Mengenai Saya

Foto saya
tangerang, tangerang, Indonesia
ان اكون احسنهم خلقا ان اكون اوسعهم علم ان اكون اجملهم صورا ان اكون اكثرهم مالا
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

mahkota sufi bagian 3



Pola
  pemikiran  Sufi  itu  terutama  sesuai  dengan  bidang  komunikasi  massa,  karena
setiap   upayanya   bertujuan  meyakinkan  masyarakat   bahwa   mereka  menginginkan
atau      membutuhkan           beberapa         hal,      bahwa       mereka       seharusnya         mempercayai
beberapa         hal.      Akibatnya        mereka       seharusnya         melakukan         beberapa         hal     yang
diinginkan oleh para manipulator mereka.

Sang     Sufi    berbicara        tentang   sari   anggur,   hasil   dari               buah     anggur      dan   potensi
rahasianya,   sebagai   sarana   baginya   untuk   mencapai   "kemabukan".   Buah   anggur
dipandang  sebagai  bahan  mentah  minuman  anggur.  Sementara  buah-buah  anggur
itu  adalah  ibarat  dari  agama  biasa  dan  minuman  anggur  adalah  inti  agama.  Oleh
karena  itu,  empat  pengembara  itu  dianggap  sebagai  manusia  biasa  dengan  agama
yang      berbeda-beda.            Sufi     menunjukkan          kepada       mereka       bahwa       dasar      agama
sebenarnya   sama.   Namun   ia   tidak   menawarkan   saripati   anggur   kepada   mereka,
yaitu  esensi  agama,  ajaran  batiniah  yang  ditangguhkan  pengajarannya  dan  hanya
digunakan         dalam       mistisisme.          Ini     adalah       suatu      bidang       yang      lebih      matang
dibandingkan  agama  yang  mapan.  Bidang  ini  berada  di  jenjang  berikutnya.  Namun
peran  Sufi   sebagai   pelayan  kemanusiaan   ditunjukkan   bahwa  meskipun  ia  berada
pada   tingkat   lebih   tinggi,   ia   membantu   agamawan  formal   semampunya,   dengan
menunjukkan          identitas        fundamental          dari     kepercayaan          agama.        Tentu      saja      ia
melanjutkan   pada   pembahasan   tentang                      berbagai   manfaat   saripati   anggur   itu.
Namun  apa  yang  dibutuhkan  para  pengembara  itu  adalah  buah  anggur,  sehingga
mereka  hanya  menerima  buah  anggur.  Menurut  Sufi,  bilamana  pertikaian  tentang
persoalan-persoalan  yang  lebih  kecil  mereda,  maka  pengajaran  yang  lebih  agung
bisa diberikan. Untuk itu beberapa ajaran awal harus diberikan.

Sementara  orang  yang  belum  tercerahkan  tidak  pernah  begitu  memahami  dengan
jelas apa dasar  utama  mistisisme itu.

Dalam  sebuah  versi  kisahnya  (Matsnawi,  Buku  II),  Rumi  menyinggung  sistem  latihan
Sufi   itu   ketika   ia   menyatakan   bahwa   anggur-anggur   yang   diperas   bersama-sama
akan menghasilkan satu sari buah -- anggur Sufisme.




www.tris.co.nr




38





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Para  Sufi  seringkali  memulai  ajarannya  dari  sudut  pandang  non-religius.6  Menurut
mereka,   jawabannya              ada     di   dalam      pikiran   manusia   sendiri.   Pikiran   ini   harus
dibebaskan,   sehingga              melalui       pengetahuan-diri,   intuisi   menjadi   pemandu                      bagi
penyempurnaan  manusia.  Langkah  lain  yaitu  metode  latihan,  hanya  akan  menekan
dan  menenangkan  intuisi.  Kemanusiaan  ini  dibawa  ke  dalam  kondisi  binatang  oleh
sistem  non-Sufi,  bila  dikatakan  bahwa  seseorang  yang  mempunyai  pilihan  berbuat
dan berpikir adalah manusia bebas.

Sufi  adalah  individu  yang  percaya  bahwa  melalui  ketakberpihakan  yang  lentur  dan
identifikasi  kehidupan,  ia  akan  menjadi  bebas.  Ia  adalah  seorang  mistikus,  karena
percaya  bahwa  dirinya  bisa  menyesuaikan  diri  dengan  tujuan  kehidupan.  Ia  adalah
praktisi,   karena   percaya   bahwa   proses   itu   harus   dijalankan   dalam   masyarakat
biasa.  Ia  harus  melayani  kemanusiaan  karena  ia  adalah  bagian  darinya.  At-Tughrai
yang     agung,       tokoh      Sufi     sezaman       dengan       Omar     Khayyam,        menulis       peringatan
berikut       ini     pada      tahun      1111    M.:     "Wahai       manusia,        ilmu     itu     banyak       sekali
mengandung   informasi   untuk   memahami   rahasia-rahasia;   simaklah,   karena   diam
berarti  selamat  --  'Mereka  telah  membantumu  mencapai  sebuah  tujuan,  sehingga
engkau   benar-benar   memahaminya.   Hati-hatilah   terhadap   mereka   sendiri,   agar
engkau   tidak   memberi   makan   kambing   yang   hilang'."   Bagian   ini   diterjemahkan
Edward Pococke pada tahun 1661.

Agar  upaya  itu  berhasil,  ia  harus  mengikuti  metode  yang  telah  dipikirkan  oleh  para
guru   terdahulu,   yaitu   metode   melepaskan   berbagai   latihan   yang   mengungkung
sebagian   besar   masyarakat   dalam   lingkungan   dan   dampak   pengalaman   mereka
sendiri.  Latihan-latihan dari  para Sufi  itu  dikembangkan melalui  interaksi  dua hal  --
intuisi         dan        perubahan            aspek-aspek             kehidupan           manusia.           Sementara
keanekaragaman  metode  intuitif  itu  mengesankan  kemandiriannya  dalam  berbagai
masyarakat  dan  setiap  zaman.  Ini  bukan  tidak  konsisten,  karena  intuisi  sejati  itu
sendiri selalu konsisten.

Sufi  dapat  hidup  di  zaman  dan  tempat  manapun.  Mereka  tidak  perlu  meninggalkan
dunia,   berbagai   gerakan   terorganisir   atau   dogma.   Kehidupan   mereka   menyatu
dengan  kemanusiaan.  Oleh  karena itu,  pemikiran mereka  secara akurat tidak  dapat
diistilahkan   sebagai   sistem   dari   Timur.   Pemikiran   mereka   telah   mempengaruhi
secara   mendalam   baik   di   Timur   maupun   dasar-dasar   peradaban   Karat   tempat
sebagian  besar  kita  hidup  di  dalamnya  --  perpaduan  orang  Kristen,  Yahudi,  Muslim
dan warisan Timur Dekat atau Mediterania yang  biasa  disebut "Barat".

Menurut        para       Sufi,       ummat        manusia         selamanya           dapat        disempumakan.
Kesempurnaan   itu   dicapai   melalui   penyesuaian   dengan   keseluruhan   eksistensi.
Kehidupan  fisik  dan  mental  akan  berpadu  bila  benar-benar  ada  keseimbangan  yang
sempurna        di    antara       keduanya.          Sementara         sistem-sistem          yang      mengajarkan
pemisahan dari dunia ini dianggap sebagai  tidak seimbang.

Latihan-latihan  fisik  itu  berkaitan  dengan  pola-pola  teoritis.  Dalam  psikologi  Sufi,
ada   hubungan   penting,   misalnya   antara   ajaran   Tujuh   Jenjang   Manusia7   dengan
integrasi        kepribadian;          dan     antara       gerakan,        pengalaman          dengan       pencapaian
progresif  pada personalitas yang lebih tinggi.





www.tris.co.nr




39





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Kapan   dan   di   mana   pemikiran   Sufi   dimulai?   Bagi   mayoritas   Sufi,   pertanyaan   ini
kurang       begitu       relevan       bagi      aktivitas        mereka.        "Tempat"        Sufisme        di    dalam
kemanusiaan.  "Tempat"  karpet  ruang  tamu  Anda  berada  di  lantai  rumah  Anda  --
bukan di Mongolia, meskipun asal-usulnya dari sana.

"Praktek  Sufi  sangat  sublim  untuk  dicari  asal-usulnya,"  kata  kitab  Asrar  al-Qadim
wal-Qadim   (Rahasia-rahasia   Masa   Lampau   dan   Masa   Depan).   Namun   selama   kita
ingat  bahwa  sejarah  kurang  penting  dibandingkan  masa  kini  dan  masa  depan,  maka
ada  banyak  bahan  untuk  dikaji  dari  tinjauan  penyebaran  trend  Sufi  modern  sejak
tradisi   ini   menyebar   dari   daerah-daerah   yang   ter-Arab-kan   sekitar   empat   belas
abad  yang  lalu.  Dengan  memandang  sekilas  periode  perkembangan  ini,  para  Sufi
menunjukkan          bagaimana         dan     mengapa        risalah       penyempurnaan           diri     itu     bisa
diterapkan  pada  setiap  bentuk  masyarakat  dan  terlepas  dari  agama  nominal  atau
komitmen sosial.

Sufisme  dipercaya  oleh  para  pengikutnya  sebagai  ajaran  batiniah,  ajaran  "rahasia"
yang   terkandung   dalam   setiap   agama.   Lantaran   dasar-dasarnya   terdapat   dalam
setiap        pikiran        manusia,          maka        perkembangan             Sufi       niscaya         menemukan
pengungkapannya  di  mana saja.  Periode historis ajaran ini  bermula dengan ledakan
Islam dari  padang pasir Arabia ke masyarakat-masyarakat mapan di  Timur Dekat.

Menjelang   pertengahan   abad   ketujuh,   ekspansi   Islam   ke   luar   perbatasan   Arabia
merupakan  sebuah  tantangan  dan  segera  menjatuhkan  kerajaan-kerajaan  di  Timur
Tengah.  Sementara  setiap  kerajaan  telah  mempunyai  tradisi  yang  patut  dihargai
dalam  bidang  politik,  militer  dan  agama.  Pasukan  Islam  pada  mulanya  terdiri  dari
kaum      Badui,      namun      kemudian        merekrut        dari     suku-suku        lain.      Mereka       telah
menyerang  wilayah  utara,  timur  dan  barat.  Para  Khalifah  telah  mewariskan  tanah-
tanah      Ibrani,      Byzantium,        Persia      dan     Graeco-Budhis.           Para     penakluk        ini    telah
mencapai  wilayah  selatan  Perancis di  Barat  dan lembah  Indus  di  Timur.  Penaklukan
militer, politik dan keagamaan dari  pusat negara-negara dan masyarakat Muslim itu
kini  meluas  sejak  dari  Indonesia  di  Samudera  Pasifik  sampai  Maroko  di  Samudera
Atlantik.

Dari     latar      belakang         inilah      para      Sufi      menjadi        terkenal        di     Barat.       Mereka
mempertahankan  suatu  bentuk  ajaran  yang  menghubungkan  masyarakat  spiritual
sejak dari  Timur Jauh sampai  Barat terjauh.

Para Khalifah  awal  sendiri  telah memiliki  kekuasaan  wilayah lebih  dari  berjuta-juta
ini,     kekayaan        yang     sangat      berlimpah,         supremasi        politik      atas     wilayah-wilayah
terkenal  pada Abad Pertengahan.  Pusat-pusat pengetahuan kuno,  terutama sekolah
tradisional   untuk   pengajaran   mistik,   hampir   semuanya  jatuh   ke   tangan   mereka.
Afrika,  masyarakat Mesir  kuno  termasuk  Alexandria [Iskandariah]  dan  wilayah  Barat
terjauh,   Chartage,   tempat   St.   Agustinus   mempelajari   dan   menyebarkan   ajaran-
ajaran  esoteris  pra-Kristiani.8  Demikian  pula  Palestina  dan  Syria  sebagai  kampung
halaman  ajaran-ajaran  rahasia;  Asia  Tengah  tempat  para  pengikut  Budha  sangat
berakar  kuat,  India  Barat  Laut  dengan  latar  belakang  mistisisme  dan  pengalaman
agama yang  patut dihargai  -- semuanya berada dalam  imperium Islam.

Di  pusat-pusat  inilah  kalangan  mistik  Arab  mengadakan  perjalanan  yang  pada  masa
kuno  dikenal  dengan orang-orang yang  mendekatkan diri  (muqarribun)  kepada Dzat


www.tris.co.nr




40





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Transenden.  Mereka  percaya  bahwa  secara  esensial  ada  kesatuan  di  antara  ajaran
batiniah  dari  semua  agama.  Seperti  John  the  Baptist,  mereka  mengenakan  pakaian
dari  kulit  unta,  dan  karena  inilah  mereka  dikenal  sebagai  Sufi  (Orang-orang  yang
mengenakan  pakaian  wool),  meskipun  hal  ini  bukan  alasan  satu-satunya.  Sebagai
dampak  dari  hubungan  dengan  kalangah  Hanif  itu,9  maka  setiap  pusat  pengajaran
tradisi   rahasia   kuno   menjadi   kubu   Sufi.   Kesenjangan   antara   tradisi   dan   praktek
rahasia       dari     penganut        Kristen,       Zoroaster,        Yahudi,       Hindu,      Budha      dan     lainnya
dijembatani.   Proses   ini,   yaitu   titik   pertemuan   esensi   ajaran   itu,   tidak   pernah
dipahami   oleh   kalangan   non-Sufi   sebagai   suatu   realitas.   Oleh   karena   pengamat
semacam         ini     ternyata        tidak      mungkin        menyadari         bahwa       Sufi     melihat        dan
menghubungkan  aliran  Sufi  dalam  setiap  budaya,  laksana  seekor  lebah  mengisap
berbagai  bunga  tanpa  menjadi  bunga.  Bahkan  penggunaan  terminologi  "pertemuan"
untuk menunjukkan fungsi itu sangat tidak  dipahami.10

Mistisisme  Sufi  secara  mendasar  berbeda  dengan  kultus-kultus  lain  yang  mengklaim
sebagai   kultus   mistik.   Bagi   Sufi,   agama  formal   adalah   semacam   kerangka   untuk
menjalankan   sebuah   fungsi,   meskipun   sebagai   kerangka   asli.   Ketika   kesadaran
manusia  itu  menyebar  melampaui  kerangka  sosial  itu  (agama  formal),  Sufi  tetap
memahami  tujuan  agama  yang  sejati.  Sementara  persuasi  kalangan  mistik  lainnya
sama      sekali      tidak      berpikir       dengan       pola     pemikiran        ini.     Mereka      mungkin       bisa
melampaui   bentuk-bentuk   lahiriah   agama,   namun   mereka   tidak   memperhatikan
fakta  bahwa  agama  lahiriah  hanyalah  semacam  pengantar  pada  pengalaman  khas.
Mayoritas  orang  yang  telah  mencapai  ekstase  masih  tetap  terikat  pada  simbolisasi
yang  mempesonakan dari  beberapa  konsep yang  diderivasi  dari  agama  mereka.  Sufi
menggunakan  agama  dan  psikologi  untuk  melampaui  semua  ini.  Dengan  demikian,
Sufi "kembali ke dunia" untuk membimbing sesamanya di  jalan itu.

Profesor  Nicholson  menekankan  visi  agama  ini  dari  sudut  pandang  obyektif,  dengan
menterjemahkan syair Rumi  berikut ini:11

Jika ada pecinta di  dunia ini wahai  Muslim, itulah Aku.
Jika ada mukmin atau pertapa Kristiani, itulah Aku.
Ampas anggur;  pelayan kedai  minuman, meja, harpa dan musik,
Kekasih, lilin, minuman dan senda-gurau pemabuk, itulah Aku.
Tujuh puluh dua kredo dan sekte di  dunia ini,
Sebenarnya tidak ada:  Aku bersumpah demi  Tuhan bahwa
setiap kredo dari  sekte, itulah Aku.
Tanah,  udara, air dari api, duhai, tubuh dan jiwa,  itulah Aku.
Benar  dan salah,  baik dan buruk, mudah dan sulit dari
awal  hingga akhir, itulah Aku.
Pengetahuan, ilmu, asketisme, kesalehan dan iman, itulah Aku.
Api  neraka, tentu saja dengan apinya yang  berkobar-kobar,
Ya, surga,  Eden dan Bidadari, itulah Aku.
Bumi  dan langit dengan segala isinya, itulah Aku.
Malaikat, Peri, Jin, dan Manusia, itulah Aku.

Rumi  telah  membongkar  batas-batas  kesadaran  biasa.  Kini  ia  dapat  melihat  segala
sesuatu  secara  nyata,  untuk  memahami  afinitas  dan  kesatuan  dari  segala  sesuatu
yang   tampak   berbeda,   memahami   peran   manusia   dan   terutama   peran   Sufi.   Ini




www.tris.co.nr




41





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

adalah   pemahaman   yang   jauh   lebih   mendalam   dibandingkan   apa   yang   biasanya
disebut mistisisme.

Di  hadapan  sebagian  besar  Muslim  fanatik  yang  bersemangat  dan  berjaya,  memang
rawan   bila  mengklaim   sebagaimana   dilakukan  para  Sufi   bahwa  realisasi   manusia
hanya      berasal       dari     dalam      dan     tidak      semata       melakukan         beberapa        dan     serta
meninggalkan  beberapa  hal  lainnya.  Pada  saat  yang  sama,  Sufi  berpendirian  bahwa
mistisisme  harus  dilepaskan  dari  sifatnya  yang  sangat  rahasia,  jika  ingin  menjadi
kekuatan yang dapat melampaui  setiap kemanusiaan.

Dalam   tradisi   mereka   sendiri,   para   Sufi   memandang   diri   mereka   sendiri   sebagai
pewaris  suatu  ajaran  tunggal  --  yang  terpecah  menjadi  begitu  banyak  segi  --  yang
berguna   sebagai   sarana   pengembangan   manusia.   "Sebelum   kebun,   tanaman   dan
buah   anggur   tercipta   di   dunia   ini,"   tulis   seorang   Sufi,   "   jiwa   kami   telah   mabuk
karena sari  anggur  abadi."

Dasar  penyebaran  pemikiran  dan  praktek  Sufi  diletakkan  oleh  para  guru  periode
klasik  --  mungkin  dilakukan  sekitar  delapan  ratus  tahun  pertama  setelah  lahirnya
Islam   --   kira-kira  antara   tahun  700  M.   sampai   1500   M.   Sufisme  didasarkan   pada
cinta,  dipraktekkan  melalui  dinamika  cinta  dan  memanifestasikan  dirinya  melalui
kehidupan manusia,  Puisi dan karya.

Karena   para   Sufi   memandang   Islam   sebagai   suatu   manifestasi   ketinggian   esensi
ajaran  transendental,  di  sana  tiada  konflik  antara  Islam  dan  Sufisme.  Sufisme  telah
mengambil  dan  memberi  realitas  batin  Islam,  seperti  halnya  setiap  agama  lainnya
dan tradisi  asli  dalam  aspek yang lama.

Dalam   Rubaiyat-nya,   Sufi   besar   Omar   Khayyam   menekankan   bahwa   pengalaman
batiniah  ini  tidak  mempunyai  hubungan  nyata  dengan  teologi  yang  dianggap  orang
secara keliru sebagai  agama yang sebenarnya:

Di  sel  dan altar di  biara dan sinagog,
Sebagian takut akan neraka, yang lain mendambakan surga.
Namun tak seorang pun mengetahui  rahasia ketuhanan,
Sehingga hatinya mempunyai pandangan seperti  itu.

Tahap   untuk   ikut   serta   dalam   apa   yang   disebut  Sufisme   berbeda-beda   dari   segi
iklim  dan  lingkungan,  namun  identik  dari  segi  kesinambungan  ajaran.  Agamawan
yang kaku dan formalis tidak mungkin mengakui hal ini, namun mereka relatif  tidak
penting. "Barangsiapa  dapat melihat semua (segi) lukisan, ia akan dapat memahami
atau  mengungkapkannya."  Prof.  E.G.  Browne  menyatakan,  "Bahkan  asal-usul  para
Sufi    sangat      berbeda        satu     sama     lain,     karena      sistem      mereka       pada     hakikatnya
individualistik   dan   kurang   tertarik   pada   propaganda.   Arif,   gnostik   atau   manusia
Bijak  yang  sangat  maju  itu  telah  melalui  berbagai  jenjang  dan  serangkaian  latihan
di   bawah   bimbingan   para   pir,   mursyid   atau   pembimbing   spiritual,   sebelum   ia
mencapai   tingkat  gnosis  (irfan)   yang   dipandang   oleh  semua  agama  kurang   lebih
sebagai  ungkapan  kabur  dari  Kebenaran  mendasar  dan  agung.  Dari  sinilah  ia  pada
akhirnya  mencapai  penyatuan  dengan  Kebenaran.  Ia  juga  tidak  pernah  dapat  dan
berkeinginan  menyusunnya   untuk   menyampaikan   konsepsinya   tentang   Kebenaran




www.tris.co.nr




42





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

itu   kepada   siapa   pun   kecuali   kepada   sebagian   kecil   orang   yang   dengan   latihan
serupa siap menerimanya."12

Kadangkala  orang  yang  mempunyai  pola  pikir  konvensional  sulit  untuk  memahami
bagaimana         aturan      tindakan   esensial           Sufi    itu   mempunyai          pengaruh       yang     luas.
Karena  Sufisme  bisa  eksis  dalam  Islam  seperti  dalam  agama  lainnya,  maka  dengan
mudah   ia   dapat   diajarkan   melalui   Islam.   Perlu  dicatat   bahwa   dua   buku  ikhtisar
teologis  dan  legalistik,  tentu  saja  dalam  upaya  mempublikasikan  Sufisme  sebagai
ortodoksi  agama,  telah  ditulis  oleh  para  tokoh  Sufi  --  Kitab  Ta'aruf  dari  Kalabadzi
al-Bukhari   (w.   995)   dan   risalah   Sufi   Persia   yang   pertama,   Kasyful-Mahjub   karya
Hujwiri   (w.   1063).   Kedua   pengarang   ini   mempunyai   kedudukan   tertinggi   dalam
peringkat  Sufi,  namun  masing-masing  berbicara  layaknya  seorang  pengamat,  bukan
sebagai  pemula.  Omar  Khayyam  juga  seringkali  berbuat  demikian  dalam  membahas
mistifikasi   dari   para   komentator   literalis   yang   percaya   begitu   saja   pada   puisi-
puisinya.  Para  pengarang ini  sangat memahami  makna-makna rahasia. Mereka tidak
pernah  mereproduksi   terjemahan.  Oleh  karena  itu,  memang  benar  bila  Tarekat-
tarekat        Sufi      Abad      Pertengahan          berkarya        dengan        cara      itu.      Mereka       tetap
melanjutkan   kegiatannya   yang   secara   umum   dianggap   sah   dalam   dunia   Islam.
Namun  sebagaimana  beberapa  Sufi  mencatat,  "Sufisme  secara  eksklusif  diajarkan
sekaligus  melalui  tanda-tanda."  Hasil  akhir,  yaitu  Manusia  Sempurna,  juga  dapat
dicapai  melalui  kedua  langkah  itu.  Simbolisme  dan  serangkaian  pengalaman  yang
bertempat  dalam  Islam  dan  sistem  lainnya  yang  berpadu  melalui  praktek  Sufi  itu
adalah       masalah       lain,      yang      hanya      bisa     diberikan        kepada       para     praktisi       yang
terkandung dalam diktum, "Barangsiapa mengalami, ia mengetahui."

Meskipun   banyak   penjelasan   telah   diberikan   --   dengan   berbagai   alasan   --   untuk
mengadopsi   istilah   "Sufi",   ada   suatu   istilah   penting   yang   diajarkan   kepada   para
pengikut   mistik   ini   --   yaitu   istilah   yang   mengandung   konsep   Cinta   dengan   kata
sandi.  Demikian  pula  metode  pemakaian  sandi,  saat  ini  menggunakan  bahasa  sandi
konvensional,  adalah  kata-kata  yang  lebih  lanjut  dan  mengandung  pesan  penting
serta  singkat.  Sandi  berfungsi  melampaui  dan  meluruskan,  sebagai  pusaka  dan  bisa
memenuhi   kebutuhan   dalam   atau   pada   saat   yang   tepat.   Jadi   Sufisme   adalah
semacam  filsafat  transendental  yang  meluruskan  dan  diturunkan  dari  ajaran  masa
lampau serta sesuai dengan masyarakat kontemporer.

Tujuan       semua      agama       adalah       pengembangan           kemanusiaan.           Bagi     Sufi,     evolusi
Sufisme   ada   dalam   dirinya   sendiri   dan   dalam   hubungannya   dengan   masyarakat.
Perkembangan  masyarakat  dan  nasib  setiap  makhluk  --  bahkan  termasuk  makhluk
tak  hidup  berkaitan  dengan  nasib  Sufi.  Selama  beberapa  waktu  ia  mungkin  harus
mengasingkan  diri  dari  masyarakat  --  selama  beberapa  saat,  sebulan  atau  bahkan
lebih  --   namun  pada   akhirnya  ia  menyatu   dengan  keseluruhan   yang   abadi.   Oleh
karena      itu    peran      Sufi     sangat      luas,      tindakan       dan     kehadirannya          akan     tampak
beragam  sesuai  dengan  tuntutan  kemanusiaan  dan  ekstra  kemanusiaan.  Jalaluddan
Rumi   menekankan   ciri   evolusioner   dari   upaya   manusia   yang   berlaku   baik   pada
individu  maupun  masyarakat.  Ia  menulis,  "Aku  mati  sebagai  materi  yang  kasar  dan
hidup  sebagai  tumbuhan.  Aku  mati  sebagai  tumbuhan  dan  hidup  sebagai  binatang.
Aku  mati  sebagai  binatang,  lalu  sebagai  manusia.  Jadi  mengapa  aku  harus  takut
kehilangan         karakter       'kemanusiaanku'?           Aku    akan      mati     sebagai       manusia,        untuk
bangkit dalam bentuk 'malaikat' ..." (Matsnawi, III, Kisah XVII).




www.tris.co.nr




43





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Sesuai   dengan   pola   Sufi,   pendirian   ini   menjelaskan   berbagai   perilaku   dan   sikap
para  Sufi.  Sambil  menyesuaikan  diri  dengan  realitas-realitas  masyarakat,  para  Sufi
periode   awal   Islam   menekankan   kepentingan   mengasingkan   diri   dan   disiplin   --
faktor-faktor  yang  sangat  merintangi  ekspansi  dan  kemakmuran  masyarakat  yang
tengah   menyusun   basis   kemenangan   militer   di   Timur   Dekat.   Sejarawan   biasa
melalaikan   fakta   ini   dan   konsekuensinya   mereka   mengamati                              para   Sufi   secara
historis.        Dalam       hal     ini     mereka        percaya        bahwa       mereka       bisa      memaparkan
perkembangan           independen         dari     para     penganut        Sufisme,       misalnya        Rabi'ah       al-
'Adawiyah  (w.  802),  perempuan  Sufi  yang  konon  menekankan  ajarannya  pada  Cinta
(Ilahi)  dan  Abu  al-Husain  an-Nuri  (w.  907)  dengan  ajarannya  tentang  pengasingan
diri  dari  dunia.  Kemudian  dari  satu  titik  tolak  lebih  lanjut,  kita  dikenalkan  dengan
pandangan  hidup  yang  lebih  rumit  --  spekulatif  dan  filosofis.  Lebih  dari  itu,  muncul
para pengikut trend Sufi  berdasarkan prasangka tanpa menjalankan kultus.

Perkembangan   Sufisme   itu   tentu   saja   adalah   sebuah   fakta                             dan   menurut   Sufi
penjelasannya           sangat      berbeda        dengan       fakta      yang     ditampilkan.          Alasan      utama
karena  unsur-unsur  Sufisme  selalu  ada  dalam  keutuhan  (hidup)  mereka,  di  dalam
pikiran  mereka  sendiri.  Sementara  variasi  bentuk  ajaran  ditekankan  di  waktu  yang
berbeda-beda   --   "Tidak   ada   orang   yang   menghabiskan   seluruh   waktunya   untuk
marah-marah."

Individu  seperti  Rabi'ah  dipilih  sebagai  contoh  tentang  beberapa  aspek  ajaran  Sufi.
Dalam   membaca   karya   tulis   itu,   para   pembaca   yang   belum   mengenal   Sufisme
biasanya        mempunyai         asumsi      kuat     bahwa      Sufi     tertentu       menghabiskan           seluruh
waktunya   untuk   menjaga   aib-diri,   bahwa   sebelum   Bayazid  al-Bisthami   (w.   875),
tidak  ada kemiripan antara Vedantisme dengan Budhisme, dan sebagainya. Mungkin
berbagai  kesimpulan  itu  mengandung  kepastian,  namun  menunjukkan  kemiskinan
bahan-bahan  kajian  yang  tersedia  bagi  murid  biasa.  Di  sisi  lain  tentu  saja  selalu
banyak       Sufi     yang     ingin     menjelaskan          masalah       ini,     dan     bagi     mereka       biasanya
merupakan  penjelasan  umum.  Namun  adalah  inheren  di  dalam  pemikiran  skolastik
bahwa       sesuatu       yang     dituliskan        mempunyai         validitas        yang      kuat     dibandingkan
sesuatu  yang  dikatakan  atau  dialami.  Jadi  lebih  memungkinkan  bila  representasi
Sufisme yang hidup sangat jarang dirujuk oleh para  akademisi.

Pengakuan   atas   iklim   yang   telah   dikembangkan   Islam   sebagai   iklim   yang   sesuai
dengan  penerapan  kebijaksanaan  Sufi  mudah  untuk  dicatat.  Meskipun  berkembang
suatu   sistem   kependetaan   yang   tidak   diakui   dalam   Islam,   yaitu   para   skriptualis
berpikiran  sempit  yang  bersikeras  pada  penafsiran  dogmatis  ajaran  agama,  Islam
menyediakan          kondisi       yang     lebih      baik     bagi     propaganda         suatu      ajaran      batiniah
dibandingkan          agama       sebelumnya          yang      mana      pun.      Agama       minoritas        dijamin
kebebasannya  --  suatu  kekebalan  (hukum)  yang  sangat  ditaati  selama  periode  Para
Sufi   tampak   aktif   menyebarkan   ajarannya.   Islam   sendiri   kira-kira   adalah   suatu
definisi   legal.   Lalu   siapa   itu   orang   mukmin?   Minimal   ia   adalah   seseorang   yang
mengucapkan           kalimat        La-ilahaa-illa-Allah,             Muhammad         ar-Rasul       Allah,       yang
artinya,  "Tidak  ada  yang  disembah  kecuali  Ketuhanan,  orang  yang  Terpuji  adalah
pengemban  risalah  peribadatan."  Biasanya  kalimat  ini  dipahami,  "Tidak  ada  tuhan
kecuali  Allah,  dan  Muhammad  adalah  Utusan-Nya."  Orang  kafir  adalah  orang  yang
mengingkari  secara  aktif  kalimat  pernyataan  Iman  itu.  Namun  tidak  ada  orang  yang
dapat menilai isi hati, dengan demikian kepercayaan  tidak dapat didefinisikan, tapi
hanya bersifat inferensial (dugaan).


www.tris.co.nr




44





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

Namun  seseorang  yang  menyatakan  bahwa  ia  sanggup  melaksanakan  kalimat  itu,  ia
tidak      dapat      bertindak        melawan        bid'ah.       Tidak      ada     dogma       tentang       karakter
Ketuhanan  dan  hubungannya  dengan  Nabi  yang  tidak  dapat  diamalkan  oleh  seorang
Sufi.      Interpretasinya           mungkin       lebih      bersifat        mistik      dibandingkan          interpretasi
kalangan        skolastik.         Namun      tidak      ada     kekuatan        yang     eksis,      tidak     ada     sistem
kependetaan  yang  ditahbiskan,  misalnya  yang  kemudian  mengukuhkan  kekuasaan
kaum  klerikal.  Pada  akhirnya  Islam  sebagai  sebuah  komunitas  diatur  oleh  berbagai
interpretasi  para  ahli  hukum  keagamaan.  Mereka  tidak  dapat  mendefinisikan  Allah
Yang  berada  di  luar  definisi  manusia.  Mereka  juga  tidak  dapat  menginterpretasikan
kenabian  secara  tepat  sebagai  sebuah  hubungan  unik  antara  Tuhan  dan  manusia.
Lebih  jauh  dari  itu,  Para  Sufi  dengan  bebas  menyatakan  kalimat  berikut  ini,  "Aku
adalah  penyembah  berhala,  karena  aku  paham  apa  makna  penyembahan  berhala,
sementara penyembah berhala sendiri tidak."

Menurut  tradisi  Sufi,  disintegrasi  tarekat  tua  di  Timur  Dekat  menyatukan  kembali
"untaian   suhu"   sebagai   madzhab   esoteris   yang   menjalankan   "aliran   air   raksa"   di
kerajaan   Mesir,   Persia   dan   Byzantium.   Madzhab   ini   secara   intrinsik   merupakan
Sufisme evolusioner.

Bahkan  Para  Sufi  menetapkan  prinsip,  yang  seringkali  diterima  oleh  dewan  hukum
Islam,  bahwa  berbagai  pernyataan  yang  tampaknya  tidak  sopan  dan  diungkapkan
dalam   keadaan  ekstase,   tidak   dapat  dinilai   secara  lahiriah.   "Jika  semak   belukar
bisa  mengatakan   'Akulah   Kebenaran,'   demikian   pula   manusia,"   kata   seorang   Sufi
terkenal.

Ada   juga   kepercayaan   kuat   di   masyarakat   bahwa   Muhammad   saw.   mempunyai
hubungan  khusus  dengan  kalangan  mistik  lain,  dan  bahwa  penganut  yang  taat  dan
"Para  Pencari  Kebenaran"13  yang  sangat  dihormati  itu  menyertai  Muhammad  selama
hidupnya.        Mereka      mungkin       adalah      penerima        suatu     ajaran      rahasia       yang     telah
diajarkan        Muhammad        secara       pribadi.        Perlu      diingat       bahwa       Muhammad        tidak
mengklaim  membawa  suatu  agama  baru.  Ia  melanjutkan  tradisi  monotheistik  yang
telah  lama  hidup.  Ia  menanamkan  rasa  hormat  kepada  para  penganut  kepercayaan
lain   dan   berbicara   tentang   arti   penting   guru   spiritual   lainnya.   Al-Qur'an   sendiri
diwahyukan         melalui       metode       mistis      dan     mengandung         banyak       indikasi       tentang
pemikiran mistik.

Dalam  bidang  keagamaan,  al-Qur'an  mempertahankan  kesatuan  agama-agama  dan
asal-usul        identik       dari      setiap       agama       --"Setiap       bangsa        mempunyai          Pemberi
Peringatan."  Islam  mengakui  Musa,  Yesus  dan  lainnya  sebagai  Nabi.  Lebih  dari  itu,
pengakuan  atas  risalah  Muhammad  dari  orang-orang  Yahudi,  Kristiani  dan  Majusi
(termasuk  para  pendeta)  dan  sebagian  dari  mereka  telah  mengadakan  perjalanan
ke  Arabia  untuk  mencari  seorang  guru  selama  hidupnya,  menunjukkan  suatu  basis
yang   lebih   lanjut   tentang   kepercayaan   akan   suatu   kesinambungan   ajaran   kuno,
bukan       lokal.        Suatu       kesinambungan            yang      mungkin        hanya       dielaborasi          dan
dipopulerkan oleh agama-agama mapan sebelumnya.

Karena       itulah      dalam      tradisi      Sufi,      "Rantai       Transmisi"        madzhab-madzhab             Sufi
mungkin  berkaitan  dengan  Nabi  Muhammad  saw.  di  satu  sisi,  dan  dengan  Elias  di
sisi  lain.  Salah satu guru Sufi  yang sangat  dihormati  pada  abad ketujuh,  yaitu Uwais
al-Qarni  (w.  657),  tidak  pernah  bertemu  Muhammad,  meskipun  ia  hidup  di  Arabia


www.tris.co.nr




45





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

pada  saat  yang  lama  dan  hidup  lebih  lama  dari  Muhammad.  Disamping  itu,  penting
untuk      dicatat       bahwa       nama      "Sufi"     telah      digunakan        sebelum        deklarasi        risalah
kenabian        Muhammad.14        Hal     ini    penting       sekali      untuk      disadari,        yaitu      tentang
kesinambungan            ajaran        batiniah        itu,      dan      juga       kepercayaan   pada              evolusi
masyarakat, jika para Sufi  untuk dipahami  dari  tataran mana pun.

Sumbangan   terbesar   Islam   pada   perkembangan   pemikiran   Sufi   mungkin   adalah
penolakannya           terhadap        eksklusivisme           dan     penerimaannya           pada      teori      bahwa
peradaban         adalah       evolusioner,          bahkan       organis.        Tidak      seperti       agama-agama
sebelumnya,   Islam   menekankan   bahwa   kebenaran   ada   dalam   setiap   masyarakat
pada      tahap-tahap         tertentu       perkembangan           mereka,        dan     bahwa       Islam,      bukan
sebagai   agama   baru,   tidak   lebih   dan   tidak   kurang   adalah   agama   besar   terakhir
yang   dialamatkan   kepada   seluruh   masyarakat   dunia.   Dengan  menyatakan   bahwa
tidak  ada Nabi  setelah  Muhammad,  Islam secara  sosiologis  merefleksikan kesadaran
manusia       bahwa      masa      kebangkitan          sistem      otokrasi       yang     baru     telah      berakhir.
Berbagai  peristiwa  yang  terjadi  dalam  empat  belas  abad  menunjukkan  kebenaran
hal     itu.      Karena       perkembangan           masyarakat         seperti       dewasa        ini,     maka      sulit
dibayangkan  bila  para  guru  keagamaan  baru  setingkat  para  pendiri  agama  dunia
akan   mendapatkan   keutamaan   sebanding   dengan   Zoroaster,   Budha,   Musa,   Yesus
dan Muhammad.

Setelah       perkembangan           pesat      peradaban         Islam      pada      abad-abad         pertengahan,
hubungan  antara  berbagai  aliran  pemikiran  dari  setiap  masyarakat  telah  mencapai
keakraban  yang  jauh  lebih  erat  dibandingkan  selama  masa-masa  legendaris  ketika
praktek   mistisisme   relatif   terbatas   pada   kelompok-kelompok   kecil   dan   sangat
rahasia.  Dewasa  ini  Sufisme  mulai  berkembang  dengan  berbagai  cara.  Sementara
para     guru     Sufi     khusus      yang     mengajarkan          konsentrasi         dan     kontemplasi          telah
mengurangi   perkembangan  materialisme  yang  lebih  kuat  melalui   penyeimbangan
materialisme   dan   asketisme.   Sebagaimana   diingatkan   oleh   Sufi   besar   Hasan   al-
Bashri     (w.     728),     asketisme         bisa     menjadi       kesenangan         akan     penderitaan,          bila
penerapannya           tidak      disertai       dengan        keuletan.         Setiap       Sufi     harus      memulai
serangkaian   latihan   --   yang   lama   atau   sebentar   sesuai   dengan   kapasitasnya   --
sebelum  ia  dapat  dianggap  cukup  seimbang  untuk  "berada  di  dunia  tanpa  menjadi
bagian   darinya".   Sambil   menyesuaikan   ajaran   mereka   dengan   masyarakat,   para
penyair  dan  penyanyi  Sufi  menciptakan  karya-karya  besar  yang  kemudian  menjadi
warisan   Timur   klasik.   Di   tempat-tempat   hiburan   yang   kumuh,   teknik-teknik   Sufi
menyesuaikan  diri  dengan  musik  dan  tari,  melalui  ajaran  yang  disampaikan  dengan
kisah-kisah   romantis   dan   menakjubkan   serta   humor.   Pemusatan   perhatian   pada
tema       cinta      dan      kelalaian         pada      manusia        atas      tujuan       hidupnya,         mulanya
diperkenalkan  dalam  bidang  militer.  Di  bidang  ini,  ksatriaan  dan  tema  pencarian
kekasih   serta   penyempurnaan   diri   yang   terakhir   menghasilkan   kepustakaan   yang
luas   dan   pembentukan   ordo-ordo   Ksatria   yang   kemudian   sangat   berpengaruh   di
Timur dan Barat.

Catatan  kaki:

1 Lihat anotasi  "Bahasa-bahasa".

2 Safarnamah karya Sirajuddin Abbasi, 1649.




www.tris.co.nr




46





Mahkota Sufi  Menembus Dunia Ekstra Dimensi

3   Pendeta        Canon       Sell,      seorang       pakar      Sufisme,        tampaknya         mengira       bahwa
pengetahuan          tanpa      buku      itu    adalah       pengetahuan          teologis,         intinya:       "Belajar
semata-mata  melalui  buku  tidak  akan  menjadikan  seorang  teolog,"  katanya  dalam
sebuah  catatan  kaki  di  bukunya.  (Dr.  Sell,  Sufism,  Christ.  Lit.  Soc.  1910,  hlm.  63).
Ia  memecahkan   kesulitan   memahami   Rumi   dengan  menyatakan   (ibid.,   hlm.   69),
"Hanya murid sabar  yang dapat memahami maksud esoteris sang Penyair."

4 Lihat anotasi  "Kesadaran".

5 R. A. Nicholson, Tales of Mystic Meaning, London, 1931, hlm. 171.

6  "Kata-kata  tidak  dapat  digunakan  untuk  menunjukkan  kebenaran  agama,  kecuali
sebagai   analogi."   [Hakim   Sinai,   The   Walled   Garden   of   Truth  (Taman   Kebenaran
Berdinding)].

7  "Jenjang-jenjang"  dalam  kepustakaan  Sufi  berhubungan  dengan  peralihan  tujuh
"diri", sebuah istilah teknik untuk Nafs. Lihat anotasi "Tujuh Diri".

8 Lihat anotasi  "St. Agustinus".

9 Lihat anotasi  "Para Hanif".

10 Lihat anotasi "Pertemuan".

11 R.A. Nicholson, The Mystics of Islam, 1914, hlm. l61 dan seterusnya.

12 E.G. Browne, A Literary History of  Persia, 1909, him. 424.

13 Tulab al-Haqq.

14 Kitab al-Luma'.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar