hari   dan
menunda amal di pagi hari samapi datang malam hari.

Kalimat    “pergunakanlah            waktu  sehatmu  sebelum  kamu  sakit”  menganjurkan  agar
mempergunakan saat sehatnya dan berusaha dengan penuh kesungguhan selama masa
itu karena khawatir bertemu dengan masa sakit yang dapat merintangi upaya beramal.
Begitu      pula      “waktu         hidupmu          sebelum          kamu        mati”        mengingatkan       agar
mempergunakan  masa  hidupnya,  karena  angan-angannya  lenyap,  serta  akan  muncul
penyesalan   yang   berat   karena   kelengahannya   sampai   dia   meninggalkan   kebaikan.
Hendaklah     ia  menyadari  bahwa  dia  akan  menghadapi  masa  yang  panjang  di  alam
kubur  tanpa  dapat  beramal  apa-apa  dan  tidak  mungkin  dapat  mengingat  Allah.  Oleh
karena   itu,   hendaklah   ia   memanfaatkan   seluruh   masa   hidupnya   itu   untuk   berbuat
kebajikan. Alangkah padatnya Hadits ini, karena mengandung makna-makna yang baik
dan sangat berharga.

Sebagian ulama berkata :   “Allah mencela angan-angan dan orang yang panjang angan-
angan”.

Firman-Nya  :  “Biarkanlah  mereka  (orang-orang  kafir)  makan  dan  bersenang-senang
serta      dilengahkan          oleh      angan-angan,           maka       kelak       mereka        akan      mengetahui
akibatnya”. (QS. 15 : 3)

Ali   bin   Abu   Thalib   berkata   :   “Dunia   berjalan   meninggalkan   (manusia)   sedangkan
akhirat   berjalan   menjemput   (manusia)   dan   masing-masingnya   punya   penggemar,
karena   itu   jadilah   kamu   penggemar   akhirat   dan   jangan   menjadi   penggemar   dunia.
Sesungguhnya  masa  ini  (hidup  di  dunia)  adalah  masa  beramal  bukan  masa  peradilan,
sedangkan besok (hari akhirat) adalah masa peradilan bukan masa beramal”.

Anas   berkata   bahwa   Nabi   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam   pernah   membuat   beberapa
garis, lalu beliau bersabda : Ini adalah mannusia dan ini adalah angan-angannya dan


Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            63 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

ini  adalah  ajalnya  ketika  ia  berada  dalam  angan-angan  tiba-tiba  datang  kepadanya
garisnya yang paling dekat (yaitu ajalnya)”.

Hadits   ini   memperingatkan   agar   orang   mempersedikit   angan-angan   karena   takut
kedatangan  ajalnya  yang  tiba-tiba  dan  selalu  ingat  bahwa  ajalnya  telah  dekat.  Barang
siapa  yang  mengabaikan  ajalnya,  maka  patutlah  dia  didatangi  ajalnya  dengan  tiba-tiba
dan diserang ketika ia dalam keadaan terperdaya dan lengah, karena manusia itu sering
terperdaya oleh angan-angannya.

Abdullah  bin  Umar  berkata  :  “Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  melihat  aku
ketika aku dan ibuku sedang memperbaiki salah satu pagar milikku. Beliau bertanya:

‘sedang melakukan apa ini wahai Abdullah?’

Saya         jawab     :    ‘Wahai     Rasulullah,      telah     rapuh     pagar     ini,     karena     itu     kami
memperbaikinya’.  Lalu  beliau  bersabda  :  Kehidupan  ini  lebih  cepat  dari  rapuhnya
pagar ini’.

Kita  memohon  kepada  Allah  semoga  kita  dirahmati  dan  dijadikan  orang  yang  zuhud
terhadap kehidupan dunia dan menjadikan kita bersemangat mengejar apa yang ada di
sisi-Nya  dan  menjadikan  kita  memperoleh  kesenangan  di  hari  kiamat.  Sesungguhnya
Dia adalah Tuhan yang Maha Dermawan, Maha Pemurah, Maha Pengampun dan Maha
Belaskasih.

Wallahu a’lam

41. MENUNDUKKAN HAWA NAFSU

Dari Abu Muhammad, Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu anhuma, ia berkata :
Rasulullah   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam   telah   bersabda   :   Tidak   sempurna   iman
seseorang  di  antara  kamu  sehingga  hawa  nafsunya  tunduk  kepada  apa  yang  telah
aku sampaikan”. (Hadits hasan shahih dalam kitab Al Hujjah)

Penjelasan :

Hadits ini semakna dengan firman Allah : “Demi Tuhanmu, mereka tidak dikatakan
beriman  sebelum  mereka  berhukum  kepada  kamu  mengenai  perselisihan  sesama
mereka  dan  mereka  tidak  merasa  berat  hati  atas  keputusan  kamu  serta  menerima
dengan pasrah sepenuhnya”. (QS. 4 : 65)

Sebab  turunnya  ayat  ini  ialah  karena  Zubair  bersengketa  dengan  seorang  sahabat  dari
golongan   Anshar   dalam   perkara   air.   Kedua   orang   ini   datang   kepada   Rasulullah
Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  untuk  mendapatkan  keputusan.  Lalu  Nabi  Shallallahu
'alaihi  wa  Sallam  bersabda  :  Wahai  Zubair,  alirkanlah  dan  tuangkanlah  air  kepada
tetanggamu itu”.

Nabi   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam   menganjurkan   kepada   Zubair   untuk   bersikap
memudahkan  dan  toleransi.  Akan  tetapi,  sahabat  Anshar  itu  berkata  :  “Apakah  karena
dia   anak   bibimu?”   Maka   merahlah   wajah   Rasulullah   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam



Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            64 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

kemudian  sabda  beliau  :  Wahai  Zubair,  tutuplah  alirannya  sampai  airnya  naik  ke
atas pagar kemudian biarkanlah hingga tumpah”.

Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  melakukan  hal  semacam  itu  untuk  memberi
isyarat kepada Zubair bahwa apa yang diputuskan beliau mengandung mashlahat bagi
golongan  Anshar.  Tatkala  orang  Ashar  memahami  sabda  Nab  Shallallahu  'alaihi  wa
Sallam  itu,  maka  Zubair  menyadari  apa  yang  menjadi  hak  dan  kewajibannya.  Karena
kejadian itulah ayat ini turun.

Hadits  yang  shahih  dari  Nabi  ,  beliau  bersabda  :  Demi  diriku  yang  ada  di  dalam
kekuasaan-Nya,   seseorang   di   antara   kamu   tidak   dikatakan   beriman   sebelum   ia
mencintai aku lebih dari cintanya kepada bapaknya, anaknya, dan semua manusia”.

Abu  Zinad  berkata  :  “Hadits  ini  termasuk  kalimat  pendek  yang  padat  berisi,  karena  di
dalam  kalimat ini digunakan kalimat yang singkat tetapi maknanya luas. Cinta itu ada
tiga macam, yaitu cinta yang didorong oleh rasa menghormati dan memuliakan seperti
cinta  kepada  orang  tua,  cinta  didorong  oleh  kasih  sayang  seperti  mencintai  anak  dan
cinta karena saling mengharapkan kebaikan seperti mencintai orang lain”.

Ibnu  Bathal  berkata  :  “Hadits  di  atas  maksudnya  ---Wallaahu  a’lam---  adalah  barang
siapa  yang  ingin  imannya  menjadi  sempurna,  maka  ia  harus  mengetahui  bahwa  hak
dan   keutamaan   Rasulullah   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam   lebih   besar   daripada   hak
bapaknya,  anaknya  dan  semua  manusia,  karena  melalui  Rasulullah  Shallallahu  'alaihi
wa  Sallam  inilah  Allah  menyelamatkan  dirinya  dari  neraka  dan  memberinya  petunjuk
sehingga terjauh dari kesesatan. Jadi, maksud Hadits di atas adalah mengorbankan diri
dan  jiwa  untuk  membela  Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam  berperang  melawan
bapak   mereka   atau   anak   mereka   atau   saudara   mereka   (yang   melawan   Rasulullah
Shallallahu     'alaihi    wa   Sallam).    Abu    Ubaidah    telah    membunuh     bapaknya    karena
menyakiti  Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam.  Abu  Bakar  menghadapi  anaknya,
Abdurrahman, dalam perang Badar dan hampir saja anak itu dibunuhnya. Barang siapa
melakukan    hal    semacam     ini,    sungguh    ia   dapat    dikatakan    kemauan-kemauannya
tunduk kepada apa yang diajarkan Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam kepadanya.

42. ALLAH MENGAMPUNI SEGALA DOSA ORANG YANG TIDAK
BERBUAT SYIRIK

Dari Anas radhiyallahu anhu, ia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah Shallallahu
'alaihi  wa  Sallam     bersabda  :  Allah  ta’ala  telah  berfirman  :  Wahai  anak  Adam,  selagi
engkau  meminta  dan  berharap  kepada-Ku,  maka  Aku  akan  mengampuni  dosamu
dan Aku tidak pedulikan lagi. Wahai anak Adam, walaupun dosamu sampai setinggi
langit,      bila     engkau       mohon       ampun       kepada-Ku,         niscaya       Aku      memberi        ampun
kepadamu.  Wahai  anak  Adam,  jika  engkau  menemui  Aku  dengan  membawa  dosa
sebanyak  isi  bumi,  tetapi  engkau  tiada  menyekutukan  sesuatu  dengan  Aku,  niscaya
Aku   datang   kepadamu   dengan   (memberi)   ampunan   sepenuh   bumi   pula”.   (HR.
Tirmidzi, Hadits hasan shahih)

Penjelasan :

Hadits  ini  berisikan  kabar  gembira,  belas  kasih  dan  kemurahan  yang  besar.  Tidak
terhitung   banyaknya   karunia,   kebaikan,   belas   kasih   dan   pemberian   Allah   kepada

Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            65 of 67




Ibnu Daqiqil ‘Ied

hamba-Nya. Yang semakna dengan Hadits ini adalah sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa
Sallam : “Allah lebih bergembira atas tobat seorang hamba-Nya daripada (kegembiraan)
seseorang di antara kamu yang menemukan kembali hewannya yang hilang”.

Dari Abu Ayyub ketika ia hendak wafat ia berkata : Saya telah merahasiakan dari kalian
sesuatu  yang  pernah  aku  dengar  dari  Rasulullah  Shallallahu  'alaihi  wa  Sallam,  yaitu
saya mendengar beliau bersabda : Sekiranya kamu sekalian tidak mau berbuat dosa,
niscaya Allah akan menggantinya dengan makhluk lain yang mau berbuat dosa, lalu
Allah memberi ampun kepada mereka”.

Juga banyak Hadits lain yang semakna dengan Hadits ini.

Sabda  beliau  wahai  anak  Adam,  selagi  engkau  meminta  dan  berharap  kepada-Ku
semakna   dengan   sabda   beliau   :   Aku   senantiasa   mengikuti   anggapan   hamba-Ku
kepada-Ku.  Oleh  karena  itu,  hendaknya  ia  mempunyai  anggapan  kepada-Ku  sesuai
kesukaannya”.

Telah  disebutkan  bahwa  bila  seorang  hamba  (manusia)  telah  berbuat  dosa  kemudian
menyesal,  misalnya  dengan  mengatakan  :  “Wahai  Tuhanku,  aku  telah  berbuat  dosa,
karena  itu  ampunilah  aku.  Tidak  ada  yang  dapat  mengampuni  dosa-dosaku  kecuali
Engkau”. Maka Allah akan menjawab : Hamba-Ku mengakui bahwa dia mempunyai
Tuhan  yang  mengampuni  dosanya  dan  menghukum  kesalahannya,  karena  itu  Aku
persaksikan          kepada       kamu       sekalian        bahwa       Aku      telah      memberikan          ampunan
kepadanya”.  Kemudian  hamba  itu  berbuat  seperti  itu  kedua  atau  ketiga  kalinya,  lalu
Allah menjawab seperti itu setiap kali terulang kejadian itu. Kemudian Allah berfirman:
“Berbuatlah   sesukamu,   karena   Aku   telah   mengampuni   kamu”   maksudnya   ketika
kamu berbuat dosa kemudian kamu mohon ampun.

Ketahuilah,  syarat  bertobat  itu  ada  tiga,  yaitu  meninggalkan  perbuatan  maksiatnya,
menyesali  yang  sudah  terjadi  dan  bertekad  tidak  akan  mengulangi.  Jika  kesalahan  itu
berkaitan  dengan  sesama  manusia,  maka  hendaklah  ia  segera  menunaikan  apa  yang
menjadi  hak  orang  lain  atau  minta  dihalalkan.  Jika  berkaitan  dengan  Allah,  sedangkan
di  dalam  urusan  tersebut  ada  sanksi  kafarat,  maka  hendaklah  ia  segera  menunaikan
pembayaran   kafarat.   Ini   adalah   syarat   keempat.   Sekiranya   seseorang   mengulangi
dosanya   berkali-kali   dalam   satu   hari   dan   ia   melakukan   tibat   sesuai   dengan   syarat
tersebut, maka Allah akan mengampuni dosanya.

Sabda beliau (Allah berfirman) : “maka Aku akan mengampuni dosamu dan Aku tidak
pedulikan  lagi”  maksudnya  engkau  mengulangi  perbuatan  dosa  kamu  dan  Aku  tidak
mempermasalahkan dosa-dosamu itu.

Sabda   beliau   (Allah   berfirman)   :   “Wahai   anak   Adam,   walaupun   dosamu   sampai
setinggi langit, bila engkau mohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku memberi ampun
kepadamu”          maksudnya      adalah     sekiranya     dosa     beberapa     orang     dikumpulkan,
kemudian memenuhi ruang antara langit dan bumi. Hal ini menunjukkan seberapa pun
besarnya  dosa,  tetapi  kemurahan,  belas  kasih  Allah  pengampunan-Nya  jauh  lebih  luas
dan  lebih  besar,  sehingga  tidak  berimbang  antara  dosa  dan  pengampunan  dan  siat
keagungan  Allah  ini  tidak  terhingga,  sehingga  dosa  yang  memenuhi  alam  ini  tidak
mengalahkan sifat pemurah dan pengampunan-Nya.




Syarhul Arba’iina Haditsan an Nawawiyah                                                                                            66 of 67





 
Ibnu Daqiqil ‘Ied

Sabda   beliau   (Allah   berfirman)   :   “Wahai   anak   Adam,   jika   engkau   menemui   Aku
dengan   membawa   dosa   sebanyak   isi   bumi,   tetapi   engkau   tiada   menyekutukan
sesuatu  dengan  Aku,  niscaya  Aku  datang  kepadamu  dengan  (memberi)  ampunan
sepenuh  bumi pula” maksudnya adalah engkau datang kepada-Ku dengan membawa
dosa-dosa sebesar bumi.

Kalimat  “kemudian  engkau  menemui  Aku”  maksudnya  engkau  mati  dalam  keadaan
beriman, tanpa sedikit pun menyekutukan Aku dengan apa pun tiada rasa senang bagi
orang   mukmin   yang   melebihi   rasa   senangnya   saat   ia   bertemu   Tuhannya.   Allah
berfirman   :   “Sungguh,   Allah   tidak   mengampuni   orang   yang   menyekutukan-Nya,
tetapi mengampuni dosa selain dari itu kepada siapa yang dikehendaki”. (QS 4 : 48)

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : “Tidaklah dikatakan terus-menerus
berbuat   dosa   orang   yang   mau   meminta   ampun,   sekalipun   dia   mengulangi   tujuh
puluh kali dalam sehari”.

Abu   Hurairah   berkata   bahwa   Rasulullah   Shallallahu   'alaihi   wa   Sallam   bersabda   :
“Mempunyai  anggapan  baik  kepada  Allah  termasuk  beribadah  yang  baik  kepada
Allah”.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar